tipe akun instagram untuk jualan
Instagram

Tipe Akun Instagram Untuk Jualan, Jangan Sampai Keliru

Mau bangun akun instagram? Pahami dulu tipe akun seperti apa yang akan di bangun biar gak salah arah

 Advertisement

Ternyata masih banyak orang yang gak ngerti tipe akun instagram, padahal ini sangat penting. Karena akun instagram mereka dipakai buat jualan (make money).

Wal hasil, rata-rata dalam membuat konten jadi asal-asalan dan gak sesuai dengan tipe akun instagram mereka. Feed jadi gak menarik, Followers mereka jadi pada bosan. Lah gimana mau efektif untuk jualan.

Bahkan, saya cek. Akun-akun yang katanya influencer yang memiliki banyak followers aja belum begitu paham dengan tipe akun instagram mereka.

 Advertisement

Untung aja cantik dan menarik ya wajahnya. Jadi banyak followers. Coba gak punya modal itu. Hampa.

Oleh sebab itu penting untuk Anda paham tentang tipe akun instagram ini, sehingga Anda tidak salah dalam membangun instagram Anda, mulai dari username yang benar, konten, design feed yang menarik dan hal lainnya.

Mengenal Tipe Akun Instagram Dan Cara Membangunnya

Setidaknya ada 3 tipe utama akun instagram yang digunakan saat ini dalam berjualan atau praktisnya dalam menghasilkan uang dari instagram.

1. Personal Branding

Akun personal branding ini adalah akun instagram yang difungsikan untuk membangun personal branding Anda, mengenalkan diri Anda ke followers sehingga followers tau siapa Anda dan apa yang Anda kerjakan.

Kebiasaan manusia yang selalu kepo dan mencampuri urusan orang lain membuat akun instagram model personal branding itu banyak disukai. Kemungkinan untuk mendapatkan followers lebih mudah, tentu dengan syarat kontenya harus menarik.

Sehingga dalam prakteknya, apapun yang nantinya Anda jual dan Anda rekomendasikan akan lebih mudah laris. orang percaya dengan kredibilitas Anda. Akun instagram real human.

Kebanyakan selebgram dan publik figur itu tipe akun instagramnya berbentuk personal branding.

ig personal branding

Lalu Bagaimana Membangun Instagram Personal Branding?

Kuncinya ada disini…

Akun personal branding itu isinya wajah Anda dan segala macam aktifitas Anda. Sehingga dalam membangun akun instagram ini cukup konten yang sering di posting yaitu foto Anda dan segala macam kegiatan Anda sehari-hari.

Akun instagram personal branding itu identik dengan wajah Anda dan segala macam aktifitas Anda.

Nama dan username instagram Anda itu sebaiknya menggunakan nama asli tanpa ada embel-embelnya.

Begitupun dengan foto profil instagram, yaitu wajah Anda, sebaiknya full face atau paling tidak half body saja.

2. Bisnis Atau Brand Identity

Tipe akun instagram ini merupakan akun yang dibuat khusus untuk sebuah brand atau bisnis.

Tujuan dari akun instagram bisnis/Brand Identity ini untuk berkomunikasi dengan followers mereka atau menyampaikan segala sesuatu tentang produk yang sedang mereka jalankan.

Saat ini hampir semua brand atau bisnis sepertinya wajib memiliki akun instagram, entah bisnis Anda masih kecil ataupun sudah besar sekalipun.

Sayangnya masih banyak juga bisnis yang salah membangun instagramnya, keliru membuat konten dan hal-hal teknis lainnya. Wal hasil mereka gagal berkomunikasi dengan followers instagramnya.

Bagaimana Membangun Akun Instagram Bisnis (Brand Identity)

Akun instagram bisnis sangat berbeda jauh cara membangunnya daripada akun personal branding. Instagram brand identity ini lebih kaku aturan mainnya.

Pertama soal nama dan username, akun ini wajib menggunakan nama dan full name yang sama dengan menggunakan nama brandnya.

Misalkan brand Nike, mereka harus menggunakan nama dan username nike, bukan menggunakan nama nike kemudian user name productsport. Atau bahkan membuat nama lain.

profil ig bisnis

Foto profil pun wajib menggunakan logo atau icon bisnis.

Selain itu dalam membuat kontenpun ada batasannya.

Konten ini selalu membicarakan tentang brand Anda, produk Anda dan hanya fokus disitu.

Sehingga dalam membuat konten Anda hanya bisa membahas spesifik niche di industri bisnis Anda, edukasi produk Anda dan terus menjaga presensi bisnis Anda.

Misalkan brand Nike tadi, konten yang dibangun adalah konten yang spesifik tentang olahraga, edukasi produk mereka seperti sepatu dan baju. dan fokus terus menampilkan logo brand mereka disetiap konten.

3. Tematik (Niche)

Tipe akun instagram tematik ini adalah akun instagram yang membahas spesifik tentang tema tertentu. Tipe ini dikenal di Indonesia dengan istilah akun publik. Entah siapa yang menamakannya. Mungkin karena mereka sering merepost postingan orang lain.

Akun ini memiliki bahasan khusus dengan niche tertentu dan tidak bercampur dengan bahasan lain.

Misalkan, jika tema tentang gosip selebriti, maka akun ini tidak akan membahas tentang otomotif.

tipe akun instagram selebrity

Kelebihan dari akun tematik ini yaitu followersnya tertarget dan mudah mendapatkan followers terbaru.

Akun ini biasa dimonetasi dengan paid promote, orang-orang yang memiliki bisnis yang se-tema dengan akun Anda rela membayar ke Anda dengan harga yang Anda tentukan sendiri.

Istilahnya membangun akun instagram tematik jauh lebih mudah dibandingkan 2 tipe akun instagram sebelumnya.

Bagaimana membangunnya?

To the point saja, sebagaimana yang sering di praktekan di Indonesia dalam membangun akun publik.

Penggunaan username dan nama bebas dan tidak jarang yang berantakan, namun semuanya masih harus menggunakan nama yang mengandung tema tersebut.

Konten yang mereka bagikan pun rata-rata merupakan konten hasil repost dari postingan orang lain.

Makannya tidak heran, tools ini sangat laris di Indonesia, karena mudah banget menemukan konten viral dan hashtag potensial untuk membangun akun instagram publik.

Sehingga tidak heran, akun instagram tematik ini memiliki banyak followers dengan sangat cepat, karena kontennya memang tidak terbatas. Sudah disediakan oleh akun instagram lain. Terlebih mereka yang kontennya direpost pun senang karena mereka mendapatkan credit dari akun tematik.

Simbiosis mutualisme terjalin dalam akun publik ini, antara pemilik akun dan pemilik konten yang direpost.

3 Jenis Akun Instagram Dan Penerapan Pada Tipe Instagram

Setelah Anda mengenal tipe akun instagram selanjutnya Anda tinggal menerapkan pada jenis-jenis akun instagram profil yang sudah disediakan oleh instagram.

setting akun instagram

Penerapan jenis akun instagram terhadap tipe akun instagram ini sangat penting, mengingat jenis-jenis instagram yang sudah disediakan oleh instagram memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Settingan ini terdapat di menu settingan di kanan atas instagram Anda.

1. Jenis Akun Instagram Personal

Instagram personal ini merupakan settingan dasar akun instagram, penggunaan khusus personal, dimana Anda bisa terhubung dengan teman, keluarga dan berbagi konten yang mereka sukai.

Anda bisa menerapkan settingan personal ini pada tipe akun instagram personal branding, tentunya Anda bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan jenis akun instagram ini.

Kelebihan

Bisa di setting privat atau publik, jika di privat hanya orang yang mengikuti dan Anda setujui yang dapat melihat feed Anda. So Jika Anda menarik orang akan melakukan follow akun Anda.

Para influencer memulai akun instagram mereka dari settingan ini.

Anda pun bisa menghubungkan akun instagram Anda dengan akun facebook Anda, sehingga cukup posting di instagram saja dan Anda bisa membagikan langsung ke postingan facebook personal Anda.

Anda pun dapat mengintegrasikan banyak akun fanpages Anda dengan settingan ini.

Kekurangan

Karena ini adalah settingan standar, tentunya akun ini memiliki fitur-fitur yang terbatas, seperti tidak adanya insight, informasi kontak tidak detail.

Anda akan kesulitan untuk melakukan monetize, karena para klien selain melihat jumlah followers juga ingin melihat data insight dari Anda.

So, ini merupakan settingan jenis instagram paling dasar. Pertimbangkan sendiri kelebihan dan kekurangan.

2. Jenis Akun Instagram Creator

Sesuai dari namanya, Anda bisa menebak akun ini dikhususkan untuk siapa.

Jenis Akun kreator ini merupakan settingan Advance dari personal, Jika Anda sudah merasa telah memiliki banyak followers dari hasil optimasi akun personal Anda, maka Anda bisa beralih settingan ke jenis akun instagram creator.

Jenis settingan ini sangat bagus untuk influencer, publik figur dan para konten kreator. Anda juga bisa menerapkan setingan ini untuk tipe akun instagram tematik.

Kelebihan

Sebagai konten kreator atau influencer Anda bisa mendapatkan insight analytic instagram yang detail untuk mengukur performa akun instagram Anda seperti performa konten, aktivitas dan audiens Anda. Hal ini sangat bagus untuk mulai menghasilkan uang dari instagram.

Display profil Anda juga lebih detail, ada kategori/label dan juga informasi kontak.

Selain itu, Anda bisa menghubungkan fanpages Anda sendiri untuk kegiatan promosi instagram Ads.

Anda pun dapat menaruh link aktif (swipe) pada instagram story Anda jika sudah mencapai 10.000 followers, Bukan hanya itu akun instagram Anda bisa merequest verifikasi untuk mendapatkan badge centang biru pada profil instagram Anda.

Anda pun dapat menikmati fasilitas creator studio yang sudah disediakan oleh facebook.

Masih banyak lagi sih kelebihan dari jenis akun instagram creator. Paling tidak hal diatas adalah yang paling menonjol.

Kekurangan

Meskipun memiliki setumpuk kelebihan, setingan jenis akun instagram creator ini memiliki kekurangan juga.

Sedikit sih kekurangannya, yaitu gak bisa di setting privat dan hanya bisa terhubung dengan satu fanpages saja.

3. Jenis Akun Instagram Bisnis

Dari namanya Anda pasti sudah tau bahwa settingan jenis akun instagram ini cocok untuk tipe akun instagram apa. Yups ini cocok untuk tipe akun instagram bisnis/brand identity.

Dengan menggunakan jenis instagram ini akan membuat Anda semakin mudah dalam mengelola brand Anda, meningkatkan konversi serta memudahkan aktifitas marketing Anda di instagram.

Bisnis Anda akan terlihat profesional terpercaya dan dapat juga di verifikasi untuk mendapatkan centang biru.

Fasilitas yang disediakan cenderung hampir sama dengan yang Ada pada jenis akun instagram creator. So sebagian orang akan sulit membedakannya.

Kelebihan

Menu analytic hampir sama dengan yang di sediakan oleh setingan instagram creator. Perbedaan paling besar yang membedakan setingan ini dengan instagram creator adalah pada akses ke fitur instagram shopping.

Akun bisnis memiliki fitur instagram shopping yang memudahkan Anda untuk melakukan tag produk pada postingan instagram Anda. Yah mirip marketplace lah tapi di instagram.

Kekurangan

Karena hampir mirip dengan instagram kreator maka kekurangannya pun sama, yaitu tidak bisa di privat, siapa saja dapat melihat instagram Anda meskipun tidak follow akun Anda. Dan terakhir adalah hanya bisa terhubung dengan satu fanpages saja.

Itulah 3 jenis settingan Akun instagram, tentunya instagram membagi 3 model tersebut untuk memudahkan Anda dalam mengelola akun instagram Anda.

Semoga dengan memahami tipe akun instagram ini Anda tidak salah arah dalam membangun akun instagram Anda, juga mendapatkan hasil yang maksimal baik berupa followers maupun dalam bentuk uang.

Jika Anda sudah paham tentang ini, selanjutnya Anda harus mulai memperbaiki dan mengoptimasi profil instagram Anda, karena inipun sangat penting sebagai pondasi awal akun instagram Anda.

Jika bermanfaat jangan lupa share ya. Update tips lainpun saya bagikan di channel telegram saya.

Posted by
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6285394604734

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *