Cara Membuat Feed Instagram Menarik Agar Banyak Followers

 Advertisement

Foto produk di Instagram sudah bagus tapi belum pernah close order sesuai ekspektasi? Taukah kamu diskusi cara membuat feed instagram menarik sangat ramai di bicarakan?

Tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini kerap kali dikeluhkan oleh pebisnis yang berjualan dengan memanfaatkan sosial media Instagram. Supaya postingan dagangan Anda dilirik oleh pasar, maka foto bagus saja tidak cukup.

Anda juga diharuskan supaya bisa mengelola feed Instagram dengan kreatif.

Instagram memang semakin populer dalam 5 tahun terakhir. Tapi sayangnya, tidak begitu banyak yang tahu cara membuat feed Instagram menarik atau eye catching.

Padahal, salah satu kunci sukses di Instagram adalah tampilan semua post yang disajikan.

Kalau tampilannya saja membosankan, bagaimana mungkin viewers akan tertarik membuka postingan Anda satu-persatu?

10 Cara Membuat Feed Instagram yang Menarik

#1. Menentukan Tema Feed Instagram

tampilan feed instagram

Ini merupakan bagian paling dasar sebagai pondasi instagram Anda tampil menarik, kebanyakan orang sering lupa untuk menentukan tema feed instagram.

Sebelum mulai posting, sebaiknya tentukan apa tema yang ingin diaplikasikan terlebih dahulu. Tema yang matching dengan topik tentunya memberikan hasil yang baik.

Tema harus disesuaikan dengan tujuan pembuatan akun Instagram, bisa hobi seperti travel, beauty, dan fashion, atau foto produk (kalau untuk dipakai berjualan). Kalau konsepnya sudah jelas, dijamin Instagram akan kelihatan lebih menarik.

#2. Menggunakan Layout Grid Tersendiri

Setelah menentukan tema, maka tugas selanjutnya agar feed instagram Anda semakin menarik yaitu dengan menggunakan Layout Grid yang tepat.

Mungkin Anda masih bingung tentang apa itu Layout Grid?, Jadi Layout Grid itu merupakan penataan letak foto dalam feed instagram Anda, Jadi anda bisa tau foto apa nantinya yang berada di samping foto instagram Anda agar terlihat menarik.

Saya sendiri membuat Layout Grid menggunakan Instagridkit, sangat mudah karena bisa di edit via canva, power point dan photoshop. Terlebih bisa di edit via smartphone saja lewat aplikasi canva. Sangat fleksibel.

feed instagram yang menarik
Contoh Feed Layout Instagram

Setidaknya ada 9 tipe Layout Grid instagram yang bisa Anda aplikasikan dalam feed instagram Anda sehingga terlihat semakin serasi dan saling berhubungan.

Konsisten dengan salah satu Layout Grid adalah kunci suksesnya…

#3. Membuat Biodata Instagram

Ingin Instagram tampak lebih menjual? Anda harus membuat profil dan biodata Instagram profesional. Oleh sebab itu, make sure dengan nama yang digunakan (tidak lebay).

buat bio yang simple namun jelas, dan terakhir cantumkan link website, blog, atau tautan marketplace (kalau ada). Dengan begitu, maka viewers bisa menyimpulkan isi Instagram Anda.

#4. Mengaplikasikan Filter Serupa

tone feed instagram

Penggunaan tone atau warna senada pada setiap post akan membuat tampilan feed kelihatan lebih rapi. Selain konsep warna yang sama, sebaiknya juga gunakan tata editing, dan filter serupa.

Tentunya hal ini harus sesuai tema, serta passion Anda, sehingga akun Instagram memiliki ciri uniknya sendiri. Jika sudah unik, maka audiens Anda mudah mengidentifikasi postingan anda pada pada feed instagram mereka.

Menggunakan warna senada bukan berarti harus memakai satu warna terus-menerus. Tapi lebih kepada memilih sebuah warna yang akan menjadi komposisi kunci setiap foto Anda.  Jadi, feed tetap kelihatan variatif dan tertata.

#5. Memperhatikan Kualitas Gambar

Kualitas gambar maupun video yang diupload ke Instagram haruslah diperhatikan dengan seksama. Anda harus serius pada bagian ini, jangan sembarangan mengupload foto, terlebih kualitasnya rendah.

Apalagi kalau ini adalah akun online shop yang dipakai berjualan. Penyajian post beresolusi tinggi bukan hanya bertujuan supaya calon pembeli mengetahui detail produk yang dijual. Namun juga akan menjadi bukti profesionalitas sebuah toko.

Anda pasti tau kan? saat ini banyak oknum yang coba menipu menggunakan akun instagram palsu untuk menjual sesuatu, salah satu cara mengidentifikasi yaitu foto yang di gunakan. Penipu tidak memiliki waktu mengupload gambar berkualitas.

#6. Menggunakan Ukuran Sama

Ini adalah hal yang paling banyak disepelekan oleh para pengguna Instagram, yaitu upload foto maupun video dengan ukuran sesukanya, yang penting happy ‘katanya”.

Padahal, hal ini bisa mempengaruhi citra atau branding melalui Instagram. Ada baiknya memperhatikan ukuran yang akan digunakan secara teliti, jika perlu, maka gunakan size yang sama.

Mungkin ini merupakan pekerjaan tersendiri yang menyita waktu, namun ini adalah rahasia dari detail sebuah postingan instagram yang berkualitas.

#7. Gunakan Border Pada Gambar Sebagai Pemisah Foto

tampilan feed ig yang bagus

Jika Anda tidak merasa di repotkan dengan tips detail feed instagram yang satu ini, maka feed anda akan jauh lebih baik.

Iya gunakan ukuran tepian border yang sama di setiap foto yang akan Anda uploud sebagai pemisah foto satu dan foto yang lainnya.

Hal ini biar antar foto tidak keliatan berdempetan, kecuali memang postingan tersebut harus di dempetkan maka menggunakan border pada foto tidak menjadi wajib.

#8. Hindari Collages

Tidak sedikit pengguna Instagram yang malas upload foto berkali-kali, dan lebih memilih menggabungkannya dalam 1 frame (collages). Sebenarnya, hal ini dapat membuat feed Instagram tampak menjadi penuh dan sumpek.

Saya pribadi malas melihat foto instagram yang di gabung dari beberapa foto, plis gunakan saja layout grid biar lebih elegant.

Di samping itu, pengunjung juga akan bingung karena pasti sulit mendapatkan “What’s the point” Anda upload foto tersebut.

Kalau dilakukan berulang kali, maka collages akan merusak feed, dan membuatnya tampak membosankan.

Jika sudah begitu, maka followers juga akan malas untuk melihat isi postingan Anda, dan mungkin juga akan unfollow. Karena merasa tidak ada gunanya mengikuti akun milik Anda.

#9. Mengurangi Swafoto/ Foto Selfie

Kenapa jumlah pengikut Anda tidak bertambah, dan malah terus berkurang? Coba cek lagi isi feed Anda, kalau yang di upload kebanyakan foto selfie, tidak heran kalau orang lain malas mengikuti.

Oh ya soal menambah followers di instagram saya sudah buat tips menambah followers instagram tanpa menambah following.

Kalaupun ada, pastilah hanya teman dan keluarga Anda sendiri. Swafoto yang hanya menampilkan wajah Anda sendiri memang cenderung tampak membosankan.

Jika ingin memposting foto diri sendiri, maka usahakan supaya ada background menarik yang dapat dilihat.

Kecuali kalau Anda memang fokus di make up and beauty, maka bisa upload foto hasil riasan wajah setiap hari, dan tidak perlu takut akan kelihatan membosankan.

#10. Memecah Foto

Membuat postingan foto menjadi 3, 6, 9, dan 12 bagian memang sedang ngehits. Kalau dipakai sekali, dua kali, pasti akan kelihatan keren.

contoh 13 feed instagram

Tapi kalau terus-menerus? Sudah pasti feed Anda malah jadi aneh. Bagi yang masih belum tahu cara membuat feed Instagram lebih menarik dengan memecah foto, maka bisa langsung download aplikasi Instagridkit.

#11. Update Secara Rutin

Meskipun pengikut Instagram Anda belum begitu banyak, tapi jangan pernah malas update postingan secara berkala. Jika akun dipakai berjualan, sebaiknya buatlah jadwal memposting foto yang teratur.

Jangan terlalu sering, atau terlalu jarang sampai tidak update selama berhari-hari. Waktu terbaik yang disarankan adalah pagi, siang, dan sore atau malam.

Disini, Anda harus riset terlebih dahulu untuk menemukan waktu yang sesuai. Khususnya di saat kebanyakan orang sedang senggang dan have time untuk mengecek sosial media. Jadi, postingan yang dibuat akan langsung mengenai target/ sasaran.

#12. Pilihan Tema Feed Instagram Paling Keren

Kalau Anda merasa bimbang menentukan tema untuk feed Instagram supaya tampak lebih keren. Beberapa inspirasi tema di bawah ini dapat dijadikan bahan pertimbangan :

  • Black Border

Meskipun pengguna tema ini terbilang jarang, namun bukan berarti tidak worth to apply. Black border sangat direkomendasikan untuk Anda yang akan fokus memposting foto dengan tema moody atau grunge.

  • White Border

Ingin tampilan feed Instagram tampak lebih simpel? White border adalah jawabannya. Dengan tema ini, maka feed akan selalu kelihatan rapi meskipun konsep foto yang di post berbeda.

  • Color Coordinated

Cara buat tema satu ini cukup gampang. Anda tinggal memilih satu fokus warna yang akan menjadi andalan. Misalnya saja oranye, maka di setiap foto harus ada nuansa warna tersebut. Tidak harus objek fotonya yang berwarna oranye, yang penting ada sentuhan dari oranye.

  • Minimalist

Jika Instagram akan digunakan untuk publish karya kreatif Anda, maka bisa memilih tema minimalist. Selain konsisten dan rapi, feed juga lebih menarik untuk dinikmati oleh viewers. Jadi, meskipun minimalis tapi akan membuat orang lain merasa amazed.

  • Color Block

Suka mengambil foto colorful tapi bingung menentukan tema? Color block bisa menjadi solusinya. Dengan tema ini, maka Instagram bakal kelihatan lebih fun dan kreatif.

  • Monotheme

Cara membuat feed Instagram jadi menarik selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan tema monotheme. Untuk yang suka mengambil foto secara konsisten dengan sudut pandang sama, maka bisa memilih tema ini. Pasti feed Anda jadi semakin keren.

  • Color Splash

Tema satu ini memang sedang menjadi trend dalam beberapa tahun belakangan. Dengan color splash theme, maka hanya ada satu subjek berwarna stand out. Sementara bagian yang lain didominasi warna hitam dan putih.

Itulah beberapa cara membuat feed Instagram menarik untuk jualan, maupun membuat akun publik. Silahkan di praktekan maka postingan di feed Instagram jadi lebih menarik perhatian sehingga viewers merasa ketagihan mengunjungi akun Anda.

Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar

gampang jualan ×

Solusi Bikin TOKO ONLINE dengan Biaya Minimalis Tanpa Harus Punya Website

Klik Disini