Advertisement

WhatsApp Marketing : Cara Blast Whatsapp Anti Blokir

Bantu Share Gan...

Jika anda seorang pebisnis online yang mengandalkan whatsapp blast sebagai kanal promosi anda tentunya pernah mengalami akun anda di blokir oleh whatsapp, dan anda butuh cara blast whatsapp anti blokir.

Tentang Whatsapp Marketing

whatsapp anti blokir
 Advertisement

Kebanyakan para pebisnis online pemula mengatakan bahwa mereka menjual menggunakan sosial media, padahal menurut saya sosial media hanya berfungsi sebagai media untuk membangun brand dan edukasi market, aktivitas penjualan terjadi di dalam chat box app seperti mesangger dan whatsapp.

Whatsapp Marketing adalah mereka yang menggunakan whatsapp sebagai kanal penjualan, mereka menggunakan aplikasi WA Blast untuk menjual produknya secara masif.

Sayangnya cara seperti ini tidak dizinkan sama sekali oleh Whatsapp, semua aturan sudah tertulis jelas pada bagian term of service.

Ketika no whatsapp anda tidak tersimpan di daftar kontak tujuan maka whatsapp akan memberikan pilihan antara spam, report and block.

Dalam range (5-10) orang melaporkan, memblokir atau menandai spam maka akun anda akan segera di banned oleh whatsapp dan tidak bisa di gunakan lagi. untuk melepasnya cukup sulit.

Tentunya ini merugikan anda seorang whatsapp marketing yang mengirimkan puluhan, ratusan bahkan ribuan no whatsapp pada para pelanggan.

Tapi tenang saja berikut ini solusinya. ini sudah saya coba dalam penerapan mungkin bisa terjadi case berbeda-beda.

Agar Whatsapp Anti Blokir

Terapkan beberapa cara dibawah ini agar whatsapp anda anti blokir, atau terhindar dari blokir, sejauh ini saya melakukan beberap split test dengan total 34 no yang terblokir.

No whatsapp ke 35 cukup lama, namun pada akhirnya terblokir juga, no 36 sampai saat artikel ini ditulis belum pernah terblokir dan sudah menghasilkan banyak closing.

Daftar No Whatsapp dengan pilihan Call Me

Saat anda mendapat no whatsapp anda akan mendapatkan 2 pilihan verifikasi, yang pertama adalah verifikasi via sms dan telepon. pilih via telepon.

 Advertisement

Bagaimana jika saya hanya membeli no lewat jasa penyedia no whatsapp?

Tentu saja tidak ada masalah, karena selain lebih murah juga sebagai seorang whatsapp marketing anda butuh no yang banyak. saya juga sering menggunakan jasa ini, tapi mudah sekali terblokir dibandingkan no yang anda beli di konter langsung.

Menurut info yang saya baca di forum luar katanya jika verifikasi via telepon maka akun kita ditandai hijau, sedangkan untuk via sms no anda ditandai orange.

Silahkan anda coba buktikan sendiri…

Gunakan Whatsapp For Bussiness

Split test yang saya lakukan antara whatsapp personal dan whatsapp for bisnis menghasilkan perbedaan kemungkinan blokir, whatsapp personal berpotensi 75% terblokir. sedangkan WA bisnis 65%.

Atur Profil Whatsapp Bussiness

Anda harus melengkapi nama anda didalam whatsaap bisnis ada settingan yang harus anda isi misalnya

Informasi bisnis dan foto profil
Alamat Bisnis (Map Location)
Kategori bisnis
Deskripsi Bisnis
Jam Buka
Url Website (jika punya web)
Alamat Email (isi email yang benar)

Perlu juga untuk merubah away message, Greeting message dan balas cepat.

Ketiga opsional diatas berfungsi dalam menghilangkan note enkripsi spam dll.

Mengapa whatsapp for bussiness saya sarankan, karena memang ini digunakan untuk kepentingan bisnis, hampir mirip fanpages dan facebook profil.

Jangan Langsung Hubungkan Dengan Aplikasi Whatsapp Blast

Ini poin pentingnya, sebenarnya maksud saya lebih ke no whatsapp yang baru anda daftarkan jangan langsung digunakan untuk blast. hanya membuang-buang no WA anda saja.

Jangan Lakukan Spam

Ini masih sambungan dari yang diatas bukan maksud melarang anda melakukan spam, karena whatsapp marketing memang lekat dengan spam.

Saat akun anda masih baru cobalah untuk melakukan interaksi normal, gunakan untuk menyapa kontak yang memang sudah ada di kontak anda, dan no tujuan adalah orang yang memang anda kenal.

Butuh waktu yang lama agar no anda tua, kira-kira hampir sebulan sebelum anda melakukan whatsapp blast. saya tidak tau alasanya kenapa. hanya saja saya membedakan no yang sudah tua dan no baru kebanyakan no baru mudah terblokir.

Gunakan Spintax dan Timer

Saat ini banyak penyedia aplikasi WA Blast yang menyediakan fitur spintax dan pengaturan waktu jeda pengiriman pesan. seperti WABulkSender yang mereknya (HAKI) sudah terdaftar.

Spintex ini gunanya untuk mengirim pesan ke orang banyak dengan text pesan yang bermacam-macam dalam sekali blast.

Selain itu gunakan jeda waktu otomatis pengiriman yang paling lama, agar sinkron dengan Whatsapp bisnis. dikarenakan WA bisnis juga jika lama tidak terbuka akan menutup kembali.

Cukup ribet tapi ini yang harus anda lakukan agar tidak sering gonta-ganti NO WA.

Gunakan SMS Blast To WA

Ini adalah strategi favorit saya dalam melaksanakan WA blast dan ini yang paling tahan lama (kayak obat kuat).

Dahulunya sebelum trend Whatsapp Marketing dan Aplikasi WA blast menjamur, para marketing menggunakan SMS blast untuk menjangkau customernya.

Sekarang pun beberapa teman saya masih menggunakan SMS blast ini dan masih efektif.

Caranya seperti apa SMS Blast to WA?

Caranya mudah, buatlah pesan SMS dengan melampirkan url Whatsapp bisnis anda. memang orang cenderung mengabaikan sms blast apalagi untuk mengklik link yang kita lampirkan (SMS Penipuan)

Tapi jika headline yang anda buat menarik akan membuat orang penasaran dan akhirnya mengklik pesan tersebut.

Buatlah pesan paling panjang 160 karakter agar mudah di baca, jangan buat copywriting di SMS blast ya. cukup buat judul yang click bait saja.

Bocoran Funel SMS Blast To WA

begini kurang lebih alur sederhana saya dalam melakukan promosi. btw saya tidak berjualan langsung, melainkan tujuan saya adalah untuk mendapatkan bukan sekedar no Whatsapp yang sudah Anti Blokir (sudah hilang pesan spam blokir dll)

Saya lebih pada mengkonversi database no WA saya ke email untuk link building. saya menggunakan Ebook premium sebagai leads untuk menukarnya dengan kontak email.

Alur = SMS Blast –> Link Chat WA–> Auto Replay –>Perintah download ebook via link = New database (kontak email).

tentunya anda bisa memodifikasi alur tersebut untuk sesuai dengan tujuan anda.

Itulah tips dari saya menghadle banyak CS dengan Whatsapp blast

Disclaimer

Itulah strategi Whatsapp ANTI Blokir ala WHATSAPP MARKETING versi saya, ini hanyalah pengalaman empiris, bukan sebuh teori sehingga sangat lemah untuk dijadikan pegangan. terlebih whatsapp sendiri sering mengupdate kebijakannya.

Karena ini pengalaman empiris maka hasilnya akan berbeda-beda setiap orang, silahkan komentar untuk berdiskusi.

Hal yang paling penting adalah anda harus mencobanya, makasih sudah membaca artikel ini, jika bermanfaat silahkan share.

 Advertisement
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar