Review Platform Bisnis Online Payou.id Untuk UMKM

 Advertisement

Tingkatkan omsetmu berkali-kali lipat, itulah pesan pertama platform bisnis online payou yang bisa saya baca pada halaman sales later mereka.

Praktis bagi saya seorang online shop kalimat diatas mendongkrak rasa penasaran saya, siapa sih online shoper yang ga mau omsetnya meningkat berkali-kali lipat.

Sejurus kemudian akhirnya saya berhasil mengamankan 1 lisensi payou dan mulai mencoba platform tersebut. Dan berikut ini dalamannya.

Apa Itu Payou.id

Payou adalah sebuah platform bisnis online yang di design khusus untuk memudahkan para pelaku UMKM agar dengan mudah GO Digital tanpa perlu ribet memikirkan hal teksnis.

Seperti yang saya liat, memang Platform Payou ini berfokus untuk menarget para pegiat UMKM dengan jangkauan market lokal. Hal ini diperkuat dengan tampilan interface yang familiar dan juga fitur-fitur yang mendukung untuk bisnis online lokal.

Jika Anda familiar dengan tampilan Grab, maka sebagai pebisnis online Anda pasti suka, karena platform mirip grab itu bisa ada pada bisnis online Anda.

contoh tampilan payou

Fitur-Fitur Unggulan dalam Platform Payou Versi Saya

Untuk menyamakan vibrasi saya dengan Anda tentang platfom ini, maka ada baiknya saya mengenalkan dulu fitur-fitur unggulan yang dalam sistem bisnis online ini.

Mari kita intip jeroan dari sistem bisnis online ini.

Dashboard

Menurut saya sebagai platform yang memang dibuat untuk mendorong UKM agar bisa GO Digital, payou berhasil membahasakan dalam bahasa yang sederhana.

dashboard platform payou

Dashboard ini bisa dibaca dengan mudah oleh siapapun, bahkan orang yang belum pernah mengenal platform beginian. Jadi bisa tau skala penjualannya seperti apa.

Kekurangan

Tidak adanya grafik produk terlaris, sehingga membutuhkan effort untuk bisa mengetahui produk terlaris dengan cepat. Produk terlaris ini indikator yang wajib di ketahui oleh pemilik bisnis.

Pin Titik Lokasi Google Maps

Sejujurnya ini adalah fitur yang paling saya suka, bahkan belum pernah ada pada platform bisnis online manapun, yaitu lokasi toko kita dan pin pengantaran barang.

Hampir mirip deh kayak di Grab atau aplikasi Ojol lainnya. Jadi kurir bisa mengirim barang dengan panduan google maps.

Tapi bukan cuman itu saja, yang paling unik yaitu Anda bisa menentukan perhitungan ongkir mirip seperti pada aplikasi Ojol. Anda bisa menentukan sendiri harga tarif pengentaran perkilometer. Jadi sistem ini yang akan mengkalkulasinya sendiri.

Sistem Pembayaran Virtual

Fitur COD atau transfer bank mungkin sudah biasa pada platform bisnis online lainnya, tapi di Payou Anda bisa melakukan pembayaran virtual seperti menggunakan eWallet (OVO, LinkAja dan Dana). Cukup keren lah untuk sebuah platform bisnis online yang harganya cukup terjangkau.

Kekurangan

Sayangnya fitur ini hanya tersedia pada paket Payou Pro, namun saya sendiri menggunakan fitur ini karena saya pikir ini mah gak seberapa dengan benefit dan kemudahan dan kenyamanan pelanggan kita.

Membership Area

Sebagai seorang pebisnis tentunya database pelanggan sangatlah penting untuk kelangsungan sebuah bisnis. Dalam dunia digital database pelanggan minimal mengandung nama, email dan nomor telephone, Payou berhasil mengakomodirnya dengan sempurna pada member area, bahkan titik lokasi pembeli pun bisa tersimpan.

Sistem Checkout Via Whatsapp

Payou sangat detail dalam mengakomodir penggunanya, salah satunya dengan memberikan tombol checkout langsung via Whatsapp. Seperti yang Anda tau bahwa masyarakan Indonesia lebih mudah bertransaksi menggunakan Whatsapp.

Checkout-whatsapp payou

Poin plus dari saya yaitu peletakan tombol tersebut pada tampilan web yang pas banget dan juga form pengisian yang cukup detail. Pokoknya lokal banget, bahkan tombol ini tidak ada dalam aplikasi Grab.

Voucher Pembelian

Kode Voucher atau kupon diskon adalah gimmik yang paling disukai oleh pembeli, meskipun saya sendiri tidak memakainya, tapi saya rasa kode voucher pembelian yang disediakan oleh Payou dapat menunjang strategi promosi bagi penggunanya.

Kode Voucher yang disediakan oleh Payou juga sangat fleksibel, bisa diatur berdasarkan persen, amount, minimum pembelian bahkan ada tanggal expired voucher, sehingga tidak perlu takut kelewat masa promosi.

Menu Produk

Sepertinya saya tidak ada koreksi pada bagian ini, karena sudah sangat detail untuk memenuhi unsur sebuah platform bisnis online, khususnya dalam menyajikan sebuah produk.

Misalnya, kategori, deskripsi produk, diskon dan variasi produk.

Hal ini sangat memudahkan pelanggan untuk melakukan pesan pada produk yang dijual dengan meminimalisir miskomunikasi pada orderan.

Kurang lebih ini beberapa menu unggulan dari Payou.id menurut versi saya, mungkin setiap bisnis akan berbeda fungsi fitur yang menurutnya paling unggulan.

Bisnis Apa Saja yang Cocok Menggunakan Platform Bisnis Online Payou.id?

Meskipun Payou.id mengatakan bahwa platform bisnis online ini cocok untuk bisnis apapun, tapi menurut saya akan lebih tepat digunakan oleh bisnis food & baverage, restoran dan minimarket juga bisa. Karena memang desainnya mendukung untuk bisnis tersebut.

Saya sendiri menggunakan ini pada bisnis Warung kopi saya dan sangat efektif untuk menghandle orderan, juga untuk keren-kerenan dengan kompetitor yang masih serba manual.

Kebetulan saya gak makai layanan Ojol secara spesifik, karena saya sangat memperhatikan database pelanggan. Klo pakai Ojol agak sulit untuk akuisisi data pelanggan.

Untuk usaha baju bayi saya (fashion), saya ga menggunakannya, karena memang dari desain menurut saya kurang tepat, masih lebih nyaman menggunakan woocommerce. Mungkin karena selama ini memang market terbiasa dengan layanan marketplace.

Jadi pilihan ada ditangan Anda, intinya platform bisnis online Payou.id sudah sangat mengakomodir kebutuhan bisnis lokal atau UMKM untuk mendapatkan pelanggan secara online. Good job lah untuk payou.

Note :
Jika Anda tertarik memilikinya dengan harga spesial Anda bisa menggunakan Kode
Diskon, gunakan kupon : MYSUREL dan order disni.

Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar

×

Bonus ini Hanya Berlaku Hari inI 22 Oktober 2020 Sampai Pukul 23.59

Klik Disini