Instagram, Sosial Media Marketing

Waktu Terbaik Posting Instagram Di Indonesia

 Advertisement

Waktu terbaik posting instagram ini menjadi penting bagi anda yang memang memiliki usaha. kanal promosinya menggunakan instagram sebagai strategi sosial media marketing.

Instagram saat ini menjadi salah satu platform sosial media yang grafiknya saat ini terus naik tajam. Kebanyakan penggunanya adalah kaum milenial.

Artinya ada ceruk pasar disana, sehingga para pebisnis sering bertanya kapan Waktu Terbaik Posting Instagram.

 Advertisement

Tapi taukah anda bahwa setiap akun bisnis instagram yang satu dan lainnya memiliki audiens yang unik dan berbeda. Hal ini di pengaruhi oleh zona waktu yang berbeda di indonesia.

Jika target audiens anda hanya satu daerah dengan anda tentunya tidak akan sulit untuk menemukan waktu terbaik buat upload foto di instagram, tapi bagaimana jika target anda se indonesia yang waktunya terbagi WIB, WITA dan WIB.?

Tapi i saja di postingan kali ini saya akan membagi tips mengenai jadwal upload foto di instagram untuk semua kondisi zona waktu.

Dengan harapan agar postingan bisnis anda bisa efektif dan berefek terhadap omset bisnis anda.

Kapan Waktu Terbaik Posting Instagram

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa setiap akun Instagram itu berbeda-beda belum lagi pengaruh bagaimana anda mencari followers tertaget dalam instagram anda.

Pada akhir 2018 kemari instagram telah mengupdate algoritam mereka, di 2019 ini instagram intinya menuntut anda pemilik akun untuk aktif di instagram, bukan dengan bot-bot yang kurang manusiawi.

Tapi tenang solusinya gampang, anda harus mengambil dari datanya dari akun instagram anda sendiri untuk menentukan waktu terbaik untuk post postingan di instagram.

Data ini akan membantu anda terhadap algoritma instagram terbaru, sehingga foto yang anda upload bisa di lihat banyak orang dan menghasilkan engagement.

Lakukan mulai dari sini.

Upload Foto Pada Hari Kerja

Untuk mendapatkan data terbaik waktu upload foto di instagram pada akun anda cobalah untuk upload foto pada hari kerja saja mulai dari hari senin-sabtu.

Menurut later.com bahwa waktu terbaik adalah pada hari di hari selasa dan hari kamis untuk waktu upload foto terbaik.

Penelitian dari hootsuit.com juga mengatakan bahwa hari minggu adalah hari terburuk untuk melakukan update foto di instagram.

Namun pertimbangkan hal ini, bahwa di negara maju memang mereka memiliki quality time yang baik, sehingga mereka menonaktifkan smartphone mereka.

Berbeda dengan di indonesia yang memang tidak ada habisnya menggunakan sosial media. justru setiap momen liburan mereka segera membuka dan upload di instagram.

Saya sendiri menggunakan siasat untuk hari minggu, yaitu saya upload foto di jam 9 dan 10 di malam minggu dengan hasil mereka akan datang ke toko saya pada hari minggu.

Kemudian melakukan upload lagi pada malam senin di jam 7-9 malam. dengan harapan besok mereka akan order barangnya.

namun sekali lagi anda harus melakukan sendiri polanya.

Split Test Pada Jam-Jam Ini untuk mencari waktu terbaik Customer Anda Yang Sedang Online

Di indonesia sendiri memiliki jam-jam yang unik untuk membuka instagramnya. biasanya hal ini di pengaruhi oleh perilaku masyarakat indonesia pada umumnya.

tentunya niche bisnis juga berperan penting dalam update status di instagram ini. karena setiap akun bisnis dan niche bisnis berbeda-beda hasilnya.

Tapi satu hal yang pasti bahwa kebanyakan audiends atau pengguna platform media sosial instagram adalah anak muda atau biasanya kaum milenial.

Jual produk yang sangat relevan dengan anak muda/ milenial sehingga stategi marketing menggunakan instagram anda berhasil.

Awal Hari Orang Indonesia

Pada umumnya orang indonesia memulai aktifitasnya setelah selesai shalat subuh, di kota besar seperti jakarta, bandung, surabaya dan medan kebanyakan memulainya lebih awal.

Waktu yang tepat untuk posting foto di instagram yaitu pada pagi hari pukul 05.00 a.m – 06.00 a.m.

Hasil penelitian dari Deloitte Global Mobile Consumer Survey tahun 2016 mengatakan bahwa 96% orang akan membuka smartphonenya satu jam setelah bangun tidur.

Hal ini menyebabkan postingan di instagram anda akan di lihat oleh orang terlebih dahulu.

Bayangkan bagaimana hasilnya jika anda mengupload foto produk di instagram dan kemudian yang membukanya memeang berencana membeli barang tersebut hari ini.

Jawabanya pasti 90% insya allah bisa closing.

Waktu Terbaik Posting Instagram Yaitu Saat Istirahat Makan Siang

Pertanyaan pertama yang saya ingin tanyakan kepada anda adalah kapan jam makan siang anda?

Waktu terbaik untuk upload foto di instagram yaitu pada saat jam makan siang.`

Secara reguler jam makan siang / istrirahat siang orang indonesia andalah pukul 12.01 PM.

Jika target anda adalah seluruh indonesia maka anda harus melakukan posting di instagram dalam rentang waktu 11.00 AM – 01.00 PM dikarenakan untuk mensiasati perbedaan zona waktu WIB, WITA dan WIT.

Jika target audiens anda adalah market lokal maka cukup melakukan upload tepat pukul 12.01 PM saja.

Sekarang anda sudah punya 2 split test waktu untuk mengukur Waktu terbaik untuk upload foto di instagram anda.

Perhatikan engagement yang dihasilkan dari kedua waktu tersebut. catat dan buat report statistik sederhana.

Waktu Posting Instagram Pada Sore Hari

Waktu posting di instagram selanjutnya yaitu pada saat orang telah selesai melakukan aktivitas kerja.

Sesuai standar peraturan Undang-Undang No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, khususnya pasal 77 sampai dengan pasal 85. bahwa batas jam kerja pada umumnya adalah pukul 05.00 PM.

Ini adalah waktu terbaik untuk upload foto di instagram.

Alasanya ada dua.

  • Aktivitas kerja sudah selesai pada pukul 05.00 PM dan ini waktu senggang orang menghabiskan waktu untuk membuka instagram dalam perjalanan pulang ke rumah.
  • Perilaku konsumtif paling tinggi yaitu para karyawan sehingga mereka adalah target market yang paling potensial.

Posting foto di instagram pada jam ini dapat meningkatkan engagement di instagram anda jika materi postingan instagram anda sesuai dengan perilaku karyawan.

Biasaya para karywan butuh suatu postingan yang membuat rilex seperti humor dan hal-hal yang ringan dan menghibur.

Jangan upload cerita motivasi di instagram pada jam ini. dijamin minim interaksi.

Sekarang anda sudah punya tiga waktu untuk split test waktu yang tepat untuk upload foto di instagram. lakukan hal yang sama buat catatan statistik sederhana.

Jadwal Posting Instagram Malam Hari

Malam hari juga merupakan waktu tepat untuk upload foto di instagram. pada umumnya orang indonesia akan berkumpul dengan keluarganya untuk sekedar makan bersama atau nonton bareng di rumah.

Ini adalah quality time yang bisa anda eksploitasi menjual produk anda dengan cara posting di instagram.

Jika saja keluarga tersebut tertarik pada produk anda maka proses pengambilan keputusan untuk membeli sangat cepat dikarenakan seluruh stakeholder keluarga hadir. barang laris manis meskipun produk anda mahal.

Lalu kapan jadwal posting di instagram untuk quality time tersebut?

Sederhana saja sebuah keluarga akan berkumpul sejak pukul 19.00 – 21.00. cobalah posting produk anda di instagram pada jam tersebut.

Hal yang paling penting adalah catat statistik yang sering saya ingatkan untuk pembanding sehingga anda mendapatkan waktu upload terbaik untuk posting foto di instagram.

Waktu Spesial Posting Instagram Paling Berat

Ada pepatah yang mengatakan…

Perbedaan orang sukses dan orang gagal yaitu pada saat orang lain sedang tertidur lelap orang sukses sedang berjuang bekerja

pepatah

Hal tersebut juga berlaku di instagram sebagai salah satu jam terbaik untuk posting foto produk di instagram.

Saya yakin anda pernah mengalami insomnia (susah tidur) dan kemudian hal yang anda lakukan adalah menunggu mata anda capek dengan membuka media sosial seperti instagram.

Sementara para kompetitor anda sudah lelap beristirahat maka produk anda mucul dengan begitu spesial tanpa saingan, karena waktu sudah larut malam.

hal ini akan terasa berat jika anda kerjakan dengan cara manual, carilah tools untuk upload foto di instagram secara otomatis.

Lalu kapan waktu spesial tengah malam tersebut.

Waktu tersebut adalah sekitar pukul 00.00 sampai pukul 02.00 dini hari.

Saat ini anda sudah punya lima waktu untuk melakukan split test untuk jam terbaik posting di instagram anda. dan andapun sudah memiliki catatan statistik sederhana.

Sekarang perhatikan engagement yang di hasilkan oleh jam-jam tersebut dan kemudian buat kesimpulan.

Cara Membuat Kesimpulan Jam Posting Terbaik Di Instagram

Setelah anda membaca dan mempraktekan poin-poin diatas mengenai waktu terbaik upload foto di instagram maka berikut ini kesimpulan yang dapat anda tarik

  • Waktu terbaik untuk posting di instagram adalah hari kerja dari hari senin s/d sabtu.
  • Hari Terbaik untuk membuat postingan adalah hari selasa dan hari kamis
  • Jangan Melakukan update postingan di instagram pada hari libur/weekend
  • Waktu terbaik untuk pagi hari adalah pukul 05.00 s/d 06.00
  • Waktu terbaik untuk psoting di instagram pada saat jam istirahat siang mulai dari jam 11.00 – 13.00
  • Waktu terbaik posting instagram sore hari adalah setelah pulang kerja yaitu pukul 17.00
  • Waktu terbaik malam hari untuk update foto di instagram adalah jam 19.00 s/d 21.00
  • Waktu spesial untuk posting di instagram adalah pukul 00.00 s/d 02.00 dini hari
  • Melakukan posting di instagram di luar waktu diatas tidak ada salahnya jika anda punya waktu. namun jika tidak tindakan posting di instagram di luar range jam tersebut tidak besar efeknya

Perhatikan ada range waktu terbaik untuk upload foto di instagram, silahkan anda coba untuk update setiap jam pada range tersebut.

Perhatikan Aloritma Instagram anda berupa komen, engagement dan closing barang. semakin rinci anda menganalisa statistik sederhana maka semakin dekat pula kesuksesan strategi kampanye media sosial anda melalui instagram.

Catatan dengan rinci sehingga anda mendapatkan hasil akuran jam berapa yang paling spesial dari range waktu postingan/update status di instagram. setiap bisnis punya audiens yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu usahakan anda untuk mendapatkan followers tertarget, jangan menggunakan jasa tambah followers yang isinya hanya robot semua.

Indikatornya sederhana, yaitu jumlah tayang, engagement, interaksi dan closing penjualan. gunakan analitik instagram insight. perhatikan juga laporan demografi dari daftar followers anda.

Semoga panduan sederhana ini dapat membantu perkembangan bisnis anda, jika tips posting di instagram ini bermanfaat tolong untuk anda bagiakan ke sosial media sebagai imbalan bagi saya.

Setiap share ke sosial media dari smartphone anda akan setiap artikel saya menjadi boost yang memacu saya untuk menulis panduan yang lainnya.

Semoga anda sukses. jangan lupa subscribe dan follow untuk mendapatkan tips terbaru yang bermanfaat untuk perkembangan bisnis anda.

Posted by
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6285394604734

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *