Cara Membuat Website Yang Menghasilkan Uang dari Internet

 Advertisement

Membuat website sekarang ini tentulah sangat mudah, tapi website yang bisa menghasilkan uang itu jauh dari kata itu, oleh sebab itu sedikit berbagi pengalaman dari saya tentang cara membuat website yang bisa menghasilkan uang.

Kebanyakan orang Indonesia membuat website atau blog untuk mendapatkan passive income dari internet yaitu dengan menggunakan google adsense.

Itu sama sekali tidak salah, hanya saja untuk menghasilkan uang dari adsense wajib mendatangkan banyak visitor dan pageview yang tinggi. Ini sangat berat dilakukan oleh seorang pemula.

Faktanya blog yang baru dibuat itu sama sekali sulit merengking kata kunci, sulit bersaing. dan akhirnya anda tidak pernah menghasilkan uang dari website anda.

Saya menulis ini karena saya seorang pemula, baru setahun ini terjun untuk menghasilkan passive income dari internet. Sehingga anda bisa dengan mudah menduplikasinya.

Note : Panduan ini hanya untuk pemula yang ingin menghasilkan uang dari website mereka dengan income mungkin hanya sebatas UMP. Jika anda seorang expert sebaiknya skip artikel ini.

Sumber Traffic dan Sumber Penghasilan Website

Seperti yang saya bilang di awal, website butuh traffic untuk menghasilkan, sebuah website baru akan sulit untuk mendapatkan traffic, oleh sebab itu perlu di siasati agar website bisa mendapatkan traffic, sambil menunggu website matang.

Traffic yang kita butuhkan agar menghasilkan tidak perlu sebanyak traffic adsense, saya sudah menghasilkan ketika baru 100 visitor saja per day.

Sumber Traffic

  • Sosial Media
    Traffic paling cepat saat ini yaitu disebarkan di sosial media, paling bagus saat ini yaitu menggunakan Facebook, Pinterest dan Youtube.
    Saya baru menggunakan facebook dan pinterst aja, karena belum ada skill untuk buat konten Youtube. Tapi sebaiknya Youtube wajib ada.
  • Organic
    Sumber traffic paling bagus dan tertarget itu yaitu dari pencarian google, lambat laun setelah di optimasi website mampu merangking. Meskipun visitornya masih dikit.
  • Paid
    Saat website sudah mulai menghasilkan, anda sudah sebaiknya mencari kanal distribusi lain untuk mendatangkan traffic. Gunakan traffic berbayar. cobalah facebook dan google ads. Jika belum tau anda bisa ambil panduannya disini.

Silahkan baca referensi berikut : Sumber Traffic Affiliate

Lalu penghasilan website dari mana???…

Tenang saja, saya urutkan ya. Masing-masing urutan itu butuh waktu. Mendapatkan penghasilan pasif income dari internet itu tidak instan, apapun jenis monetasinya.

Tapi, anda bisa menghasilkan uang dalam kurun waktu 6 bulan jika mengikuti petunjuk ini.

#1 Affiliate

Affiliate sudah bisa menghasilkan uang lebih cepat meskipun traffic website anda sedikit, kasus saya hanya butuh 100 visitor perday untuk payout setiap bulan. Berbeda dengan adsense yang butuh ribuan visitor agar bisa payout $100 perbulan.

Di Indonesia sekarang sudah banyak perusahaan lokal yang menawarkan bisnis afiliasi, itu sudah cukup membuat website anda menghasilkan uang setiap bulan.

Bebas apakah anda mau bermain afiliasi produk fisik atau produk digital, saya sendiri memonetasi dengan produk digital. Baiknya anda baca ini.

Program Affiliate Indonesia yang terbukti berbayar

#2 Ads Banner dan Adsense

Setelah traffic anda menyentuh angka 1000 visitor. Anda sudah bisa menghasilkan uang dari banner ads dan google adsense. Meskipun angkanya masih kecil, namun angka ini akan berkembang seiring meningkatnya traffic blog anda.

Apa itu banner ads? ketika traffic udah besar, biasanya beberapa perusahaan lokal dan internasional mau menawarkan kerjasama dengan cara menyematkan banner iklan mereka pada website anda. Penghasilan dari sini juga lumayan.

#3 Jualan Produk Sendiri

Saya yakin anda pasti berkembang dan mulai memikirkan berjualan produk sendiri, ini peluang bagus jika anda menjual produk tersebut di website anda. Saya sendiri menjual aplikasi kasir dan keuangan di website saya dan hasilnya wow.

Bagaimana?, sudah mulai punya gambaran tentang bagaimana alur dan cara menghasilkan uang dari website? Let’s go dimulai.

Persiapan Membuat Website yang Menghasilkan Uang

Saya tidak akan bercerita tentang cara membuat website mulai dari beli domain dan hosting serta instal wordpress. Tutorial itu sudah banyak.

Saya hanya membagi bagaiman seharusnya website bisa menghasilkan uang dari Internet.

Buat Website Base On WordPress

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat website dengan menggunakan CMS wordpess. Jenis website yang dibuat yaitu model web blog. jenis ini merupakan website dengan banyak postingan dan kaya informasi.

Kenapa harus wordpress, padahal blogspot gratis? menurut saya, karena wordpress lebih banyak keunggulan daripada blogspot dalam hal mendatangkan uang dari internet.

Saat ini membuat website tidak ribet seperti dulu, sekaligus tidak lagi mahal. Bahkan beli hosting saja sudah gratis domain.

Ini salah satu vendor yang sering ngasih web hosting murah silahkan langsung di cek aja.

Selanjutnya tinggal menginstal wordpress dan memilih tema. Di Indonesia saat ini tema wordpress yang paling di kenal adalah landingpress.

Thema ini sangat cocok untuk pemula. Bukan hanya bisa buat blog tapi bisa membuat landingpage yang bakalan dipakai kedepannya untuk memonetasi blog anda agar bisa menghasilkan.

Pilih Niche dan Riset Product

Soal Niche

Blog yang kita buat bukan blog yang gado-gado, membahas macam-macam.

Agar website bisa cepat menghasilkan butuh namanya niche (ceruk pasar) dan riset produk yang akan dimonetasi dengan monetasi tahap #1 (Affiliate).

Misalkan anda tertarik dengan produk bayi maka website anda hanya membahas seputaran produk bayi saja. Jangan dicampur dengan yang lain, hal ini akan memudahkan google untuk mengidentifikasi web anda sehingga authority website kuat dimata google.

Riset Produk

Silahkan cari produk apa yang nantinya akan dijual apakah produk digital apa produk fisik, pastikan anda tau program afiliasinya dimana. Jika produk fisik biasanya di lazada, tapi saya belum pernah coba.

Jika produk digital sangat banyak, beberapa ini saya bisa rekomendasikan link afiliasinya.

Rekomendasi Produk Digital Untuk Affiliate

Oke, itu dulu pesiapan awal dan kita akan bahas tentang langkah-langkahnya agar bisa menghasilkan uang dari website.

Step By Step Cara Membuat Website Yang Menghasilkan Uang

Seperti janji saya diawal, kemungkinan besar anda akan menghasilkan passiv income di website dalam rentang waktu 6 bulan. Asalkan anda mau serius dalam melakukannya.

Diawal-awal memang sakit, saya tau rasanya karena saya juga pemula seperti anda, namun setelah fase-fase tersebut kita akan cukup santai dan menikmati hasil.

#1 Bulan Pertama

Bulan pertama, selama 30 hari anda cukup fokus saja untuk brainstorming niche dan mencari produk yang membuka program affiliate.

Tapi…Jangan sembarangan pilih niche dan pilih program afiliasi.

Penuhi syarat ini biar usaha anda maksimal.

Untuk Niche…

Carilah niche yang sesuai dengan hobi dan anda kuasai, jangan mencari niche diluar kemampuan anda. Berat pokoknya.

Kualifikasi Produk

Sama kayak produk juga, jangan sembarang pilih produk, lakukan kualifikasi berikut

  • Harga Terjangkau
    Indonesia itu gak kayak orang luar, penghasilan mereka masih rata-rata, daya beli masih terbatas. Sejauh pengamatan saya. Carilah produk dengan harga dibawah Rp.500.000.
  • Kualitas
    Untungnya kualitas produk dengan harga 500rb cukup baik, jadi seleksilah kualitas, banyak baca review dan gali informasi.
  • Produk Populer
    Bukan rahasia umum, menjual produk populer jauh lebih mudah daripada yang kurang terkenal. Produk populer biasanya pangsa pasarnya ada, tinggal di garap aja.
  • Tidak Banyak Pesaing
    Selain populer, carilah produk yang sedikit pesaingnya. Maksudnya yang jualan pake affiliate itu sedikit. Apakah ada? Klo anda cari pasti dapat, itulah fungsi riset.

Buat 10 Artikel Review Berkualitas dengan panjang kata 1500-3000

Setelah anda riset produknya, informasi yang dalam. Saatnya buat artikel yang benar-benar berkualitas, padat isi dengan jumlah min 1500-3000 kata.

Algoritma google saat ini mengutamakan konten…

Konten is the king…

Ini beberapa tips dari saya tentang membuat artikel berkualitas.

Mungkin anda berat dan bertanya, mengapa mesti 1.500 – 3000 kata.?

Artikel SEO itu ada yang namanya keyword, (short,longtail) dan LSI, dengan menulis artikel panjang, pasti akan tersangkut kata-kata tersebut secara otomatis.

Anggap saja anda menulis rata-rata 1500 kata x 10 artikel = 15.000. robot google bisa paham apa yang anda bahas dalam website dan itu sangat bagus buat SEO kedepan.

#2 Bulan Ke Dua

Saat bulan pertama mungkin sudah ada traffic yang datang secara organik, biasanya gak banyak range 1-10 visitor perday.

Disinilah fungsi dari sosial media. Anda perlu mempromosikan postingan anda disana. Tapi ingat pahami aturan masing-masing sosmed.

Promosi dan marketing blog baru anda sangat penting di bulan kedua, setidaknya untuk membangun kesadaran orang bahwa anda punya website yang berkualitas.

  • Buat Lagi 10 Artikel Pendukung yang Berkualitas

Buatlah 10 artikel yang berkualitas lagi untuk mendukung 10 artikel anda, 1000 kata sudah cukuplah.

Anda harus menghubungkan mereka dengan internal link…

Internal link saat ini sangat berpengaruh untuk SEO.

  • Lakukan Link Building

Internal link termaksud dalam teknik link building, tapi dia ada dalam website anda (ONPAGE SEO), itu saja belum cukup untuk bersaing. perlu dilakukan lagi optimasi dari luar namanya OFFPAGE SEO.

Singkatnya seperti ini…

Usahakan blog/website anda mendapatkan 30 Backlink pada bulan kedua ini.

  • Tanam backlink di 10 Website populer (kompasiana, hipwee dll)
  • Cari 5 backlink dari 5 Website yang seniche
  • Sisanya lakukan blogwalking/ komentar di blog orang lain, usahakan seniche juga.

Cara ini cukup beresiko, karena bisa berakibat web di penalti sama google. silahkan anda cari lagi tentang cara membangun backlink. Untungnya saat ini blog saya aman. Tapi sebaiknya anda bertanya pada ahlinya. Saya cuman pemula.

#3 Bulan Ketiga

Tidak banyak yang anda lakukan di bulan ketiga hampir mirip dengan yang di bulan kedua.

  • Promosi
  • Buat 10 Artikel
  • 2 Guest Blogpost ke blog orang lain yang seniche

Guest Blogpost itu anda membuat artikel tapi di posting ke blog orang lain, tapi dalam artikel tersebut ada link disematkan dan mengarah ke blog anda.

Note : Teknik backlink ini pun cukup beresiko, sebaiknya anda tau ilmunya. Saya hanya modal nekat aja.

Oh yah… Dibulan ketiga ini insya allah website anda sudah mulai menghasilkan pundi-pundi uang dari internet dengan jalur affiliate. Traffic juga sudah mulai bagus.

#4 Bulan Keempat

Dibulan ini anda fokus untuk memperbaharui postingan yang sudah ada, biasanya ada perubahan harga, link affiliate, Internal link, gambar dan lain sebagainya.

Pelan-pelan saja optimasi satu persatu dan review kembali.

Sambil anda melakukan 2 aktifitas ini lagi.

  • Buat 5 Artikel Support
  • 5 Guest Blogpost niche sejenis

#5 Bulan Keempat

Bulan kelima anda lebih santai lagi, tapi mulailah coba untuk mendatangkan traffic dengan cara berbayar. Google ads dan facebook ads.

Selain itu karena traffic sudah mulai ramai…100-500 visitor perday jika anda beruntung. Maka cobalah mulai memasang optin form email untuk menangkap email mereka.

Email tersebut bisa menjadi sumber traffic alternatif…

Email marketing marketing konversinya cukup bagus untuk menjual produk affiliate. ini traffik yang bisa anda kontrol. Database sepenuhnya milik anda.

#6 Bulan Keenam

Sampai pada tahap ini anda sudah bisa gajian sesuai dengan UMP (pengalaman pribadi), jadi jika awalnya mencari uang dari internet hanyalah sampingan anda. Pada fase ini anda sudah bisa lebih serius lagi.

Saya rutin tinggal melakukan update artikel 1-2 post perbulan sambil membangun website baru yang lain. Hal ini karena kita sudah tau cara membuat website yang menghasilkan uang.

Tinggal duplikasi aja cara lama.

Lalu Apa Yang Harus Dilakukan Saat Website Sudah Menghasilkan?

Saran saya jangan berhenti membangun website ini, meskipun anda sudah mulai membangun website baru untuk sumber penghasilan baru.

Karena website ini masih bisa di kembangkan lagi dan di maksimalkan sumber penghasilanya.

Masih ada Ads Banner, Google Adsense dan Jualan Produk sendiri.

Anda baru melewati tantangan pertama….Perjalanan website anda yang ini akan semakin menantang lagi, lebih seru dan banyak menghasilkan uang dari Internet.

Apa saja yang Dikembangkan Setelah Website Menghasilkan Uang?

Tantang terberat dari sebuah website sukses adalah mempertahankan sekaligus mengembangkannya.

Kebanyakan orang terlena dengan penghasilan yang sudah didapatkan, padahal jika dikembangkan pasti jauh lebih baik hasilnya.

  • Update Konten
    Saat website sudah menghasilkan perlu update konten lagi, namun pada step ini anda sudah bisa menyewa penulis lepas
  • Video
    Upload video pada chanel youtube kemudian sematkan di website anda, ini akan menambah kualitas konten, sekaligus traffic dari youtube.
  • Gambar
    Gambar adalah aset dari website, anda bisa mendapatkan banyak backlink hanya karena gambar anda bagus. Memuat infografis menarik dan lain sebagainya.
  • Mengoptimalkan Kanal Sosial Media
    Kembangkan Fanpages, Pinterest dan Youtube anda sehingga menjadi sumber traffic yang luar biasa. Ingat algoritma google selalu berubah, memiliki sumber traffic alternatif membuat website anda tetap tumbuh.

Selain itu, website anda perlu di permak kembali, mulai dari tamplian serta teknologi yang disematkan didalam website.

Otomatisasi website saat ini sudah berkembang, jika anda tidak mempelajarinya sendiri anda harus membayar orang lain untuk membuatnya.

Tantangan Dalam Membangun Website atau Blog Dalam Menghasilkan Uang

Jika Disimpulkan dari apa yang di paparkan diatas maka ada beberapa tantangan yang harus anda hadapi. Setidaknya ini yang bisa di tarik kesimpulan.

  • Mencari Niche Yang Menghasilkan
  • Membuat Konten
  • Link Building

Selain itu sebagai pemula anda akan bermasalah dengan manajemen dan ketersediaan SDM

  • Mencari penulis berkualitas saat website sudah mulai tumbuh
  • Mengembangkan teknologi website dan otomatisasi
  • Manajemen waktu saat mulai membangun website baru.

Itulah sharing yang bisa dihadirkan pada postingan kali ini, tidak ada maksud menggurui. Saya hanya ingin berbagi pengalaman tentang cara membuat website yang menghasilkan uang.

Lagian ini tidak cocok untuk anda yang sudah menghasilkan puluhan juta dari website, hanya untuk yang baru memulainya.

Sharing kali ini memang jauh dari sempurna, oleh sebab itu anda bisa menambahkannya dengan memberikan komentar, sehingga artikel ini menjadi bermanfaat.

Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar

×

Bonus ini Hanya Berlaku Hari inI 22 Oktober 2020 Sampai Pukul 23.59

Klik Disini