Sumber Traffic Untuk Bisnis Affiliate, Mana Yang Terbaik?

 Advertisement
 Advertisement

Jika kamu seorang affiliate marketing tentunya pertanyaan yang tidak habis kalian tanya dan tidak habis di bagi (share) adalah sumber traffic untuk bisnis affiliate mana yang terbaik?

Oleh sebab itu postingan ini akan mendiskusikan tentang sumber traffic tersebut, as you now, setiap orang dan setiap produk pasti berbeda-beda persepsi tentang mana kanal terbaik.

10 Kanal Penjualan Terbaik Untuk Bisnis Affiliate

Sebagai seorang pemula yang baru 1 tahun terakhir mengenal bisnis affiliate tentunya banyak hal yang telah dicoba terutama tentang mana kanal penjualan terbaik.

Bisnis Affiliate adalah bisnis yang membutuhkan banyak traffic dalam penjualan.

Di Indonesia sendiri sangat unik, bisnis affiliate ini telah menyebar dan hampir rata pada semua kalangan.

Setidaknya bisnis ini menggiurkan karena kemudahan bisnisnya, kemudahan mendapatkan uang dan akses informasi ilumnya yang semakin banyak dan mudah di akses.

Jika kamu ingin menjadi seorang affiliete sebaiknya baca dulu artikel berikut ini sebelum lanjut.

Semoga kamu bisa mendapatkan insight dari kedua artikel diatas, back to the topic. Jika dilihat dari sumber traffic itu sebenarnya hanya dua kategori saja, Gratis dan berbayar.

Sumber Traffic Untuk Bisnis Affiliate Gratis

Rata-rata setiap affiliate pemula pasti menggunakan sumber ini, bahkan yang sudah expert sekalipun terkadang harus menggunakan sumber traffic ini untuk mendongkrak penjualan. terlebih saat mengikuti kontes affiliate.

Pertanyaannya, apa saja sumber traffic gratis tersebut, bagaimana cara kerjanya dan apakah efektif sebagai sumber traffic untuk bisnis affiliate?

Tetap fokus, plis jangan di scroll meskipun gaya penulisan ini tidak enak dibaca, tapi bagian ini penting untuk tidak dilewati.

Catatan : Gratis disini sepaket dengan keruwetannya, It’s oportunity choice, kamu harus membuang kesempatan lain demi mendapatkannya, Pikiran, waktu juga tenaga. So toleransilah dengan itu.

1. Facebook dan Instagram

Sumber Traffic Facebook dan Instagram

Facebook profil atau biasa di sebut facebook personal serta instagram merupakan salah satu sumber traffic gratis affiliate yang paling powerful. khusunya masih pemula (modal terbatas). It’s Me 🙂

Facebook Profil dan Instagram tidak hanya mampu mendongkrak penjualan melainkan dapat mendatangkan leads (database dan kontak WA) jika tau cara optimasinya.

Syarat utamanya sederhana, add pertemanan full (5.000) dan tertarget serta berinteraksilah dengan mereka.

Jika mau tau caranya, ini sedikit tips yang sudah dicoba, silahkan jika mau tau caranya baca artikel tentang – Cara Memasarkan Produk Afiliasi Melalui Facebook Personal.

Untuk Instagram saya agak kurang bahan dikarenakan saya tidak terlalu menghasilkan dari kanal ini, tapi beberapa teman berhasil memaksimalkannya.

Intinya pada instagram ada beberapa poin yang perlu di perhatikan jika mau sukses menjual produk affiliate disini.

Keutungan dari berjualan produk affiliate di kedua kanal ini adalah market yang rata-rata masih pemula dan sangat membutuhkan produk yang kamu jual. belum banyak yang smart buyer juga.

Sayangnya cara gratis juga punya banyak kekurangan, dahulu menaruh link hidup pada postingan masih tetap mendapatkan jangkauan audiens yang banyak.

Sekarang link hidup sangat dibatasi interaksinya, terkadang beberapa link affiliate tidak bisa di posting karena URL vendor di blokir oleh facebook karna di anggap spam. Instagram apalagi, tidak ramah link affiliate.

2. Whatsapp Group

Sumber Traffic Whatsapp Group
Gambar : https://bbsbc.com.ng/

Tidak semua orang melakukannya, tapi ada beberapa yang kanal penjualan utama untuk produk affiliate menggunakan whatsapp group. bahkan menjadikannya kanal utuma.

Mereka rata-rata berhasil menerapkan prinsip kolam ikan ala Dewa Eka Prayoga.

Caranya adalah menarik calon pembeli menggunakan leads magnet dan gabung ke link group WA tertentu. memberi mereka makan dengan makanan yang tidak jauh dari produk jualan, kemudian menanti masa panen.

Dahulu saya coba menerapkan teknik ini dan kesimpulannya I Can’t Do It, waktu dan tenanga habis hanya untuk edukasi calon buyer yang belum tentu beli.

Tapi ingat kegagalan tersebut bukan karena kanal ini tidak efektif, melainkan karena sempitnya pengetahuan saya akan kanal ini, terlebih tidak fokus dalam membangunnya.

Ada yang berhasil menggunakan kanal group whatsapp ini sebagai sumber traffic untuk bisnis affiliatenya? Bagi donk di kolom komentar.

3. Whatsapp Blast

sumber traffic whatsapp blast

Whatsapp Blast adalah cara kirim pesan ke nomor WA hanya sekali klik dan tanpa simpan nomor. Coba lihat demonya disini.

Sampai saat ini masih merupakan kanal efektif untuk melakukan penjualan, tidak hanya untuk produk affiliate. Melainkan semua produk cair dengan tools ini.

Caranya sangat sederhana, kumpulkan database nomor whatsapp tertarget, bisa di dapat via facebook atau group. kemudian mengirim pesan blast yang ada isi link affiliatenya. Tunggu sesaat invoice masuk or nomor di banned.

Sebagai mantan marketing finance saya suka dengan cara ini, sedikit berbau spam. terkadang kondisi tertentu ini pilihan terakhir yang harus dilakukan.

Tapi ingat, market Indonesi sudah teredukasi akan teknik ini, mereka akan melaporkan nomor WA kamu sebagai SPAM dan ujungnya nomor terblokir.

Saat kondisi nomal saya lebih elegan dalam menggunakan tools ini, datangkan nomor whatsapp via Facebook dan follow up menggunakan blast.

Selain elegan tehnik ini cukup aman, kecil kemungkinan untuk nomor whatsapp terblokir. Kadang beberapa affilate lain memblast saya juga dengan teknik seperti ini.

So, apakah kamu sudah mencoba? teknik ini cukup efektif namun sangat sensitif, pada dasarnya orang tidak ingin diganggu privasinya dan Whatsapp sangat privasi.

4. Telegram Channel dan Group

Sumber Traffic Telegram

Hampir sama dengan group whatsapp, hanya saja telegram memiliki beberapa fitur terbaik yang tidak dimiliki oleh WA. salah satunya adalah jumlah anggota yang tidak terbatas.

Tapi, kekurangan pada telegram ini karena hampir tidak setiap hari calon pembeli mengakses group dan channel ini.

Hanya orang-orang tertentu, Maniak, yang sudah cinta dengan group dan channel kamu, karena konten kamu bermanfaat, sehingga sayang dilewatkan.

Hamoir sebagian guru-guru affiliate saya punya menggunakan kanal ini yang jumlah membernya ribuan bahkan ratusan ribu.

Saya pribadi gagal dalam menggunakan kanal ini. Pertama saya bukan pakar, tidak populer, dan tidak punya fans berat, malah banyakan haters,….kamu gimana?

5. Youtube

Sumber Traffic Youtube
https://videomarketinginsider.com

Saya pernah memposting Anuan di Youtube dan anehnya 6 bulan kemudian ada yang membeli produk tersebut via link yang ada pada video tersebut. Dia Klik link WA dan masuk ke WA.

Kesimpulannya Youtube sangat efektif sebagai sumber traffic untuk bisnis affilate jika tau cara mengoptimasinya. bahkan postingan Youtube saya tidak di optimasi.

Para affiliate marketer dunia banyak menggunakan Youtube sebagai kanal penjualan produk affiliate mereka. Mudah kok, tinggal rekam, ngomong, edit pasang link. ketimbang harus nulis gempor pantat keriting jari seperi saya.

6. SEO

sumber affiliate SEO
https://www.rumahkomunitas.com

SEO bisa dikatakan adalah kanal paling purba dalam dunia internet marketing, serta sampai sekarang ini merupakan kanal paling efektif dalam penjualan melalui internet.

Semua marketer dunia hampir 69% menggunakan SEO sebagai sumber trafficnya. setidaknya ini data dari affstat affiliate marketing survey 2018.

Hanya saja di Indonesia kebanyakan produk affiliate di jual hanya dalam waktu tertentu saja (kontes affliate), sehingga produk yang di jual tidak evergreen.

Sehingga untuk dioptimasikan menggunakan tehnik SEO tidak cocok, karena SEO butuh waktu.

Tapi tenang saja, saya sudah membuat list 5 produk affiliate evergreen, sehingga bisa kamu jual pakai teknik SEO ini. silahkan dipelajari dulu dan ambil linknya.

Saya pribadi hampir sebagian besar waktu saya dihabiskan untuk optimasi website menggunakan SEO. karena menurut saya ini adalah investasi jangka panjang selain uang.

Sebenarnya selain 5 produk diatas masih banyak lagi produk lainnya, misalkan hosting dan domain serta marketplace.

Oh iya buat kamu yang jualan produk affiliate menggunakan SEO bagi tips dan link affiliatenya donk di kolom komentar.

7. Email Marketing

Sumber traffic Email Marketing

Email marketing adalah salah satu sumber traffic terbaik dengan konversi yang cukup tinggi untuk penjualan produk affiliate.

Semua affiliate terkenal di Indonesia menggunakan email marketing ini, coba saja subscribe atau isi form dari salah satu affiliate Indonesia kesayangan kamu, pasti kamu akan di bom dengan email.

Ini tidak 100% gratis gan, karena kamu harus sewa provider email marketing. sekarang ini sudah mudah, di Indonesia sudah ada kirim.email punya mas fikri yang menyediakan layanan terbaik ini.

Saat ini saya akan pelan-pelan belajar email marketing ini, jika sudah jadi pasti akan saya buat postingannya. saat ini saya masih menggunakan yang gratisan yaitu mailchimp untuk mengumpul data base dulu.

Oke saya tidak banyak membahas, tapi sebagai rujukan kamu boleh mendapatkan insight dari Nichehack.com

8. Aplikasi Pribadi

Sumber Traffic Aplikasi Pribadi

Kemarin saya baru diperlihatkan oleh abang saya yang juga salah satu affiliate marketer cukup senior, tentang sebuah aplikasi untuk notifikasi ke member-membernya.

Demonya waktu itu yaitu dia mengabarkan ke member-membernya tentang produk affiliate yang sedang di ikuti kontesnya.

Hanya sekali posting dan pesan itu sudah sampai ke membernya.

Cukup menarik karena traffic ada dalam kendali kita, tidak terkendala algoritma facebook juga google.

Jika kamu ahli dalam membuat aplikasi, cobalah buat sebuah aplikasi yang dapat di akses gratis, kemudian sangat dibutuhkan oleh orang.

Sejauh ini saya cukup tertarik tentang aplikasi selly, yaitu sebuah keyboard whatsapp yang memudahkan para pebisnis online. cobala cari insight yang lain.

Saya sendiri tidak bisa, karena backgroud saya adalah ilmu sosial, sukur-sukur sudah paham cara buat website.

Sumber Traffic Berbayar Untuk Bisnis Affiliate

Online advertising atau paid traffic sekarang ini menurut saya hanya tinggal menyisahkan dua pemain besar saja, Facebook Ads dan Google Ads.

Banyak para affliate dan advertiser rela menghabiskan sejumlah uang agar bisa menikmati fasilitas ini. Pertanyaannya ada apa dengan sumber traffic berbayar ini?

9. Facebook Ads

Sumber Traffic Facebook Ads

Facebook ads isn’t magic but it’s powerful, itulah secuil pepatah dari Jon Loomer pakar Facebook marketing.

Artinya meskipun traffic ini berbayar kamu belum tentu mendapatkan hasil yang maksimal, istilah advertisingnya boncos.

Bisa dikatakan 100% para affiliate marketer Indonesia pernah mencoba menggunakan facebook ads ini.

Jika paham rulenya, paham riset audiensya dan copywriting serta pemilihan gambar dan optimasi landing page mantap, bisa jadi berapapun biaya facebook ads pasti bisa di bayar.

Rata-rata para affiliate mendapatkan ROI diangka minimal 3x dari jumlah budget yang dikeluarkan.

Kok tau???

Saya bekerja di Gamma Advertisa, jasa advertisng yang jasa unggulannya adalah facebook ads. kami membantu para bisnis owner yang ingin produknya tampil di facebook.

So saya punya datanya, dan mengaminkan apa kata Jon Loomer diatas.

Tidak semua produk yang kami iklankan kampanyenya berhasil ada beberapa juga yang gagal. kajiannya cukup panjang yang intinya FB Ads ini isn;t magic.

Pertanyaanya apakah kamu sudah pernah coba? atau jangan-jangan pernah menggunakan jasa kami ???

10. Google Ads

sumber traffic google ads

Untuk google ads secara teknisnya saya kurang paham, karena memang di kantor saya fungsi saya hanya sekedar sebagai marketing yang sekali-kali punya fungsi manajemen.

Tapi di kantor kami terus menggunakannya dan mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan dalam melakukan promosi menggunakan sumber traffic dari google ads.

Intinya saya tidak mau berspekulasi dan berteori disini, jika kamu pernah menggunakannya dan itu berhasil menjadi sumber traffic untuk bisnis affiliate, boleh berbagi tipsnya, kali aja dalam bentuk artikel dan nantinya akan saya posting di blog sederhana ini.

Oke, saya tunggu kiriman anda, silahkan kirimkan tulisan anda via email irfan@mysurel.com. agar bisa memberi manfaat kepada banyak orang, khususnya pembaca setia blog ini.

Kesimpulan

Sebelum menutup artikel ini saya memberikan oleh-oleh tentang kepada siapa kamu bisa belajar gratis tentang digital marketing seutuhnya.

Mereka sudah menggunakan 10 Sumber traffic tersebut dan kamu dapat belajar dari mereka. Plis baca dulu sebelum meninggalkan postingan ini.

Sebagai seorang yang baru terjun pada bisnis ini sebaiknya tidak strik kepada salah satu dari 10 kanal yang ada, cobalah semua kanal yang kamu bisa. nanti kamu akan menemukan polanya.

Hal ini untuk menghindari perdebatan panjang antara kamu dan temanmu tentang mana sumber traffic untuk bisnis affiliate yang cocok. Oke selamat mencoba.

 Advertisement
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6289510637291

Tinggalkan komentar