Advertisement

Mengenal Email Marketing Sebagai Senjata Meladakan Omset Bisnis

Bantu Share Gan...

Email marketing merupakan salah satu cara atau strategi pemasaran yang memanfaatkan media digital, dan banyak dijadikan opsi paling jitu oleh beberapa pelaku bisnis. Lalu, apa sebenarnya definisi istilah itu?

 Advertisement

Seiring majunya perkembangan dunia digital, telah banyak fitur dan fasilitas yang diciptakan untuk memberikan berbagai kemudahan bagi aktivitas manusia. Salah satunya dalam bidang marketing atau pemasaran.

Saat ini telah banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan bisnis Anda.

Apa Itu Email Marketing?

Secara gampangnya, email marketing atau email pemasaran bisa dikatakan sebagai strategi marketing yang dilakukan dengan cara mengirimkan surat elektronik atau email, untuk menginformasikan produk atau jasa yang dijual.

Email ini boleh dikirimkan kepada pembeli yang sudah menjadi langganan, atau bisa juga dikirimkan kepada orang-orang baru yang ingin dijadikan sasaran pembeli. Dengan cara ini, pelaku bisnis dan pelanggan bisa saling berinteraksi secara terus-menerus.

Pemasaran email juga bisa diartikan sebagai salah satu bentuk pemasaran yang menggunakan email atau surat elektronik sebagai medianya.

Fungsinya untuk mengkomunikasikan pesan penjualan atau komersial dari pengirim menuju penerima (dalam hal ini pengguna email). Istilah pemasaran email juga bisa merujuk pada beberapa pengertian berikut ini.

  1. Mengirim email yang bertujuan meyakinkan calon pelanggan hingga mendapatkan pelanggan baru agar tertarik membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.
  2. Mengirim email yang bertujuan meningkatkan interaksi dan hubungan antara penjual dengan pelanggan, sehingga menambah rasa loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
  3. Pemasaran email juga bisa dikatakan menambah iklan ke dalam email yang kemudian dikirimkan oleh perusahaan lain menuju pelanggan.

Sejatinya email pemasaran tidak jauh berbeda dengan email pada umumnya. Yang membedakannya hanya pada izin (permission) dari penerima email yang dituju.

Jika mengirimkan email biasa, tidak perlu ada izin khusus yang diberikan. Sedangkan pada email pemasaran, sasaran penerima email harus memberikan izin berupa permission based marketing.

Selanjutnya penerima email bisa mendapatkan berbagai informasi dari produk atau jasa yang dipasarkan.

Apa saja Bentuk Email Marketing?

Marketing dalam bentuk email bisa diibaratkan layaknya sebuah undangan. Jika kemasan undangan itu bagus dan menarik perhatian, maka akan banyak orang yang meliriknya.

 Advertisement

Sama halnya dengan email pemasaran, jika disajikan dalam bentuk yang menarik akan banyak pelanggan yang terpikat untuk melihat informasi di dalamnya.

Ada beberapa macam cara untuk mengirimkan email pemasaran produk dan jasa yang bisa Anda gunakan. Umumnya orang-orang menggunakan tiga jenis email pemasaran, yaitu direct email, retention email, dan beriklan pada email orang lain.

#1 Direct Email

Direct email atau email langsung merupakan pesan yang Anda kirim secara langsung ke pada para pelanggan, dengan isi pesan berupa promosi atau penawaran.

Email langsung ini bisa berupa teks promosi biasa atau bisa pula dan bentuk HTML yang mengandung pesan dengan kemasan yang menarik. Anda bisa mendapatkan database calon pelanggan dengan browsing, melalui kartu nama, atau daftar B2B.

Bentuk direct email ini cukup banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online. Namun tidak sedikit yang kurang berhati-hati dalam memanfaatkannya.

Seringkali ada yang mengirimkan pesan berisi promosi atau penawaran secara bertubi-tubi dalam waktu yang berdekatan.

Hal ini sangat tidak dianjurkan, karena pesan yang didapatkan akan dianggap sebagai spam pengganggu sehingga tidak akan digubris oleh penerima.

Retention Email

Retention email atau email yang disimpan berbeda dengan direct email. Retention email dikirimkan untuk para pelanggan lama yang dimaksudkan agar mereka tetap terhubung dan menjaga hubungan baik yang telah dijalin.

Retention email mengandalkan kedekatan dengan pelanggan sehingga bisa jadi cara ini lebih efektif daripada direct email yang kebanyakan dikirim secara random.

Bagi Anda selaku pengusaha atau pelaku bisnis yang mempromosikan produk dan jasa melalui media online termasuk email, harus senantiasa menjaga hubungan yang terjalin dengan pelanggan.

Untuk itu, Anda harus secara rutin dan berkala mengirimkan informasi pemasaran yang menarik kepada pelanggan dan subscriber. Dengan retention email, Anda bisa menyelingi pesan yang dikirimkan dengan beberapa informasi lain yang bermanfaat.

Beriklan pada Email Orang Lain

Email marketing jenis ini bisa dikatakan paling banyak digunakan para pelaku bisnis untuk memasarkan produk secara digital.

Cara ini juga efektif untuk pengusaha yang masih belum punya banyak list email dan subscriber. Dengan membayar pada publisher lain, Anda bisa mempromosikan bisnis kepada email orang lain.

Sudah lumayan banyak yang membuktikan bahwa beriklan di email orang lain bisa menjadi salah satu strategi marketing yang berhasil.

Anda bisa bekerja sama dengan publisher yang telah memiliki banyak daftar email dan subscriber untuk mengirimkan promosi Anda. Selanjutnya, Anda hanya perlu membayarkan sejumlah uang dengan harga yang masih terjangkau kepada publisher tersebut.

Apa Saja Manfaat Email Marketing yang Bisa Anda Dapatkan?

Email marketing tidak akan banyak digunakan jika tidak memberikan manfaat yang nyata. Dengan adanya email pemasaran semakin membuka peluang yang bisa dimaksimalkan untuk marketing secara online.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan email pemasaran. Berikut beberapa di antaranya.

  • Tidak Membutuhkan Banyak Biaya

Untuk melakukan email pemasaran, Anda memerlukan layanan yang disediakan oleh penyedia email responder.

Tentunya ini memerlukan biaya. Namun tidak perlu khawatir, karena biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit daripada melakukan pemasaran secara fisik.

Selain itu, juga lebih efektif menggunakan email, karena tingkat responsif calon pelanggan terhadap email lumayan tinggi. Jadi akan lebih besar kemungkinan produk yang Anda promosikan dilihat.

  • Informasi Terkirim dalam Waktu Lebih Cepat

Penggunaan email marketing untuk promosi dan pemasaran produk membutuhkan waktu lebih cepat daripada secara manual dalam bentuk fisik.

Sebagai contoh, jika Anda akan mengirimkan pesan fisik dengan perantara surat pos bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan informasi produk Anda untuk tiba di tempat tujuan. Sedangkan jika menggunakan email akan sampai dalam waktu beberapa detik saja.

  • Bersifat Pribadi

Dengan adanya email pemasaran yang dikirimkan pada masing-masing pelanggan, akan lebih besar kemungkinan dibuka oleh penerima karena pesan tersebut ditujukan secara pribadi kepada mereka.

Sifat personal atau pribadi umumnya akan mendapatkan perhatian yang lebih besar dari penerima pesan. Mereka pun juga akan merasa nyaman karena komunikasi via email hanya berlangsung dua arah antara pengirim dan penerima saja.

  • Menjalin Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Interaksi yang baik dengan pelanggan akan memberikan dampak positif bagi bisnis Anda. Dengan menjalin hubungan yang baik, pelanggan akan dengan rela hati menerima informasi apapun yang Anda promosikan.

Inilah salah satu yang ditawarkan oleh adanya email marketing. Anda bisa mengirimkan informasi penting seputar produk, baik berupa penawaran baru, tips-tips, maupun hal-hal lain yang relevan.

  • Kampanye Dapat Diukur

Kampanye produk yang telah Anda lakukan akan lebih mudah diukur jika menggunakan email marketing. Hal ini dikarenakan akan bisa dilacak berapa banyak email yang telah Anda kirimkan kepada calon pelanggan.

Bahkan Anda juga bisa tahu bagaimana respon yang telah calon pelanggan berikan. Dengan demikian akan mudah untuk melakukan analisis terhadap kampanye produk yang telah dilakukan.

Apa Saja Fungsi dari Adanya Email Marketing?

Ada beberapa fungsi dari adanya email marketing untuk pemasaran produk secara digital yang lebih optimal.

Anda akan diberikan kemudahan untuk mengirimkan email kepada ribuan pelanggan dan calon pelanggan secara bersamaan tanpa butuh waktu lama. Anda juga bisa membuat promosi berjalan otomatis karena semua aktivitasnya dilakukan secara digital.

Yang lebih penting, Anda bisa mendapatkan database email dari para pelanggan Anda. Data inilah yang nantinya bisa Anda follow up untuk melakukan promosi jangka panjang dan berkelanjutan.

Hubungan jangka panjang yang baik bisa membuat pelanggan menjadi setia menanti informasi promosi yang Anda berikan. Anda juga bisa membuat segmentasi atau pembagian kategori pelanggan. Sangat praktis sekali, bukan?

Dari data yang didapatkan, Anda juga bisa menganalisis tingkat keberhasilan strategi marketing yang dilakukan.

Selain itu, Anda juga bisa mendapat temuan apa-apa saja yang disukai dan diinginkan oleh pelanggan. Di sini bisa jadi semacam survei untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan secara langsung.

Kelebihan yang Bisa Didapatkan dari Email Marketing

Sebagian orang mungkin mempertanyakan, adakah manfaat yang bisa didapatkan dengan memilih strategi email marketing sementara di sisi lain telah banyak digunakan pemasaran melalui media sosial.

Saya akan mengatakan jika penggunaan email pemasaran masih menjadi sorotan utama dalam metode pemasaran secara online.

Hal ini dikarenakan ada benefit yang hanya bisa didapatkan dengan email pemasaran.

  • Penggunaannya Aman dan Terpercaya

Kelebihan pertama dari menggunakan email pemasaran yang bisa Anda dapatkan yaitu berbisnis menggunakan strategi pemasaran ini relatif lebih aman dan terpercaya. Hal ini karena email akan langsung diterima oleh calon pelanggan secara langsung.

  • Mudah Digunakan

Kelebihan lain yang didapatkan dari email marketing adalah mudah digunakan, bahkan oleh pemula.

Cara teknis mengoperasikannya tidaklah sulit, kebanyakan orang awam akan mudah menggunakannya. Selain itu, strategi pemasaran ini memungkinkan dilakukan dari mana saja dan kapan saja selama terhubung jaringan internet sehingga lebih fleksibel.

  • Dapat Menjangkau Konsumen Secara Lebih Luas

Dengan menggunakan email marketing Anda bisa menjangkau konsumen dalam cakupan yang lebih luas. Jika jangkauan telah luas, Anda berkesempatan menjalin koneksi dan jaringan secara lebih luas pula.

Ini akan menguntungkan promosi yang Anda lakukan. Dengan format email yang tersedia, Anda juga bisa mengirimkan pesan promosi dengan kemasan yang bervariasi.

  • Peluang Dibaca Pelanggan Lebih Besar

Dari survei yang telah dilakukan salah satu lembaga menunjukkan bahwa pengguna internet yang memakai akses email sebanyak 94%. Selain itu, hampir setiap hari orang-orang terutama yang telah dewasa akan selalu mengecek email yang masuk.

Oleh karena itu sangat besar kemungkinan pesan promosi yang telah Anda kirimkan akan dibaca oleh pelanggan dan calon pelanggan.

Itulah hal-hal seputar email marketing yang perlu Anda ketahui. Sejatinya ada banyak strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan, apalagi di era digital saat ini. Semua tinggal menyesuaikan jenis bisnis yang Anda kelola, dan bagaimana kreativitas dalam memasarkan produk atau jasa yang dihasilkan sehingga dilirik banyak orang.

 Advertisement
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar