Belajar SEO On Page Terlengkap

 Advertisement
 Advertisement

Ketika anda mencari informasi mengenai BELAJAR SEO ON PAGE Terlengkap berarti anda sudah memahami apa itu seo dan ingin mendalaminya.

Dalam optimasi SEO ON PAGE Terlengkap tidak terlepas dari ON PAGE dan OFF PAGE, simpelnya on page harus anda pahami di awal dan off page bagian terakhir setelah anda paham bagian SEO lainnya.

Anda dan semua orang bisa memahami SEO On Page Terlengkap ini, pada dasarnya ilmu ini adalah Ilmu baca dan ilmu praktek.

Semakin banyak anda baca maka semakin banyak yang anda praktekkan dan semakin anda banyak praktek maka semakin sukses anda dalam SEO.

Apa itu SEO ON PAGE dan Apa Tujuannya

Seo on page adalah cara mengoptimasi website anda dari dalam website itu sendiri untuk mendapatkan peringkat tertinggi dan mendatangkan banyak traffic melalui mesin pencari. (bukankan itu yang anda inginkan?)

Mari kita bedah dalamanya mulai dari kepala sampai ujung kaki agar bisa mencapai peringkat tertinggi di mata google. Panduan SEO On Page Terlengkap ini membahasinya secara detail

Seo Friendly Domain Name

Memilih nama domain adalah otoritas anda, pilihlah domain yang mengandung kata kunci dari isi keseluruhan website anda.

Misalnya jika anda menjual produk kaos maka anda gunakan nama domain yang mengandung kata kaos, misalnya kaosjogja.com.

Permasalahanya mencari domain seperti itu kan tidak mudah, sudah di ambil orang lain lebih dulu.

  • Cobalah berfikir keras cari yang semakna
  • Gabungkan maksimal 3 kata
  • Jika dua hal diatas dicoba dan gak dapat, maka apa boleh buat lanjut ke poin selanjutnya (Judul)

Judul Artikel Mengandung SEO ON PAGE Keyword

Ketika anda tidak berhasil menemukan domain yang mengandung kata kunci, maka tidak perlu khawatir, Seo on page banyak cara, salah satunya dengan menggunakan judul yang mengandung keyword.

Saya sudah menulis sebelumnya mengenai cara menulis judul artikel yang menarik dan berpotensi viral, silahkan dibaca terlebih dahulu.

Ketika anda mencari sesuatu di mesin pencari anda akan mengetikan suatu kata kunci dan google akan memberitahukan kepada anda 10 pilihan di halaman pertama.

*Menurut moz Gunakan 50-60 Karakter jangan lebih.

Urls Yang Mudah Dibaca Mengandung Seo

Edit urls artikel anda dengan menggunakan keyword (kata Kunci), Gunakan Yoast Seo untuk mempermudah.

Jangan gunakan seperti ini belajarseo.com/12-13-18/apa-yang-di-maksud-dengan-cara-belajar-seo…/

Pakai Url seperti ini : belajarseo.com/ belajar-seo-on-page-terlengkap

Caranya : pilih setting –> Permalink –> Name Post

Gunakan slug 3-5 Kata saja,jika 3 kata saja sudah cukup, itu sudah lebih baik.

Bahkan info terbaru yang saya dapakan adalah gunakan satu sampai dua kata saja.

Keyword + Kata = Frasa

Kata kunci akan terasa kaku jika hanya menggunakan keyword saja, Gunakan tambahan kata atau angka agar menjadi sebuah frasa.

Misalnya : Kata keyword utama anda “Belajar Seo” tambahkan kata Terlengkap menjadi “Belajar SEO On Page Terlengkap”.

  • Setting Menjadi H1

Jangan lupa juga tulis judul anda sebagai Heading 1, jika anda pengguna wordpress maka tidak perlu khawatir, judul sudah merupakan H1.

  • Meta deskripsi

Ini merupakan HTML untuk mendiskripsikan secara singkat isi tulisan di artikel anda dan akan muncul di tampilan pencarian google.

Untuk penulisan karakter ini direkomendasikan 155-160 karakter. Jika anda menggunakan Yoast bisa jauh lebih mudah

Hack Isi Artikel dengan Tehnik Seo On-page

Cara menulis artikel SEO ini sudah saya bahas sebelumnya, pastikan anda tidak melewati artikel penting ini.

Isi (konten) artikel merupakan badan inti yang membutuhkan perhatian untuk di optimasi, inilah jawaban mengapa kebanyakan penulis hebat.

Mereka memiliki begudang-gudang kosa kata bagus, namun tidak di temukan google. Karena mereka tidak mengoptimasi bagian konten.

Kita tidak akan membahas cara menulis konten yang baik dan benar disini, melaikan kita akan memasukan unsur seo on page kedalam konten, ada beberapa bagian utama yang perlu di perhatikan.

Sub Heading

  • Masukan unsur kata kunci ke dalam sub heading, misalnya sama seperti Sub heading <H2> diatas, rumuskan menjadi frasa agar tidak terlihat kaku.

Format Sub Heading

Jangan lupa untuk memformat sub heading menjadi <H2>. Ini tidak otomatis, tapi anda cukup mengubahnya dibagian heading, pilih heading 2.

Sebar Keyword

Sebarkan minimal 1 keyword di 100 kata pertama sebelum tanda titik <.> , hal ini sudah sering kali disampaikan oleh pakar-pakar seo dalam dan luar negeri. Sekali lagi tambahkan beberapa kata agar menjadi frasa agar terlihat natural.

*Catatan :Hati-hati dalam optimasi kata kunci, over optimasi dapat mengakibatkan artikel anda malah tenggelam dari ribuan artikel lainnya.

Minimal tidak lebih dari 1% kata kunci ulangan dari total kata di artikel

Sisipkan LSI

Latent Sematic Indexing adalah kata kunci yang masih ada kaitanya dengan kata kunci utama atau sering disebut dengan sinomin kata kunci.

Kata kunci ini secara tidak langsung akan memudahkan pencarian anda di google jika pengetikan kata kunci si pencari meleset.

Misal kata keyword diganti dengan kata kunci, Seo diganti dengan optimasi kata kunci, mobil di ganti dengan kenderaan roda empat dan lain-lain.

Intenal Link dan Outbound Link

Singkatnya adalah memasang link lain website anda sendiri dan memasang link menuju website milik orang lain (referensi). Ini akan mempengaruhi onpage seo anda.

Mengapa demikian???

Internal Link

Fungsi internal link, suatu web berkualitas akan diukur dari apakah pengunjung web anda betah berlama-lama di dalam sana? Google dapat mengetahui hal tersebut. Istilahnya Bounce.

Ketika kita memasang internal link, misalnya artikel terkait yang menuju ke artikel lain maka ini akan memperlama durasi pengunjung di web anda. Indikasinya bahwa apa yang anda tulis bagus Dan hasilnya anda akan dapat peringkat tertinggi di google.

Jika anda bingung maka anda bisa menggunakan tambahan plugin Inline Related Post

Outbound Link

Link ini ibaratnya anda memberikan referensi ke website lain di dalam artikel anda.

Memberikan link referensi ke website yang terpercaya maka google akan mengangap bahwa apa yang anda tulis ada dasarnya dan tidak akan menyesatkan orang lain.

Terutama bagi anda yang websitenya masih baru. Ibarat manusia baru kenalan belum sepenuhnya dapat dipercaya.

Hal Penting : jangan memberikan link ke website kompetitor anda, karena seorang murid tidak mungkin mengencingi gurunya sendiri. Ini adalah pendapat pribada saya. Plis jangan di perdebatkan.

Postingan Yang Panjang dan berisi

Setelah semua hal diatas anda lakukan selanjutnya adalah memastikan bahwa artikel anda panjang dan berisi.

Menurut Yoast Seo bahwa kategori artikel yang panjang adalah 900 kata. Namun hal ini tidaklah cukup, yang perlu di pastikan adalah isi.

apakah isi sudah dapat memberikan solusi kepada pembaca?

Percuma anda menulis panjang lebar namun si pembaca tidak menemukaan solusi masalahnya.

Jika artikel anda model seperti ini maka anda sedang buang-buang waktu.

Catatan : Perhatikan juga berapa kata yang di tulis oleh kompetitor anda dari peringkat 1 sampai 10 (Halaman Pertama). Jika mereka menulis rata-rata 1.000 Kata. Maka anda harus menulis 2x lipat dan lebih informatif dari mereka.

Gambar Ilustratif dengan Resolusi Baik

Berikan gambar ilustratif setelah artikel anda jadi, hal ini selain dapat mengaktifkan imajinasi pembaca, juga dapat meningkatkan Seo Onpage anda. Berikut cara optimasinya

Buat Gambar

Berikan gambar yang ilustratif agar memudahkan pembaca dalam memahami artikel anda. Tapi ingat gambar haruslah proporsional.

Jika artikel anda bukanlah tutorial, sebaiknya hanya menggunakan 1-2 gambar saja. Namun sebaliknya jika tutorial anda butuh beberapa gambar agar membantu pembaca untuk dapat memahami isi artikel.

Gambar yang berlebihan serta berkapasitas besar dapat membuat performa loading web anda meningkat. Dan orang tentu akan bosan menunggu.

Masukan Deskripsi dan Alt Text

Berikanlah alt text yang mengandung kata kunci, ini dapat membantu seo on-page anda, karena selain gambar bisa terindex di google.

Disaat jaringan internet tidak stabil maka gambar tersebut terganti dengan alt Text.

Catatan: Jangan lupa lampirkan sumber jika gambar tersebut bukan milik anda. Ini bisa berakibat fatal dikemudian hari jika anda lupa melampirkanya.

Gunakan Media Sosial Share

Saya belum terlalu memahami bagaimana indikator pengukuran google dalam hal ini, namun dizaman media sosial seperti saat ini anda dapat mengambil keuntungan dari sana.

Belajar On Page Seo  Terlengkap ini merupakan pengalaman empiris saya sehingga perlu anda buktikan sendiri kebenarannya.

Bisa jadi dalam simulasinya artikel anda anda ketika di posting akan menerima sinyal dari beberapa seperti backlink dan sosial media ini, agar artikel di anggap berkualitas.

Bayangkan jika artikel yang anda tulis ternyata viral???

Ini akan langsung melejitkan brand website anda dan juga menambah traffic ke webiste anda. Percaya sajalah wong anda sering kan membaca artikel-artikel viral di medsos?

Silahkan download plugin untuk memudahkan anda memasang tombol share artikel. Saya sendiri menggunakan Sassy Social Share.

Mobile Friendly

Anda pernah belanja ke toko retail moderen? Sering belanja ke warung kelontongan tradisonal? Apa yangmembuat anda nyaman???

Saya pribadi karena saya tau dimana letak mie instan dan dimana letak popok bayi. Google menamakannya User Experience (UX).

Gunakan website yang memiliki tema mobile friendly, artinya ketika di buka di handphone tampilannya akan menyesuaikan dengan ukurun handphone, begitupun di tablet.

Coba anda pikir,anda senang baca artikel via handphone atau via desktop??? Jawab jujur ya?

Cek Kecepatan Website

Penahkan anda menunggu lalu tidak bosan??? Ternyata menunggu memang membosankan kan…

Google mengerti perasaan anda akan kebosanan menunggu, sehingga google menetapkan bahwa jika website anda memiliki kecepatan maka anda akan di prioritaskan daripada web yang superlambat.

Anda bisa membaca detailnya disini

Pertanyaanya? Apa-Apa Yang Membuat Website Lambat?

  • Hosting spase kecil
  • Tema yang kwatitasnya dibawah (saya gak tau variablenya, saya pakai genesis)
  • Gambar yang berlebihan

Penutup

Setelah Belajar Seo On Page Terlengkap ini diharapkan anda dapat mengoptimasi website dari dalam website anda.

Dengan mempraktekan belajar op-page seo terlengkap berarti anda sudah siap kedatangan traffic organic dari google.

Meskipun tentunya dengan mengoptimasi seo onpage saja belumlah cukup untuk anda sampai ke halaman pertama google.

Tapi tenang saja setidaknya dengan belajar seo onpage anda sudah berada di langkah pertama kesuksesan menuju punjak halaman pertama google.

Tetap stay tune di blog ini. Anda akan dibimbing secara perlahan. Tentunya dengan cara yang baik.

Semoga Panduan Belajar Seo On Page Terlengkap mengantarkan anda ke halaman pertama mesin pencari.

 Advertisement
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6289510637291

Tinggalkan komentar