Facebook Advertising, Mengenal Metode Iklan Berbayar Facebook Ads

WBSPRO

597.000 1.194.000

Tools Kirim Pesan Whatsapp Massal Paling Populer Di Indonesia

Facebook advertising adalah salah satu strategi marketing sekaligus media promosi yang saat ini banyak diminati oleh para pelaku bisnis.

Jenis iklan atau promosi yang dipasang di dalam halaman media sosial Facebook ini terbukti bisa menarik lebih banyak calon konsumen. Karena efektifitasnya inilah yang membuat digital marketing seperti Facebook Ads saat ini begitu populer.

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini juga turut membawa perubahan pada perkembangan bisnis. Salah satunya adalah munculnya strategi pemasaran atau promosi online.

Jika dulu promosi bisnis hanya dilakukan secara offline melalui selebaran atau melalui iklan televisi, maka kini promosi secara online sedang menjadi trend.

Lalu apa sebenarnya Facebook Ads dan bagaimana cara kerjanya?

Apa Itu Facebook Ads

Siapa yang tak kenal Facebook? Laman sosial media ini adalah salah satu laman yang paling banyak diakses oleh pengguna internet di Indonesia.

Karena itulah tak heran jika Facebook menjadi layanan yang banyak dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan bisnis atau produknya.

Di era digital seperti saat ini, segala hal memang bisa dilakukan dengan mudah melalui bantuan teknologi digital. Apalagi dengan penggunaan media sosial yang semakin masiv.

Inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan usahanya.

Strategi digital marketing memang menawarkan metode promosi yang mudah dan beragam serta berbagai keunggulan lainnya.

Salah satu strategi digital marketing yang saat ini banyak digunakan adalah menggunakan Facebook Ads.

Anda yang belum pernah menggunakan layanan ini mungkin bertanya apa itu Facebook Ads.

Facebok Advertiser adalah sebuah layanan yang diberikan oleh Facebook berupa iklan berbayar. Iklan berbayar ini juga ditujukan untuk audience yang sudah ditargetkan sesuai kebutuhan pengguna layanan.

Tidak hanya digunakan oleh para pelaku bisnis, Facebook Ads juga bisa digunakan oleh public figure, komunitas, brand, perusahaan serta siapapun yang membutuhkannya.

Dengan menggunakan layanan Facebook Ads ini Anda bisa menjangkau target konsumen dengan lebih luas. Tak hanya itu saja, Facebook Ads juga memiliki fitur bernama Facebook Ads Manager.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk memasang iklan berdasarkan target audience yang sudah Anda tentukan.

Misalnya target audience berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, minat, pendidikan, kebiasaan dan lain sebagainya.

Adanya fitur ini tentu akan membantu Anda agar iklan yang Anda pasang bisa sesuai dengan target konsumen yang dibutuhkan.

Fitur Facebook Ads manager ini juga bisa Anda gunakan untuk mengevaluasi iklan yang Anda pasang.

Evaluasi itu termasuk juga melihat berapa banyak pengguna Facebook yang mengeklik iklan, hingga rincian berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk sekali klik tersebut.

Dengan begitu Anda sebagai pihak yang menggunakan layanan bisa memantau perkembangan iklan yang Anda pasang.

Manfaat Facebook Ads

Bukan tanpa alasan jika banyak orang yang menggunakan layanan Facebook Ads untuk mempromosikan produknya.

Ini karena Facebook Ads bisa memberikan banyak manfaat untuk pengguna layanannya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika melakukan digital marketing melalui layanan Facebook Ads.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat paling utama yang bisa didapatkan dari Facebook advertising adalah bisa meningkatkan brand awareness.

Ketika Anda memasang iklan di Facebook Ads, pengguna Facebook lainnya akan bisa melihat pemberitahuan tentang iklan tersebut di berandanya sebanyak beberapa kali dalam sehari.

Karena itulah proses branding ini harus dilakukan dengan cermat.

Jikapun nantinya fan page yang Anda promosikan tidak banyak diklik oleh pengguna Facebook, Anda tak perlu khawatir karena visibilitas iklan yang terpasang tetap akan membantu.

Visibilitas ini akan membantu Anda dalam membangun kepercayaan kepada konsumen. Karena itu Anda harus cermat saat membangun branding untuk akun Anda.

  • Bisa Mencapai Target Pasar yang Tepat

 Seperti yang sudah sedikit dijelaskan sebelumnya, Facebook Ads ini bisa membantu Anda untuk mencapai target pasar yang tepat.

Pengguna Facebook yang begitu besar di Indonesia memungkinkan Anda untuk mendapatkan target pasar yang besar pula.

Di sisi lain, jika Anda ingin menargetkan konsumen dari kelompok tertentu, Facebook Ads juga bisa mewujudkannya.

Fitur manager yang ada di Facebook Advertising adalah fitur yang bisa Anda andalkan untuk mendapatkan manfaat ini.

Fitur ini akan membuat Anda bisa mempromosikan produk bisnis Anda kepada audiens yang tepat untuk produk atau bisnis itu.

Sebut saja misalnya Anda ingin mempromosikan produk perawatan kulit rutin (skincare) atau produk kosmetik.

Maka anda bisa menarget orang-orang yang mungkin tertarik dengan produk tersebut lebih spesifikk, misalnya iklan hanya muncul ke wanita dan tidak akan muncul ke beranda pria.

Ada juga pengaturan Facebook Ads manager yang diatur berdasarkan lokasi. Dengan pengaturan ini, Anda bisa mempromosikan produk atau bisnis Anda berdasarkan lokasi yang Anda bagikan.

Misalnya, apabila Anda membuat iklan dengan menggunakan informasi wilayah Bandung. Maka, iklan akan dipasang berdasarkan informasi wilayah yang Anda tambahkan.

  • Memungkinkan untuk Melakukan Penjualan Produk Tanpa Batas Jarak

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Facebook Ads adalah Anda bisa menjual produk-produk Anda dalam jumlah banyak dan tanpa khawatir batasan negara.

Pengguna Facebook yang luas memungkinkan Anda untuk menjualnya tanpa perlu mengkhawatirkan batasan jarak dan waktu.

Sebelum sampai pada tahap penjualan, proses promosi melalui Facebook juga lebih menjamin dan pastinya efektif.

Tidak hanya soal produk barang atau jasa saja, semua hal mulai dari barang, jasa hingga komunitas akan lebih cepat dikenal dengan cara ini.

Biaya Facebook Ads 

Seperti yang sudah sedikit disebutkan sebelumnya, Facebook Advertising adalah salah satu jenis iklan berbayar. Artinya, untuk menikmati layanan Facebook Ads ini, Anda akan dikenakan biaya atau tarif tertentu.

Biaya iklan ini merupakan jumlah nominal yang harus dikeluarkan oleh pemasang iklan agar mendapatkan hasil dari objective iklan yang diinginkan.

Contohnya, jika Anda menggunakan objective iklan berupa trafic. Maka, parameter yang digunakan adalah jumlah kliknya.

Nantinya jumlah klik yang didapat dari iklan ini adalah hasil yang nantinya akan kembali digunakan untuk membayar biaya iklan.

Biaya yang digunakan untuk bisa mendapat 1 buah klik itu disebut dengan Cost Per Click (CPC).

Sebelum mengetahui berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan layanan Facebook Ads ini, ada beberapa faktor yang berpengaruh pada besar maupun kecilnya biaya iklan yang harus dibayarkan.

Faktor ini harus Anda ketahui untuk menentukan jenis ads apa yang harus Anda gunakan untuk mendapatkan hasil lebih efektif.

Seperti misalnya jumlah audience yang ditargetkan. Semakin luas atau banyak jumlah target audiencenya, maka biaya yang harus dikeluarkan semakin kecil.

Sebaliknya, jika target audience Anda semakin spesifik, maka jumlah yang harus dibayarkan juga semakin besar.

Facebook sendiri menerapkan sistem lelang dalam penggunaan layanan Facebook Ads ini. Artinya, semakin besar budget yang Anda siapkan, maka akan semakin sering pula iklan Anda dimunculkan.

Biaya iklannya dipatok sebesar $50 per harinya hingga lebih besar dari itu. Namun biaya ini sebenarnya Anda sendiri yang menentukan.

Jadi, misalnya Anda menentukan biaya anggaran biaya iklan sebesar Rp 100.000 misalnya. Maka nantinya jumlah yang harus dibayarkan juga tidak akan lebih dari Rp 100.000 per hari.

Belajar Facebook Ads

Setelah mengetahui manfaat dan berapa harga yang harus dikeluarkan hal yang selanjutnya harus Anda ketahui tentang Facebook Advertising adalah bagaimana cara kerjanya.

Belajar tentang Facebook Ads akan membantu Anda dalam mengiklankan produk Anda dengan lebih baik.

Sebelum mulai membuat Facebook Ads, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan. Ini akan membuat target iklan jadi lebih tepat sasaran.

  • Tujuan Berbisnis

Dengan menentukan tujuan berbisnis yang tepat, maka nantinya Anda bisa menentukan target iklan yang Anda buat.

Tujuan bisnis ini akan menjadi bahan pertimbangan penting ketika Anda akan membuat iklan yang tepat berdasarkan target tersebut.

  • Pahami Target Pasar

Selanjutnya, Anda juga harus tahu target pasar yang akan dicapai. Andalah yang bisa menjawab pertanyaan ini.

Anda bisa membaginya dalam referensi minatnya, usia, gender, ataupun kelas Ekonomi. Hal ini akan membantu memudahkan bisnis Anda ke depannya.

  • Tentukan Budget untuk Beriklan

Hal yang tak kalah penting adalah budget. Apabila belum terbiasa dengan Facebok Ads, Anda bisa memulai dari gambaran besarnya.

Nantinya, setelah sudah mulai berjalan, Anda bisa mengatur ulang lebih spesifik lagi. Jangan lupa juga untuk menyiapkan media sebagai bahan promosi agar lebih menarik.

Setelah mengetahui hal-hal dasar tersebut, selanjutnya Anda bisa mulai belajar bagaimana membuat Facebook Ads. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

  • Buat Akun Facebook Ads

Langkah pertama adalah Anda harus membuat akun khusus bisnis yang akan mengelola iklan ini. Tidak disarankan menggunakan akun personal.

Hal ini karena penggunaan akun business akan memberikan lebih banyak keunggulan. Setelah mengisikan nama perusahaan dan informasi yang dibutuhkan lainnya, Facebook Business pun siap digunakan.

Ini panduan beriklan menggunakan facebook manager.

  • Mulai Buat Iklan

Setelah memiliki akun bisnis, selanjutnya Anda sudah bisa membuat iklan. Pilih tujuan iklan. Inilah mengapa sebelum membuat Facebook Ads Anda disarankan untuk memahami untuk tujuan apa iklan dibuat.

Pilih jenis iklan, apakah iklan uji split atau iklan pengoptimalan anggaran. Untuk pemula, ada baiknya memilih jenis iklan pengoptimalan anggaran.

Ikuti langkah yang diberikan selanjutnya termasuk target audiensenya hingga penempatan, format dan jadwal iklan.

Setelah itu, masukkan media iklan yang sudah Anda siapkan. Jangan lupa juga untuk menambahkan tulisan atau teks menarik untuk iklan. Sertakan juga judul iklan serta link tujuan iklan tersebut.

  • Pilih Metode Pembayaran

Terakhir, Anda harus memilih metode pembayaran. Metode Pembayaran ini harus Anda masukkan sebagai metode ketika nantinya iklan sudah ditayangkan dan Anda harus membayarnya.

Ada dua metode yang disiapkan, yaitu melalui kartu kredit atau kartu debet.

Setelah itu, tinggal menunggu iklan yang Anda ajukan direview oleh Facebook. Jika sudah lolos review dan memenuhi semua syaratnya, maka iklan bisa segera ditampilkan.

Dari penjelasan di atas, Facebook advertising adalah metode digital marketing yang sangat efektif untuk memperkenalkan produk, jasa maupun komunitas yang Anda kelola.

Karena itu, banyak pemilik bisnis yang kemudian memilih menggunakan layanan ini untuk memperkenalkan produknya. Semoga Penjelasan di atas bisa memberikan informasi lebih dalam tentang layanan Facebook ini.

Irfan Juniyanto saleh

Seorang yang tertarik dengan Digital Marketing & Bisnis Online, berbagi pengalaman menjadi passion saya, karena hidup musti bermanfaat.

Tinggalkan komentar