Cara Jualan Online Laris Manis Untuk Pemula

 Advertisement

Topik ini akan anda anggap basi jika anda adalah seorang pebisnis online yang telah sukses, namun jika anda baru memulai bisnis online atau migrasi dari bisnis offline ke bisnis online maka cara jualan online laris manis ini perlu anda ketahui.

Sebagai informasi bahwa sebelum anda terjun ke bisnis ini, sudah ribuan bahkan jutaan orang sudah memulainya jauh sebelum anda, oleh sebab itu persaingan bisnis online ini terbilang cukup ketat.

Hanya saja ada satu kesempatan yang bisa kita maksimalkan yaitu terus update dan terus belajar, karena cara jualan online ilmunya sangat update, bisa jadi cara jualan online yang dulu sudah tidak efektif dengan cara jualan online yang sekarang.

Oleh sebab itu ada beberapa poin penting yang harus anda ketahui.

Mengetahui Kanal Penjualan Online

Sebenarnya bisnis online itu kanalnya sangat banyak, jika dijelaskan semuanya disini malah mengakibatkan bisnis anda tidak jalan. oleh sebab itu hanya beberapa kanal saja yang akan direkomendasikan. kanal ini sangat cocok untuk pemula.

Kanal Penjualan Melalui Facebook Pribadi

Facebook tidak bisa dipungkiri lagi adalah kanal penjualan online yang paling mudah dikerjakan, banyak pengusaha online yang sukses jualan menggunakan kanal ini.

Tapi jangan salah, tidak semuanya berhasil dalam menerapkannya. untuk itu ada satu rahasia dari berjualan di facebook, yaitu membangun 5.000 pertemanan yang tertarget.

Memaksimalkan Facebook Group

Facebook Group merupakan kanal penjualan online yang sangat efektif untuk penjualan, didalam facebook group banyak calon pelanggan anda berkumpul.

Sayang sekali algoritma dari facebook group ini sudah berubah, tidak seperti yang dulu. saat ini jika anda posting jualan anda di facebook group responnya tidak seramai yang dulu, bahkan terkadang tanpa respon sama sekali.

Tapi tenang saja sebentar akan dijelaskan cara jualan online laris manis menggunakan facebook group.

Jualan Menggunakan Fitur Facebook Marketplace

Facebook marketplace adalah fitur terbaru dari facebook khusus untuk berjualan, sangat mudah mendapatkan pembeli dengan fitur ini. jualan online anda akan laris manis dengan fitur ini.

Saya sudah membahas topik ini sebelumnya silahkan anda pelajari Cara menghasilkan uang dari facebook marketplace.

Membangun Facebook Fanpages

Jika pertemanan pada facebook pribadi anda dibatasi hanya 5.000 orang maka facebook fanpages jumlahnya tidak terbatas.

Oleh sebab itu sangat penting untuk membangun fanpages anda untuk kepentingan jualan.

Facebook fanpages juga merupakan syarat utama jika anda mau melakukan promosi berbayar dengan menggunakan facebook ads.

Membuat fanpages itu mudah sekali, tinggal klak klik saja pasti jadi, tapi bukan fanpages seperti itu yang saya maksudkan untuk jualan, tapi fanpages yang benar-benar terlihat profesional, tinggi konversi dan banyak likernya.

Saya yakin, mungkin anda bingung membuat fanpages profesional plus banyak like.

Kabar baiknya saya sudah membuat panduannya, anda cukup mempelajarinya sekarang.

Kelola Akun Instagram

Instagram juga merupakan kanal yang gurih untuk bisnis online, ini merupakan cara jualan online laris manis.

Sukes mendapatkan followers terbanyak akan berbanding lurus dengan penjualan online anda.

Tapi membuat dan mengelola akun instagram yang banyak followers itu tidak mudah loh, tapi juga gak terlalu sulit, karena sekarang sudah banyak sekali tools optimasi instagram yang beredar.

Jika anda benaran serius untuk membangun kanal penjualan melalui instagram, silahkan baca panduannya disini.

Sukses Jualan Dengan Marketplace

Marketplace merupakan kanal penjualan online yang saat ini paling aman dan paling banyak peminatnya. calon pembeli merasa aman untuk bertransksi menggunakan marketplace.

Di Indonesia banyak sekali marketplace yang bisa digunakan untuk kanal penjualan. namun yang paling sering digunakan oleh para pebisnis online adalah Shopee, Bukalapak dan Tokopedia.

Marketplace juga sangat bagus untuk memulai bisnis dropship, sejauh pengalaman saya, membangun bisnis dropship di shopee lebih bagus dari kanal lainnya.

Sekarang kita sudah tau 6 kanal agar penjualan laris manis, mulai dari facebook pribadi, facebook group, facebook fanpages, instagram dan marketplace.

Cara Jualan Online Laris Manis Di Facebook Pribadi

Seperti yang sudah saya katakan bahwa facebook pribadi dapat dijadikan kanal penjualan yang mengakibatkan jualan anda laris manis.

Lakukan beberapa langkah ini.

Lengkapi Facebook Profil

Facebook profil anda harus lengkap mulai dari foto profil dan cover facebook yang profesional, alamat dan info selengkapnya di isi semua. ini akan meningkatkan trust calon pembeli.

Add Pertemanan Tertarget

Facebook membatasi pertemanan hanya sampai 5.000 orang, oleh sebab itu jangan pernah menambah pertemanan yang tidak tertarget. ciri dari pertemanan tertarget itu seperti ini.

Misalkan bisnis online anda adalah baju bayi, otomatis targetnya adalah ibu-ibu muda yang punya bayi. maka add saja pertemanan yang foto profilnya melampirkan ibu dan bayi. karena biasanya mereka yang baru punya anak bayi kebanyakan menjadikannya foto profil.

Hal yang paling penting adalah pastikan foto profil mereka bagus, gambarnya clear dan resolusinya baik. karena biasanya yang foto profil kualitas rendah minat belinya kecil.

Berinteraksi dengan Mereka (Engagement)

Meskipun pertemanan anda sudah 5.000 dengan target market yang sesuai tidak menjamin mereka akan melihat semua update status jualan anda, algoritma facebook mengatur untuk yang bisa melihat status anda adalah orang yang sering berinteraksi.

Pastikan anda sering melakukan like, komen dan share status facebook mereka.

Cara Jualan Online Laris Manis Menggunakan Facebook Group

Jika dahulu a anda jualan di group mana saja maka setiap postingan pasti akan ramai, namun saat ini facebook telah mengupdate algoritmanya.

Orang yang akan sering mendapatkan status jualan anda adalah pertemanan facebook pribadi, teman dari teman mereka dan kesamaan grop lain yang anda ikuti dan terakhir adalah group yang anda sering berinteraksi dengan anggotanya.

Lakukan join group jualan yang ada di facebook lalu aktif berinteraksi disana, sehingga postingan anda akan diketahui juga oleh mereka.

Cara Meningkatkan Penjualan Menggunakan Halaman Facebook (Fanpages)

Halaman facebook dapat menampung jumlah liker tanpa batas, tidak seperti facebook pribadi yang membatasi hanya sampai 5.000 orang.

Maka kuncinya disini adalah mendapatkan jumlah likers fanpages anda sebanyak-banyaknya. ada banyak cara untuk menambahkan likers fanpages. Saya sudah jelaskan diawal

Selain itu anda harus mendapatkan juga likers fanpages yang tertarget, cara paling mudah dengan paling cepat adalah menggunakan facebook ads. hanya saja anda harus menginvestasikan sedikit biaya terlebih dahulu.

Teman saya berhasil menjadikan fanpages sebagai kanal penjualan yang laris manis dengan menambahkan 600.000 likers tertarget yang didapatkan via facebook ads.

Cara Jualan Online Laris Manis di Instagram

Instagram adalah sosial media foto terbesar saat ini, kanal ini sangat bagus untuk dijadikan kanal penjualan online anda.

Ada beberapa kunci utama agar penjualan anda sukses menggunakan Instagram

Tingkatkan Followers Instagram

Semakin banyak followers instagram anda maka akan semakin banyak juga kemungkinan orang akan membeli produk anda. saat ini sudah banyak sekali tool pendukung untuk mendapatkan followers instagram.

Menggunakan Hastag Instagram Populer

Hastag akan membantu pembeli untuk menemukan bisnis anda, hastag populer juga dapat meningkatkan followers anda, jadi tugas anda adalah melakukan riset hastag populer, bisa dilakukan dengan cara manual atau menggunakan tools riset hastag instagram.

Foto Produk Instagram

Ini sudah pasti, uploadlah foto produk yang clear, resolusi baik dan desainnya menarik, foto yang menarik dan jelas akan meningkatkan interaksi 10x lipat daripada foto yang asal-asalan.

Waktu Upload Foto Terbaik Di Instagram

Instagram punya prime time atau waktu terbaik untuk upload foto di Instagram, beda niche produk beda juga waktu fotonya. anda harus melakukan sendiri tepatnya jam berapa.

Silahkan riset waktu di pagi hari dari jam 6-10, siang hari dari jam 12.00 sampai jam 14.00, sore hari dari jam 16.00 -18.00 dan sebelum tidur dari jam 20.00 sampai pukul 00.00.

Cara Jualan Laris Manis DI Shopee (Marketplace)

Marketplace di Indonesia sangat banyak, namun saya hanya akan menerangkan tentang cara jualan laris manis di Shopee. karena saya belum pernah berjualan di marketplace lain.

Ini yang harus anda lakukan

Produk bagus, harga bersaing

Produk anda harus bagus dan harga bersaing, karena di marketplace shopee dan rata-rata hampir di semua marketplace mereka melakukan perang harga.

Untuk menentukan harga yang tepat anda harus melakukan riset kecil-kecilan terhadap kompetitor anda.

Ajak Reseller dan Keluarga Anda Membeli Via Shopee

Untuk meningkatkan penjualan sekaligus rating toko, anda bisa menggunakan reseller dan juga kerabat anda untuk membeli produk anda via shopee. kemudian suruh mereka memberikan review dan bintang maksimal. ini bisa anda kontrol

Ramaikan Rating Penjualan

Setelah anda mendapatkan rating dari reseller dan keluarga anda ini akan menjadi modal untuk meramaikan rating penjualan.

Percayalah, rata-rata market di Indonesia itu sering ikut-ikutan, jika ratingnya ramai maka orang lain akan cenderung membeli ke toko anda dibanding toko yang sedikit ratingnya.

Promosikan dengan Push/ Iklan di Shopee

Mereka yang sudah ramai penjualannya di shopee masih banyak yang melakukan ini, apalagi bagi anda yang termaksud seller pendatang baru.

Lakukan promosi berbayar minimal selama 3 bulan tampa berhenti, tapi ingat jangan asal iklan, nanti uang anda terbakar percuma.

Pada kesempatan lain saya akan membahas tentang cara beriklan di shopee, karena kalo di jelaskan disini kepanjangan. tangan dah pegal.

Membangun toko di marketplace lama sekali, tapi kalau sudah kebangun tokonya sangat luar biasa. hampir tiap saat ada penjualan.

Itulah beberapa tips cara jualan online laris manis, semoga bermanfaat bagi anda, janga lupa share dikarenakan share itu gratis dan akan membuat saya tetap semangat untuk terus update tulisan bermanfaat di blog ini.

Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar

×

Bonus ini Hanya Berlaku Hari inI 22 Oktober 2020 Sampai Pukul 23.59

Klik Disini