Selasa, November 19, 2019

Cara Jualan Di Marketplace Facebook

- Advertisement - Advertisement

Facebook saat ini mengeluarkan fitur yang sangat memanjakan penggunanya khususnya para pedagang online. namanya Facebook Marketplace, oleh sebab itu pentingnya informasi Cara Jual Di Marketplace Facebook.

Apa itu Facebook Marketplace

Facebook marketplace adalah fitur yang terdapat dalam aplikasi facebook dengan logo icon market, fitur ini mengakomodasi aktifitas para penjual online untuk melakukan promosi sekaligus transaksi jual beli. Cek disini

Sayangnya facebook marketplace ini belum bisa dinikmati oleh semua pengguna facebook, terutama mereka yang akunnya masih baru.

Perwakilan facebook di indonesia juga belum bisa memberikan alasan mengapa tidak semua orang bisa menggunakan fitur ini.

Jadi silahkan cek aplikasi anda jika sudah terdapat icon marketplace ini.

Artikel ini lebih spesifik menjelaskan bagaimana cara menghasilkan uang dari facebook marketplace terlebih pada Cara Jual Di Marketplace Facebook

Cara Jual Di Marketplace Facebook Dengan Maksimal

Pertanyaan terbesar adalah bagaimana cara menghasilkan uang dari facebook mengunakan fitur facebook marketplace?

Ibarat sebuah pasar harus ada barang yang didagangkan agar terjadi transaksi penjualanan.

Sederhananya adalah bagaimana produk yang anda miliki sekarang ini dapat terjual menggunakan fitur ini. anda tau cara jual di marketplace facebook

Cukup dengan melalukan upload barang, membalas komentar, melakukan closing kemudian barang anda kirim.

Facebook marketplace ini biasanya sifatnya adalah lokal tidak terlalu berefek untuk jangkauan market nasional.

Bahkan sebagian para facebook marketers merekomendasikan hanya dalam radius 10 KM saja, biar maksimal jangkauannya, untuk menjangkau lebih bisa gunakan facebook ads saja.

Misalkan jika anda berada di Gorontalo, maka aplikasi ini akan efektif untuk menjangkau market yang berada di Gorontalo saja, jika menjangkau market diluar itu misalkan Bandung, Jogja dan Jakarta itu tidak akan efektif.

Sejauh ini facebook marketplace belum mengakomodasi transaksi real (e-commerce) pembayaran elektronik, anda harus melakukannya secara manual.

Jadi sampai disini fix yah, meskipun namanya facebook marketplace, namun tidak seperti marketplace yang anda ketahui (Bukalapak, Tokopedia dan Shopee).

Pembahasan kali ini bukan tutorial cara jual di marketplace facebook , karena tutorial sangat mudah, cukup anda buka youtube dan cari disana,

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan.

Test Produk

Sudah jelas jika mau jualan harus tau dulu produknya apa yang akan dijual, anda bisa tes beberapa produk untuk dijual di marketplace.

Sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai 10 Produk Terlaris Jualan Online, silahkan anda pilih salah satunya sebagai start baik anda dalam berjualan di marketplace.

Karena di marketplace facebook banyak kategori yg bisa kita test dan kita tidak tau produk yang mana yang akan bagus, tapi tenang saja, untuk mempermudahkannya ada caranya.

Jika anda hanya menjual satu produk saja, maka silahkan cari varian mana yang paling laris atau mendapatkan respon yang banyak.

Misalkan anda focus di produk baju atasan maka test beberapa varian atasan produk, Bisa motif yang berbeda atau jenis yang berbeda.

Saran saya adalah mencoba-coba lebih dari satu produk sampai akhirnya anda mendapatkan winning produk yang sangat laris jika di jual melalui marketplace.

Upload Gambar Produk

Ini sudah pasti, di facebook marketplace anda wajib melampirkan gambar produk, namun kuncinya ada disini.

Usahakan untuk foto produknya lebih dari satu sudut pandang sehingga dalam sekali upload bisa tediri dari beberapa foto sekaligus.

Facebook marketplace sudah mengakomodasi anda untuk mengupload lebih dari satu gambar.

Alasanya sederhana Karena banyak foto lebih menarik ketimbang 1 foto, pembeli akan puas dari berbagai sisi.

Maksimal anda mengupload 10 foto, karena facebook marketplace sudah menyediakan 10 slot gambar, usahakan dimaksimalkan dengan benar, gunakan banyak sisi dan banyak motif variasi.

Jangan lupa edit agar lebih menarik, Jika foto kurang menarik, maka orang tidak begitu tertarik denga apa yang anda posting, itu rumusnya.

Menulis Harga Sebenarnya

Untuk penulisan harga pada Facebook Marketplace ini sebisa mungkin cantumkan harga sejujurnya. Kalau Anda jual satu produk dengan harga Rp. 75.000 maka tulis apa adanya.

Kebanyakan pedagang lain meremehkan hal ini, mereka kebanyakan melampirkan harga yang asal-asalan, misalnya Rp. 123.456. ini akan membuat calon pembeli anda binggung.

Parahnya lagi ini membentuk persepsi pada pelanggan anda bahwa anda alah penjual abal-abal, market sudah trauma sama penipuan menggunakan media sosial. jadi ingat itu.

Manfaatkan Fitur Share Grup

Facebook Marketplace mempunyai fitur yaitu bisa melakukan share ke banyak group dalam satu kali kirim saja.

Cara ini bisa Anda lakukan bila Anda mengikuti sebuah Facebook Group yang mengijinkan untuk melakukan transaksi jual beli.

Maka dari itu Anda perlu selektif dalam memilih group ini. Jangan sampai Anda jualan tentang fashion lalu Anda juga ke Facebook Group yang isinya jual beli handphone atau gadet.

Ingat niche group itu penting pada kesuksesan penjualan anda.

Jadi kalo produk Muslimah harus join dengan grup jual beli barang musllimah
Semakin Banyak grup semakin besar kemungkinan closing dari beberapa group yang anda.

Setting Lokasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, facebook marketplace cukup efektif untuk market lokal saja, tapi jika anda ingin memaksimalkan penjualan diluar dari lokasi anda maka bisa mengaturnya pata setting lokasi.

Untuk lokasi berjualan gak perlu serakah-serakah amat dengan terlalu melebarkan jangkauan biar banyak . Gunakan rentang jarak maksimal 8-10 mil saja karena jika terlalu lebar jaraknya maka pesaing Anda juga akan semakin banyak.

Disini juga bisa di split test atau dicoba dibeberapa lokasi seperti untuk produk pertama di kota A lalu produk ke 2 di kota B.

Lokasi sangat berpengaruh dalam facebook marketplace , untuk itu Cara terbaik mengetahui lokasi yang tepat adalah test beberapa lokasi. jangan malas mencoba.

Agar Penghasilan Facebook Marketplace Anda Meningkat

Untuk memaksimalkan cara diatas maka lakukan beberapa langkah sederhana dibawah ini, sehingga anda bisa mendapatkan penghasilan yang maksimal.

  • Posting bisa lebih dari 1 kali dengan cara menggunakan gambar yang berbeda.. contoh jika teman-teman postingan awal dengan gambar Baju A Warna merah, untuk postingan kedua gunakan Gambar Baju A Warna hitam karena facebook tidak akan mengizinkan gambar yang sama untuk posting selanjutnya
  • Tentukan lokasi yang memang tepat, misalnya posting targetkan lokasi daerah kota besar Bandung, Jakarta atau kota anda tinggal
  • Gunakan fasilitas Up produk dari FB marketplace atau dalam bahasa facebooknya “Perbaharui di Marketplace” Sayangnya fasilitas ini hanya bisa digunakan 7 hari sekali jadi maksimalkan fitur ini.
  • Share ke banyak grup yang sesuai dengan produk yang kita jual, Grup potensial biasanya beranggotakan 10.000 member atau lebih. Jika sudah join tinggal bagikan produk di marketplace ke 10 grup.

Kurang lebih teknis detailnya seperti diatas, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang cara menghasilkan uang dari facebok marketplace.

Jangan lupa share ya, agar saya semakin termotivasi untuk tetap menulis

Gratis Panduan Facebook Ads, Google Ads, Youtube Ads

Silahkan Anda Jual Kembali dengan harga wajar

Tips Terbaru

Hal-Hal Seputar Pemasaran Digital yang Penting Kamu Ketahui

Pemasaran digital atau digital marketing mungkin sudah bukan istilah baru lagi dalam dunia bisnis mutakhir. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan...

Cara Membuat Iklan yang Menarik Agar Jualan Anda Laris Manis

Cara membuat iklan yang menarik, mungkin inilah yang dicari para pelaku bisnis untuk meningkatkan profitnya. Beriklan memang cara yang sering digunakan para...

Cara Memulai Bisnis Coffee Shop Agar Cepat Sukses

Bisnis Coffee Shop Indonesia merupakan salah satu pengekspor kopi terbesar di dunia saat ini, urutan ke 4 dunia setelah brazil, vietnam dan...

3 Langkah Mudah Mengembangkan Bisnis

Setiap orang yang memiliki bisnis pasti menginginkan bisnisnya dapat berkembang. permasalahannya mengembangkan bisnis itu bukanlah perkara mudah, oleh sebab itu 3 langkah...

Cara Membangun Tim Admin Untuk Bisnis Online

Bisnis Online tidak pernah terlepas dengan yang namanya bagian admin atau tim admin. Oleh sebab itu artikel cara membangun tim admin untuk...
96FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
Hosting Unlimited Indonesia

Postingan Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Whatsapp Aja Bro...