fbpx

Cara Memulai Bisnis Online Di Facebook Dari Nol

Passive Income From Internet

Dapatkan Email Series, Rahasia Saya Mendapatkan Passive Income Dari Internet, Minimal Rp 3.000.000/Bulan.

Cara memulai bisnis online di facebook ? pertanyaan ini sering kali menjadi top question bagi orang yang ingin memulai terjun ke dunia bisnis menggunakan kanal media sosial.

Terdengar pertanyaan ini mungkin mudah dijawab bahkan oleh orang yang belum pernah menjalankan bisnis online di facebook. hal ini dikarenakan orang beranggapan bahwa jualan menggunakan facebook itu mudah, praktis dan murah.

Hal tersebut benar adanya jika anda sudah tau polanya, faktanya hanya sekian persen saja yang sukses menggunakan facebook untuk menjalankan bisnis onlinenya. selebihnya menuai hasil gagal.

Serius, kebanyakan dari mereka gagal karena tidak mengerti bagaimana cara memulai bisnis online di facebook.

Tapi tenang saja, anda akan saya beritahukan mengenai cara memulai bisnis online di facebook.

Cara Memulai Bisnis

Cara ini murni berdasarkan pengalaman pribadi saya dan istri saya dalam membangun bisnis online kami. alhamdulillah dalam 3 bulan jualan online kami di facebook mendapatkan untung Rp. 139.000 rupiah saja. fantastis kan?

Untungnya saya dan istri sebelumnya memiliki pekerjaan tetap, saya sebagai kepala marketing di salah satu perusahaan dan istri saya adalah bidan kontrak di rumah sakit swasta.

Akhirnya kami menemukan pola mengenai cara memulai bisnis online di facebook dari NOL

Saya bold kata Nol, Nol disini bukan berarti modal uang, melainkan tentang pengetahuan kami tentang ilmu jualan online di facebook.

Sampai pada akhirnya saya menemukan pola jualan di facebook dan kami berdua sepakat untuk resign bareng dari pekerjaan.

Alasannya sederhana, Profit dari jualan online kami di facebook bisa mengalahkan gaji bulanan kami meskipun di gabung jadi satu. yang paling penting sih sebenarnya waktu untuk keluarga semakin banyak.

Saya tidak ingin anda harus profit Rp 139.000 selama tiga bulan. oleh sebab itu LET’S Dive

Cara Memulai Bisnis Online Di facebook

Baca dengan seksama tips ini, saya tidak akan membaut tutorial teknis agar tulisan ini bisa dibaca kapan saja tanpa terpengaruh teknis facebook yang sering berubah-ubah.

Tentukan Niche Bisnis Online

Niche Bisnis online adalah segmentasi pasar bisnis online yang sangat spesifik namun menguntungkan. artinya dalam segmentasi market yang umum anda membuatnya lebih kerucut lagi.

Misalnya produk fesyen wanita, anda memilih produk jilbab, nah produk jilbab lagi anda buat kerucut lagi yaitu anda hanya jualan jilbab syari saja dari sekian banyak model jilbab.

Menentukan niche untuk jualan lewat facebook ini menjadi sangat penting sekali untuk seorang bisnis pemula menggunakan kanal facebook.

Karena market facebook itu beragam, anda perlu untuk di identifikasi oleh target market anda. selain itu penentuan niche ini bisa jadi solusi buat anda yang modalnya terbatas.

Ingat, dalam cara memulai bisnis online di facebook kita tidak boleh serahakan untuk mengambil semua segmentasi pasar. kita akan sulit di identifikasi dan kepayahan dalam memenuhi item produk yang begitu banyak.

Sabar ini memang proses yang berat, lihat saja teman facebook anda yang menjual toko serba ada bagaimana nasib mereka sekarang???

Tentukan Produk Yang Di Butuhkan Pasar

Memiliki produk untuk dijual ini memang sudah standar baku, tapi apakah produk itu dibutuhkan pasar? ini yang sulit.

Ingat produk yang harus anda tentukan adalah produk yang dibutuhkan bukan produk yang di inginkan pasar.

Perbedaannya karena produk ingin itu belum tentu dibutuhkan, tapi kalo produk yang dibutuhkan sudah pasti harus ingin.

Contohnya : Beras, meskipun anda tidak ingin tapi anda butuh beras untuk makan.

Tapi caranya untuk cari produk yang dibutuhkan itu bagaimana?

Riset Produk

Riset produk ini gunanya untuk mengetahui produk apa yang dibutuhkan oleh orang, kebanyakan orang hanya mendikte market sehingga mereka kewalahan dalam menjual lewat facebook.

Buatlah riset kecil-kecilan tentang apa kebutuhan teman facebook anda dengan cara membuat pertanyaan di status facebook.

Selain itu cobalah anda amati disekiling anda apa problem masyarakat sekitar yang membutuhkan solusi.

JIKA ANDA JELI MELIHAT PROBLEM DI SEKITAR, BANYAK BISNIS ONLINE YANG MENGUNTUNGKAN SEDANG MENUNGGU ANDA UNTUK MENGGARAPNYA

For Your Information

Step by Step Jualan Lewat Facebook

Buatlah Akun bisnis anda dengan menggunakan nama brand dan nama bisnis, usahakan nama brand anda bukan nama orang/anak anda agar terlihat lebih profesional.

Alasannya karena kebanyakan pesaing anda menggunakan nama pribadi atau nama anak sebagai nama akun facebook mereka. ini keliatan ndeso.

Apalagi anda menggunakan nama samaran atau nama alay lainnya.

Rumusnya seperti ini :

Nama Brand + Niche Bisnis Online

Contoh : Little Babyshop

Namun anda akan mendapatkan kendala ketika menggunakan bukan nama asli untuk akun facebook anda dikarenakan kebijakan facebook saat ini mewajibkan menggunakan nama asli.

Untuk nama bisnis anda disarankan menggunakan Fanpages, namun kita belum ke tahap sini.

Cobalah anda siasati dengan mendaftarkan email baru dan No HP baru yang belum pernah di registrasi. saya sudah berulang kali mencoba, sebagian sukses sebagian lagi tidak.

Upayakan dengan maksimal untuk bisa memiliki nama brand tersebut, e mencoba.

Jika anda telah 100 kali mencoba dan ternyata gagal, maka tidak ada jalan selain menggunakan nama lengkap anda sesuai KTP.

ini untuk membangun trust.

Setelah akun facebook anda jadi maka ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk mengoptimasi akun facebook jualan anda.

Buat Logo Brand Profesional

Logo ini yang kebanyakan di jadikan no sekian oleh para pebisnis online, padahal logo ini merupakan identitas sekaligus pembeda kita dengan yang lainnya.

Saya pribadi akan merasa nyaman jika berbelanja via facebook jika penjual menggunakan logo pada cover facebooknya. artinya dia serius untuk bisnis ini.

Ganti Foto Profil

Untuk di awal pasanglah foto terbaik anda, pencahayaan baik dan resolusi baik. nantinya foto profil ini dalam 3 bulan kedepan harus anda ganti dengan brand logo anda.

Tidak boleh langsung memasang brand dikarenakan facebook meminta identifikasi wajah asli.

Cover Profesional

Buatlah facebook cover profesional yang merepresentasikan bisnis anda sehingga orang akan beranggapan bahwa anda serius menjalani bisnis ini. selain itu tampilan yang menarik dapat menarik perhatian calon pembeli anda.

Bio Facebook Profil Lengkap

Berikan informasi lengkap di akun facebook anda, dikarenakan anda sedang berjualan tidak tatap muka. calon prospekan anda tidak mengenal anda.

Satu hal yang dapat membantu calon prospekan anda untuk percaya dengan akun anda yaitu lengkapi profil facebook mulai dari pekerjaan, sebelumnya kerja dimana, sekolah/kuliah, tinggal, asal, menikah dll.

Add Pertemanan Tertarget

Setelah melakukan optimasi tampilan facebook anda, cara memulai bisnis online di facebook selanjutnya adalah mencari calon prospek tertarget yang akan kira-kira bisa menjadi pelanggan anda.

Misalkan anda ingin berjualan kosmetik perempuan maka yang anda harus lakukan adalah mencari menambah pertemanan hanya perempuan saja. namun tidak harus semua perempuan yang anda add.

Hal yang harus diperhatikan…

  • Haram menambahkan pertemanan laki-laki

Jelas, jika target kosmetiknya perempuan maka jangan sekali-kali menambahkan add pertemanan laki-laki, meskipun ada peluang disana tapi bukan itu target anda.

  • Add Teman Dengan Foto Profil Bagus

Karena anda menjual kosmetik maka carilah foto profil calon pertemenan yang gambarnya bagus. dikarenakan gambar ini salah satu cara untuk mengukur daya beli calon customer.

Jika foto profilnya jelek, kabur, buram bisa jadi dia hanya menggunakan smartphone kelas bawah dan artinya daya beli untuk make up kurang.

Serius, foto profil calon pembeli menggambarkan daya belinya.

  • Gunakan Database Kontak Hape

Selain mencari manual, kita bisa add teman yang kita punya dengan cara mengsingkronkan hape dan facebook kita. Dengan melakukan hal ini kita bisa tau facebook teman kita yang ada dalam kontak hape.

Tentunya hanya perempuan saja yang sesuai kriteria taarget market kita.

Ingat, pertemanan di facebook hanya membatasi pertemanan hanya 5.000 orang saja. menambah pertemanan yang tidak tertarget dengan bisnis kita hanya akan menghilangkan potensi prospek anda. ini tidak sesuai dengan cara

Bangun Interaksi

Setelah pertemanan tertarget telah berhasil ditambahkan tugas anda belum selesai sampai disitu.

Untuk memaksimalkan pertemanan anda yang berjumlah 5.000 orang anda harus melakukan interaksi dengan mereka. dikarenakan algoritma facebook hanya akan menampilkan orang yang sering berinteraksi dengan anda.

Jadi ketika anda update postingan jualan maka tidak semua teman akan melihat postingan anda. berikut ini ada beberapa cara membangun interaksi dengan calon pembeli.

Komentar Status Teman

Di beranda facebook anda akan tampil update status teman anda, segera berikan komentar anda terhadap status yang dibagikan.

Tapi ingat algoritma facebook mengharuskan anda berkomentar yang panjang dan berbobot. jangan hanya “bagus”, Amazing, “sepakat dengan anda” dan komentar pendek lainnya.

Komentar ini kemudian yang akan membuat status postingan jualan anda dikemudian hari akan muncul di berandanya juga. sehingga akan ada interaksi.

Engagement

Saat teman anda update status anda bisa melakukan engagement dengan cara melakukan tindakan Like, Reaction atau share kembali status mereka jika bermanfaat.

Meskipun engagement ini tidak terlalu di prioritaskan oleh facebook dalam algoritmanya, tapi hal ini cukup bekerja dalam membangun interaksi.

Calon pembeli setidaknya akan sadar dan bisa jadi akan berkunjung ke profil anda. disana dia akan melihat postingan jualan anda.

Lakukan Siaran Langsung

Di facebook ada menu yang disediakan untuk memungkinkan anda melakukan siaran langsung.

Ini juga dapat membangun interaksi di facebook anda, orang akan melakukan komentar, reaction, like dan share siaran langsung anda.

Manfaatkan fasilitas ini misalnya untuk mereview produk anda dan lain sebagainya.

Update Story

Ketika anda melakukan update status usahakan untuk mengaitkannya juga dengan update story agar hasil interaksi anda sebelumnya bisa menemukan produk anda melalui update story facebook anda.

Semua hal diatas merupakan cara memulai bisnis online di facebook dari nol.

Sekian dulu mengenai cara memulai bisnis online di facebook dari nol, ingat facebook anda masih baru sehingga optimasi facebook personal anda butuh perhatian.

Lupakan dulu mengenai jualan di facebook group dan menggunakan fanpages/ halaman facebook. fase itu tetap akan saya bahas, namun ini terlalu awal.

Semoga cara bisnis online di facebook dari nol ini bisa membantu anda, tulisan saya cocok dijadikan tambahan amunisi saja.

jika bermanfaat silahkan share, jika ada kesalahan silahkan tinggalkan di komentar atau email.

Irfan Juniyanto saleh

Seorang yang tertarik dengan Digital Marketing & Bisnis Online, berbagi pengalaman menjadi passion saya, karena hidup musti bermanfaat.

Tinggalkan komentar