Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online Selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling di nanti-nanti oleh para pemilik bisnis online, dibulan ini apa saja yang di jual bisa laris keras, tapi taukah anda cara meningkatkan omset penjualan selama bulan ramadhan?

 Advertisement

Sebelum anda mempelajari cara meningkatkan penjualan online di bulan ramadhan sebaiknya anda tau beberapa alasan mengapa bisnis online ini meningkat pada bulan ramadhan.

Kenapa Omset Penjualan Meningkat Pada Bulan Ramadhan?

Ada beberapa faktor utama yang menyebabkan para pebisnis online mendapatkan untuk besar di bulan ramadhan

Pola Konsumtif Meningkat

Polo konsumtif masyarakat meningkat menjelang bulan ramadhan dengan puncak konsumtif di malam lebaran, hal ini dikarenakan tradisi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim sudah mempersiapkan anggaran jauh hari untuk menyambut ramadahan.

Waktu Belanja Yang Lebih Awal (Saat Sahur)

Ada perubahan pola belanja saat bulan ramadhan, dimana pada umumnya orang belanja disaat jam-jam sempit yaitu waktu kerja namun pada bulan puasa orang cenderung berbelanja sejak dini hari, yaitu sekitaran jam 03.00 – 06.00.

Hal ini berdasarkan pengakuan dari bukalapak yang mengatakan panen transaksi saat waktu sahur sekitar pukul 03.00, sepi transaksi menjelang buka puasa, dan agak meningkat lagi setelah tarawih.

 Advertisement

Malas Untuk Keluar Rumah

Orang yang sedang berpuasa cederung menghemat energi di siang hari sehingga mereka malas melakukan aktifitas diluar rumah/kantor. selain itu pada malam hari cenderung melakukan aktifitas ibadah dan berkumpul bersama keluarga.

Bisnis online menjadi solusi untuk case semacam ini, kemudahan transaksi dengan menggunakan e-commerce serta sistem pengiriman delivery order yang di antar langsung ke rumah membuat orang cenderung lebih suka berbelanja online.

Bonus dan Tunjangan Hari Raya

Selain itu saat bulan puasa tiba, masyarakat Indonesia yang umumnya adalah karyawan swasta dan pegawai negeri mendapatkan THR dan bonus yang berlipat dari perusahaan maupun Instansi.

Akibatnya uang yang beredar di masyarakat grafiknya menaik dan perilaku masyarakan semakin menjadi konsumtif.

Itu dia beberapa alasan mengapa bisnis online mendapat respon yang baik saat bulan puasa.

Cara Meningkatkan Omset Penjualan

Mungkin anda sudah tidak sabar untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan penjualan bisnis online anda selama bulan ramadhan.

Tapi sebelum itu baiknya anda harus tau dulu beberapa ide bisnis online yang sudah pernah saya posting sebelumnya. agar anda bisa lebih maksimal lagi dalam menjalankan bisnis online.

Silahkan Baca dulu artikel penunjang dibawah ini

Sampai disini saya yakin anda sudah membaca keduanya, saatnya untuk mempelajari tips meningkatkan penjualan online selama bulan ramadhan.

Stok Produk Anda Sudah 100%

Stok menjadi peran penting dalam meningkatkan penjualan online anda, stok merupakan refleksi dari berapa jumlah omset yang nantinya anda dapatakan selama bulan ramadhan.

Tentunya untuk bisnis online sekarang ini ada dua macam jenis stok.

Pertama : Real stok, artinya stok barang dalam penguasaan anda

Kedua : Ready Stok, barang yang ada pada supplier anda (Jika anda pakai sistem dropshiper dan Reseller)

Keduanya berpotensi sukses meningkatkan penjualan anda selama bulan ramadhan, tugas anda satu-satunya adalah memastikan bahwa stok sudah siap 100%.

Jika stok berada pada vendor dan suplier maka anda harus memastikan ketersediaan stok barang tersebut dengan cara melakukan update dan komunikasi secara intens ke vendor.

Optimasi Akun Sosial Media Anda

Peran sosial media juga sangat urgent dalam meningkatkan bisnis online anda, pastikan anda memilih akun sosial media yang tepat untuk kanal promosi anda. saran saya gunakan Facebook dan Instagram, baiknya pilih salah satu saja.

Ada 4 Langkah Penting yang harus anda lakukan dalam melakukan optimasi sosial media.

Buatlah Konten Semenarik Mungkin Dengan Tema Ramadhan

Konten jualan yang nantinya akan anda posting di sosial media berpengaruh terhadap tingkat interaksi dan engagement pada sosial media.

Buatlah foto yang bagus serta deskripsi yang lengkap dengan design tema tentang ramadhan agar orang tertarik melihat postingan anda.

Pahami Algoritma Sosial Media

Sosial media memiliki algoritma dalam meningkatkan interaksinya, setiap sosial media memiliki ciri khas tersendiri.

Pahami Jam Posting Yang Berkonversi Tinggi

Memposting status jualan di jam yang tepat dapat meningkatkan tingkat closing anda, selama bulan puasa biasanya prime time untuk posting berada saat sahur, jam kerja dan setelah shalat tarawih.

Gunakan Promosi Berbayar

Promosi berbayar sangat efektif dalam menjangkau calon pembeli potensial anda, siapkan spare budget untuk beriklan.

Saat ini promosi berbayar yang trend dan berkonversi tinggi adalah facebook ads dan google ads, silahkan gunakan salah satunya saja agar fokus.

Catatan Peting adalah jangan coba-coba jika anda tidak tau cara beriklan, gunakanlah jasa pihak ketiga untuk promosi facebook ads dan google ads agar modal anda tidak terbakar percuma.

Siapkan Juga Toko Online Anda

Website toko online merupakan kanal promosi digital paling tua di era digital marketing, dengan memiliki toko online berarti anda sudah mengizinkan calon pembeli potensial anda untuk berkunjung ke toko anda selama 1×24 Jam.

Gunakan toko online yang memiliki tampilah menarik serta user friendly agar calon pembeli tidak kesulitan untuk melakukan transaksi.

Saat ini sudah banyak sekali jasa pembuatan website yang murah namun berkualitas, silahkan investikan dana anda disana.

Bisnis Online yang memiliki website juga dapat meningkatkan tingkat kepercayaan calon pembeli dibandingkan bisnis yang tidak memiliki website.

Buat Target Harian

Target harian adalah barometer kesuksesan anda selama melakukan penjualan di bulan ramadhan, target harian harus kaku, yang harus anda rubah adalah model atau strategi penjualannya.

Adanya target harian dapat memudahkan anda untuk menghitung berapa besar omset bisnis online anda selama bulan ramadhan.

Berikan Promo Terbaik Yang Susah Di Tolak Calon Pembeli

Bulan ramadhan adalah bulan dimana diskon dan promo besar-besaran dikampanyekan, pastikan bisnis online anda punya promo menarik, terutama untuk menjaring pelanggan baru.

Ada 2 Cara Promosi Meningkatkan Volume Penjualan dan Omset

  • Jika anda ingin meningkatkan volume penjualan maka gunakanlah promo beli sekian gratis sekian.
  • Jika anda tetap mempertahankan profit maka tambahkanlah benefit tambahan misalkan dengan memberikan promo gratis ongkit

Follow Up Database Secara Masif

Bisnis online penyakitnya adalah orang yang sudah membeli namun belum melakukakan transfer barang, tidak selamanya mereka termaksud pembeli PHP, hanya saja mungkin mereka lupa.

Untuk mendatangkan pembeli tentu anda sudah melakukan banyak effort, sehingga ketika mereka datang maka jangan sampai dilepas.

Saat ini rata-rata calon pembeli menggunakan Whatsapp untuk berkomunikasi, sehingga anda membutuhkan aplikasi kirim pesan whatsapp massal. karena follow up satu persatu itu sangat sulit.

Putar Kembali Modal Dengan Segera

Ini adalah kunci sukses untuk meningkatkan penjualan online anda, cara ini kebanyakan orang lupa. wajib untuk memutar kembali modal anda selama bulan ramadhan.

Semua orang pasti sudah melakukan beberapa langkah diatas namun mereka lupa bahwa memutar modal itu dapat melipatkandakan modal awal.

Segera putar kembali modal yang anda dapatkan, karena selama bulan puasa perputaran uang sangatlah cepat. cerdaslah dalam hal manajemen modal usaha.

Itulah beberapa cara meningkatkan penjualan online selama bulan puasa, silahkan di coba.

Semoga sukses, Jangan Lupa di share ya, karena share anda sangat berarti buat saya.

 Advertisement

Tinggalkan komentar