Advertisement

15+ Usaha Rumahan Di Bulan Ramadhan 2020 (New Insight)

Bantu Share Gan...

Usaha Rumahan Di Bulan Ramdhan – Sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadhan, Pada bulan ini tingkat konsumsi naik berkali-kali lipat dibandingkan bulan lainnya.

 Advertisement

Setidaknya ada dua momen yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis pada bulan ramadhan yaitu puasa dan idul fitri.

Salah satu cara untuk mengambil peluang tersebut dengan membuka usaha rumahan di bulan ramadhan, mengapa harus usaha rumahan? lalu apa saja usaha rumahan selama bulan ramadhan?

Usaha Rumahan bulan Ramadhan

Mengapa Harus Usaha Rumahan Di Bulan Ramadhan

Anda pasti sepakat bahwa bulan ramadhan merupakan salah satu momen yang tidak pernah dilewatkan oleh para pebisnis, momen ini hanya sekali setahun.

Oleh sebab itu memiliki bisnis rumahan dengan memanfaatkan momen ini jangan sampai terlewatkan, kecuali jika anda memang tidak butuh lagi uang sampingan.

Ini dia beberapa alasan utama kenapa harus membuka usaha dirumah saat bulan ramadhan.

Modal Usaha Rumahan Di Bulan Ramadhan Sangat Kecil

Karena skalanya rumahan, maka modal yang dibutuhkan sangatlah kecil modal, alokasi dananya hanya untuk pembelian barang saja tanpa perlu memikirkan yang lain.

Tidak Perlu Sewa Tempat (Toko)

Sewa tempat usaha atau toko merupakan budget terbesar saat memulai usaha, pengalaman saya adalah 60-70 persen modal habis untuk menyewa toko.

Mudah Untuk Di Kerjakan

Berbisnis dari rumah sangat mudah dijalankan bahkan jika anda adalah seorang pemula. anda cukup menyediakan barang jualan dan kemudian mempromosikannya.

Bisnis Meningkat Berkali Lipat

Usaha dari rumah itu nyaris zero cost, tidak ada beban biaya yang menguras modal anda seperti sewa tempat, biaya kebersihan, listrik, keamanan dan lain sebagainya.

Secara otomatis profit margin langsung menambah modal usaha anda, terlebih secara data saat ramadhan omset meningkan minimal 1x lipat dari bulan lainnyaa.

 Advertisement

Peluang Usaha Rumahan Di Bulan Ramadhan

Sekarang anda sudah tahu keuntungan membuka usaha rumahan saat bulan puasa. masalahnya usaha apa yang nantinya akan dibuka?

Tenang saja MYsurel sudah menyediakan peluang bisnis ini untuk anda. bisnis ini terbukti secara data memang naik sepanjang bulan ramadhan.

Setidaknya ada 4 niche bisnis yang sangat berpeluang besar memiliki kenaikan omset yang sangat drastis di bulan ramadhan.

Ini dia selengkapnya

Bisnis Makan dan Minuman

Usaha Rumahan Makanan Takjil

Bisnis makanandan minuman saat bulan puasa jumlahnya akan meningkat 3.2 kali lipat menurut data pencarian kata kunci makanan di google.

Orang yang sedang berpuasa cenderung memiliki selera yang berbeda ketika akan berbuka puasa, misalkan menginginkan makanan tertentu dan minuman tertentu.

Tapi tidak semua makanan dan minuman akan laris di bulan ramadhan, tapi tenang saja berikut ini makanan dan minuman di bulan ramadhan yang laris keras.

Kue Takjil Untuk Berbuka Puasa

Indonesia memiliki kebiasaan ngabuburit atau menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan untuk menunggu waktu buka puasa. kesempatan ini dirangkaikan juga dengan berburu takjil.

Takjil adalah makanan pengantar (pembuka) yang biasanya di hidangkan sebelum makanan berat pada saat berbuka.

Cobalah membuka usaha rumahan dengan dengan menjual makanan takjil, seperti kue-kue basah dan kue yang sudah familiar didaerah anda masing-masing. bisa juga untuk menjual kue khas daerah.

Poin yang perlu di ingat adalah jangan menjual kue takjil yang tidak familiar dimasyarakat, dikarenakan orang yang sedang berpuasa cenderung memilih makanan yang tidak aneh-aneh rasa dan bentuknya.

Selain itu pertimbangan lainnya adalah memberikan harga yang murah, soal rasa bisa jadi no dua. karena dibulan puasa orang lebih mementingkan kuantitas dari pada kualitas.

Alasannya sederhana, karena jumlah pemesanannya banyak, biasanya dipakai buat buka bersama, bagi-bagi takjil di jalan atau jadwal pemberian buka puasa di masjid-masjid.

Saat ramadhan orang sangat meminimalisir penggunaan uang, karena kebutuhan sangat banyak. jadi pertimbangkan harganya agar kuantitas bisa terpenuhi. sumpah soal rasa no dua.

Kue Kering Untuk Lebaran

Selain usaha rumahan bikin kue untuk takjil usaha yang laris selanjutnya adalah pembuatan kue kering untuk lebaran nanti.

Orang Indonesia akan memilih kue kering untuk hidangan jamuan tamu yang berkunjung pada bulan ramadhan. selain itu kue kering dapat di cocokan dengan minuman sirup atau soda dingin bahkan teh panas.

Orang Indonesia sering memesan kue kering ini bahkan sebelum datangnya bulan puasa, karena proses pembuatannya yang cukup lama dan antriannya yang panjang.

Jika untuk kue takjil anda disarankan untuk membuat kue yang familiar di mata masyarakat, maka untuk kue kering bisa anda bereksperimen dengan membuat kue yang kekinian.

Hal ini dipengaruhi karena psikologi masyarakat saat makan kue pada bulan puasa berbeda dengan saat lebaran. terkadang lebaran akan jadi ajang pamer siapa yang paling update. percayalah.

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini anda bisa menjual kue tersebut 3x lipat dari biasanya. silahkan belajar internet marketing.

Jual Bubur Ayam

Untuk usaha rumahan yang cocok di bulan ramadhan adalah menjual bubur ayam. kebiasaan orang Indonesia memasukan bubur ayam sebagai takjil pada buka puasa.

Alasannya sederhana, bubur ayam teksturnya sangat lembut dan aman untuk perut yang sedang kosong. selain itu orang terbiasa makan nasi ketika lapar. meskipun setelah makan bubur mereka makan nasi lagi.

Berdasarkan survey pribadi selama 5 tahun saya melewatkan ramdhan di tempat/daerah berbeda-beda. saya menemukan bubur ayam yang paling laris dan sama hampir di setiap daerah.

Untuk daerah yang pernah saya tinggali saat ramadhan adalah Tangerang, Jakarta, Depok, Yogyakarta, Kediri, Palu, Kotaraya dan Gorontalo.

Dari kedelapan daerah itu ternyata ada tiga jenis bubur ayam yang paling banyak diburu oleh masyarakat yang sedang berpuasa.

Bubur ayam Bandung, Bubur Ayam Jakarta dan Bubur ayam khas daerah masing-masing (bubur ayam pada umumnya)

Silahkan untuk mempelajari ketiga resep bubur ayamnya.

Jual Kolak

Kolak merupakan salah satu alternatif makanan pengganti nasi yang bisa mengganjal perut saat berbuka puasa.

Biasanya kolak itu berisikian pisang, umbi-umbian dan kacang hijau. kandungan ini dapat memberikan rasa kenyang pada orang berpuasa.

selain itu rasa manis pada kolak dapat mengganti tenaga yang lepas saat berpuasa di siang hari.

Bisnis Catering

Jika modal anda cukup atau setidaknya peralatan masak di rumah sudah memadai, cobalah usaha katering di bulan ramadhan,

Ada banyak faktor yang menyebabkan bisnis ini sangat laris di bulan ramadhan. tiga diantaranya.

  • Banyaknya acara buka puasa bersama
  • Orang yang sibuk di siang hari (kantoran)
  • Malas masak untuk

Untuk catering ini ada beberapa poin yang harus diperhatikan

Pertama : Harga yang terjangkau/harga rasional by request menu.

Kedua : Rasa yang berbeda dari catering yang sejenis

Ketiga : Benefit tambahan (Misalkan ada potongan buah)

Keempat : Dapur produksi bersih dan pecking yang rapi

Kelima : Kecepatan service dalam pengantaran.

Silahkan pahami 5 poin diatas sehingga bisnis catering rumahan anda dapat berjalan maksimal sepanjang bulan puasa.

Es Kelapa Muda

Untuk urusan miniman yang paling diburu saat bulan puasa es kelapa muda yang menjadi incaran pertama orang yang sedang berpuasa.

Lemas, Tenggorokan kering dan perut kosong dapat di hilangkan dengan meneguk es kelapa muda. sugesti untuk minum kelapa muda sangat kuat di ingatan masyarakat indonesia.

Cobalah berbisnis es kelapa muda ini.

Tapi yang harus diperhatikan adalah diferensiasi, es kelapa anda harus berbeda dengan es kelapa muda yang biasa bisa ditemukan di tempat umum.

Es Cendol

Selain itu es cendol juga sering menjadi alternatif minuman buka puasa yang sering di pilih oleh orang Indonesia, Kandungan manis pada air es cendol dapat mengganti energi yang hilang. juga cendol sebagai penunda lapar.

Es Buah

Terakhir minuman yang laris sepanjang masa jika bulan puasa tiba adalah es buah.

Menurut saya menjual es buah dari rumah itu jauh lebih efektif dibandingkan harus menjualnya dipinggir jalan.

Debu dan kotoran bisa saja melengket pada gelas atau tempat es buah jika anda menjual di tepi jalan seperti pedagang lain.

Menjual dari rumah memberikan kesan bersih dan segar, anda hanya perlu melakukan promosi saja. cukup pahami kendala promosi ini maka anda akan temukan solusinya.

Bisnis Fashion

Peluang usaha selanjutnya yang berpotensi menghasilkan banyak profit di bulan ramadhan adalah bisnis fashion.

Bisnis ini anda bisa kerjakan hanya dari rumah saja, bisa jadi bahkan saat ini barang yang anda jual tidak ada di tangan anda (dropship).

Para digital marketing beramai-ramai terjun kebisnis ini karena memang peminatnya sangat tinggi.

Menurut data dari thinkwithgoogle bahwa saat ramadhan tiba kata kunci tentang fashion terkhusus fashion muslim naik 10x lipat pencariaanya selama ramadhan.

Lalu niche apa yang palingb banyak di cari dari bisnis Fashion.

Baju Muslim / Baju Lebaran

Baju musilm yang paling banyak diburu saat lebaran tiba. karena baju muslim digunakan oleh orang saat shalat tarawih, buka puasa bareng, ke kantor dan lebaran.

Setidaknya setiap orang baik laki-laki, perempuan bahkan anak-anak membeli 2 baju muslim selama bulan ramadhan.

Jika anda tertarik pada bisnis ini sebagai usaha rumahan anda, maka yang harus anda perhatikan dari segi produk adalah model yang update dan harga yang terjangkau.

Hijab / Jilbab

Jilbab merupakan bisnis yang memiliki tingkat repeat order yang tinggi, jika seseorang telah membeli jilbab baik secara online ataupun offline rata-rata 50% kembali lagi untuk membeli.

Selain itu jilbab merupakan bisnis yang juga mengandalkan penjualan dari mulut ke mulut, pembeli akan mereferensikan jilbab anda kepada orang lain.

Jilbab memiliki profit margin yang sangat tinggi dan jumlah volume pembelian perorang diatas 1 pcs.

Anda bisa membuka usaha rumah hijab di rumah anda, cukup gunakan teknik pemasaran sederhana di sosial media. silahkan baca artikel dibawah ini yang dapat membantu anda.

Cara Meningkatkan Penjualan dengan Tehnik Copywriting

Jangan lupa juga, pastikan anda update model jilbab terbaru yang lagi trend, karena setiap ramadhan punya model jilbab tersendiri.

Perlengkapan Shalat

Anda semua pasti sepakat, tujuan dari orang bergembira saat ramadhan adalah beribadah dengan ganjaran pahala yang dilipat gandakan.

Begitu juga dengan bisnis perlengkapan shalat yang merupakan penunjang ibadah, bisnis ini juga omsetnya bisa berlipat ganda.

Perlengkapan ibadah yang laris terutama mukena untuk wanita, sarung dan kopiah untuk pria. untuk sajadah tetap masih ada peminatnya, hanya saja jumlah permintaan tidak sebesar mukena, sarung dan kopiah.

Bisnis Travel

Mudik dan liburan menjadi bagian tersendiri dari banyak cerita ramadhan, Mudik sudah menjadi tradisi bagi mereka yang bekerja diluar kampung halaman.

Kedua hal diatas membutuhkan sarana dan jasa transportasi, pesawat, kereta, kapal laut dan mobil. manfaatkan momen ini.

Menurut data dari Google Insgiht bahwa bisnis travel ini akan mengalami lonjakan sebanyak 2.2X dari bulan biasanya.

Bisnis Umroh

Umroh juga menjadi bisnis yang paling banyak diburu saat bulan ramadhan, umat islam biasanya suka untuk melakukan ibadah puasa di tanah suci. pahala dilipat gandakan berkali-kali.

Menurut info dari sahabat saya yang memiliki bisnis ini bahwa dalam setiap orang yang berangkan bisa mendapatkan untung Rp 5.000.000 per orang.

Mantapnya lagi bisnis ini dikendalikan dari rumah…

Bisnis Perlengkapan Rumah

Perlengkapan rumah juga merupakan bisnis yang akan booming di bulan puasa, bahkan budget untuk pembelian perlengkapan rumah sudah di siapkan jauh hari sebelum ramadhan.

Budaya saling kunjung dan bersilaturahmi sesama saudara menjadi motivasi utama dalam orang akan melengkapi isi rumahnya.

Bisnis ini sangat mampu bersaing dengan toko besar yang berada disekitar anda. dikarenakan bisnis anda di rumah itu zero cost, sementara mereka pemilik toko adalah high cost. high oprational dan lain-lain.

Artinya usaha perlengkapan rumah anda bisa jauh lebih murah daripada mereka yang pemilik toko besar.

Soal barang saya pikir sama saja, mereka juga bisa jadi mengambil dari supplier yang sama. di era digital seperti ini sangat mudah mencari informasi supplier. enaknya tidak harus beli partai/lusinan.

Untuk pemasaran mulailah dari orang terdekat anda, sekarang mudah banget mencari siapa orang dekat kita, teman facebook dan no HP teman yang ada di kontak anda.

Silahkan kabarkan langsung ke mereka via status facebook, atau promosikan dengan mengirim pesan masal ke Whatsapp mereka.

Babyshop

Siapa yang tidak ingin anaknya tampil beda? salah satu cara agar anak tampil beda adalah dengan menggunakan fashion bayi terupdate. ini kebanyakan hanya disediakan di babyshop.

Babyshop adalah bisnis yang pasti laku keras dibulan puasa, semua yang memiliki anak pasti butuh pakaian dan perlengkapan bayi lainnya.

Kabar baiknya buat anda, perlengkapan bayi itu lebih dari satu dan pembelinya berani bayar berapapun. demi si buah hati tampil beda.

Tapi babyshop itu modalnya besar??? Iya kalau anda sewa toko, bayar karyawan, biaya oprasional, order semua item kebutuhan bayi plus ordernya lusinan. bisa habis 500juta hanya untuk order barang.

Jika anda membuka usaha anda dirumah makan anda tinggal perlu memikirkan barang saja.

Tenang akan saya jelaskan apa saja item babyshop yang laris di bulan ramadhan. so tetap baca sampai selesai.

  • Stelan Bayi dan anak
  • Gendongan Bayi dan Anak
  • Sepatu bayi dan Anak
  • Aksesoris Bayi

Ingat karena bisnis anda skala rumahan maka pilih salah satu dari 4 niche babyshop diatas, jangan rakus pilih semuanya. ingat ini bisnis hanya untuk bulan ramadhan/puasa saja.

Bagaimana sudah cukup detail? anda pilih yang mana?

Sebenarnya anda bisa sukses dengan semua jenis bisnis diatas jika anda menguasai ilmu internet marketing, belajarlah pada pakar internet marketer dunia.

Oke sudah panjang saya menulis artikel ini, silahkan dishare ke sosial media anda.

 Advertisement
 Advertisement
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar