3 Mindset Cara Memulai Bisnis StartUp Digital Yang Kreatif

 Advertisement
 Advertisement

Bisnis startup saat ini sangat kencang dihembuskan dalam kolom-kolom bisnis. para pakar ekonomi, para praktisi bisnis dan anak muda dengan tema besar yaitu bagaimana mindset cara memulai bisnis startup.

Bisa jadi anda saat ini juga sedang mencari cara bagaimana mendirikan startup.

Definisi Bisnis Startup Digital

Untuk menyamakan frekuensi mari kita samakan dulu definis bisnis startup.

Menurut Paul Graham bisnis Startup adalah bisnis yang di design untuk memiliki pertumbuhan yang cepat. bisnis startup tidak hanya terfokus pada bisnis berbasis teknologi saja.

Intinya bisnis Startup itu adalah percepatan pertumbuhan bisnis baru.

Untuk mempercepat bisnis tersebut maka dibutuhkan namanya mindset utama sebagai pondasi awal mendirikan bisnis startup.

Berikut ini adala 3 Mindset cara memulai Bisnis Startup digital agar bisnis anda cepat berkembang.

Think Big

Memiliki impian yang besar merupakan modal utama untuk mendirikan startup, banyak para pemilik startup yang gugur dalam fase ini.

Berpikir besar itu adalah visi bisnis kedepan, beruntungnya lagi berpikir besar adalah hal yang gratis.

Banyak orang yang mampu berpikir cerdas namun sayangnya bukan berpikir besar.

Jika anda melihat bagaimana startup sukses di indonesia seperti Gojek, Traveloka dan Tokopedia. mereka memiliki semuanya adalah para inovator yang memiliki impian besar terhadap bisnisnya.

Saya lebih suka mencontohkan Gojek untuk mengkaji mindset memulai bisnis startup, mari kita pahami mindsetnya.

Cara Memulai Bisnis Startup Berkaca dari pemikiran besar Gojek

Apakah Gojek dengan serta merta langsung menjadi besar seperti sekarang ini? faktanya tidak seperti itu.

Gojek didirikan pada bulan oktober 2010 dengan ide bisnis solusi transportasi ojek yang aman untuk masyarakat jakarta. pada awalnya Gojek hanya memiliki 20 pengemudi plus ratusan intimidasi yang didapatkan akan ide besar tersebut.

Namun gojek tidak berhenti sampai disitu, Gojek tau apa yang akan dilakukan dalam 5 tahun kedepan.

Tepat pada tahun 2015 gojek meluncurkan aplikasi Go Food dan disusul lagi oleh fitur lainnya. tahun itu gojek berhasil memiliki 30ribu pengemudi di dan melayani 3 kota besar.

Dan di tahun 2018 Gojek telah berhasil melakukan ekspansi dengan menjangkau 4 negara di asia tenggara yaitu Singapura, Thailad, Filipina dan Vietnam.

Tahun kedepannya entah apalagi yang akan dilakukan oleh Gojek, namun semuanya ini terangkum dalam Pemikiran besar Gojek dalam mengembangkan mindset mendirikan bisnis startup.

oleh sebab itu jika anda ingin mendirikan bisnis startup usahakan untuk berpikir besar terhadap bisnis yang ingin anda bangun.

Tidak ada yang tidak mungkin, nasib baik, keberuntungan dan pertolongan allah akan menyertai bisnis anda jika anda bisa berpikir lebih besar lagi.

Mulai Dari Hal Kecil

Sejarah mengukir bahwa kesuksean Gojek dimulai dari hal yang sangat sederhana.

Menjaring mitra para supir pangkalan ojek, sistem pemesanan yang masih manual dengan cara mengirim pesan melalui smartphone kemudian kantor pusat akan memberitahukan orderan.

Dan kantor pusat itu hanyalah sebuah garasi mobil sebagai mana wawancara dengan driver gojek 001.

Andai Gojek memulai startnya dengan langsung memikirkan modal suntikan dana 7.2 Triliun, aplikasi yang canggih, kantor tersebar di seluruh indonesia dan hal wondering sebagainya.

Maka Gojek hanya akan menjadi sebuah dongeng inspiratif akan sebuah pemikiran besar.

Jika anda tertarik mendirikan bisnis startup maka miliki mindset mendirikan bisnis startup ini. lakukan dari apa yang anda miliki saat ini.

Sudah banyak kisah sukses orang yang memulai bisnisnya dari sebuah keterbatasan. bahkan mungkin keterpaksaan desakan ekonomi yang memaksanya untuk memulai berbisnis meskipun tidak punya apa-apa.

Stop Wondering,,,

Tidak perlu anda harus anda memiliki segalanya namun segalanya akan anda miliki jika anda memulainya meskipun dengan cara yang sederhana.

Belajarlah Dengan Cepat

Perhatikan milistone gojek dari awal didirikan dengan hanya menghadirkan layanan ojek online saja dan hanya memiliki driver 20 orang.

Perhatikan bagaimana respon tukang ojek lainnya yang menolak kehadiran gojek dan melalukan intimidasi dan bagaimana gojek berhasil melalui itu semua.

Pengembangan 16 layanan lainya seperti Go-Food, Go-Clean, Go-Car dan lain sebagainya.

Semuanya adalah proses belajar cepat yang di yang dilakukan sang inovator nadiem makarim dalam mengembangkan perusahaannya.

Ketika anda terjun kedalam bisnis startup maka ada ribuan orang lain melakukan hal yang sama. merekapun sama-sama belajar bagaimana mendirikan bisnis startup agar sukses.

Faktor inilah yang memaksa anda untuk belajar lebih cepat dari para kompetitor anda.

Perhatikan bagaimana Nokia, Blackberry dan Motorola tumbang karena tidak bisa belajar dengan cepat akan perubahan pasar bisnis telepon genggam.

Dan perhatikan Samsung si ponsel murahan yang berhasil merusak nominasi brand terkenal diatas.

Tentunya anda tidak ingin bisnis startup anda yang masih kecil tersebut tumbang seperti perusahaan besar.

Maka perhatikan 3 mindset mendirikan bisnis startup agar bisnis anda sukses menjadi The Next Gojek.

Startup Gamma Advertisa

Tidak ada yang menyangka bahwa Gammaadvertisa.co.id adalah sebuah perusahaan startup yang dibangun jauh di ujung timur indonesia.

Bisnis Startup ini bergerak di bidang digital marketing dan web development telah berhasil menarik market dari pulau jawa.

Anda bisa mengunjungi alamat websitenya jika bermasalah dengan digital marketing.

Penutup

Silahkan anda coba dengan mulai melakukan bisnis sederhana misalnya dengan berjualan bisnis online, jika bingung tentang produk apa yang harus di jual anda bisa mendapatkan insight dari sinis

10 Produk Jualan Online Paling Laris

Ulangi sekali lagi tanamkan mindset mendirikan bisnis startup di kepala anda sebelum memulainya.

THINK BIG, START SMALL AND LEARN FAST….

Semoga sukses dalam perjalannya. Jangan lupa untuk membagikannya di tombol share jika bermanfaat.