10 Produk Jualan Online Paling Laris Manis Di Indonesia & Cara Jualnya

Ketika saya resign dan mulai membangun bisnis online, banyak sekali orang yang bertanya ke saya tentang manakah produk jualan online paling laris manis saat ini.

Alasan mereka bertanya ke saya karena bisnis babyshop online yang saya bangun menurut mereka cukup sukses, beberapa dari mereka meniru bisnis serupa namun kurang beruntung dalam menjualnya.

Mereka semua membutuhkan jawaban cepat tentang produk terlaris yang bisa dijual secara online. Dan lebih spesifik.

Mereka sudah membaca banyak artikel dari berbagai sumber dan mereka kurang puas, artikel yang tersebar di internet kebanyakan hanya menjelaskan nichenya secara umum.

Agak terlihat spekulatif jika harus diterapkan. mereka pengen yang langsung ke produknya, item bahkan sampai brandnya.

Padahal untuk mendapatkan informasi seakurat itu tidaklah mudah, tapi ada cara yang bisa memudahkannya yaitu riset produk terlaris yang di jual secara online dan khusus market Indonesia.

Sebenarnya jika anda berhasil memaksimalkan facebook dan instagram saja anda bisa jual laris semua data dibawah ini.

Tidak perlu khawatir anda bisa menggunakan tools bantuan seperti Otoleads dan G-Shoot untuk mencari insight produk jualan dan target audiens.

Menurut saya riset adalah kuncinya oleh sebab itu artikel ini akan saya mulai dengan penjelasan mengenai riset sebelum langsung terjun ke produk.

Riset Produk Jualan Online Paling Laris

Riset akan membawa Anda kepada cara berfikir dan bertindak yang lebih sainstifik, rasional dan masuk akal, bukan karena ikut-ikutan, ambisi pribadi apalagi spekulasi.

Pada dasarnya, saat ini hampir semua produk yang ada bisa Anda jual secara online. Permasalahan laris dan tidaknya tergantung dari detailnya Anda melakukan riset.

Sebelum memulai bisnis saya melakukan riset kecil kecilan sampai pada akhirnya saya jatuh ke bisnis babyshop dengan menjual produk-produk tertentu.

Riset akan meminimalisir kesalahan, karena sesuatu yang dapat di ukur maka bisa diatur, diprediksi dan di cari solusi-solusinya.

Lakukan riset kecil-kecilan dibawah ini. uji

Riset di google trending

Google adalah tempat terbaik untuk bertanya saat ini, ketika saya memilih babyshop, saya mencari produk apa yang laris saat ini, stabil penjualannya setidaknya lima tahun terakir.

Google punya fitur yang namanya google trends untuk tracking produk sejak tahun 2004 sampai saat ini.

Misalkan saya meriset tentang gendongan hipseat, ini model baru dari gendongan, tapi apakah ini populer? Populer di Indonesia, bagaimana jika di jual di kampung saya Gorontalo?

riset produk di google trend

Riset jualan online paling laris di marketplace

Selain informasi dari google, alternatif akurat lainnya adalah marketplace, silahkan Anda cari produk terlaris di marketplace untuk produk yang ingin di jual.

Biasanya saya risetnya di shopee, tokopedia dan bukalapak.

Jika ingin belajar full tentang riset di shopee anda bisa mengikuti ecourse Shopee Mastery. Dijamin 10 hari bisa kuasai marketplace tersebut.

Dibagian atas (header) biasanya ada informasi trending produk, ini flexible sering berubah-ubah. Tapi bisa jadi rujukan untuk produk terlaris dan infonya akurat.

riset produk terlaris shopee

Untuk ceknya lebih dalam silahkan cari langsung di salah satu kategori yang ada di market place dan pilih produk terlaris.

produk terlaris shopee

Riset di instagram dan Facebook

Facebook dan Instagram memang agak sulit, karena disini tidak ada matrik untuk mengukur produk terlaris , ini memang bukan tempat jualan.

Tapi facebook punya data insight yang biasanya sering di pakai oleh para advertiser FB ads.

Oleh sebab itu Anda harus teliti, temukan akun-akun bisnis (fanpages dari suatu brand dan dapatkan insight disana.

Atau perhatikan timeline Anda, mana postingan-postingan jualan yang sering di upload oleh teman facebook Anda.

Untuk niche yang paling laris menurut report dari facebook sih ada tiga, perlatan rumah tangga, perlengkapan bayi dan kosmetik.

Biar anda tidak bingung, anda bisa menemukan cara berjualan di facebook disini.

Sampai disini anda sudah mulai punya gambaran spesifik, Anda akan sadar ternyata semua ada datanya dan ada angkanya.

Ini beberapa produk jualan online paling laris manis yang bisa anda jual

Produk Jualan Online Cepat Laku Sepanjang Masa

Benaran, saya tidak ingin memberikan list tentang produk yang lagi trending seperti batu akik dan es kepal milo yang buming banget kemudian kempis dan mati.

List yang akan saya bagikan adalah produk jualan online cepat laris sepanjang masa, jika ada penurunan mungkin durasinya sangat lama, bertahun-tahun.

Produk ini saya riset di google trend dan marketplace saja, sambil sekali-kali mencari insight di facebook dan instagram.

Saya tidak akan menuliskan step by step riset per produk karena akan sangat panjang sekali artikel ini.

Produk yang saya bagikan langsung ke jenis barangnya, bukan gambaran umum niche usahanya, niche digunakan hanya sebagai penanda saja, nanti ada bullet yang merujuk langsung ke produk.

Fashion

Nomor satu memang fashion, ini produk everygreen sepanjang masa karena merupakan kebutuhan pokok, sandang.

Tapi trend fashion pergerakannya sangat cepat, namun ada beberapa yang durasinya sangat lama.

  • Gamis Jersey

Jika kamu suka berbisnis pakaian muslimah cobalah menjual gamis dengan bahan yang terbuat dari jersey.

Meskipun grafik penjualannya fluktuatif, namun tidak pernah dibawah standar, ada banyak momen yang mendukung produk ini bisa panen besar, nikahan, masuk kampus dan lebaran.

Mantapnya lagi seluruh wilayah di Indonesia jumlah pencarian produk ini banyak, tidak seperti produk lain yang biasanya kebanyakan yang butuh hanya di wilayah jawa saja.

Dari segi warna yang paling disukai adalah navy blue dengan model rempel.

Aksesoris

Aksesoris adalah perlengkapan pendukung yang menempel pada tubuh seseorang, dan survey menunjukan bahwa aksesories wanita yang paling banyak laris, yaitu tas, perhiasan dan ikat pinggang.

  • Tas Model Tote Bag

Bisnis yang paling laris sepanjang masa dan bisa dijual online adalah tas wanita, tas ini paling stabil penjualannya bahkan melebihi jersey muslimah.

Trend tas kekinian wanita sangat cepat sekali pergerakannya, namun model yang tetap stabil adalah model tote bag. tugas anda untuk mencari brandnya ya.

Perawatan Pribadi

Perawatan pribadi atau biasa dikenal dengan self care adalah produk yang dikonsumsi untuk menjaga kebersihan badan sehari-hari, produk ini sangat laris, tapi apa yang bisa Anda jual?

  • Shampo Pencegah Rambut Rontok dan Penumbuh Rambut

Jika dua produk tadi wanita di dominasi wanita, maka ternyata pria lebih self care, ternyata rambut adalah mahkota pria dan inilah yang paling dicari, stabil penjualannya.

Tugas anda adalah cari siapa marketnya, itu saja. Jangan jualan sisir di kuil biksu.

Kosmetik

Kosmetik berbeda dengan self care, kosmetik lebih merujuk pada perempuan dan variablenya banyak sekali. Kosmetik adalah barang habis pakai, jadi perputarannya cepat.

  • Skin Care

Wanita pada umumnya suka tampil bercahaya sedangkan polusi, debu dan sinar matahari merusaknya. ini alasan klasik seperti yang paling banyak di iklankan.

Tapi dalam 5 tahun terakhir bukan soal debu dan sinar matahari lagi, melainkan sudah menjurus ke gaya hidup.

Untuk produk paling laris dan stabil adalah pencerah kulit, jadi silahkan di jual. Jangan lupa lampirkan izin pom biar aman.

Makanan

Jujur saya pribadi butuh waktu lama untuk meriset produk makanan apa yang paling laris, masalahnya makanan adalah kebutuhan pokok manusia setelah sandang (pakaian).

Selain itu makanan juga terikat oleh faktor tanggal kadaluarsa dan juga psikologi orang lapar. tapi saya menemukannya.

  • Baso/Pentolan

Mungkin Anda akan kaget, tapi yang saya maksud bukanlah bakso yang dijual sak kuah-kuahnya.

Ini adalah baso yang berupa pentolannya saja, sudah di bungkus dengan rapih dan tahan dalam waktu yang lama, setidaknya lebih lama dari estimasi pengiriman kurir.

Oh ya tapi kalo Anda menjualnya, menurut data yang saya temukan paling laris hanya di pulau jawa, sumatra dan sulawesi saja. Namun volume permintaannya besar sekali.

Smartphone

Saya juga heran langsung menemukan smartphone, padahal harusnya sandang, pangan dan papan, smartphone mungkin sudah termaksud kebutuhan pokok sebelum papan kali ya.

Jadi orang lebih pentingin smartphone daripada tempat tinggal, begitu kesimpulannya.

Tapi taukah Anda apa produk jualan online paling laris dari smartphone? Ingat loh, kita lagi bahas jualan online bukan offline.

  • Pelindung Kaca dan Cashing Handphone

Kebanyakan orang masih senang beli handphone secara offline, namun untuk aksesorisnya mereka lebih memilih beli online.

Orang yang punya handphone baru pasti langsung minta anti gores dan dipasankan cashing pelindung, jual ini sepaket kalau Anda mau untung besar.

Sayangnya hasil survey saya menemukan ternyata untuk produk ini paling banyak diminati adalah produk Made in China, alasannya murah.

Peralatan Hewan Peliharaan

Mungkin ini merupakan bagian dari gaya hidup dan manusia senang akan hewan peliharaan.

Anda bisa untung besar jika berhasil menemukan produk yang tepat untuk niche bisnis ini. Pemainnya masih terbatas, tidak seperti niche bisnis sebelumnya.

  • Makanan Kucing

Kucing adalah hewan yang paling dekat dengan manusia, terlebih di Indonesia yang kebanyakan muslim, kucing jadi hewan peliharaan alternatif, karena dilarang pelihara anjing.

bahan makanan kucing yang paling dicari di online adalah mengandung ikan dan makarel.

Kebutuhan Bayi

Jualan online paling laris selanjutnya adalah bisnis kebutuhan bayi, berhubung kebutuhan bayi sangat banyak dan modalnya cukup besar, butuh produk paling laris.

Terlebih jika Anda masih pemula butuh informasi ini.

  • Popok Bayi

Di Indonesia jualan popok bayi sangat prospek sekali, gaya hidup dan aktivitas harian yang padat membuat Ibu malas jika harus sering cuci celana.

Tapi penghasilan di orang Indonesia belum merata, banyak yang masih susah beli kebutuhan pokok apalagi beli popok yang sekali pakai buang.

Jualah popok bayi model celana yang bisa di cuci kembali, ini yang dibutuhkan oleh hampir semua ibu di Indonesia, mungkin berbeda lagi jika di negara maju.

Perlengkapan Dapur

Banyak ide bisnis dan banyak sekali barang yang berasal dari dapur untuk menjadi inspirasi untuk dijual secara online.

Hanya saja perlengkapan ini dapur ini modelnya musiman, hanya menjelang lebaran saja yang ramai peminatnya.

Tapi kalo Anda jeli, sebenarnya ada perlengkapan dapur yang sangat potensial untuk dijual secara online.

  • Botol Air Minum

Minum air putih adalah kebutuhan manusia dan sudah menjadi gaya hidup buat sebagian orang. terlebih mereka pekerja kantoran juga olahragawan.

Anda bisa memulainya dengan menjual botol minuman air mineral yang unik agar marginnya tinggi.

Selain itu jika Anda mau serius, saat ini botol air minum kemasan juga di cari oleh banyak pemain UMKM, mereka menjadikannya untuk produk minuman mereka, sekalian buka jasa design dan branding botolnya.

Car Care

Mobil juga saat ini sudah bukan lagi merupakan barang mewah, melainkan lebih menjurus pada kebutuhan, orang terpaksa harus ngutang yang penting bisa kemana-mana naik mobil.

Sehingga bisnis mengenai car care atau perawatan mobil sangat potensial, terlebih mereka sangat konsumtif, dari segi penghasilan cukup tinggi juga mereka sering untuk online.

Manfaatkan ceruk market ini dengan menjual produk yang sangat mereka butuhkan, ini salah satu hasil temuan saya.

  • Pengharum Mobil

Mobil itu adalah kebanggaan serta identitas, hampir mirip seperti rumah, sehingga musti dijaga kebersihannya, terkadang yang naik dimobil bukan hanya kita.

Karena mobil itu tertutup semua jendelanya, sehingga tidak ada pertukaran udara, jika ada bau kurang sedap akan sangat mengganggu.

Semua orang yang punya mobil pasti membutuhkan yang namanya pengharum mobil.

Untuk aroma pengharum mobil yang paling diminati oleh pasar Indonesia adalah aroma kopi, karena kopi bisa meneralisir bau.

Sekarang Anda sudah tau beberapa produk jualan online paling laris manis sepanjang masa, tidak terikat waktu dan bukan merupakan produk musiman yang lagi happening.

Permasalahannya adalah bagaimana cara menjualnya?

Cara Jualan Online Laris Manis

Sekarang anda sudah tau tentang produk jualan online laris manis, jika hanya tau saja tanpa mengerti bagaimana cara menjualnya juga sama saja.

Barang tersebut hanya akan jadi pajangan di toko atau ruang kerja Anda, oleh sebab itu anda mesti tau cara jualan online agar laris manis.

Kanal Penjualan

Kanal penjualan berperan penting pada bisnis online Anda, salah dalam memilih kanal penjualan bisa jadi akan membuat bisnis jalan di tempat, meskipun sudah riset produk dengan benar.

Gunakan Facebook Jika Kondisinya Seperti Ini

Facebook adalah kanal paling mudah digunakan untuk jualan online, disana calon pembeli sudah banyak yang kumpul, menunggu Anda untuk menyodorkan produk.

Apalagi jika anda menggunakan tools facebook marketing ini, dijamin omset anda akan naik berkali-kali lipat, suer…

Namun perhatikan kondisi ini.

Jika target market adalah lokal

Facebook sangat efektif untuk menjangkau market lokal, karena pertemanan di friendlist Anda bisa jadi juga adalah teman-teman Anda.

Facebook group dan fitur marketplacenya juga sangat support untuk menunjang penjualan Anda.

Silahkan Anda mempelajari step stepnya, saya sudah tulis sebelumnya

Jika target penjualan adalah nasional

Tidak ada solusi terbaik selain menggunakan facebook ads, jika Anda masih pemula skip bagian ini. Karena ini butuh extra budget.

Gunakan Instagram Jika Ini

Instagram adalah sosial media foto terbesar saat ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk kanal jualan Anda.

Terlebih instagram juga bisa menyasar konsumen secara nasional, tidak sama dengan facebook yang gratisan hanya untuk lokal.

Saya pribadi senang sekali membahas mengenai Instagram ini, jika Anda perhatikan blog ini, maka saya mengulas bagian-bagian pentingnya.

Gunakan Marketplace Jika Ini

Klik Gambar

Jika Anda berada di Jawa atau target market Anda adalah orang yang berada di pulau jawa maka gunakan marketplace sebagai kanal penjualan.

Shopee, Tokopedia dan Bukalapak menurus saya adalah kanal paling cocok untuk ini.

Jika anda ingin mendalami ilmu shopee, anda bisa belajar langsung ke ahlinya, seperti mas Ahmad Sipa. Klik aja namanya anda akan temukan jawabannya.

Fitur gratis ongkir sangat membantu untuk jualan online Anda.

Selain itu marketplace juga ramah akan reseller dan dropshiper, jika kamu belum cukup modal, maka mulailah dari bisnis dengan sistem seperti ini.

Gunakan Website Jika Produk Anda Ini

Sebuah bisnis yang memiliki website jauh lebih dipercaya dibandingkan dengan bisnis yang tanpa website.

Website akan membuat bisnis Anda online selama 24 jam nonstop.

Gunakan website ini jika produk yang Anda jual cukup tinggi harganya serta butuh penjelasan yang panjang, baik dalam bentuk text atau video.

Kunci untuk sukses jualan menggunakan website adalah jika Anda paham SEO, Anda akan mendapatkan traffic gratis dari teknik ini.

Panduan tentang SEO ini sudah sering saya tulis dan ini yang paling mudah

Sepertinya tulisan tentang produk jualan online paling laris ini sudah cukup panjang.

Mungkin tidak bisa memenuhi ekspektasi Anda, silahkan jika ada masukan atau pertanyaan bisa via whatsapp.

Jangan lupa bagikan jika bermanfaat, karena sedikit tindakan Anda akan membawa perubahan besar pada orang lain.

 Advertisement
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

2 pemikiran pada “10 Produk Jualan Online Paling Laris Manis Di Indonesia & Cara Jualnya”

Tinggalkan komentar