Advertisement

Tips Mudah Mendapatkan Shopee PayLater Untuk Pinjaman Tanpa Bunga

Bantu Share Gan...

Shopee baru-baru ini membuat terobosan yang sangat luar biasa dengan meluncurkan fitur shopee paylater, fitur ini pastinya sangat membantu para pebisnis online yang sering bertransaksi menggunakan marketplace ini.

 Advertisement

Fitur ini sangat penting bagi anda yang ingin berjualan di shopee namun modalnya sangat terbatas.

Plafon pinjaman bisa membantu bisnis anda di marketplace ini berjalan secara kompetitif dengan kompetitor lainnya.

Sudah Tau Apa Itu Shopee PayLater?

Shopee paylater adalah fasilitas pinjaman tanpa bunga dari shopee untuk para pengguna aplikasi shopee. hanya dengan mendapatkan fitur shopee paylater anda bisa berbelanja ke seluruh toko yang ada di aplikasi tersebut.

Shopee Paylater berbeda dengan Shopee Pay, shopee Pay adalah transaksi langsung, seperti melakukan debit (Top Up) saldo di rekening shopee. ini tidak ada sangkut pautnya dengan pinjaman. Hanya memudahkan anda untuk bertransaksi dan juga mendapatkan gratis ongkir.

Lalu Bagaimana Cara Mendapatkan fitur shopee paylater di akun shopee?

shopee-paylater

Sebenarnya sangat mudah sekali untuk mendapatkan fitur shopee paylater di aplikasi shopee anda, hanya saja memang fitur ini tidak dibuka untuk semua akun shopee.

Tidak ada cara khusus untuk mendapatkan fitur shopee paylater, karena memang fitur ini merupakan layanan yang diberikan langsung oleh shopee ke akun yang di anggap membutuhkan transaksi ini.

Tapi tenang saja, ada tips mudah untuk mendapatkan fitur shopee paylater ini. Silahkan baca aja sampai habis.

#1 Bukan Akun Baru

Jelas, jika anda baru membuka toko online di shopee dengan akun baru, maka belum bisa mendapatkan fitur ini. Karena shopee memberikan ini kepada akun yang memang memiliki history sudah sering belanja. Solusinya anda harus lebih sering belanja dulu.

#2 Akun Shopee Sudah Terverifikasi

Setelah terdaftar, akun shopee anda harus sudah terverifikasi, syarat verifikasi akun shopee itu sangat mudah, isi formulirnya, lampirkan foto KTP dan foto selfi anda bersama KTP. Pastikan foto tersebut dapat dibaca oleh pihak shopee, jangan sampai blur.

#3 Sering Menggunakan Shopee Pay

Kenapa harus menggunakan shopee pay dulu untuk mendapatkan shopee paylater? analisa saya, karena pihak shopee tau bahwa anda sangat paham menggunakan transaksi virtual atau transaksi online. Plus anda betul-betul seorang yang doyan belanja dan paham caranya.

#4 Sering Bertransaksi Diatas Satu Juta

Saya memiliki 5 buah akun shopee, namun hanya satu akun saja yang mendapatkan fitur shopee paylater ini. Setelah saya telusuri ternyata ke empat akun saya sering bertransaksi namun hanya ratusan saja. Jarang sekali transaksi itu jutaan.

Namun akun saya yang satunya yang mendapatkan fitur shopee paylater, riwayat transaksinya rata-rata diatas satu juta. itulah kesimpulan sementara kenapa akun ini mendapatkan fitur tersebut.

#5 Aplikasi Shopee Merupakan Versi Terbaru

Shopee Paylater itu baru diluncurkan pertengahan tahun 2019, makanya anda harus update juga aplikasi shopee yang ada di smartphone anda, sehingga fitur tersebut sudah update di aplikasi anda.

#6 Tidak Pernah BlackList

Shopee Paylater itu sudah terdaftar di OJK, otomatis mereka sudah punya akses untuk mencari apakah nama anda sudah pernah di blacklist oleh bank, leasing dan lembaga keuangan lainnya.

Syarat cek blacklist itu mudah, cukup masukan KTP saja maka akan kelihatan apakah anda pernah bermasalah dengan lembaga keuangan. itulah mungkin salah satu alasannya anda harus verifikasi dengan KTP.

Itulah beberapa langkah sederhana untuk mengaktifkan fitur tersebut. pertanyaan selanjutnya yang timbul adalah berapa plafon pinjaman yang diberikan untuk shopee paylater, berapa lama tenor pembayaran, kelebihan dan kekurangan dan lain-lain.

Ok, simak ulasan berikut ini.

Bagaimana Cara Bertransaksi atau pembayaran menggunakan fitur ini

Untuk bertransaksi menggunakan fitur ini sangat mudah sekali.

Pertama. Silahkan pilih produk/barang yang ingin anda beli dari semua toko yang ada dalam aplikasi ini.

Kedua. Setelah ini memasukan ke keranjang dan pilih opsi pembayaran menggunakan shopee paylater, jangan sampai keliru, karena ada juga yang pilihan shopeepay saja.

Ketiga. Saat checkout shopee akan mengirimkan kode verifikasi pembayaran menggunakan SMS, kode inipun dibatasi hanya 30 detik saja sehingga buruan untuk mengisinya, karena tidak terisi secara otomatis.

Keempat, akan muncul pop up box, untuk memberitahukan bahwa transaksi anda telah berhasil, pastikan saldo anda berkuran dan sesuai jumlah potongannya.

Kelima, Anda bisa melanjutkan belanja lagi menggunakan fitur ini dengan menekan tombol belanja lagi.

Plafon Pinjaman dari Shopee Paylater

Plafon Shopeepaylater

Jika akun anda sudah mendapatkan shopee paylater, maka anda harus melakukan verifikasi sekali lagi. kemudian jika disetujui maka anda akan mendapatkan plafon pinjaman sebesar Rp. 750.000.

Anda bisa mengajukan penambahan platform shopee paylater sampai dengan Rp 1.800.000. Jadi setelah disetujui plafon pinjaman yang Rp.750.000 akan muncul tombol tambah plafon. silahkan klik tambah plafon.

Sebagai catatan, tidak semuanya bisa mendapatkan dana maksimal Rp. 1.800.000, saya sendiri mengajukan tambahan plafon maksimal, namun yang disetujui hanyalah 1.200.000.

Menurut saya inilah penyebabnya kenapa akun saya tidak mendapatkan plafon maksial.

Saat akan mengajukan plafon anda biasanya akan dimintai keterangan berapa penghasilan sebulan, silahkan isi angka penghasilannya diatas Rp.10.000.000/bulan. Jangan dibawah dari itu.

Menurut saya pertanyaan penghasilan merupakan pertanyaan yang harus ditanyakan shopee, namun ini hanya syarat pinjaman saja, ini untuk melengkapi credit scoring dan credit analys. sepertinya mereka sudah menggunakan robot untuk ini.

Berapa Lama Tenor Pinjaman

Untuk mendapatkan pinjaman dengan bunga 0% anda tenor anda adalah selama 30 hari dari saat bertransaksi. namun pihak shopee memberikan juga anda kelonggaran dengan membayar 2-3 kali. hanya saja akan dikenai bunga.

Sebaiknya menggunakan tenor 30 hari saja dan sekali bayar agar memudahkan anda dalam memanage waktu. Ingat order jatuh tempo pun sudah jalan, sementara barang masih menunggu pengiriman. ini saja sudah memakan waktu.

Bagaimana Cara Pembayaran

shopee-paylater-150x150

Silahkan diklik menu tagihan saya dan ikuti instruksi yang ada, step by step.

Cara pembayarannya sangat sederhana, nantinya anda akan diberikan notifikasi pembayaran yang disana terdapat kode virtual akun pembayaran, jadi silahkan tinggal copy saja kode virtualnya dan saldo anda akan dipotong sejumlah tagihan. anda juga bisa membayarnya melalui Indomeret.

Apakah Ada Denda Setiap Bulan

Anda akan dikenakan biaya keterlambatan dengan hitungan perhari dikali sekian persen, saat ini akan di denda 5% dari total pinjaman anda, sebaiknya dibayar tepat waktu saja. Usahakan dana yang dipakai untuk belanja modal, bukan untuk konsumtif. ingat ada debt collectornya loh.

Kelebihan dan Kekurangan

Setiap produk itu pastinya ada kelebihan dan kekurangannya termaksud fitur pinjaman modal ini, silahkan anda konsen pada kelebihan dan kekurangan bertransaksi menggunakan aplikasi ini.

Kelebihan

  • Anda mendapatkan dana segar
  • Bunga nol persen (syarat dan ketentuan berlaku)
  • Cara belanja sangat mudah
  • Pengajuan tidak bertele-tele.

Kekurangan

  • Ada biaya admin 1% pertransaksi
  • Tidak bisa menggunakan voucher subsidi gratis ongkir
  • Ada denda jika terlambat membayar
  • Plafon pinjaman maksimal baru sampai angka Rp.1.800.000

Pinjaman Menggunakan Shopee Paylater apakah aman?

Tenang saja, fitur ini sudah terdaftar pada OJK (Otortitas Jasa Keungan), shopee sudah terdaftar pada OJK sebagai lembaga fintech peer to peer yang legal, sehingga aman dalam melakukan transaksi keuangan online.

Bagaimana tertarik menggunakan shopeepaylater? Jika tertarik sebaiknya anda harus bijak dalam menikmati fasilitas ini. Karena biasanya yang beginian klo tidak hati-hati malah merugikan bisnis anda.

 Advertisement
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6289510637291

Tinggalkan komentar