Selasa, November 19, 2019

Strategi Marketing Online Untuk Selamatkan Usaha Lokal Anda

- Advertisement - Advertisement

Jika anda seorang pebisnis yang targetnya di sekitaran kota tempat anda tinggal, tentunya anda butuh strategi marketing online untuk usaha lokal anda.

Saat ini semua bisnis harus dipakasakan untuk online, itu fakta yang ada, banyak bisnis offline yang besar terpaksa guling tikar di gerus oleh banyaknya bisnis online kecil.

Bagi anda pengusaha di daerah tentunya tidak perlu khawatir, setelah membaca postingan ini anda akan paham strategi merketing untuk usaha lokal.

Strategi Bisnis Online

Indonesia merupakan negara yang pertumbuhan pengguna internet cukup besar, menurut data dari APJII bahwa pengguna internet di indonesia menjapai 40% dari total penduduk di Indonesia.

Pertumbuhan ini kemudian berpengaruh terhadap bisnis nasional, dimana banyaknya pedagang harus gulung tikar karena tidak mampu bersaing dalam hal menjangkau market.

Market dijangkau oleh mereka secara massal dengan menggunakan internet, dampak ini tidak hanya berpengaruh di kota-kota besar dan mereka pebisnis besar, melainkan berdampak pada bisnis di daerah dan para pebisnis kecil.

Oleh sebab itu setiap pebisnis harus paham cara atau strategi marketing online untuk bisnis mereka. dan berikut ini tips dari Diplomat Muda.

Apa Itu Usaha/Bisnis Lokal dan Strategi Marketing Online

Usaha/bisnis lokal adalah usaha yang dijalankan pada suatu wilayah dimana target market atau jangkauan pasar adalah orang yang tinggal di sekitar lokasi tersebut.

Radius bisnis lokal ini paling sempit adalah antara desa/kelurahan, antar kota dan paling jauh radiusnya adalah menyelimuti satu provinsi.

Misalkan anda tinggal di kota bandung maka market terluasnya adalah Provinsi Jawa Barat.

Apa yang harus Anda Miliki Untuk Online

Bisnis Online hampir sama dengan bisnis offline kita harus memiliki modal berupa aset online dan perlengkapannya, mirip seperti bisnis offline anda yang membutuhkan toko, perlengkapan dan lain sebagainya.

Perbendaanya hanya terletak pada modal yang dikeluarkan untuk strategi marketing online tidak sebesar modal yang dibutuhkan dalam membangun bisnis offline.

Lalu apa saja yang harus anda milik untuk strategi marketing online?

Wajib Memiliki Website atau Toko Online

Banyak para pedagang menganggap sepele akan sebuah website bahkan yang lainnya malah melupakan ini. padahal memiliki website atau toko online adalah wajib bagi para marketing online.

Website adalah jangkar utama bisnis online anda, dengan memiliki website bisnis anda dapat dikunjungi satu kali 24 jam.

Selain itu website membantu mengingkatkan kepercayaan dan brand dari usaha yang anda miliki, menurut penelitian yang saya pernah baca bahwa 90% orang lebih percaya pada bisnis yang punya website daripada yang tidak punya.

Dan yang terakhir adalah SEO atau pencarian di google lebih mudah karena tingkat persaingan yang cukup rendah karena radiusnnya paling luas hanyalah satu Provinsi saja.

Wajib Memiliki Akun Google Bisnis

Google bisnis adalah tools miliki google yang pada awalnya berfungsi untuk memberikan penunjuk arah, seiring waktu tools ini terus berkembang, anda bisa memposting foto produk dan berinteraksi saling memberi komentar.

Memiliki Akun Sosial Media

Sosial media adalah situs populer dan mudah digunakan untuk banyak hal, sehingga situs ini yang paling banyak digemari.

Jika anda pebisnis lokal maka yang anda harus lakukan adalah memiliki minimal satu sosial media saja. saya menyarankan anda hanya menggunakan Facebook dan Instagram saja.

Tools Pendukung Marketing Online

Terakhir untuk mendukung strategi marketing online bisnis lokal anda adalah tools pendukun, saat ini banyak sekali tools pendukung yang membantu anda dalam meringankan pekerjaan online.

Misalnya ada tool pengirim pesan massal whatsApp untuk melakukan follow up dan juga promosi kepada pelanggan anda hanya dengan sekali klik dan masih banyak tools pembantu lainnya.

Cara Strategi Marketing Online

Berikut ini adalah cara mengoptimasi ke empat hal diatas agar strategi marketing online anda berjalan dengan sangat sempurna dan memberikan hasil kepada bisnis lokal anda.

Website dan Toko Online

Saat ini untuk membuat website cukup mudah, tidak perlu harus lulus sarjana komputer. yang perlu anda lakukan adalah membeli domain dan hosting untuk bisnis anda.

Jika anda tidak punya waktu bisa menggunakan jasa pembuatan website yang sekarang ini banyak menjamur di google. salah satu jasa pembuatan website yang hasilnya dan harga yang memuaskan adalah Gamma Advertisa. silahkan cari saja infonya di internet.

SEO Website Anda

Setelah website atau toko online anda jadi maka yang selanjutnya adalah mengoptimasi website anda agar mudah di temukan di google atau mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

Paling mudah dilakukan adalah SEO on Page. Saya sudah mengulas tentang SEO ini pada kategori SEO, silahkan dibaca-baca saja, jika dipraktekkan insya allah websitenya bisa masuk halaman pertama.

Google Bisnis

Untuk melakukan optimasi google bisnis sangatlah mudah, cukup anda membuat akun google bisnis, mengisi informasi detail dan mengupload produk.

Catatan : untuk deskripsi gunakan kata kunci yang kita-kira di cari oleh market anda, (kata yang mereka cari di google) dan suruh teman anda untuk memberikan review dan bintang untuk google bisnis.

Optimasi Facebook dan Instagram

Untuk optimasi Facebook dan Instagram sangatlah mudah, ini dia beberapa tipsnya, anda juga bisa membaca insight lainya pada kategori sosial media marketing di blog ini.

Add Pertemanan Tertarget

Tambahkan teman hanya mereka yang anda anggap adalah calon pembeli anda, jangan tambahkan orang yang di luar daerah dan orang yang foto profilnya tidak jelas.

Gabung di Group Penjualan Lokal

Saat ini banyak sekali group jualan di Facebook, gabunglah disana, syaratnya group jualan itu harus group facebook lokal, silahkan search di kotak pencarian facebook dan pilih Group.

Lakukan posting produk dan deskripsi lengkap serta nomor yang bisa dihubungi, aktiflah untuk menjawab pertanyaan dari interaksi yang masuk. karena hal ini dapat membuat postingan anda tahan lama di feed Faceboook.

Gunakan Hastag (#) untuk Instagram

Jika anda menggunakan Instagram maka gunakanlah hastag untuk membantu pencarian anda di instagram, hastag berupa kata kunci, biasanya untuk market lokal menambahkan kata lokasi (daerah) di awal atau akhir kata kunci.

Tools Pendukung

Untuk tools pendukung strategi marketing online untuk usaha lokal anda biasanya tutorial sudah disediakan oleh vendor penyedia tools tersebut.

Saran saya untuk menonton semua tutorial yang mereka sediakan, karena kebanyakan penggunaan tools dibuat dalam bentuk video panduan. Selain itu ikutilah update terbaru dengan join di group telegram atau facebook mereka untuk mendapatkan update dan tips terbaru dari para anggota.

Kunci Sukses : Konsisten dan Repitisi

Kunci sukses dari strategi marketing online andalah Konsisten dan dilakukan secara berulang-ulang, biasanya hasil dari konsisten paling cepat dirasakan minimal 3 bulan. besabarlah untuk menunggu hasil besar tersebut.

Semoga Strategi Marketing Online untuk usaha lokal ini bisa bermanfaat untuk anda, sebarkan artikel ini agar bermanfaat juga buat orang lain dan memberikan semangat kepada saya untuk terus update memberikan tips dan trik terbaru.

Gratis Panduan Facebook Ads, Google Ads, Youtube Ads

Silahkan Anda Jual Kembali dengan harga wajar

Tips Terbaru

Hal-Hal Seputar Pemasaran Digital yang Penting Kamu Ketahui

Pemasaran digital atau digital marketing mungkin sudah bukan istilah baru lagi dalam dunia bisnis mutakhir. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan...

Cara Membuat Iklan yang Menarik Agar Jualan Anda Laris Manis

Cara membuat iklan yang menarik, mungkin inilah yang dicari para pelaku bisnis untuk meningkatkan profitnya. Beriklan memang cara yang sering digunakan para...

Cara Memulai Bisnis Coffee Shop Agar Cepat Sukses

Bisnis Coffee Shop Indonesia merupakan salah satu pengekspor kopi terbesar di dunia saat ini, urutan ke 4 dunia setelah brazil, vietnam dan...

3 Langkah Mudah Mengembangkan Bisnis

Setiap orang yang memiliki bisnis pasti menginginkan bisnisnya dapat berkembang. permasalahannya mengembangkan bisnis itu bukanlah perkara mudah, oleh sebab itu 3 langkah...

Cara Membangun Tim Admin Untuk Bisnis Online

Bisnis Online tidak pernah terlepas dengan yang namanya bagian admin atau tim admin. Oleh sebab itu artikel cara membangun tim admin untuk...
96FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
Hosting Unlimited Indonesia

Postingan Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Whatsapp Aja Bro...