fbpx

9 Cara Meningkatkan Penjualan Online Di Era Digital

wbspro icon

WBSPRO

597.000 1.194.000

Tools Kirim Pesan Whatsapp Massal Paling Populer Di Indonesia

Jika anda seorang yang memiliki usaha atau bisnis tentunya anda akan berupaya untuk meningkatkan omzet anda, sayangnya strategi bisnis sekarang ini mengharuskan anda untuk terus online. jika tidak siap-siap bisnis anda di gilas oleh perubahan bisnis ini. anda harus faham bagaimana cara meningkatkan penjualan online anda dengan cepat.

Pernyataan saya diatas memang serius untuk anda yang memiliki usaha, menurut APJII data pengguna internet masyarakat indonesia sekarang ini adalah 143.26 Juta jiwa, artinya 54.7 persen masyarakat indonesia sudah menggunakan internet.

 Advertisement

bayangkan dengan data sebanyak ini para kompetitor bisnis anda bejuang untuk meraih pasar tersebut sedangkan anda hanya berdiam diri saja. mau dibawa kemana bisnis anda. tepatnya mau di kubur dimana bisnis anda?

Tapi tenang saja di artikel ini saya akan membahas cara menigkatkan penjualan toko online anda yang mungkin tidak semuanya diketahui oleh kompetitor anda. so siapakan waktu untuk membacanya poin per poin.

Apa yang diinginkan oleh pelanggan online anda?

Anda harus memulainya dari sebuah pertanyaan dasar tentang apa sebenarnya yang diinginkan pelanggan anda. coba perhatikan hasil Riset oleh Verisign Merrill Research Online Consumer and SMB Survey (Fall 2016

  • 53% Pelanggan lebih memilih bisnis yang memiliki website, dan bukan hanya akun media sosial.
  • 89% Meyakini website membuat bisnis lebih terpercaya.
  • 90 Melakukan pencarian online sebelum membeli produk yang diinginkan.

Artinya para pelanggan mencari semua yang diinginkan oleh mereka melalui internet, terserah apapun yang mereka cari apapun yang mereka inginkan maka internetlah yang menjadi rujukan utama ketimbang dari yang lain.

Cara Meningkatkan Omzet Penjualan Online

Cara meningkatakan penjualan bisnis online anda yaitu dengan cara mengetahui apa saja perlengkapan tempur di era digital saat ini. saya akan memberikan kanalnya setelah itu anda harus aksi gila-gilaan untuk mencari ilmunya dan mempraktekannya.

Ingat sekali lagi cari ilmunya dan segera praktekan, jika hanya dapat ilmu namun tidak praktek ya sama saja.

Oke, Ini dia yang harus kamu cari dan lakukakn.

Bisnis Anda Harus Memiliki Website

Jika anda ingin meningkatkan omzet penjualan online shop anda maka bisnis anda wajib memiliki website. tidak ada alasan selain itu.

Mungkin anda bertanya, mengepa harus website?

Selain dari jawaban yang saya paparkan diaatas mengenai hasil penelitian Verisign ini dia alasan utamanya.

  • Akses Mudah
  • Kostumisasi Personal
  • …Dapat menampilkan informasi sebanyak yang Anda Inginkan

Untuk membuat website ada dua cara yang harus anda pilih.

Pertama : Buat sendiri websitenya, minimal dengan menggunakan wordperss, jika anda tidak tau caranya silahkan di cari di internet anda cukup mempelajarinya saja. informasi sudah banyak di sediakan.

Loh kok wordpress, bukannya ada blogger yang bisa gratisan? jawab sendiri saja ya…

Kedua : Jika anda benar-benar hanya ingin langsung fokus pada penjualan maka libatkanlah pihak ketiga, carilah jasa pembuatan website. tentunya harga dan kualitas harus anda pertimbangkan dengan matang.

Saat ini sudah banyak kok jasa pembuatan website yang profesional namun harganya murah, coba searching aja di google gamma advertisa.

Search Engine Optimization

Biasanya disingkat dengan SEO, ini adalah tehnik menempatkan website anda di urutan pertama mesin pencari seperti google dengan kata kunci yang kita inginkan.

….Pengunjung hanya akan berkunjung ke website yang tampil di peringkat atas hasil pencarian. dengan kata lain website bisnis anda akan ditemukan 1X24.

ada 4 Langkah Mudah Sukses dengan Search Engine Optimization

Jika kata kunci yang anda incar untuk bisnis anda sudah berada di halaman petama mesin pencari maka bersiaplah untuk mendapatkan banyak penjualan.

SEO adalah cara meningkatkan penjualan bisnis online anda yang paling murah jika anda mengerjakannya sendiri.

Search Engine Marketing

Jika anda tidak punya waktu untuk mengerjakan SEO maka anda harus punya uang untuk menggunakan Search engine marketing. dikarenakan ini serupa iklan online di mesin pencarian.

Tidak perlu tehnik SEO untuk mengoptimasinya, dengan membayar sejumlah uang maka website anda akan berada di halaman pertama dalam waktu yang di tentukan.

Secara sederhana, Search Engine Marketing adalah iklan di mesin pencari

Ada 3 hal yang harus anda perhatikan dalam rangka menggunakan SEM ini.

  • Riset kata kunci penjualan anda
  • Gunakan kata kunci yang tepat agar mudah mendapatkannya
  • Optimasi agar mendapatkan kualitas skor yang baik.

Dahulu SEM ini hanya digunakan oleh perusahaan besar untuk meningkatkan penjualan onlinenya namun saat ini bahkan bisnis rumahan pun telah banyak bersebaran di menggunakan SEM ini.

Email Marketing

Saya ingin bertanya kepada anda, apaka anda memiliki email? jawabannya pasti minimal anda memiliki satu email. terserah apakah itu email perusahaan, yahoo atau yang paling populer yaitu Gmail.

Anda bisa menyimpulkan sendiri ada berapa orang yang memiliki email di indonesia sekarang ini, hanya saja ini data dari katadata.com sebagai pertimbangan anda.

cara meningkatkan penjualan online shop

Artinya bisnis anda mampu menyentuh ke person pelanggan anda jika anda memiliki kontak emailnya.

Ini dia manfaat email marketing untuk peningkatan jualan anda

  • Mendapatkan pelanggan baru
  • Berinteraksi dengan pelanggan lama
  • Menghubungi pelanggan yang tidak aktif
  • Menghasilkan pendapatan tambahan

berikut ini adalah tips sederhana menggunakan email marketing.

  • Buat daftar leads

Carilah alamat email pelanggan anda dan klasifikasikan mereka kedalam tiga kategori, leads baru, pelanggan baru, pelanggan tetap. silahkan cari sendiri kategori yang memudahkan anda menganalisanya.

  • Usahakan email tetap pendek

Ketika anda mengirim email kepada calon pelanggan anda maka anda berarti meminta waktunya untuk membacanya. mengirim email dengan pendek namun efektif dapat membantu anda dan meringankan beban pembaca.

  • Otomatisasikan pengiriman email

Ini sangat teknis, akan sangat panjang jika dijelaskan disini, intinya anda harus membuat penjadwalan saat mengirimkan email. anda juga wajib faham dengan funeling email marketing.

Program Affiliasi

Program Afiliasi adalah teknik sales terbaik: mengandalkan referensi pelanggan untuk mendatangkan pelanggan baru. tehnik ini pun mungkin sudah mulai di tinggalkan.

Cobalah untuk mencari influencer dan ajak mereka untuk join venture dengan bisnis anda.

Di indonesia sekarang ini telah banyak sekali jaringan affilias yang fokus di bidang affiliate. sepengamatan saya mereka mampu menjual dengan cepat sebuah produk hanya dalam tempo yang sangat singkat. ini adahah cara cepat meningkatkan penjualan online anda.

Social Media Marketing

Saat ini sosial media tidak bisa dianggap sebelah mata, anda tidak bisa mengabaikan hal ini, apalagi untuk memiliki sosial media anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran.

Saya yakin anda juga setuju bahwa social media merupakan cara meningkatkan penjualan anda dengan sangat singkat asalkan anda mengerti caranya.

Yang perlu di tekankan adalah anda harus memilih media sosial yang tepat diawal anda menggunakan sosial media sebagai strategi marketing anda. ingat anda harus pilih satu saja di awal.

untuk memudahkan anda dalam memilih media sosial yang tepat anda bisa menggunakan data dari statista ini. tentunya dengan pertimbangan lain mengenai setiap bisnis punya media sosialnya masing-masing.

cara meningkatkan omset penjualan online

Oh iya, di sosial media juga yang tidak kalah pentingnya adalah membangun personal branding di sosial media dan juga anda harus belajar copywriting.

Kedua hal ini memegang peranan penting setelah anda menentukan sosial media mana yang akan anda jadikan sumber traffic untuk bisnis anda.

Social Media Ads

Selain Search engine marketing, sosial media ads juga merupakan kanal promosi efektif untuk meningkatkan omzet jualan toko online anda. hampir setiap sosial media yang saya lampirkan diatas menggunakan platform ads.

Namun agar bisnis anda efektif saya menyarakan untuk anda beriklan di facebook dan instagram saja, dengan sesekali mencoba di youtube. saya menyarankan dikarenakan saya sering menggunakan 3 kanal tersebut.

Bagi saya pribadi ada 4 alasan kenapa memasukan social media ads untuk menaikan omzet bisnis saya.

  • Audiensya tertarget sehingga promosi produk sampai kepada orang yang tepat.
  • Selain itu Social Media ADS jangkauannya sangat luas dan menghasilkan engagement terhadap produk yang kita jual.
  • Komunikasi mudah dengan adanya messenger dari penyedia platform
  • Terukur, Social media ads bisa di lacak, di analisa dan di kalibrasi kembali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Saran saya anda harus mencari informasi mengenai penggunaan facebook ads, IG ads dan youtube ads, jika anda tidak punya waktu gunakanlah jasa advertiser. saat ini sudah banyak jasa penyedia layanannya. tugas anda adalah mencari yang pas.

Cara meningkatkan penjualan online dengan facebook ads merupakan cara baru dan bekerja secara efektif.

Lead Magnet

Lead magnet adalah sebuah pemberian kepada calon pelanggan anda yang bisa mereka dapatkan dengan cara gratis. sebagai pemilik bisnis anda akan mendapatkan data dari mereka.

Data ini kemudian yang akan menjadi potensial buyer produk anda, cara ini masih sangat relevan untuk digunakan saat ini.

Berikan calon prospekan anda sesuatu yang bermanfaat, menarik dan memberikan nilai, sehingga mereka akan ikhlas memberikan apa yang kita minta. misalnya nama email dan kontak whatsapp.

pemberian yang terbaik akan mendapatkan respon yang banyak, respon yang banyak akan meningkatkan interest banyak interest dapat menghasilkan penjualan.

Lead magnet ini secara tidak langsung merupakan cara meningkatkan penjualan online shop anda, lebihnya lagi mereka tidak menyadari bahwa mereka target penjualan anda selanjutnya.

Konten Marketing

Anda pernah mendengar istilah konten adalah raja dan distribusi adalah ratu?

Dalam meningkatkan penjualan online anda bukan hanya kanal penjualan saja yang perlu anda perhatikan, tapi mencakup itu semua. yaitu konten marketing.

8 poin diatas semuanya mengenai kanal penjualan di sosial media dan kanal tersebut harus di isi dengan konten marketing yang bagus agar penjualan online anda dapat meningkat.

Fokuslah pada kualitas konten. Kemudian, bagikan konten sebanyak-banyaknya.

…Content marketing dapat membuat brand Anda semakin dikenal. Efeknya, meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan

“CONTENT IS KING. DISTRIBUTION IS QUEEN”.

Pepatah

Itulah cara meningkatkan penjualan online di era digital semoga bisnis omset bisnis anda semakin melejit setelah membaca postingan ini.

Jangan lupa untuk membagikan di social media jika anda merasa bermanfaat. satu share anda menambah 1 kekuatan kepada saya untuk tetap menulis informasi yang bermanfaat.

Irfan Juniyanto saleh

Seorang yang tertarik dengan Digital Marketing & Bisnis Online, berbagi pengalaman menjadi passion saya, karena hidup musti bermanfaat.

Tinggalkan komentar