fbpx

Belajar Copywriting : Tingkatkan Penjualan Anda Hanya Dengan Kata-Kata

wbspro icon

WBSPRO

597.000 1.194.000

Tools Kirim Pesan Whatsapp Massal Paling Populer Di Indonesia

COPYWRITING

Pertama kali saya terjun ke industri internet marketing khususnya bisnis online, ada satu kata yang sering saya temukan dan dibahas berulang-ulang, Belajar Copywriting.

Ternyata dalam bisnis online itu siapa yang menguasai tehnik copywriting maka dia yang paling banyak jualannya, meskipun produk yang dijualanya sama.

Artinya copywriting memegang peran penting dalam mempegaruhi calon pembeli untuk membeli suatu produk.

Sayangnya tidak semua orang berhasil menerapkan copywriting tersebut pada bisnisnya.

Tapi melalui postingan ini saya akan mencoba menjelaskan tehnik Copywriting ini dari awal sampai akhir.

Sehingga anda hanya perlu membacanya perlahan-lahan sampai selesai dan kemudian memahami serta langsung mempraktekan…

Ok let’s dive…

Apa Itu Belajar Copywriting

Ketika di fase awal saya terjun ke dunia internet marketing, saya mengira bahwa belajar copywiting itu adalah copyright. karena jujur dulu copyright adalah bahasa yang populer di telinga saya bahkan anda.

Pada akhirnya saya tau bahwa copyright itu adalah hak paten/legal yang dimiliki oleh perusahaan dan ini sama sekali berbeda dengan copywriting. lalu apa itu copywriting?

Secara etimologi kata copywriting terdiri dari dua kata yaitu Copy dan Writing.

Copy berasal dari bahasa latin “Copia” yang artinya adalah limpahan, kemudian di translate ke bahasa inggris menjadi salinan.

Writing adalah tulisan, jika diterjemahkan secara bahasa maka copywriting adalah salinan tulisan.

Namun pada abad ke 21 istilah copywriting ini sering digunakan untuk istilah periklanan.

Mereka menyalin iklan suatu produk kedalam rangkaian tulisan yang menggugah dan dapat mempengaruhi orang untuk bertindak pada tulisan tersebut.

Orang yang menuliskan konten iklan disebut juga Copywriter, dewasanya Copywriting bukan hanya sekedar text saja, namun berkembang kepada gambar dan visual lainnya.

Copyblogger mendefinisikan bahwa Copywriting adalah sebuah seni dan ilmu pengetahuan tentang menyapaikan kata-kata dengan strategi baik itu tulisan atau lisan yang membuat orang mengambil beberapa tindakan.

Jika saya sederhanakan definisinya seperti ini

Copywriting adalah Ilmu menulis iklan yang dapat mendorong orang untuk rela membeli dan memiliki konversi penjualan yang tinggi.

Irfan Juniyanto

Tehnik Copywriting itu adalah proses mencari copywriting yang dapat meningkatkan konversi penjualan.

Oleh sebab itu tehnik copywring itu bermacam-macam, sangat banyak variasinya tergantung jenis produk atau jasa yang di iklankan.

Silahkan pelajari ketiga hal ini

  • Anatomi Copywriting
  • Element Pembantu Copywriting
  • Dan Rumus Copywriting

Mengapa Copywriting Penting Untuk Bisnis Anda

Pada dasarnya sebenarnya seorang pemilik bisnis pasti sudah melakukan copywriting pada produk yang dia jual.

Hanya saja mereka tidak menyadari bahwa yang mereka tulis tersebut adalah copywriting.

Sehingga mereka sembarangan menulis, tulis apa saja yang mereka inginkan asalkan produk itu terjual. jika penjualan tidak sesuai maka yang mereka salahkan adalah produknya. padahal di tempat lain produk itu sangat laris terjual.

Copywriting itu adalah sebuah pengetahuan dimana tersusun secara sistematis, karena sistematis maka biasanya hasilnya akan selalu stabil.

Sebuah produk yang sama bisa berbeda hasil penjualannya jika dijual menggunakan copywriting.

Silahkan nanti setelah anda membaca artikel ini kemudian coba anda jual produk menggunakan copywriting dan tanpa copywriting, hasilnya pasti beda.

Berikut ini dampak dari Belajar Copywriting untuk bisnis anda secara keseluruhan

  • Memberikan pemahaman produk kepada calon customer
  • Memberikan persepsi positif bagi brand/produk anda
  • Copywriting dapat memberikan nilai tambah pada produk anda
  • Meningkatkan Interaksi antara anda dan calon customer
  • Meningkatkan Konversi penjualan

Formula Dasar Belajar Copywriting

Sebenarnya seluruh bagian dari Belajar Copywriting itu penting dan saling berhubungan.

Namun ada poin penting yang harus anda kuasai terlebih dahulu agar copywriting yang anda terapkan dapat menghasilkan copywriting yang tepat agar hasilnya sesuai harapan.

Berikut ini adalah formula dasar yang wajib terlebih dahulu anda pahami dan dalami ilmunya.

Headline

Headline itu iklannya iklan, orang hanya mengorbankan 3 detik waktunya untuk melihat penawaran anda.

Headline merupakan bagian penting dari copywriting anda, headline yang baik dapat menggambarkan isi keseluruhan dari isi konten iklan anda.

Ilmu copywriting itu tidak mengajarkan anda untuk menjual kepada calon customer anda, karena itu sangat mengganggu dan membosankan.

Tapi Copywriting itu menarik perhatian pembaca agar membaca seluruh pesan yang didalamnya terselip kalimat yang menjual produk anda.

Jika anda gagal menulis headline yang menarik maka dipastikan pembaca tidak akan membaca pesan anda (badan copy) dan berujung pada tidak ada tindakan pembelian.

Lalu bagaimana cara menulis headline yang baik untuk copywritng?

Untuk membuat headline menarik gunakan beberapa unsur ini sehingga calon pembaca anda akan berhenti sejenak kemudian memutuskan untuk membaca postingan anda.

Gunakan angka dan data dan Fakta

Dengan menggunakan angka maka ada spasi di antara tulisan yang akan menarik perhatian pembaca.

Data akan membuat orang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hasil dan kebenaran sebuah data.

Sedangkan fakta akan mengaktifkan rasa ingin tahu seseorang mengenai apa yang berada di balik fakta.

Buatlah Headline Yang Menarik Perhatian

Semua headline copywriting selalu diusahakan semenarik mungkin, tapi yang lebih penting lagi headline tersebut dapat menarik perhatian.

Salah satunya dengan membuat headline yang unik,agar anda tidak bingung, unik disini adalah berbeda dari yang lainnya ketika orang lain menulis headline yang sama. anda membuat yang baru, tampil beda.

Selain itu buatlah headline yang lebih spesifik yang langsung kepada inti masalah, ada kata yang membatasi agar headline tidak meluas.

Sesuatu yang sifatnya urgent (penting dan genting) juga dapat menarik perhatian pembaca, gunakanlah unsur urgent agar orang bisa berhenti dan melanjutkan untuk membaca.

Selain itu headline yang mengandung unsur manfaat akan menarik mata pembaca, karena mereka perlu membaca informasi yang berada di balik headline.

Headline Yang Mengaktifkan Emosi dan Menimbulkan Empati

Headline ini mengandalkan unsur psikologi manusia, dengan membuat headline yang mengaktifkan emosi dan empati membuat pembaca berkewajiban membaca copywriting anda.

Itulah beberapa cara membuat headline yang menarik, sebenarnya banyak sekali cara membuat headline yang menarik, hanya saja anda bisa menggunakan ketiga cara diatas.

Untuk beberapa headline jualan, saya berhasil menarik minat pembaca dan akhirnya berinteraksi dengan saya. baik itu dalam postngan blog, email dan sosial media.

Alur Belajar Copywriting

Setelah anda mengetahui formula dasar copywriting yaitu dengan membuat headline yang powerful maka pada tahap selanjutnya anda harus mengenal bagaimana alur copywring tersebut.

Jadi seperti ini, jika copywriting di ibaratkan sebuah tubuh maka Headline masih berupa kepala, anda membutuhkan yang namanya badan dan kaki agar copywriting itu berfungsi dengan sempurna.

Ada banyak sekali alur yang dibahas oleh para pakar copywriting, saking banyaknya anda pasti bingung.

Tenang saja, saya dulu juga bingung.

Tapi dari sekian banyak alur tentang copywriting saya dapat menarik kesimpulan dan membuat alur copywriting yang sangat sederhana.

Oke lanjutkan membaca karena sebentar lagi anda akan mampu membuat copywriting yang powerful.

Awalan

Untuk memudahkan anda, alur copywriting pertama yang paling penting adalah awalan.

Awalan disini bisa anda tafsirkan sebagai kalimat pembuka ataupun paragraf pertama.

Awalan ini yang akan menjadi penentu bagi pembaca anda untuk terus membaca sampai dengan selesai.

Pada step awalan ini berikan deskripsi tentang sesuatu yang ingin anda jelaskan. tulis dengan seefektif mungkin. jangan ada basa-basi karena akan memakan space awalan anda.

Contohnya : Copywriting sangat penting bagi setiap pemilik bisnis online, tidak heran dari 10 pebisnis online 8 yang serius mempelajarinya. dst.

Akhiran

Akhiran merupakan alur kedua dalam membuat copywriting, akhiran ini adalah inti dari sebuah awalan, anda dapat mengobrak abrik pikiran pembaca dengan cara mengaktifkan imajinasi pembaca.

Jadi sekali lagi kita akan memainkan alam bawah sadar dari pembaca tulisan anda.

Anda harus membawa para pembaca untuk membayangkan suatu kondisi yang tidak ingin mereka alami.

Misalkan dengan memberikan mereka untuk membayangkan problem, manfaat atau keuntungan serta kerugian.

Sehingga alam bawah sadar mereka akan memaksa mereka untuk terus membaca dan bergegas untuk mencari solusi.

Contoh : Bayangkan jika anda tidak tahu copywriting sementara kompetitor anda mati-matian mempelajarinya, maka bisnis yang telah lama anda bangun pasti digilas oleh kompetitor anda, pasti anda tidak mau kan?

Pada tahap ini secara psikologis pikiran pembaca anda mulai takut, ada rasa kecemasan yang timbul dalam pikiran dan hati mereka.

Kalimat Perantara

Alur copywriting yang ketiga adalah kalimat perantara dimana kalimat ini yang akan menjadi pivot dari seluruh copywriting anda, mulai dari headline, awalan dan akhiran.

Kalimat perantara ini biasanya berisikan solusi atau harapan yang dapat menerangi pikiran mereka setelah sebelumnya diobrak-abrik pada alur Akhiran.

Bisa dipastikan para pembaca anda akan melahap habis semua solusi yang anda tuliskan untuk sekedar mengobati perasaan mereka yang sedang cemas.

Misalkan : Tapi anda tidak perlu khawatir, anda dapat membuat copywriting yang sempurna dengan membaca 9 langkah menulis menulis copywriting powerful bahkan anda seorang pemula.

Sampai pada fase ini copywritng anda sudah berjalan 90% artinya selangkah lagi anda dapat membuat copywriting yang yang memiliki konversi tinggi.

Sepuluh Persen itu adalah poin terakhir yang akan saya bahas, fungsi dari Kalimat Perantara ini juga menyambungkan poin ini.

Call To Action

Semua pakar internet marketing sepakat bahwa call to action itu penting untuk mengakhiri sebuah copywriting yang powerful.

Setelah anda telah bersusah payah menulis headline yang menarik sehingga orang mengklik postingan anda, memberikan deskripsi, menawarkan masalah sampai pada solusi,

Pada tahap selanjutnya adalah mengajak mereka untuk melakukan tindakan apapun yang anda inginkan, misalkan untuk membeli produk, melakukan registrasi email atau ikut waiting list dan lain-lain.

Contohnya : Jika anda ingin serius mendalami ilmu copywriting maka saya sarankan anda dapat meluangkan waktu untuk mengikuti seminar saya minggu depat. silahkan daftar sekarang.

Sampai sini anda sudah berhasil menulis copywriting yang sederhana namun powerful, ajakan bertindak anda terhadap calon pembaca biasanya akan memiliki konversi yang tinggi.

Silahkan anda pelajari materi tentang menulis kalimat call to action ini (ajakan bertindak). banyak blog belajar internet marketing yang sudah membahasnya.

Itulah beberapa hal mengenai belajar copywriting…

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, silahkan di share, karena tindakan share anda akan sangat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan.

Irfan Juniyanto saleh

Seorang yang tertarik dengan Digital Marketing & Bisnis Online, berbagi pengalaman menjadi passion saya, karena hidup musti bermanfaat.

Tinggalkan komentar