Advertisement

Cara Mengembangkan Usaha Baru Agar Menjadi Sukses

Bantu Share Gan...
Cara Mengembangkan Usaha Baru
Cara Mengembangkan Usaha Baru

Memiliki usaha merupakan impian banyak orang, kebanyakan lagi gagal menggapai impiannya dikarenakan tidak tahu cara mengembangkan usaha yang baru mereka rintis.

 Advertisement

Jika anda seorang yang serius mengembangkan bisnis baru anda, maka postingan ini semoga dapat membantu anda. oleh sebab itu pentingnya untuk membacanya sampai selesai.

Namun sebelum anda mempelajari cara mengembangkan bisnis, ada beberapa landasan penting yang harus anda miliki, agar bisnis anda bisa tahan lama dan sukses.

Mindset Bisnis

Jangan buru-buru, pasti anda butuh ini, ini kunci dibanding hal teknis yang akan dibahas tentang cara mengembangkan usaha baru. rata-rata mereka yang gagal tidak punya 6 hal dibawah ini.

Berpikir Positif

Pikiran positif akan mampu melewati segala rintangan yang akan anda hadapi di awal merintis usaha.

Jangan Takut Gagal

Kegagalan itu adalah hantu bagi orang yang akan sukses, pastikan anda tidak takut untuk gagal. potensi gagal itu sama porsinya dengan potensi sukses jadi berani gagal adalah pilihan satu-satunya.

Tahan Banting

Bisnis itu bukan soal siapa yang cepat besar dan cepat untung, bisnis itu soal daya tahan, berapa lama bisnis anda mampu melewati segala iklim perubahan bisnis.

Konsisten dan Fokus

 Advertisement

Sadarlah anda adalah seorang pemula dalam berbisnis, tidak banyak pilihan yang bisa anda miliki, tetap fokus dan konsisten akan mengantarkan bisnis anda ke gerbang kesuksesan.

Komitmen

Komitmen adalah sebuah akumulasi dari semua sikap dalam mendirikan usaha, cepat dan tidaknya usaha berkembang tergantung tingkat komitmen diri anda pada usaha yang baru dirintis.

Sabar dan Jangan Menyerah

Berapa lama bisnis baru bisa berkembang? 3 bulan, satu tahun atau 5 tahun? tidak ada ukuran matematika pasti yang dapat menghitungnya. oleh sebab itu tetap sabar dan jangan menyerah.

Sebenarnya masih banyak lagi pondasi awal yang mendorong bisnis anda ke arah sukses, tapi saya rasa di atas sudah cukup untuk tahap awal, selanjutnya tinggal menyesuaikan.

Sekarang anda sudah siap untuk mengetahui cara mengembangkan usaha baru agar menjadi sukses.

Cara Mengembangkan Usaha Baru

Sebelum memulai langkah-langkah mengembangkan usaha baru ada satu hal yang paling saya perkataan Robert Kiyosaki tentang cara sukses dalam berbisnis, yaitu mulailah bisnis anda hari ini.

Oleh sebab itu maka mari kita mulai sekarang dengan beberapa tips dibawah ini.

Siapa Pelanggan Bisnis Anda

Sejatinya sebuah bisnis yang sehat adalah bisnis yang menemukan pembeli pertamanya kemudaian menjadi pelanggannya.

Pembeli dan pelanggan itu beda, jika pembeli belum tentu kembali lagi, maka pelanggan adalah orang yang suka terhadap produk/jasa anda sehingga dia datang membeli kembali.

Buatlah sebuah produk atau jasa yang luarbiasa sehingga pembeli tidak punya alasan menolaknya, kemudian menjadi customer anda.

Ungkapan produk yang bagus akan mendapatkan pelanggan terbaiknya adalah benar adanya. poin yang paling penting adalah siapa pelanggan anda tersebut.

Misalnya : usaha anda bergerak pada bidang jasa pembuatan website dan ternyata dari 100 penjualaan anda, 70 persen adalah UMKM, 17% pribadi, 10% perusahaan dan 3% adalah instansi.

Jadi jika dilihat pelanggan anda sebenarnya adalah para UMKM, fokuslah pada mereka, buat produk turunannya dan berikan yang terbaik, sehingga mereka menjadi customer loyal anda.

Untuk persen sisinya seperti pribadi, perusahaan dan instansi dapat digarap kemudian hari jika keadaan usaha sudah lebih siap secara SDM dan lain-lain.

Apa Keunggukan dari Produk/Usaha anda

Untuk dapat memenangkan pemasaran, sebuah produk haruslah memiliki keunggulan dibandingkan dari produk yang sejenis yang di jual oleh kompetitor.

Seorang pebisnis harus mengetahui mengeksploitasi keunggulan produknya sambil mampu meredam dan memperbaiki kekurangan produk tersebut.

Sehingga yang nampak adalah sebuah produk yang sempurna dan lebih unggul dari yang sebelah-sebelah (kompetitor).

Jika produk anda ternyata kualitasnya sama dengan kompetitor atau bahkan lebih buruk dari itu, lebih baik tutup usaha anda dan cari lagi yang lebih baik.

Kebut Penjualan, Just It

Setelah anda menemukan siapa pelanggan anda dan keunggulan produk maka langkah selanjutnya adalah meningkatkan penjualan.

Sebuah usaha baru jika ingin berkembang maka fokus utamanya adalah menjual sebanyak-banyaknya dibandingkan hal teknis lain.

Penjualan jantung dari usaha baru yang menghasilkan uang sehingga darah bisa mengalir ke tempat lain. akhirnya bisnis bisa bergerak dan hidup.

Kuncinya adalah sebuah usaha baru yang ingin terus berkembang adalah jangan sampai jantungnya berhenti bedetak. apapun alasanya jualan adalah prioritas utama anda.

Go Online or Die

Di era yang serba digital sekarang ini sebuah usaha baik yang baru ataupun yang lama wajib go online jika tidak bisnis tersebut akan digilas oleh yang lain.

Digital marketing sekarang ini menjadi sebuah keniscayaan, jika bisnis anda masih baru maka yang perlu mengetahui seluk beluk bisnis online ini adalah anda sendiri.

Tapi tenang saja di blog ini anda bisa menemukan banyak hal tentang dunia Internet marketing. silahkan anda baca ini sebagai permulaan yang membantu bisnis anda di dunia online.

Jika anda bisa menguasai seluk beluk dunia internet marketing maka usaha baru anda dipastikan dapat bersaing dengan yang lainnya. bahkan bisa jadi omset anda lebih besar dibandingkan usaha besar yang belum online.

Pangkas Cost yang Tidak Perlu

Meskipun penjualan anda sudah mulai meningkat, pelanggan anda sudah banyak namun sadarlah bisnis anda masih baru. perjalanan masih panjang.

Kebanyakan sebuah bisnis baru yang berkembang dengan pesat kemudian bangkrutnya jauh lebih pesat lagi. dikarenakan banyak kebocoran yang tidak mampu di tambal lagi.

Pangkas cost yang tidak penting agar neraca keuangan anda sehat, pakailah sistem cost belanja dengan sistem penting dan genting. jika tidak memiliki unsur keduannya jangan sekali-kali mengeluarkan uang.

Ingat cost yang tidak penting ini akan menggerus usaha anda, hebatnya lagi anda sulit untuk mengetahuoi kebocorannya dimana. tiba-tiba bisnis bangkrut karena tidak punya dana.

Manajemen Keuangan

Seberapa kecilpun bisnis anda pastikan anda memiliki manajemen keuangan, sadarkan diri anda untuk melek finansial. jika anda buta akan hal ini bisnis andapun tidak bisa bertumbuh dan mati tiba-tiba.

Uang adalah darah dalam sebuah bisnis baik itu bisnis besar ataupun bisnis kecil, seorang pebisnis pasti tau kemana aliran darah ini mengalir dan bagaimana cara agar aliran darah ini tidak tersumbat.

Pengalaman pribadi saya dalam membangun bisnis baru adalah tidak memiliki tenaga keuangan yang handal. hampir setahun setelah bisnis berdiri saya tidak tau ternyata modal usaha terus tergerus.

Manajemen keuangan akan mampu melihat dan mengukur sampai dimana kekuatan sebuah bisnis, berapa lama bertahan dan arah usaha kedepan.

Bangun Jaringan

Power is Relations, sebuah bisnis baru jika ingin berkembang yaitu harus mampu mengembangkan jaringan 2 kali lebih cepat dari para kompetitornya.

Alasanya sederhana, para kompetitor tersebut melakukan juga hal yang sama yaitu membangun jaringan.

Jaringan dalam dunia bisnis lebih dikenal dengan istilah networking.

Mengapa membangun jaringan ini sangat perlu untuk sebuah bisnis baru agar bisa berkembang?

Karena bisnis anda belum terlalu banyak dikenal oleh orang lain, anda harus sadar bahwa sulit untuk mendikte pasar untuk sebuah bisnis yang masih baru.

Oleh sebab itu membangun jaringan yang dimulai dengan pertemanan akan jauh lebih efektif dalam mengembangkan bisnis. seorang teman akan dengan ikhlas membeli produk anda dan merekomendisikan ke yang lain.

Dengan memiliki networking bisnis anda menjadi lebih kuat, karena sesungguhnya bisnis anda di topang oleh kekuatan dari relasi-relasi yang telah anda bangun.

Percaya dan tidak percaya sebuah produk akan lebih mudah mendapatkan pembelinya jika direkomendasikan oleh seseorang. pastikan itu jaringan anda.

Buat Pilar Bisnis

Sampai disini saya pikir bahwa usaha anda sudah berkembang, roda bisnis sudah berputar, aliran modal mengalir ke tempat semestinya dan arus modal mampu di kendalikan dan dibendung.

Sekarang saatnya untuk membangun pilar bisnis agar usaha anda bisa berkembang dan memiliki daya tahan yang luar biasa.

pilar bisnis itu ibarat sebuah bangunan, cobalah anda ke masjid dan lihatlah pilar-pilar yang berdiri di tengah yang menopang beban bangunan agar tidak runtuh. dan pilar itu bukan hanya satu.

Begitu juga dengan bisnis anda, buatlah pilah minimal 10. baik itu membuka cabang, membuka usaha baru atau menjual produk baru.

Intinya bisnis anda akan dapat menerima pemasukan dari 10 bisnis ini, memang caranya tidak mudah, tapi anda pasti bisa.

Ada banyak sekali market disekitar anda yang sangat potensial yang menunggu anda garap, cobalah baca peluang usaha ini.

Oh iya mengapa harus 10 pilar? agar jika satu pilar bisnis anda roboh maka masih ada 9 pilar yang menopang bisnis anda agar tidak runtuh.

Itulah cara mengembangkan usaha baru agar menjadi sukses, jika bermanfaat silahkan share.

Share anda akan menjadi motivasi saya untuk terus menulis dan membagikan hal-hal baru tentang bisnis dan online.

 Advertisement
 Advertisement
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar