Facebook Marketplace Indonesia : Cara Mudah Tingkatkan Omzet Bisnis Lokal

 Advertisement

Facebook Marketplace Indonesia – Sepertinya facebook tidak akan pernah kehabisan cara untuk mendominasi pasar internet marketing dan sosial media, setelah sebelumnya facebook memiliki produk facebook group, fanpages, facebook ads, video watch dan kemudian facebook marketplace.

Sebenarnya ada juga tools untuk jualan di marketplace indonesia, bahkan untuk semua kanal facebook, silahkan coba tools facebook marketing ini. Omset anda pasti bakalan meroket abis.

Indonesia menjadi salah satu negara prioritas untuk mendapatkan layanan ini . meskipun pada penerapanya belum semua akun facebook masyarakat indonesia bisa menikmati layanan ini.

Berikut ini data mengapa facebook memprioritaskan facebook marketplace di indonesia dan juga sekaligus data mengapa anda harus menggunakan fb marketplace untuk menjual produk anda.

source : statista
 Advertisement

Apa Itu Facebook Marketplace Indonesia

facebook marketplace indonesia

Facebook marketplace adalah sebuah platform marketplace indonesia / pasar digital yang memungkinkan anda untuk jual-beli produk dengan target market lokal.

Semua transaksi terjadi diluar aplikasi , sehingga secara langsung facebook tidak terikat oleh hukum apapun. artinya facebook hanya menjembatani komunikasi anda dan calon customer untuk berjualan.

 Advertisement

Mungkin anda sudah familiar dengan marketplace di indonesia seperti bukalapak, shopee dan tokopedia. namun facebook memberikan pengalaman baru mengenai marketplace indonesia dengan model simple action.

Jika anda sering menggunakan facebook maka anda tidak akan menemukan kendala yang berat, dengan membaca artikel ini sudah cukup membuat anda meraih omzet maksimal untuk lokal market anda.

Fitur-Fitur Facebook Marketplace

Mungkin anda familiar dengan beberapa marketplace indonesia, namun saya yakin masih banyak disekeliling anda yang tidak faham cara menggunakan fitur-fitur yang diberikan oleh marketplace tersebut.

Jangankan untuk memasukan produk yang ingin kita jual, bahkan untuk membeli saja kita harus mempelajari banyak hal.

Namun seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa facebook lepas tangan dengan transaksi anda, artinya anda bisa mengarahkan sendiri melalui apa nantinya prosedur transaksi mulai dari transfer sampai kirim barang.

Berikut ini fitur simpel facebook marketplace indonesia.

  • Browse (Mencari Barang)

Banyaknya penjual dan barang yang dijual membuat orang sulit untuk menemukan sesuatu yang di cari, dengan fitur cari barang (browse) akan memudahkan anda untuk mencari barang yang di inginkan.

  • Group

Facebook memiliki komunitas jual beli terbesar jauh sebelum facebook marketplaceini di luncurkan. dengan fitur group ini anda bisa melihat group apa saja yang sudah anda join didalamnya juga saran group baru.

Dari sini anda bisa menemukan penjual-pembeli dan bisa membagikan barang ke 15 group anda.

  • Buying (beli)

Pada fitur ini anda dapat melihat produk-produk yang dijual oleh para penjual di facebook marketplace indonesia berdasarkan lokasi anda tinggal.

Misalkan anda tinggal di bandung maka anda akan melihat produk dari para pelapak bandung.

  • Selling (jual)

Selain fitur beli juga ada fitur untuk menjual produk yang anda milik dan memungkinkan anda untuk mendapatkan pembelinya melalui facebook marketplace.

  • Save Item (simpan produk)

Di menu save item ini akan memudakahkan anda untuk menyimpan produk yang anda sukai, sehingga anda bisa mentracking kembali di kemudian hari untuk membelinya. (jika masih dijual)

  • Filter Harga

Pada fitur filter harga ini anda bisa dengan mudah merange budget sesuai dengan harga yang bisa anda jangkau. facebook akan menampilkan barang yang sesuai kisaran harga yang anda masukan.

  • Lokasi

Lokasi ini memudahkan anda untuk menemukan produk yang di upload di facebook marketplace indonesia sesuai dengan daerah yang ingin anda cari.

Secara otomatis facebook hanya menampilkan produk di sekitar anda tinggal, namun anda juga bisa memaksimalkan dengan mencari lokasi kota tertentu di indonesia

  • Belanja berdasarkan Kategori

Facebook juga memudahkan berselancar anda di marketplacenya dengan membagikan produk ke beberapa kategori seperti kenderaan, keperluan rumah dan lain-lain.

Sudah bisa membayakan kan apa saja nanti yang bisa anda lakukan?

Tapi ini belum cukup anda harus tau bagaimana cara kerja facebook marketplace indonesia.

Cara Kerja Facebook Marketplace

Mungkin anda sudah tidak sabaran untuk menggunakan fitur yang satu ini, tapi ada baiknya anda harus mengetahui cara kerja fb marketplace

Facebook akan menampilakan produk yang anda jual kepada user facebook lainnya sesuai dengan daerah yang anda target atau lokasi tempat anda tinggal.

Anda bisa melakukan upload foto max 10 item ke marketplace, kemudian mengisi harga dan nama barang yang anda jual, lokasi, dan juga memilih kategori produk. anda juga bisa menambahkan deskripsi barang sebagai pelengkap.

Informasi ini kemudian yang akan ditampilkan oleh facebook ke berada marketplacenya/timeline marketplace facebook.

Dikarenakan anda berjualan secara umum untuk memberikan informasi maka anda harus merubah facebook anda kedalam setingan public.

Anda dapat merubahnya disini merubah setting facabook public

Selanjutnya sebelum berjualan di marketplace anda harus tunduk pada kebijakan facebook, bisa anda baca commerce policy

Hal ini penting agar menu marketplace anda tidak diremove oleh facebook karena melanggar ketentuan. pastinya ini akan merugikan anda.

Cara Jualan Di Facebook Marketplace

Karena fb marketplace ini masih dalam tahap perkembangan seperti yang sejak awal saya sampaikan maka tidak semua akun facebook memiliki akses kesini.

Saya pun masih bingung kenapa hal ini dilakukan oleh fecebook, yang jelas saya pribadi ketika fitur ini diluncurkan sudah ada menu marketplace di semua akun jualan saya.

Mungkin facebook sudah kenal saya adalah pedagang di facebook…hehehe

Namun anda tidak perlu khawatir anda bisa melakukan upaya ini dengan cara mengunjungi link ini Facebook Marketing Indonesia

Tidak tampilnya facebook marketplace di facebook anda mungkin juga dikarenakan sebelumnya anda sudah melanggar kebijakan seperti
Commerce Policies or Community Standards sehingga menu marketplace di hapus dari akun anda.

Namun jika selama ini anda merasa tidak pernah melanggar ketentuan diatas maka anda masih bisa melapornya ke facebook dengan cara mengkotak facebook langsung.

  • Silahkan kunjungi facebook.com kemudian di bagian paling kiri dari facebook anda akan melihat gambar marketplace dan klik disitu.
  • Klik Minta Ulasan dan isi formulir
  • Facebook akan meninjau banding Anda dan merespons Anda dalam waktu kurang lebih seminggu. Periksa pembaruan di Kotak Masuk Dukungan Anda atau email yang terkait dengan akun Facebook Anda.

Jika anda menggunakan handphone lakukan langkah sesuai video dibawah ini …

Catatan: Jika akses Marketplace Anda telah dipulihkan, Anda mungkin perlu menyegarkan Facebook.com atau mengunduh versi terbaru aplikasi.

Tips Jualan Di Facebook Marketplace

Jualan memang harus ada seninya, oleh sebab itu tidak semua orang bisa dengan bagus melaksanakan praktek jual beli.

Diatas adalah pernyataan umum mengenai tips menjual, pada gambaran besarnya menjual tehniknya sama, hanya ada beberapa item yang perlu di tambahkan jika anda berjualan di facebook marketplace.

Yang harus kita pahami antara lain

  • Facebook marketplace secara kepemilikan bukan milik kita, sehingga kita harus patuh dan tunduk pada aturan.
  • Jualan online itu rentan dengan ketidak percayaan, anda harus membangun kepercayaan/ trust kepada calon customer
  • Algoritma Facebook itu terus berubah, cara yang saat ini masih relevan bisa jadi kedepanya tidak efektif lagi bahkan bisa merugikan kita. solusinya terus update informasi mengenai FB.

7 Cara Meningkatkan Penjualan Di Facebook Marketplace

Jual Produk Sesuai Dengan Ketentuan Facebook

Tidak ada daya dan upaya, secara horizontal kita bukan merupakan teman akrab mark zuckerberg dan juga kita tidak punya saudara yang bekerja disana. tidak semua barang dapat di jual di facebook.

Anda tidak bisa menjual resep obat, alkohol, ganja, senjata api dan amunisi.

Tapi saya yakin anda juga gak jualan barang di atas, tapi itu hanya beberapa saja, anda harus baca ketentuan barang jualan

Gunakan Foto Yang Bagus dan Usahakan Milik Anda Sendiri

Ini memang legenda cerita masa lalu yang sering orang lakukan sampai dengan saat ini….

Foto Produk tidak sesuai gambar…penipu!!!

Itu yang sering terjadi, oleh sebab itu foto yang bagus bukan jaminan dan orang pun trauma membeli dengan foto kelewat bagus.

Makanya jangan heran ketika andapun upload foto hasil karya anda sendiri, kadang pelanggan anda minta real pics sist…. Cape deh

Gunakan foto hasil karya anda sendiri jauh lebih baik.

Fotolah dari beberapa sisi sehingga pelanggan bisa melihat barang dengan puas. di market place anda bisa update 10 gambar sekaligus. gunakan fasilitas ini.

Tulis Deskripsi Lengkap Plus Copywriting Singkat

Di kolom deskripsi jelaskan secara gamblang mengenai produk yang anda jual, spesifikasi dan pelbagai hal lainnya.

Jangan lupa juga menggunakan copywriting untuk menghipnotis calon buyer.

Tulis harga sebenarnya

Mungkin ini agak berbeda dengan ilmu marketing yang saya pelajari, yaitu menyembunyikan harga agar tidak dilihat kompetitor dan tips untuk membangun interaksi.

Tapi sekali lagi marketplace di facebook berbeda, orang akan bingung jika anda menulis dengan harga yang tidak sebenarnya.

Selain itu tampilan di pics facebook marketplace akan aneh, tidak elok dilihat.

Ingat facebook punya algoritma untuk setiap produk-produk layanannya.

Lokasi dan Radius Yang Tepat

Meskipun marketplace facebook membolehkan anda untuk membidik lokasi sesuai dengan target anda, saya sarankan untuk hanya menarget lokasi yang dekat dari jangkauan anda. karena Facebook Marketplace memang di desain untuk market lokal.

Pengalaman saya, meskipun saya bisa menjual ratusan picis produk dalam sebulan di market lokal, nyatanya saya sulit sekali menjual produk ke luar daerah. alasannya sederhana. Jauh dan bukan disini kanalnya.

Anda hanya akan capek membalas inbox yang masuk. ingat algoritma facebook.

Fast Resopond

Ketika produk anda masuk ke top pics maka anda akan banyak inbox masuk, segera jawab pertanyaan mereka karena mereka sedang online saat itu. closing dengan cepat.

Chat di marketplace di Facebook agak berbeda dengan chat di facebook mesangger. orang akan mengabaikan jawaban anda jika lambat respond. serius….

Tandai Barang Yang Sudah Terjual

Meskipun anda sudah menandai barang sudah sold out orang tetap akan chat ke anda, tapi saya sarankan untuk tetap menandai barang yang telah habis sebagai sold out.

Agar anda akan dapat traffic inbox segar untuk produk baru yang stoknya masih banyak. saya yakin inipun bagian dari algoritma facebook.

Sekian dulu artikel mengenai facebook marketplace indonesia, silahakan gunakan tools facebook marketing ini guna melejitkan omset anda.

Semua yang saya tulis adalah pengalaman pribadi, sehingga bisa jadi ada salahnya.

Jika bermanfaat mohon untuk di tekan tombol sharenya. tindakan anda tersebut adalah boost untuk saya tetap semangat berbagi tips mengenai strategi sosial media marketing.

Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar

×

Bonus ini Hanya Berlaku Hari inI 22 Oktober 2020 Sampai Pukul 23.59

Klik Disini