Ukuran Thumbnail Youtube Harus Benar Biar Dolar Cepat Mengalir

Youtube saat ini menjadi sangat populer terlebih dikalangan artis dan anak muda, eksistensi dan penghasilan menjadi motivasi utama, tapi untuk kesana tidak mudah, anda harus mendapatkan banyak subscribe dulu salah satunya dengan tau ukuran thumbnail youtube.

Seperti halnya dengan fanpages facebook program ad breaks, youtube bisa di monetasi dengan banyaknya subscribe dan view. nah karena Youtube adalah platform video, maka orang cenderung melihat thumbnail dulu sebelum membaca judul anda dan menonton video anda.

Karena size thumbnail youtube ini sangat penting bagi youtuber maka berikut ini size thumbnail yang anda gunakan…

Lalu Berapa Ukuran Thumbnail Video Youtube?

Menurut rekomendasi google dimensi thumbnail yang paling tepat adalah 1280 x 720 px, minimal width 640, dengan rasionya 16:9. menurutnya ini adalah ukuran kebanyakan para pemain youtube.

Anda bisa menggunakan YoutuberID untuk membuat design thumbnail yang menarik, namun bukan hanya itu saja, anda hanya menggunakan power point untuk mendesingnnya.

Jika anda ingin mendapatkan klik yang banyak terhadap youtube anda maka tarulah perhatian anda pada ukuran thumbnail ini. orang akan tertarik ketika melihat gambar thumbnail anda saat video anda muncul di beranda mereka.

Sebenarnya jika hanya mengetahui ukuran youtube mudah saja, tapi yang paling sulit dalam membuat thumbnail adalah bagaiman membuat thumbnail video youtube anda menarik.

Tools Gratis Untuk Membuat Thumbnail Dengan Mudah

Hubspot merekomendasikan 7 Tools gratis yang bisa anda gunakan untuk membuat thumbnail yang menarik, dari ketujuh pilihan itu saya memilih 2 tools yang mudah digunakan.

Saya memasukan kategori mudah karena interfacenya sangat familiar untuk orang Indonesia, sehingga tidak kaku lagi menggunakannya.

Canva

Jika anda tidak kenal dengan website yang satu ini maka bisa dipastikan anda adalah seorang pemula.

Canva menyediakan banyak sekali pilihan template gambar, banyak variasi huruf dan yang paling penting ukuran thumbnail youtube bisa kita setting sendiri. Oh iya backgroundya juga mudah di ubah.

Menurut saya tools ini paling bagus dibandingkan anda membeli template murahan, jika mau lebih bisa membeli template dengan harga yang agak sedikit mahal tapi powerful.

Fotojet

Saya merasa tools ini juga sangat mudah digunakan untuk membuat ukuran thumbnail video anda, sebenarnya alasanya adalah karena ini mirip sekali dengan tampilan Canva. bedanya ini pakai adsense.

Cara Membuat Thumbnail Video Youtube Yang Menarik

Dari sejak awal saya katakan ukuran video youtube itu mudah yang sulit adalah membuat itu menarik, sehingga dalam sekejap mata orang akan langsung melihat video anda.

Simpelnya thumbnail anda harus merepresentasikan judul dan juga isi ketika orang mengklik dan menonton video anda.

Gunakan Foto Anda Dalam Thumbnail

Jika kanal youtube anda kontennya tentang anda seperti konten-kontenya Atta Halilintar dan Ria Ricis, maka pastikan anda punya banyak koleksi foto Pribadi yang menarik.

Namun jika bukan tentang anda, maka tetap gunakan foto real yang merepresentasikan isi video tersebut.

Jika terpaksa anda juga bisa mencoba dengan membuat gambar ilustrasi yang saat ini sedang naik daun.

Buat Foto Itu Close Up

Menurut ilmu psikologi foto close up dapat memberikan kontak mata langsung terhadap orang yang menyaksikannya.

Jika anda bingung bagaimana foto close up maka coba anda ingat lagi iklan pasta gigi.

Coba anda perhatikan youtuber yang masuk trending youtube anda, kebanyakan mereka mengap depan kamera.

Gunakan Gambar Yang Cerah

Gambar yang cerah itu adalah gambar yang tampak menyolok, dia adalah warna yang kontras jika diletakan dengan warna yang lain.

Letakan Beberapa kata Pada Thumbnail

Ini butuh kreatifitas anda dalam menilai keindahan, jujur ini adalah sebuah penilaian yang berbeda-beda, sehingga ada yang mengatakan text dalam thumbnail itu maksimalis ada yang minimalis.

Jangan Lupa berikan watemark

Untuk membangun sebuah branding, anda harus membuat watermark atau logo yang membuat orang ingat akan thumbnail anda.

Ini sangat penting, di era video marketing, branding ini sangat penting dalam meningkatkan enggagemen dan retention rate.

Kesimpulan

Anda harus tau bahwa ini hanyalah tahap awal dalam meningkatkan trafik dan subscribe youtube anda, masih banyak langkah selanjutnya.

Oleh sebab itu jangan anda menghabiskan waktu terlalu banyak dalam membuat ukuran thumbnail youtube anda.

Masih ada 90% hal penting lagi yang harus anda kerjakan, saat ini sudah banyak sekali template youtube yang dijual, saran saya belilah yang hargany agak mahal.

Alasanya sederhana, ibarat ke pesta anda pasti tidak ingin ada orang lain yang menggunakan pakaian yang sama kan?

Oke semoga anda sukses, silahkan bagikan artikel ini jika bermanfaat, jangan lupa juga untuk menjalankan bisnis online lainnya

By The Way ini serius ya, jangan anda mengatakan Ukuran tidak menjadi masalah, yang penting………………..

 Advertisement
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar