Menggarap Market Lokal Dengan Strategi Digital Marketing

menggarap market lokal

Gak semua bisnis online itu biar sukses harus bisa menjangkau pasar seluruh Indonesia. Itu fakta yang salah.

Coba aja pergi ke pasar harian atau pasar mingguan yang ada di daerah Anda.

Apakah mereka gak bisa dapat cuan? Padahal market yang mereka layani mungkin disekitaran wilayah tersebut. Radiusnya kurang dari 10 KM.

Faktanya mereka masih eksis jualan dengan metode demikian, mereka bisa cuan setiap hari atau pekan dan bahkan bisa buat ruko. Artinya menjangkau pasar seluruh Indonesia bukan faktor kesuksesan.

Saya yakin Anda mungkin bisnisnya sama, melayani masyarakat sekitar.

Apa mungkin diterapkan strategi digital marketing? Bagaimana caranya untuk melakukan strategi digital marketing dengan target market lokal?

Kenali Pengunjung Anda

Setiap ada yang datang ke lapak, minimal harus ditanyakan tinggalnya dimana. Ini untuk memetakan Virtual Base area. Sehingga Anda bisa tau dimana market Anda paling banyak berkumpul, agar bisa difokuskan titik promosinya disina menggunakan iklan digital.

Mintakan Kontak Whatsapp

Selanjutnya mintakan kontak Whatsapp mereka, fungsinya biar lebih akrab dan bisa dikontak setiap ada produk baru atau mengajak repeat order.

Saat ini Anda bisa mengirim pesan promosi secara massal ke nomor Whatsapp yang Anda miliki menggunakan tools wa marketing seperti WBSPRO.

Jadi setiap saat Anda bisa kontak mereka dan kemungkinan terjadi sales akan sangat tinggi, karena mereka sudah percaya dengan jualan Anda. Mereka pernah singgah ke toko Anda.

Bisa Delivery

Siapkan delivery, saat ini pakai ojol delivery beres, masyarakat udah teredukasi menggunakan ojol. Hal ini tentu berbeda dengan beberapa tau silam dimana masyarakat belum bisa pakai aplikasi ojol dan juga masih merasa biaya yang di terapkan lebih mahal ketimbang manfaatnya.

Gunakan Google maps

Manfaatkan listing lokasi toko yang ada di google maps, ini sangat berguna untuk memudahkan orang menemukan toko Anda secara online, terlebih ini gratis dari google.

Di google maps Anda bisa menempatkan titik lokasi dan juga upload produk.

Biasanya market akan mencari lokasi Anda ke google. Ketika mereka temukan lokasi Anda maka kemungkinan besar mereka akan sampai ke toko Anda. Saya sendiri udah membuktikan hal ini dan hasilnya diluar dugaan.

Pakai Iklan Berbayar

Jika ada spare modal untuk promosi, pakai iklan berbayar misal facebook ads atau google ads bisa dicoba, nanti di evaluasi hasilnya selama satu bulan menggunakan iklan berbayar.

Gunakan radius untuk mempersempit lokasi iklan agar bisa fokus ke sasaran audiens dan juga hemat budget. Selain itu gunakan iklan google search agar orang bisa menemukan jualan anda di google search.

Maksimalkan lokal market untuk mendapatkan cuan bagi bisnis Anda. Saat ini bahkan marketplace sekelas Amazon sudah menerapkan penjualan online to offline loh.

Jadi ini peluang besar, stop dulu berandai-andai. Garap market di depan mata Anda dan maksimalkan hal tersebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.