Selasa, November 19, 2019

Manfaat Search Engine yang Wajib Anda Ketahui

- Advertisement - Advertisement

Search engine merupakan salah satu bagian dari dunia maya yang memiliki peranan sangat penting. Orang-orang berselancar di internet menggunakan search engine, mulai dari akses untuk kebutuhan pendidikan, bisnis, bahkan untuk sekadar mencari hiburan.

Semua informasi yang Anda temukan di internet, hampir keseluruhannya bermuara dari search engine. Lalu apa sebenarnya search engine itu? Apa saja fungsi dan manfaat search engine? Simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Apa Itu Search Engine

Search engine secara mudah dapat dikatakan sebagai mesin pencarian dalam internet yang memungkinkan pengguna untuk menemukan berbagai informasi, dengan cara memasukkan keyword atau kunci dari topik yang ingin ditemukan.

Search engine berupa program yang telah dirancang untuk menemukan informasi secara cepat dengan menjelajah seluruh world wide web yang ada.

Search engine bisa menemukan informasi yang tersebar melalui input keyword atau kunci yang spesifik.

Semakin spesifik kata kunci yang dimasukkan, semakin tersaring informasi yang ditemukan. Bahkan saat ini pada beberapa search engine telah dilengkapi dengan fitur penyaringan dan pemilahan data, sehingga akan menyajikan informasi yang lebih relevan.

Hal ini tentu menjadi salah satu manfaat search engine yang berguna untuk mendapatkan data dan informasi lebih akurat.

Hasil pencarian biasanya ditampilkan berdasarkan urutan tingkat akurasi keyword dan trafik pengunjung di search engine tersebut. Semakin sering suatu keyword dicari, akan semakin atas posisinya ketika ditampilkan hasil pencarian.

Begitu pula dengan trafik popularitas, semakin banyak pengunjung yang mengakses suatu website, maka website tersebut akan berada pada posisi atas ketika hasil  pencarian ditampilkan.

Beberapa Contoh Search Engine

Telah banyak search engine yang bisa Anda temukan di internet, baik search engine yang memang berdiri sendiri maupun search engine yang difungsikan sebagai fitur tambahan pada sebuah website.

Secara umum tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara satu search engine dengan search engine lain.

Yang menjadi pembeda adalah tingkat akurasi informasi yang ditemukan dengan keyword yang dimasukkan. Berikut beberapa contoh search engine yang banyak digunakan.

1. Google

Di era digital saat ini hampir setiap orang telah mengenal Google, minimal pernah mendengar istilah tersebut. Google merupakan search engine paling populer dan paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Informasi yang bisa ditemukan melalui search engine Google sangat banyak dengan tingkat akurasi keyword yang relatif tinggi. Salah satu manfaat search engine satu ini bisa menyediakan beragam data dari berbagai repositori yang lengkap.

2. Yahoo

Yahoo Search pada mulanya bernama Yahoo! dan didirikan pada tahun 1995. Yahoo Search menjadi mesin pencarian paling besar kedua setelah Google yang telah banyak digunakan oleh orang-orang. Search engine ini telah mendukung kurang lebih 38 bahasa di seluruh dunia sehingga memperbanyak akses informasi yang lebih lengkap.

3. Ask

Selain Google dan Yahoo Search, Ask juga menjadi salah satu search engine yang banyak digunakan. Ask merupakan mesin pencari yang telah ada sejak tahun 1996, diciptakan oleh David Warthen dan Gerret Gruener.

Saat ini telah banyak pengguna yang mendapatkan manfaat search engine Ask untuk mencari dan menemukan informasi-informasi di internet.

4. Baidu

Baidu merupakan salah satu search engine paling populer dan paling banyak digunakan di China. Sejak awal diciptakan, Baidu memang difokuskan untuk beroperasi di China saja.

Berbeda dengan Google yang menjangkau seluruh dunia, Baidu lebih fokus untuk melayani pangsa pasar di lokal China. Namun beberapa waktu terakhir Baidu sudah bisa diakses selain dari area China.

Manfaat dan Fungsi Search Engine

Memasuki perkembangan dunia digital yang semakin pesat, manusia semakin sulit dipisahkan dari internet.

Apalagi mengacu pada hasil riset yang dilakukan oleh We Are Social dan Hootsuite menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet di seluruh dunia pada tahun 2019 mengalami kenaikan sebesar 9% dari tahun 2018, yaitu mencapai 4,39 miliar.

Sebagian besar aktivitas berselancar di internet berhubungan dengan search engine. Berikut fungsi dan manfaat search engine bagi Anda.

Manfaat Search Engine Bagi Masyarakat Umum

  • Menyediakan Berbagai Macam Informasi Melalui Kata Kunci

Sesuai dengan cara kerjanya, manfaat search engine yang pertama adalah membantu Anda untuk mendapatkan informasi yang sangat beraneka ragam.

Anda hanya perlu memasukkan kata kunci apa yang akan Anda cari, kemudian search engine akan mencarikan dari seluruh sumber di internet.

Hampir seluruh informasi dari keyword yang Anda masukkan akan keluar hasil pencarian di search engine.

Bahkan seaneh apapun keyword yang Anda pilih, search engine akan tetap menemukan hasil pencarian, meskipun bisa jadi tingkat akurasi dan relevansinya rendah. Jadi search engine menyediakan seluruh informasi yang Anda butuhkan dalam bentuk apapun.

  • Membantu Mendapatkan Data Akurat dan Relevan

Manfaat search engine yang selanjutnya adalah membantu Anda untuk mendapatkan data yang akurat dan relevan dari berbagai sumber.

Jika Anda memasukkan keyword secara benar kemudian memanfaatkan fitur penyaringan yang disediakan, akan mudah menemukan data dan informasi yang relevan dengan tingkat akurasi tinggi.

Hanya saja kecenderungan orang saat ini beranggapan bahwa search engine tahu segala yang mereka butuhkan. Akibatnya hampir setiap saat orang-orang bergantung pada search engine.

Riset juga menunjukkan bahwa setiap hari terdapat lebih dari 4 milyar pencarian telah dilakukan melalui search engine. Maka perlu disadari bahwa search engine adalah sebuah mesin yang tidak selalu tepat dalam menyajikan informasi.

  • Memberikan Keteraturan dalam Berselancar di Dunia Maya

Jika diibaratkan, search engine layaknya wadah yang menampung seluruh informasi dari berbagai situs dan web di seluruh dunia yang terhubung melalui jaringan internet. Wadah ini memberikan keteraturan sehingga informasi yang ada tidak tercecer dan berserakan di mana-mana.

Search engine menjadi pengumpul data dan informasi yang Anda butuhkan. Tanpa harus menjelajah satu per satu situs untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, Anda sudah bisa mendapatkan daftar pencarian yang komplit melalui search engine.

Bahkan search engine akan otomatis menampilkan hasil pencarian paling populer pada daftar teratas sehingga Anda bisa tahu apa saja yang tengah trending di dunia maya.

Manfaat Search Engine Bagi Dunia Bisnis

  • Sebagai Media Pemasaran

Search engine juga memberikan manfaat untuk dunia bisnis. Salah satu manfaat search engine bagi kebutuhan dan perkembangan dunia bisnis adalah sebagai media pemasaran paling tepat.

Dengan semakin banyaknya pengguna search engine, semakin banyak pula sasaran konsumen untuk bisnis Anda. Tentu ini bisa dijadikan sebagai peluang untuk memasarkan produk atau jasa yang Anda miliki.

Orang-orang mencari apa saja yang mereka inginkan melalui search engine, mulai dari informasi untuk pekerjaan, hingga informasi kebutuhan sehari-hari. Anda hanya tinggal mengemas konten bisnis semenarik mungkin.

Selain itu Anda juga perlu membuat konten bisnis yang Anda cari terindeks di mesin pencari. Setelahnya orang-orang akan mulai mengenali konten yang Anda buat dan mencari tahu lebih jauh jika memang tertarik.

  • Memudahkan untuk Eksplorasi Data Berdasarkan Popularitas

Search engine menampilkan pencarian paling populer pada daftar teratas. Hal ini memberikan kemudahan untuk mencari tahu apa yang sedang trend pada saat tertentu. Anda bisa mendapatkan data tentang apa yang sedang populer, siapa yang mempopulerkannya, dan bagaimana bisa populer.

Dengan melakukan analisis popularitas, Anda bisa menjadikan apa yang sedang tenar sebagai konten bisnis. Orang-orang cenderung menyukai yang sedang hits.

Anda bisa memanfaatkan search engine untuk mengetahui topik apa yang ramai dibicarakan kemudian mengemasnya dengan kreatif.

  • Dapat Menjangkau Sasaran Pasar yang Lebih Luas

Manfaat search engine untuk dunia bisnis yang selanjutnya adalah memudahkan Anda untuk bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Search engine ibarat jembatan yang membantu Anda terhubung ke seluruh dunia melalui jaringan internet.

Jika bisa memanfaatkan search engine secara tepat, Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk membawa banyak konsumen baru mengunjungi konten atau situs bisnis Anda.

Keberadaan search engine bisa jadi membawa manfaat yang luar biasa untuk situs bisnis Anda. Beberapa orang bahkan sangat bergantung pada search engine untuk menghasilkan trafik tinggi sehingga mengangkat popularitas situs di hasil pencarian.

Jika sudah berada pada daftar pencarian yang tinggi, konsumen akan lebih mudah datang mengunjungi lapak bisnis Anda.

  • Untuk Mengindeks Konten dan Alamat pada Situs Web

Seach engine berfungsi untuk mengindeks konten dan alamat pada sebuah situs yang ada di internet.

Setiap kali Anda menjelajah menggunakan search engine, data yang didapatkan akan disimpan dan pada akhirnya menghasilkan indeks situs web yang sangat besar. Tentunya ini akan menciptakan mega database yang dibutuhkan pihak tertentu.

Google sebagai salah satu search engine paling besar di dunia bahkan memiliki daftar indeks mencapai lebih dari 130 triliun. Daftar indeks tersebut akan sangat berguna untuk melakukan analisis konsumen dan apa saja yang sering mereka cari melalui search engine.

Hanya saja tidak semua orang bisa mengakses daftar indeks tersebut. Anda harus mendapatkan izin dari pemilik situs untuk bisa mendapatkannya.

  • Meningkatkan Inovasi untuk Menempati Posisi Atas dalam Pencarian

Dengan keberadaan search engine, para pelaku bisnis akan berlomba-lomba menaikkan trafik kunjungan menuju konten atau situs bisnis mereka.

Guna menaikkan trafik, diperlukan strategi dan taktik bagaimana menarik konsumen agar mau mengklik konten bisnis yang Anda sajikan. Oleh karena itu diperlukan inovasi dan kreativitas tanpa batas yang bisa mengemas bisnis Anda semenarik mungkin.

Di era digital yang semakin berkembang, search engine dianggap sebagai salah satu metode paling penting untuk mempromosikan bisnis melalui jaringan internet.

Apalagi dengan hadirnya Search Engine Optimization (SEO) akan semakin memudahkan Anda berinovasi dalam mengembangkan bisnis dalam dunia digital.

Itulah hal-hal seputar search engine, mulai dari pengenalan search engine, contoh search engine, dan manfaat search engine. Memang benar jika search engine memberikan kemudahan akses data tak terbatas dari seluruh website yang ada di internet.

Namun, hal ini justru menjadikan sebagian orang benar-benar tergantung pada search engine sehingga menjadi lebih pasif. Oleh karena itu, bersikap bijak dalam menggunakan search engine merupakan pilihan terbaik.

Gratis Panduan Facebook Ads, Google Ads, Youtube Ads

Silahkan Anda Jual Kembali dengan harga wajar

Tips Terbaru

Hal-Hal Seputar Pemasaran Digital yang Penting Kamu Ketahui

Pemasaran digital atau digital marketing mungkin sudah bukan istilah baru lagi dalam dunia bisnis mutakhir. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan...

Cara Membuat Iklan yang Menarik Agar Jualan Anda Laris Manis

Cara membuat iklan yang menarik, mungkin inilah yang dicari para pelaku bisnis untuk meningkatkan profitnya. Beriklan memang cara yang sering digunakan para...

Cara Memulai Bisnis Coffee Shop Agar Cepat Sukses

Bisnis Coffee Shop Indonesia merupakan salah satu pengekspor kopi terbesar di dunia saat ini, urutan ke 4 dunia setelah brazil, vietnam dan...

3 Langkah Mudah Mengembangkan Bisnis

Setiap orang yang memiliki bisnis pasti menginginkan bisnisnya dapat berkembang. permasalahannya mengembangkan bisnis itu bukanlah perkara mudah, oleh sebab itu 3 langkah...

Cara Membangun Tim Admin Untuk Bisnis Online

Bisnis Online tidak pernah terlepas dengan yang namanya bagian admin atau tim admin. Oleh sebab itu artikel cara membangun tim admin untuk...
96FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
Hosting Unlimited Indonesia

Postingan Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Whatsapp Aja Bro...