Selasa, November 19, 2019

Cara Membangun Tim Admin Untuk Bisnis Online

- Advertisement - Advertisement

Bisnis Online tidak pernah terlepas dengan yang namanya bagian admin atau tim admin. Oleh sebab itu artikel cara membangun tim admin untuk bisnis online ini wajib kamu ketahui agar bisnis onlinemu berkembang.

Saat pertama kali membangun bisnis online, semuanya bisa saya handel dari mulai posting sampai menjawab pertanyaan dari calon pembeli.

Lambat laun saya dibuat kerepotan oleh itu, pekerjaan makin banyak dan bisnis lambat naik. Saya terjebak dalam rutinitas, oleh sebab itu saya harus memberikan tugas tersebut ke orang lain.

Apa itu Tim Admin Bisnis Online dan Bagaimana Cara Membangun Tim Tersebut

Tim admin adalah sebuah tim yang dilatih untuk bisa mengeksekusi strategi bisnis online yang sudah direncanakan, mereka adalah orang yang menghadle rutinitas dari mulai posting di sosmed, menjawab pertanyaan, sampai dengan follow up dan closing.

Membangun tim admin bisnis online bukanlah pekerjaan yang mudah, anda harus melatih mereka mulai dari edukasi bisnis sampai pada hal-hal teknis, misalkan mengoperasikan aplikasi whatsApp blast.

Namun setelah ini anda membaca artikel ini dapat segera memulai membangun tim admin bisnis online.

Tips Membangun Tim Admin Bisnis Online

Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu praktekan dalam membuat tim admin dalam bisnismu. Silahkan langsung praktekan satu persatu agar tidak kebingungan.

Mulai dari Satu Orang

Tim itu kumpulan dari beberapa orang dengan satu tujuan, namun anda harus memulai terlebih dahulu dengan merekrut satu orang, didik dan latih dia untuk bisa menguasai pekerjaan ini.

Tujuannya agar orang tersebut bisa melakukan hal yang sama pada rekrutan tim terbaru, anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk melatih orang baru lagi, anda tinggal mengontrolnya saja apakah sudah sesuai dengan standar anda.

Membuat Job Deskripsi

Setelah merekrut orang, anda harus membuat job deskripsi yang harus di kerjakan oleh tim admin tersebut, untuk bisnis online biasanya jobnya hanyalah melakukan posting di sosial media, chatting, closing dan follow up.

Buat Komitmen Di Awal

Sekecil apapun bisnis anda, berapapun jumlah tim anda, komitmen adalah hal paling fundamental untuk dibicarakan diawal, sehingga anda tidak kehabisan banyak waktu pada orang yang salah, tidak berkomitmen.

Buatlah SOP Bisnis Online

Bisnis online itu sama persis seperti bisnis konvensional, sehingga butuh juga yang namannya SOP bisnis agar bisnis berjalan sesuai arah yang di inginkan.

Karena ini bisnis online maka yang perlu kamu buat adalah bagaimana agar bisnis kamu sigap dan tanggap alias responsif dalam menangani konsumen.

SOP Posting Di Sosial Media

Kanal bisnis online itu bermacam-macam, paling umum yang digunakan adalah sosial media, buatlah sebuah SOP untuk melakukan promosi di sosial media, mulai dari standar copywriting, waktu posting di sosmed, gambar yang digunakan dan hal lainnya.

SOP Balas Chat

Cara membangun tim admin untuk bisnis online yang paling dasar adalah membuat aturan berapa lama setiap pesan yang masuk akan direspon.

Kuncinya adalah semakin cepat membalas pesan maka semakin tinggi tingkat closing yang dihasilkan.

Standar Kalimat Sapaan

Bisnis online punya bahasa sapaan bisnis sendiri, ini sudah lazim dipakai diantaranya menyapa dengan kata Gan dan Aganwati, Bro n Sist, Om dan Tante, Kakak dan lain sebagainya. pilihlah salah satu dan jadikan pakem sapaan bisnis online kamu.

Gaya Bahasa Bisnis Online

Jika sebelumnya hanyalah kata sapaan, maka ini lebih pada keseluruhan gaya bahasa yang kamu gunakan dalam bisnis kamu, sehingga kamu akan dikenal oleh customer dengan gaya santai, formal atau serius.

Alur Bisnis Yang Jelas

Cara Membuat Tim admin selanjutnya adalah membuat alur bisnis yang jelas mulai dari proses order, transfer, packing sampai pada pengiriman. Selanjutnya pastikan tim kamu paham akan alur bisnis tersebut

Produk Knowladge

Kamu harus memberikan sosialisasi sekaligus buku panduan tentang produk knowlade dari bisnis online yang kamu jual, pastikan ini harus clear di awal, mulai dari benefit, kelebihan dan kekurangan sampai pada produk kompetitor.

Buatlah Script Chat

Selain itu agar cara berkomunikasi bisnis online kamu menjadi lebih maksimal dan terkesan profesional. Maka pastikan tim admin kamu memiliki Script chat yang membuat mereka bisa leluasa dan terarah dalam melayani customer.

F.A.Q

Frequently Asked Questions adalah pertanyaan yang sering sekali ditanyakan oleh customer kamu. buatlah juga jawaban yang lengkap dan mudah dimengerti.

Ini sangat penting karena membuat tim admin bisnis online itu pada dasarnya adalah memudahkan/meringankan load kerja kamu sebagai pemilik bisnis. jangan sampai tim admin kamu menjadi pekerjaan baru buat kamu. menjawab pertanyaan berualang dari mereka.

Follow Up

Sebenarnya tugas utama dari tim admin adalah memastikan untuk mendapatkan closing dari interaksi yang terjadi. Salah satunya adalah dengan melakukan follow up terhadap leads yang masuk agar dirubah menjadi closing.

Dalam melakukan follow up ada dua teknik yang paling umum digunakan,

  • pertama follow up dilakukan secara manual, inbox satu persatu dan japri lewat wa
  • Kedua follow up secara massal dengan menggunakan tools bantu whatsApp blast.

Ingat alasan kamu memiliki tim admin adalah agar bisa meningkatkan penjualan sekaligus pelayanan prima pada bisnis online kamu, jangan sampai hanya salah satu saja yang terpenuhi.

Itulah beberapa cara membangun tim admin untuk bisnis online, silahkan terapkan langkah diatas agar bisnis kamu bisa maksimal. Agar bisnis anda lebih efektif anda bisa menggunakan panduan dari huffpost ini.

Jika bermanfaat jangan lupa share dan subscribe blog ini.

Gratis Panduan Facebook Ads, Google Ads, Youtube Ads

Silahkan Anda Jual Kembali dengan harga wajar

Tips Terbaru

Hal-Hal Seputar Pemasaran Digital yang Penting Kamu Ketahui

Pemasaran digital atau digital marketing mungkin sudah bukan istilah baru lagi dalam dunia bisnis mutakhir. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan...

Cara Membuat Iklan yang Menarik Agar Jualan Anda Laris Manis

Cara membuat iklan yang menarik, mungkin inilah yang dicari para pelaku bisnis untuk meningkatkan profitnya. Beriklan memang cara yang sering digunakan para...

Cara Memulai Bisnis Coffee Shop Agar Cepat Sukses

Bisnis Coffee Shop Indonesia merupakan salah satu pengekspor kopi terbesar di dunia saat ini, urutan ke 4 dunia setelah brazil, vietnam dan...

3 Langkah Mudah Mengembangkan Bisnis

Setiap orang yang memiliki bisnis pasti menginginkan bisnisnya dapat berkembang. permasalahannya mengembangkan bisnis itu bukanlah perkara mudah, oleh sebab itu 3 langkah...

Cara Membangun Tim Admin Untuk Bisnis Online

Bisnis Online tidak pernah terlepas dengan yang namanya bagian admin atau tim admin. Oleh sebab itu artikel cara membangun tim admin untuk...
96FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
Hosting Unlimited Indonesia

Postingan Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Whatsapp Aja Bro...