5 Kendala Dalam Promosi Produk Seorang Internet Marketing

WBSPRO

597.000 1.194.000

Tools Kirim Pesan Whatsapp Massal Paling Populer Di Indonesia

Setelah resign dari kerja saya memilih dunia internet marketing sebagai profesi dan sumber penghasilan saya, saya mulai mencoba menjual berbagai macam produk dan memasarkannya di internel, namun saya menemukan kendala dalam promosi produk.

Sepanjang perjalanan mengenal dunia digital marketing, saya berkesimpulan ada 5 hal utama yang membuat bisnis tidak berkembang dengan strategi internet marketing.

Kendala Dalam Promosi Produk

Namun jika 5 masalah ini dapat diatasi maka anda dapat memperoleh banyak sekali keuntungan dari internet marketing untuk percepatan bisnis anda.

1.Trafik ke Website Yang Buruk

Anda pasti sudah tau jawabannya kenapa orang membangun usahanya di pinggir jalan.

Sama halnya dengan di dunia internet marketing, website bisnis anda membutuhkan trafik pengunjung agar pesan jualan yang anda buat sampai sampai kepada calon konsumen.

Trafik adalah point penting pertama yang anda butuhkan ketika memasarkan produk menggunakan kanal internet.

Untuk mengarakahkan trafik ke dalam bisnis anda maka anda harus memilih kanal jualan yang tepat untuk bisnis anda.

Saat ini sudah sangat banyak kanal bisnis yang bisa anda gunakan untuk promosi produk anda. pemilihan kanal promosi untuk setiap bisnis pun berbeda beda.

Anda harus melakukan split test terhadap setiap kanal promosi bisnis anda, karena setiap bisnis pasti ada kanalnya masing-masing.

Untuk saya sendiri saya menggunakan kanal ini untuk membangun brand bisnis saya.

  • Facebook untuk berinteraksi dengan calon pelanggan
  • Video Marketing sebagai visualisasi produk (DIupload ke yutub dan sosmed)
  • Email Marketing untuk jangkauan personal tanpa mengganggu privasi orang.
  • SEO sebagai organik trafik ke website bisnis
  • Promosi berbayar, biasanya menggunakan FB Ads (Saya belum terlalu faham google ads, semoga ada waktu buat belajar lagi)

2. Rendahnya Kualitas Landing Page atau Website

Website dan landing page adalah jangkar seorang internet marketer, dari sini seorang internet marketing mendapatkan setiap penjualannya.

Sayangnya sebuah kualitas landing page sangat berpengaruh terhadap leads masuk dan penjualan. ini adalah kendala dalam promosi produk di dunia digital.

Mengapa landing page anda tidak berkualitas?

Menurut pengalaman saya, ketika belum banyak yang saya ketahui mengenai landing page. ada tiga hal utama yang mempengaruhi buruknya kualitas dari landing page.

Design Landing Page Tidak Ramah Pengguna

Ini adalah kesan pertama seorang calon pelanggan sebelum membeli produk yang kita buat.

Dalam dunia internet marketing nyaris kita tidak punya interaksi awal yaitu saling sapa. calon pelanggan anda akan memutuskan sendiri apakah lanjut membaca copywriting anda atau keluar menuju website kompetitor.

Design landing page yang bagus biasanya memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dibandingkan dengan landing page minim kreasi. selain itu pastikan landing page atau website anda sudah mobile dan user friendly.

Struktur Landing Page atau Website Yang Bagus

Struktur landing page dan website juga dapat mempengaruhi konversi penjualan anda. ini berkaitan erat dengan user friendly.

Calon customer anda harus tau setiap arahan atau perintah yang anda berikan, semuanya jelas tanpa bertanya terlebih dahulu kepada anda.

Struktur itu misalanya mulai dari kata sambutan, pengantar produk, problem and solve, Call to Action, FAQ dan tombol chat support.

Market indonesia bukanlah masih banyak yang malas baca, masih banyak yang belum tau dan masih banyak lainnya. struktur landing page yang bagus akan sangat membantu mereka.

Kecepatan Landing Page

Biasanya jika anda seorang internet marketer yang bermain dalam dunia penjualan affiliasi produk digital maka anda akan dibatasi oleh waktu. karena ada batasan atau sales kontes.

Oleh sebab itu seorang internet marketer tidak memiliki waktu untuk mengoptimasi landing pagenya menggunakan SEO.

Biasanya saya pribadi menggunakan facebook duntuk edukasi market sekaligus interaksi, email marketing dan iklan berbayar (biasanya FB ADS)

Ini adalah cara cepat untuk siasat waktu yang terbatas dalam setiap kontes affiliate, bayangkan jika landing page anda kecepatannya buruk. buffering, market anda akan menekan tombol back.

Menurut GTMatrix kecepatan website harus dibawah dari lima detik, jika tidak anda seperti tidak mengizinkan calon pelanggan anda masuk ke dalam produk anda.

Artinya loading lambat sama dengan buang waktu, buang tenaga dan pastinya buang uang karena menggunakan iklan berbayar.

3. Rendahnya Konversi dari Leads Yang Masuk

Tidak banyak yang bisa saya bahas disini, anda semua pasti sudah paham dan mencari cara untuk ini.

Rumus sederhananya seperti ini

Traffic = Leads = Konversi = Uang Masuk


Jadi semakin banyak traffik maka semakin banyak leads masuk, semakin banyak leads masuk maka kemungkinan konversi ke penjualan ada, artinya uang akan segera masuk ke dalam kulkas anda.

Sayangnya untuk memahami hal ini sangat sulit untuk anda jika baru pertama kali terjun ke dunia internet marketing seperti saya dulu.

Bersabarlah, bisnis menggunakan internet itu pasti membutuhkan waktu, setiap hari adalah belajar, internet sering update, ilmu jualan terus berkembang, tools pembantu juga semakin gila canggihnya.

Andai saya dulu tidak sabaran dan menyerah di 3 bulan pertama mungkin saya akan kembali ke kantor lagi, mencari kerja dan dikerjain.

4. Funel Iklan Yang Tidak Bagus

Ini poin spesial, iklan yang saya maksudkan adalah iklan berbayar, untuk saat ini paling banyak digunkan adalah Google Ads dan Facebook Ads.

saya menggunakan FB ads karena blm banyak tau tentang Google ads saat artikel ini di tulis.

Apapun nantinya yang anda iklankan, baik berupa menjual produk barang ataupun produk digital pastikan anda memiliki sales panel untuk setiap kampanye yang anda kerjakan.

Tapi bagaimankah sales panel yang bagus tersebut?

Nah biasanya anda akan membuat sales funel seperti ini, yaitu Awareness, Interaksi, Desire dan Action.

Hal diatas tidak salah, itu termaksud dalam sales funel tradisional, jika anda mau mencoba yang terbaharukan maka anda harus menggunakan sales funel seperti ini.

  • Organik Search
  • Rekan Affiliate
  • Riset dan SDM
  • Komunitas Online
  • Sosial Media
  • Testimoni atau Review pihak ketiga
  • Analisa kompetitor
  • Terakhir baru tombol CTA (Call to Action)

Lain waktu insya allah akan saya jelaskan lebih detail lagi, namun anda sebenarnya sudah bisa menerka sendiri maksud saya. poin diatas saya tulis berurutan.

Jadi apapun nantinya yang anda jual anda harus memastikan sales funel lengkap seperti yang diatas.

Setidaknya anda sudah mengetahui bahwa funel iklan yang tidak bagus adalah kendala promosi produk anda.

Tapi lakukan sales funel lengkap diatas jika produk yang anda jual adalah produk anda sendiri, bukan affiliate. karena terlalu detail.

Namun jika anda seorang yang bisa cepat mengaplikasikan maka ini tentunya bagus. paham kan maksud saya?

5. Copywriting Yang Tidak Bagus

Kendala dalam promosi produk bagian terakhir.

Jika ini adalah bulan pertama anda terjun menjadi seorang internet marketing, maka ada 2 kata yang harus anda cari, pahami, praktekkan.

Dua kata tersebut adalah Copy dan Writing.

Copy adalah text yang biasa disusun atau dirangkai kalimatnya dalam memberikan informasi produk dengan tujuan mendapatkan jualan.

Writing adalah suatu proses dalam menulis copy, orangnya disebut sebagai copywriter.

Silahkan definisikan sendiri apa itu copywriting karena saya tidak ingin membatasi pemahaman anda mengenai hal ini.

Yang pastinya adalah jika copywring anda bagus maka anda akan dengan mudah menggoda calon pembeli untuk segera membeli produk anda, tanpa tapi dan tanpa tunda.

Saya tidak akan membahas mengenai hal ini, namun saya coba menyederhanakan apa yang harus anda lakukakan untuk bisa mahir copywriting.

  • Pahami dulu mindet copywriting itu sendiri
  • Nah Fahami itu AIDA (seperti saya tulis diatas)
  • Cara penerapan copywriting di Landing Page.

Sekian dulu dari saya, mengenai kendala promosi produk seorang internet marketing. silahkan kontak saya melalui kolom komentar, jika tulisannya bermanfaat maka bisa di share.

Irfan Juniyanto saleh

Seorang yang tertarik dengan Digital Marketing & Bisnis Online, berbagi pengalaman menjadi passion saya, karena hidup musti bermanfaat.

Tinggalkan komentar