Cara Menciptakan Postingan Instagram Yang Menjual

Belajar Bisnis Online & Digital Marketing Bareng Saya

Sharing ini khusus untuk Anda yang benar-benar pemula, yang merasa sudah jago mending jangan masuk (NO DEBATE)

Tidak bisa diragukan lagi jika sosial media sering mempunyai peran penting dalam dunia perbisnisan. Kehadiran berbagai jenis sosial media membuat apapun bisnis daring dapat dilakukan dengan mudah, terlebih dalam membesarkan bisnis tersebut.

Tidak terkecuali dengan Instagram, sosial media yang menduduki peringkat pertama yang sering dibuka oleh pengguna perangkat ponsel pintar.

Melihat jumlah pengguna Instagram jelas saja Anda bisa menentukan bagaimana cara menciptakan postingan Instagram yang menjual.

Kehadiran berbagai jenis sosial media membuat apapun bisnis daring dapat dilakukan dengan mudah, terlebih dalam membesarkan bisnis tersebut.

Tidak terkecuali dengan Instagram, sosial media yang menduduki peringkat pertama yang sering dibuka oleh pengguna perangkat ponsel pintar.

Melihat jumlah pengguna Instagram jelas saja Anda bisa menentukan bagaimana cara menciptakan postingan Instagram yang menjual.

Instagram Kanal Penjualan Bisnis Online

Hampir 700-juta per bulan pengguna membuka Instargam untuk berbagai kegiatan, mulai dari mencari refrensi foto maupun video, posting, hingga berbisnis.

Angka 700-juta tersebut bisa saja bertambah mengingat per harinya 400-juta orang mengakses Instagram. Konten yang disediakan oleh Instagram memberikan banyak peluang untuk pelaku bisnis agar mereka bisa menyematkan jualan mereka di Instagram

Mengenai algoritma penggunaan Instagram memudahkan para pengguna dalam menampilkan posting-an di urutan teratas (pertama). Muncul peluang dari para pengikut maupun pengguna Instagram lain terhadap ketertarikan konten yang Anda posting.

Dengan kata lain, foto maupun video dengan jumlah penyuka (like) serta jumlah komentar memberikan kesempatan lebih besar untuk membuat postingan berada di urutan paling atas.

10 Tips Cara Menciptakan Postingan Instagram yang Menjual

Lantas, cara menciptakan postingan Instagram yang menjual, menarik, dan viral, itu bagaimana? Penjelasan di bawah akan memberikan tips terbaik

Memastikan Konten Terbaik Agar Menggugah Minat Pembaca

Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan Instagram sebagai media promosi produk bisnis, maka konten teks bisa menunjukkan identitas produk tersebut. Orang pun tidak hanya tahu mengenai produk yang Anda jual-belikan, melainkan dapat menghibur pengguna Instagram.

Perlu Anda ingat bahwa Instagram memberikan batasan berapa banyak teks yang bisa Anda tuliskan sebagai caption. Oleh karena itu, Anda harus paham betul psikologi seorang pembaca, bahwa makin banyak caption bisa memengaruhi minat baca.

Caption Sejumlah 200 Kata

Walaupun adanya batasan, bukan berarti caption yang Anda tuliskan di Instagram berbentuk esai. Atau di setiap teks caption terlalu banyak hastag yang jelas mengganggu pemandangan. 

Agar menggugah selera para pengikut (follower) Instagram, maka Anda harus membuat caption sederhana, padat, dan mudah dipahami.

Mengenali Audiens Anda

Bisnis daring memang menjanjikan belakangan ini. Hadirnya Instagram pun dinilai cukup membantu dalam memasarkan produk.

Nah, selama memperjual-belikan produk melalui jejaring media sosial, seperti Instagram, maka Anda harus memperhatikan siapa target pasar yang dituju.

Anda harus tahu lokasi target pasar tersebut, usia, dan ketertarikan.

Misalnya Anda menjual perlengkapan pendakian. Pastinya Anda menargetkan pasar pendaki gunung dengan rentan usia bervariasi.

Nah, konten yang Anda buat di Instagram pun harus menyesuaikan dengan target pasar. Anda bisa menggandeng komunitas pecinta alam untuk memasarkan produk maupun membuat sebuah konten foto dan video yang menarik.

Mengidentifikasi Merek

Sesudah mengetahui pelanggan atau target pasar, Anda pun diminta untuk mengetahui produk yang diperjual-belikan. Merek yang Anda jual setidaknya sudah dikuasai, seperti kegunaan hingga spesifikasi sehingga memudahkan Anda membuat konten foto maupun video yang menarik.

Seperti pada poin sebelumnya, bahwa Anda harus menyesuaikan merek produk terhadap target pasar sehingga bisa menentukan pembuatan konten maupun gaya bahasa. Misalnya Anda menyasar kaum-kaum muda, maka harus diselipksn dengan humor di caption.

Mempertimbangkan Panjang Pendek Postingan

Tentunya Anda ingin memperlihatkan semua informasi produk melalui posting-an Instagram. Sebenarnya dipersilakan, namun jangan membuat para pengikut merasa terganggu karena caption yang Anda tuliskan terlalu panjang.

Tidak peduli minat baca masyarakat Indonesia yang rendah, di dunia pemasaran digital sebaiknya para pembisnis paham betul berapa panjang tulisan. Panjang-pendek sebuah tulisan caption berpengaruh terhadap minat pasar untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Selain itu, Anda bisa membuat jadwal postingan berisikan informasi berkenaan dengan produk, detail, hingga promo produk agar postingan Instagram lebih mudah diapresiasi oleh pengikut.

Dan jangan lupa bahwa Anda tidak hanya memanfaatkan satu postingan saja, karena bisa memaksimalkan pemasaran melalui feed Instagram.

Lebih menarik apabila Anda menuliskan cerita di balik konten yang di-posting daripada hanya menuliskan detail produk yang membuat konsumen malas untuk membaca.

Menggunakan Hastag

Tentu Anda sudah paham jika batas penggunaan hastag di satu posting-an sejumlah 30 hastag saja. Dalam penggunaan hastag yang Anda aplikasikan ke posting-an produk bisnis bisa meningkatkan engagement daripada tidak menggunakan.

Peningkatan hingga 12,6% menjadi bukti bahwa hastag memiliki peran penting dalam memasarkan produk yang relevan dengan target pasar.

Apabila tidak ingin mengganggu caption yang telah dibuat, Anda bisa menggunakan hastag dengan tips seperti ini:

  • Pisahkan hastag dengan caption.
  • Jangan sampai membuat caption dengan keseluruhan teks adalah hastag. Hal tersebut membuat orang yang melihatnya merasa jika hal yang dilakukan terlalu memaksa.
  • Anda bisa membuat hastag tidak hanya di caption saja, melainkan bisa di kolom komentar.

Rutin Membuat Jadwal Postingan Instagram Agar Tertata Lebih Rapi

Apabila Anda ingin memposting konten ke instagram, maka Anda harus membuat posting-an berdasarkan jadwal.

Baca Juga : Waktu Yang Terbaik Untuk Posting Instagram

Langkah ini dimaksudkan agar Anda tidak perlu sibuk mengerjakan satu kegiatan yang sama. Dan sisa waktu masih bisa Anda gunakan untuk kegiatan yang kiranya lebih penting ketimbang mem-posting konten di Instagram.

Untuk itu, sebagai seorang pebisnis Anda harus memperhatikan jadwal posting-an agar desain pada Instagram bisnis Anda lebih rapi dan para pengikut pun tidak merasa terganggu.

Awal Caption Harus Tertulis Kata Penting Dahulu

Selama Anda mem-posting konten dengan caption yang lumayan panjang, kami sarankan agar satu kalimat berisikan maksud dari konten ditulis lebih dahulu.

Cara ini dimaksudkan agar para pengikut yang menyaksikan konten posting-an bisa menebak mengenai maksud posting-an dengan caption yang Anda buat. Dengan begitu para audiens tidak merasa membuang waktu hanya untuk membaca satu posting-an saja.

Sesekali Ajukan Pertanyaan Melalui Posting-an

Sebagai seorang pebisnis yang terjun di bidang digital maka Anda tidak selamanya didengar.

Ada kalanya Anda melempar pertanyaan kepada audiens agar bisa melibatkan mereka berinteraksi dengan Anda. Pertanyaan bisa Anda gunakan pada judul maupun isi caption.

Dan ingat, buatlah pertanyaan sederhana yang memerlukan jawaban “iya” dan “tidak” saja.

Edit Caption

Dalam membuat caption untuk produk yang ingin di-posting tentu Anda memerlukan draft terlebih dahulu. Draft hanyalah alat bantu selama Anda akan menulis caption. Kalaupun terjadi perubahan, hal tersebut sangat wajar dan tidak perlu dirisaukan.

10 tips di atas merupakan cara menciptakan postingan Instagram yang menjual. dan membuat pengikut mudah terpikat. Namun, postingan yang menjual pun bisa disesuaikan dengan seberapa bagus konten yang Anda posting (foto/video).

Anda harus paham betul bahwa Instagram adalah media sosial dengan menitikberatkan pada visual. Jadi, sebelum mem-posting konten, persiapkan foto/video berkualitas.

 Advertisement

Irfan Juniyanto saleh

Seorang yang tertarik dengan Digital Marketing & Bisnis Online, berbagi pengalaman menjadi passion saya, karena hidup musti bermanfaat.

Tinggalkan komentar