Advertisement

Cara Menambah Subscribe Youtube 2020 Ala Internet Marketing

Bantu Share Gan...

Saat ini tidak cukup hanya sekedar memberikan perintah subscribe, like dan komen untuk mendapatkan subsribe di Youtube, Butuh metode baru cara menambah subscribe youtube yang lebih efektif.

 Advertisement

Bagi seorang internet marketing subscribe youtube sangat berarti dan tidak boleh asal-asalan, butuh subscriber yang tertarget, sehingga menetisasi youtube bisa lebih maksimal.

Jika anda seorang internet marketing dan sedang membangun channel youtube untuk bisnis, panduan ini bisa anda gunakan.

Beberapa Cara Youtuber Yang Sulit Di Lakukan Oleh Internet Marketing

Pada konteksnya youtuber dan digital marketer itu berbeda, youtuber lebih fokus ke youtube saja sementara internet marketing harus mengoptimasi banyak kanal, seperti website, landing page dan sosial media.

Selain itu dari segi monetize juga rata-rata youtuber mengandalkan adsense sedangkan internet marketing melakukan monetize selain adsense.

Fakta lain jumlah subscriber seorang youtuber jauh lebih banyak ketimbang seorang internet marketing, karena subscribe random.

Sehingga hal-hal berikut ini akan sulit dilakukan oleh seorang internet marketing

Selalu Update Video

Semakin rutin upload video maka semakin banyak kemungkinan untuk mendapatkan subscriber.

Meskipun ini masih perdebatan dikalangan youtuber, tapi rata mereka banyak melakukannya karena memang fokusnya hanya membangun channel youtube saja.

Seorang internet marketing akan sulit untuk rutin mengupload konten, karena banyak hal yang harus di optimasi juga selain channel youtube.

Ikut Trending Youtube

Internet marketing akan kesulitan untuk mengikuti trending youtube, karena memang konten yang dibuat sudah tersegmentasi, sesuai dengan masing-masing.

Sementara youtuber bebas membahas apa saja, termaksud sangat mudah dalam membuat konten video kekinian yang berpotensi viral.

Lalu bagaimana cara meningkatkan subscribe di Youtube????

Buat Konten Dengan Durasi Yang Panjang

Video Panjang Youtube

Tidak perlu untuk membuat konten setiap hari, namun setiap membuat video sebaiknya durasinya panjang.

Coba anda perhatikan beberapa internet marketing Indonesia bahkan luar negeri selalu mengupload video panjang pada channel youtubenya.

Video panjang akan memudahkan anda untuk membahas banyak hal.

Dari sisi algoritma youtube konten anda akan mendapatkan 4 hal ini

  • Memiliki Jumlah tayang dan durasi nonton yang banyak
  • Mampu untuk merengking banyak kata kunci pada pencarian youtube
  • Video akan lebih banyak disarankan oleh youtube
  • Mendapatkan interaksi yang tinggi baik like dan komen

Empat hal di atas mampu menambah jumlah subscribe channel youtube anda, jadi lakukan sekarang.

Bermain Pada Kualitas Konten Bukan Kuantitas

quanitiy vs quality video
source: mineimatorforums.com

Berapa video yang harus di upload setiap minggu atau bulan??? jangan fokus ke hal tersebut, ingat internet marketing pada konteksnya bukanlah seorang youtuber.

Tapi yang perlu menjadi fokus adalah pada konten yang berkualitas alias video yang anda upload adalah yang memiliki bobot pada isinya sekaligus kualitas gambar videonya.

Saat ini membuat video menarik tidak butuh keahlian khusus, sudah disediakan templatenya bahkan anda bisa membuat video hanya dengan menggunakan power poin.

Anda bisa menggunakan youtuberid untuk design video atau animatoon jika senang dengan konten video animasi.

Optimasi Channel Youtube Anda

anatomy youtube channel

Kebanyakan orang ketika mendengarkan kata optimasi selalu akan di hubungkan ke SEO (search engine optimization) dan akan fokus ke jumlah pencarian kata kunci.

Padahal itu kurang tepat, algoritma youtube sangat jauh berbeda dengan algoritma google search untuk anda yang sering mengoptimasi website/blog.

Anda harus mengoptimasi badan youtube itu sendiri. Setidaknya anda harus paham anatomi dari cara optimasi channel youtube anda.

  • Buat cover Channel Youtube Profesional

Cover channel youtube anda adalah wajah dari isi konten youtube anda seutuhnya, jika kurang menarik orang akan mengira bahwa isinya pun kurang lebih sama.

Kali ini anda tidak perlu sepakat dengan pepatah don’t judge a book by its cover.

Buatlah design cover youtube yang menarik sekaligus memikat.

  • Buat Opener video terlebih dahulu

Coba anda perhatikan para youtuber juga internet marketer yang mengoptimasi youtubenya dengan baik, selalu ada opener yang membuat orang penasaran.

Jika anda bingung apa itu opener video, coba perhatikan trailer film? penasaran bukan? itu rahasia para sineas menjaring banyak penonton.

  • Konten Video Anda

Anatomi youtube selanjuntya adalah video anda, sekali lagi upload video yang berkualitas baik dari segi gambar maupun konteks seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

  • Related Video

Setelah upload video pada youtube studio anda akan disarankan untuk mengisi related video di akhir video anda, para creator youtube menyebutnya end screen.

Pada end screen ini anda bisa menambahkan tombol subscribe, link website atau video, nah saran saya gunakan saja video.

Mengupload video pada end screen bisa menambah jumlah view dan subscribe, trust me.

  • Maksimalkan Playlist Yang sudah disediakan

Anatomi terakhir adalah playlist, kumpulan dari video yang sudah anda posting, ini harus perlu di optimasi juga terutama pada thumbnail dan judul yang menarik.

Oh ya, saran saya untuk mengupload video secara runut jika anda memiliki bahasan yang saling terkait antara video.

Khasiat dari playlist hampir sama efeknya seperti pada optimasi end screen diatas.

Gunakan Semua Resource Anda

Kunci terakhir tentang cara menambah subsribe youtube 2020 ala internet marketing adalah memaksimalkan semua sumber yang anda punya.

Seperti yang saya katakan di awal-awal pembahasan, bahwa seorang internet marketing itu banyak mengoptimasi banyak hal. Semuanya dijadikan sumber database.

Selain itu, anda dituntut untuk mendapatkan subscribe youtube yang tertarget.

Maka ekarang saatnya untuk memanggil semua sumber untuk mendatangkan subscribe tertarget pada channel youtube anda.

#1 Gunakan Database WhatsApp

Database nomor whatsapp paling mudah untuk di optimasi, karena saat ini video youtube bisa langsung di play di dalam aplikasi whatsapp tanpa perlu meniggalkan whatsapp.

Selain itu adanya group whatsapp akan memudahkan anda untuk mencetak efek viral pada konten anda.

Anda juga bisa mengirim pesan secara massal ke database pelanggan anda, anda bisa melakukannya hanya dengan menggunakan aplikasi whatsapp blast ini.

2# Database Subscribe Email Anda

Seorang internet marketing sangat mengandalkan database email, ini lebih dikenal dengan teknik email marketing, silahkan lakukan blast konten youtube yang baru anda upload.

3# Group dan Channel Telegram

Internet marketer indonesia rata-rata membangun juga group diskusi dan channel youtube untuk sharing knowlade.

Nah kali ini anda buat sharing knowladgenya dalam bentuk video yang sudah di upload ke youtube dan sebarkan linknya disana.

4# Embed Video Pada Postingan Blog

Seorang internet marketing dipastikan pasti memiliki blog yang di optimasi, nah coba buka google analytic dan cari postingan populer pada blog anda.

Buatlah konten youtube untuk setiap postingan yang memiliki banyak traffic dan silahkan embed konten youtube anda pada halaman postingan terbsebut.

Silahkan liat perkembangannya, sebagian orang terkadang malas membaca, jadi konten video anda akan sangat membantu.

Anda pasti akan mendapatkan banyak view sekaligus subscribe yang meningkat pesat.

5# Push Dengan Social Media

Twitter dan Facebook kanal paling asik untuk push konten youtube anda, meskipun ini cara menambah subscribe youtube yang tergolong swing subscribe (subscribe yang sulit di kontrol) namun ini bisa menambah daya ledak konten anda.

Bagaimana dengan social media instagram sebagai media untuk menambah subscribe channel youtube???

Saya belum mencobanya, karena instagram link saya hanya di isin dengan website/landingpage, silahkan coba anda lakukan dulu atau buat anda yang punya pengalaman boleh share disini.

Itulah cara menambah subscribe youtube di tahun 2020 yang bisa anda gunakan di tengah sulitnya mencari subscribe di zaman sekarang.

 Advertisement
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6289510637291

Tinggalkan komentar