Cara Monetisasi Youtube Tanpa 1000 Subscribe Tanpa 4000 Jam Tonton

 Advertisement

Youtube saat ini bukan hanya sebagai kanal sosial media berbasis video terbesar saja, melainkan bisa menghasilkan uang dengan cara monetisasi youtube channel anda.

Sayangnya banyak orang yang taunya memonetisasi akun youtube hanya dari google adsense saja. Padahal jika anda tau hal ini, akun youtube anda bisa lebih banyak incomenya ketimbang menggunakan adsense.

Saya gak berbicara tentang youtuber berpenghasilan ratusan juta disini, tapi saya berbicara dengan anda.

  • Anda yang baru mau jadi youtuber dan berharap semuanya mudah
  • Anda yang sudah susah payah membuat konten youtube namun belum bisa di monetasi.
  • Dan anda yang ingin berpenghasilan dari youtube namun tak kunjung menghasilkan.

Biar saya jelaskan dulu sekilas tentang youtube adsense, sehingga anda lebih semangat lagi menggarap monetisasi youtube selain dari adsense.

Fakta Pahit Tentang Cara Monetisasi Youtube Channel dari Adsense

Biar anda gak kagetan dan menyerah setelah berlelah-lelah menjadi youtuber namun tidak kunjung gajian atau penghasilannya tidak sesuai harapan, maka saya katakan ini diawal.

Syarat 1000 Subscribers & 4000 jam

 Advertisement

Youtube mengeluarkan kebijakan monetisasi terbaru, akun youtube anda harus memiliki 1000 subscribers dan 4000 jam tayang dalam waktu setahun terakhir, agar bisa di monetisasi. bisa baca selengkapnya di kebijakan youtube 2020.

 Advertisement

Penghasilan Bukan Berdasarkan Banyaknya View

Anda anda berhasil memenuhi syarat menetisasi diatas, fakta selanjutnya yang paling pahit bahwa meskipun jumlah view anda banyak belum tentu penghasilan anda banyak.

Anda akan mendapatkan penghasilan jika penonton menonton habis iklan pendek atau setidaknya 30 detik untuk iklan panjang, intinya penonton channel youtube anda tidak skip iklan yang tayang pada video anda.

Niche Channel Youtube Berpengaruh Pada Besar Kecilnya Penghasilan

Anda harus paham bahwa pengiklan yang membayar google itu semuanya adalah pebisnis, mereka pasti berusaha agar bisa menghasilkan lebih banyak penjualan dari uang yang mereka bayarkan ke google.

Jadi jika niche youtube anda tidak berhubungan dengan brand-brand yang sering beriklan di youtube, kemungkinan besar channel youtube anda tidak banyak menampilkan iklan.

Iklan yang tayang sedikit artinya penghasilan juga sedikit.

Channel Baru Akun Sulit Menghasilkan Uang

Jika anda baru terjun menjadi youtuber anda butuh sekian purnama agar bisa menjadi sebuah channel yang besar dengan ratusan ribu bahkan jutaan subsribers.

Anda pasti berhenti di tengah jalan, terlebih motif anda adalah mencari uang di youtube bukan karena passion.

Memonetisasi akun youtube dengan adsense memang cara termudah untuk menghasilkan uang, namun harus menunggu channel anda menjadi besar, populer dengan banyak subsriber dan itu tidak mudah.

Saya bukan berniat untuk memutuskan semangat anda mencari uang dari youtube, bahkan saya akan membongkar rahasianya, bagaimana akun-akun youtube baru berhasil create money tanpa adsense.

Silahkan lanjutkan sampai selesai dan semoga anda bisa paham cara monetisasi youtube tanpa 1000 subscriber tanpa 4000 jam tayang tanpa perlu banyak viewers.

Enak to???

Cara Monetisasi Youtube Selain Google Adsense

Pilih saja salah satu cara menetisasi youtube selain google adsense dibawah ini, ingat jangan ambil semuanya. Fokus di satu dulu sampai menghasilkan baru bisa coba yang lain. Hukumnya wajib nih.

1. Monetisasi dengan Link Affiliate

cara affiliate di youtube

Afiliasi merupakan cara termudah yang sering digunakan oleh para digital marketing untuk memonetisasi akun youtube mereka.

Ini adalah cara paling cepat dan tanpa ribet, karena hanya cukup melampirkan link afiliasi saja pada kolom deskripsi dan ketika ada orang yang klik dan membeli dari link tersebut maka anda langsung mendapatkan komisi dari vendor.

Keuntungan Menjadi Affiliate Youtuber

  • Tidak Butuh Banyak Views untuk menghasilkan uang dari youtube

Jika viewer pertama langsung membeli, anda langsung mendapatkan komisi, jadi tidak butuh ribuan penonton.

  • Komisi Affiliate Sangat Tinggi

Di Indonesia untuk produk digital rata-rata berada di angka 100rb-200rb per sales, untuk produk fisik di marketplace lokal rata-rata 3%-15%. Sangat tinggi jika harus menunggu dari adsense.

  • Semua Orang Bisa Melakukannya

Cukup menaruh link di deskripsi beres, tidak perlu subsribers ribuan apalagi jam tayang, create and post, beres.

Saya sendiri menggunakan link affiliate untuk memonetasi channel youtube saya, karena saya sadar saya bukan seorang konten creator yang bisa membuat video youtube yang menarik.

Pertanyaannya bagaimana cara menjadi affiliate???

  • Tentukan niche youtube

Usahakan untuk membuat channel youtube yang fokus terhadap satu niche saja, sehingga bisa lebih mudah mendapatkan pembeli.

  • Pilih Produk

Selanjutnya pilih produk apa yang ingin anda referensikan pada channel youtube anda. Apakah produk fisik atau produk digital

  • Daftar menjadi affiliate

Setelah itu cari vendor yang membuka kerja sama afiliasi, biasanya untuk produk fisik itu bisa monetasi dengan link afiliasi dari marketplace seperti

  1. Lazada
  2. Tokopedia
  3. Bukalapak
  4. Shopee

Untuk produk digital anda bisa membaca referensi program afiliasi terbaik ini.

  • Mulai review produk tersebut

Jika semuanya beres anda tinggal membuat konten yang berhubungan dengan produk tersebut, misalnya konten review, tutorial dan tips.

2. Jualan Produk

jualan produk di youtube
Cristina Lee/Founder 101Red

Cara simpel kedua yang sering dilakukan oleh para youtuber adalah menjual produk pada channelnya, entah itu berupa produk digital maupun produk fisik.

Anda bisa memulai dengan cara menjadi dropshiper di shopee atau marketplace lainnya, jadi tidak perlu untuk menunggu modal banyak untuk mengeksekusi ini.

Atau jika anda memiliki produk sendiri misalnya kerajinan tangan atau produk herbal yang anda racik sendiri. Youtube bisa menjadi sumber traffic terbaik untuk bisnis anda.

Apa saja yang perlu anda siapkan…

  • Buat toko di marketplace

Marketplace akan mempermudah calon pelanggan anda untuk bertransaksi atau membuat toko online sendiri.

  • Sediakan Gudang

Jika anda menjual produk sendiri dengan sistem stok barang, maka anda pasti membutuhkan tempat untuk menampung stok anda.

  • Sediakan Aplikasi Keuangan

Ini sangat penting untuk anda yang berjualan produk fisik, aplikasi keuangan seperti Detapos akan memudahkan anda untuk menghitung skala bisnis dan merapikan manajemen stok anda.

Apa yang harus dilakukan setelahnya???

  • Sediakan Produk Yang Ingin Di Jual

Anda harus menghadirkan fisik barang tersebut untuk anda jelaskan kepada penonton channel anda.

  • Buat Konten Review

Selanjutnya anda tinggal membuat konten review yang berhubungan dengan product knowladge seperti, kelebihan dan kekurangan serta manfaatnya.

Paling penting adalah penonton channel anda punya alasan kuat untuk membeli ke anda dan bukan ke orang lain.

3. Payout Dari Sponsorship

youtube sponsorship
Agung Hapsah/Youtuber

Cara monetisasi youtube selain google adsense yaitu dengan mendapatkan sponsorship pada channel anda.

Banyak sekali youtuber yang mendapatkan banyak uang juga mendapatkan banyak produk gratis dari brand-brand yang mereka ulas.

Ini hampir sama seperti sistem endorsment.

Tapi, ini butuh spesifikasi khusus dan upaya khusus, karena setiap brand yang ingin bekerja sama pasti memperhitungkan siapa subscribers anda dan audiens anda lainnya.

Upayanya seperti ini.

  • Fansbase Subscriber

Andah harus membuat channel youtube dengan subscriber yang tertarget, subscribers anda calon pelanggan anda.

  • Cari Bisnis Yang Sesuai Dengan Niche Youtube Anda

Ini sangat penting di setting di awal saat membangun channel youtube.

Misalkan teman saya berhasil mendapatkan sponsorship dari penyedia domain dan hosting karena channelnya membahas website dan bisnis online. Ini sudah direncanakan sejak awal

  • Informasikan bahwa channel anda menerima sponsorship

Poin penting selanjutnya adalah memberikan keterangan pada kolom deskripsi yang mengatakan bahwa akun anda terbuka untuk mereka yang siap menjadi sponsor.

Berikan nomor telepon dan email yang mudah di hubungi, selain itu anda pun perlu menjelaskan sedikit tentang aturan sponsorship di channel anda.

  • Jangan menerima sponsorship diluar dari niche bisnis anda

Kebanyakan para pemula akan tergiur dengan banyaknya tawaran sponsorship padahal diluar nichenya, lambat laun para subsribers anda akan meninggalkan anda, karena terlihat terlalu komersil.

  • Belajar Menentukan Harga

Anda tau berapa harga yang harus dibayarkan untuk sponsorship di channel anda?

Jika ini baru pertama kali, maka anda harus banyak mencari referensi tentang sponsorship di youtube.

Sehingga harga anda tidak kemahalan dan mengurangi deal bisnis atau kemurahan yang merugikan anda dan menguntungkan pihak sponsor. Disini harus win win solution.

4. Jual Kursus

Anda berani membuat channel youtube artinya anda memiliki skill tertentu yang ingin anda bagikan. Saya percaya itu.

Nah anda bisa memonetisasi dengan cara mengupload preview materi dan menjual kursus jika ada yang terlanjur penasaran.

Saya tidak bermain disini, tapi jika anda tertarik, ini informasi biar anda lebih semangat menggarapnya.

  • Orang nonton youtube itu pasti sedang mencari informasi selengkap-lengkapnya, mereka senang belajar dan ini peluang
  • Kursus bisa menjadi passive income anda, anda hanya membuatnya sekali dan jual berkali-kali melalui channel youtube anda.
  • Kursus juga akan membuat akun youtube anda berkembang lebih pesat lagi, karena anda di anggap orang yang ahli d bidang itu

Lalu bagaimana cara melakukannya???

  • Pilih model kursus yangseperti apa

Apakah dalam bentuk video, panduan online, live chat atau berbentuk tulisan, di Indonesia kebanyakan menggunakan video.

  • Buat Website kursus online

Anda harus membuat website kursus online yang nantinya di tempelkan pada kolom deskripsi.

Cukup gunakan sistem membership ini dan semua jadi lebih mudah.

5. Jual Jasa

jual jasa di youtube

Hampir mirip dengan menjual produk atau menjual kursus, hanya saja ini dalam bentuk transaksi jasa.

Jadi anda menjual skill kepeda mereka yang membutuhkan skill anda, misalkan dengan jasa membuat konten animasi, pembuatan website, gambar bangunan, sketsa wajah dan lain sebagainnya.

Sampai disini anda saya yakin sudah paham apa yang harus dilakukan pada channel youtube anda.

Setidaknya para penonton channel youtube anda tau ini

  • Sebarapa hebat pengetahuan anda

Orderan itu akan datang jauh lebih banyak kepada orang yang di anggap pakar ketimbang orang yang hanya sekedar tau/bisa saja, itu rumusnya.

  • Seberapa bagus karya anda

Selanjutnya, penonton channel youtube anda harus melihat masterpiece yang anda buat.

  • Portfolio anda

Selanjutnya mereka akan mencari informasi tentang sudah berapa banyak client yang anda garap, bagaimana modelnya dan apa kata client anda tentang website mereka.

Jadi anda harus mampu mengemas semua hal diatas dalam setiap konten youtube yang anda terbitkan, selanjutnya tinggal menunggu orderan masuk.

6. Jadi Pembicara

youtuber jadi pembicara workshop

Ketika anda menjadi youtuber dan memilih bahasan niche spesifik, maka anda pun akan terkenal dengan hal itu, siap-siap menjadi publik figur, yah meskipun gak populer amat.

Setidaknya penonton dan subscriber anda akan tau bahwa andalah orang yang tepat untuk membicarakan hal itu.

Saya sendiri, dulu diawal menjadi blogger (Vlogger), susah sekali untuk payout, namun karena di anggap ahli oleh mereka maka saya di undang oleh sebuah organisasi untuk ngasih workshop selama 3 hari dan amplopnya lumayan.

Selain itu dengan menjadi youtuber anda pun bisa di ajak colabs oleh youtuber lain, sehingga anda mendapatkan dua manfaat, dapat duit akomodasi dan juga subscriber naik drastis karena di endors oleh youtuber tersebut.

Bagaimana melakukannya???

  • Buat channel youtube yang fokus pada satu bahasan anda, fokus ke skill anda.

Orang akan mengundang anda menjadi pembicara jika anda sangat representatif untuk tema diskusi tersebut.

  • Bicarakan tentang pengalaman dan keahlian anda

Pada konten youtube anda, sebaiknya anda banyak berbagi pengalaman dan menunjukan keahlian anda, minimal diatas rata-rata orang yang ada di lokasi atau kota anda.

  • Buat video yang menginspirasi banyak orang

Pastikan kontennya bermanfaat, dapat dipraktekan langsung oleh orang yang hanya sekedar menonton konten anda, jika menonton saja mereka bisa berhasil apalagi bertemu dengan anda langsung.

  • Mulai promosikan dari lokal dulu tempat anda tinggal (menurut pengalaman pribadi)

Ini sangat penting, karena jika menarget nasional maka kompetitornya pun semakin banyak, belum lagi berbicara biaya akomodasi yang tinggi, mereka yang ingin mengundang anda pasti mempertimbangkan hal ini.

  • Jangan tanya uang saku, itu sudah pasti ada 🙂

Konyol memang, pernah salah satu teman saya menanyakan tentang uang saku kepada panitia ketika dia diundang untuk mengisi acara, wal hasil panitia menggantinya dengan pembicara yang lain.

7. Komersilkan Video Anda

lisensi youtube

Jika anda sangat mahir dalam membuat konten atau anda memiliki skill yang memang tidak dimiliki banyak orang, maka membuat konten anda berlisensi akan menjadi bagian terakhir dari cara monetisasi youtube tanpa adsense ini.

Mungkin anda baru mendengarnya pertama kali setelah membaca artikel ini, tapi hal ini sudah jauh dilakukan oleh para pemilik konten.

Membuat konten youtube anda berlisensi juga akan menghindari youtube anda dari plagiasi, karena mereka pastinya akan di tuntut.

Bayangkan ketika konten anda viral atau menjadi populer, orang pasti akan berlomba-lomba mencopy paste konten anda, baik dengan cara bodoh atau cara cerdas yang mereka tau.

Jika anda belum terlalu yakin, cobalah anda membuat cover lagu dari salah satu penyanyi dan upload ke channel anda.

Setelah upload anda akan mendapatkan email bahwa itu adalah copyright yang mana jika anda tujuannya komersil anda harus sharing profit dengan pemilik lagu.

Anda harus mencari referensi yang lain untuk lebih tau mengenai cara melisensikan konten youtube anda, karena saya pribadi belum pernah mencoba dan menemukan teman yang bermain dalam konten ini.

Tapi jika anda berhasil menemukan cara dipastikan anda bisa mendapatkan passive income dan konten anda aman dari plagiasi. keren kan???

Kesimpulan

Bagaimana sudah mulai mendapatkan gambaran??? Ingat aturan di awal, haram untuk memilih semuanya, cukup pilih salah satu dulu, jangan sampai terdistraksi.

Ingat, channel youtube anda membutuhkan fokus dari anda, sehingga dia bisa tumbuh dan menghasilkan uang.

Itulah beberapa cara monetisasi youtube tanpa 1000 subscriber tanpa 4000 jam tayang, tanpa view yang banyak, bisa jadi langsung menghasilkan pada 1 view pertaman. Good Luck

Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Satu pemikiran pada “Cara Monetisasi Youtube Tanpa 1000 Subscribe Tanpa 4000 Jam Tonton”

Tinggalkan komentar

×

Bonus ini Hanya Berlaku Hari inI 22 Oktober 2020 Sampai Pukul 23.59

Klik Disini