Mengupas Tool WhatsApp Marketing Yang Katanya Terbaik Di Indonesia

 Advertisement

Saat ini di Indonesia banyak sekali tool whatsapp marketing yang bertebaran, namun ada satu yang menurut mereka paling menonjol, katanya aplikasi blast terbaik.!!!

Namun apakah tools wa marketing tersebut merupakan aplikasi yang terbaik???

Materi ini sebaiknya anda baca sampai habis sebelum mengambil keputusan untuk membeli aplikas whatsapp blast, sehingga tidak menyesal kemudian hari.

Mari kita kupas tuntas tools tersebut.

Apa Itu Tools Whatsapp dan Apa Parameternya Sehingga Menjadi Terbaik

Tools Whatsapp adalah aplikasi pihak ketika yang fungsinya untuk mengakomodasi kebutuhan kirim pesan whatsapp mulai dari pengelolaan database, follow up dan broadcast massal.

Sebelumnya ini adalah pandangan pribadi saya mengenai tools wa tersebut. Saya rasa saya memiliki cukup banyak pandangan dalam membahas aplikasi jenis ini.

Karena…

Jauh sebelum aplikasi kirim pesan whatsapp massal ramai dibicarakan, saya sudah mencoba beberapa tools sejenis. Mulai dari beli tools luar negeri, beli tools rebranding bahkan tools murahanpun pernah di coba.

Berbekal pengalaman tersebut setidaknya ada beberapa parameter yang harus dipenuhi untuk menentukan bahwa aplikasi tersebut bagus atau bahkan terbaik.

Parameter Tool Whatsapp yang bagus

Menentukan produk digital bagus atau tidak itu tidak mudah, namun setidaknya tidak membingungkan jika kita berlandaskan pada sebuah parameter yang harus dicapai produk tersebut.

Adapun paramater untuk tools whatsapp sebagai berikut.

  • Lihat Siapa Developernya

Developer menjadi standar penting untuk menentukan produk tersebut bagus atau tidak. Produk digital itu mesti berkelanjutan dan perlu di maintenance.

Jadi jika developernya kurang ahli maka dipastikan akan sulit untuk develop dan maintain kedepannya.

Produk digital ecek-ecek tidak berani menampilkan siapa pemiliknya, tidak berani beriklan di facebook atau google, pasti kena bully dari pengguna yang dikecewakan.

Tools WBSPro itu dibuat oleh klikdigital Indonesia, ownernya memang seorang praktisi digital marketing sekaligus seorang developer, banyak produk yang sudah dibuat untuk whatsapp saja Wa Form Maker, Detapos dan banyak lagi.

Tool ini sering banget muncul di iklan baik di facebook maupun di google, bahkan banyak juga advertiser lain yang mengiklankannya.

  • Sudah Berapa Lama Aplikasi Ada Dipasaran

Penting untuk mengecek ini di awal, karena hukum pasar berlaku bahwa tool whatsapp terbaik akan lama bertahan di pasaran, mampu bersaing, bertahan dari bugs dan algoritma whatsapp yang hampir setiap saat terus update.

Tool ecek-ecek yang hanya builde and run pasti sudah tergerus habis digerogoti bugs dan di hantam badai algoritma.

WBSPro memang bukanlah tool baru untuk whatsapp marketing, namun berhasil beradaptasi dan terus memperbaiki diri sehingga masih tahan dipasaran saat ini.

Bahkan aplikasi ini sudah dua generasi dari pertama kali rilis dengan nama WA Bulk Sender.

  • Hitung Berapa Jumlah Pengguna Tools Whatsapp Marketing Tersebut

Ciri-ciri tools whatsapp marketing yang buruk yaitu yang paling sedikit penggunanya, jika berdasarkan ilmu ekonomi bahwa produk tersebut tidak bagus dalam produknya, tidak populer dan tidak bagus pemasarannya.

Barometer ini jangan sampai di abaikan, sebelum membeli produk digital apapun, pastikan anda tau berapa banyak orang atau user yang sudah menggunakannya.

Bagaimana dengan WBSPro???

Tools ini sudah memiliki user atau pengguna lebih dari 1900 orang yang rata-rata mereka puas karena terbantu bisnisnya dengan aplikasi ini. Mereka kebanyakan seperti anda, seorang pebisnis online, sales mobil atau digital marketer.

  • Cek apakah Mendapatkan Testimoni Positif

Jumlah penggunapun belum cukup untuk mengukur apakah sebuah aplikasi itu bagus atau tidak. Pastikan anda cek halaman testimoninya.

Lihat apakah produk digital tersebut mendapatkan testimoni yang positif atau malahan mendapatakan rating yang buruk.

Testimoninya pun bukan sembarang testimoni, pastikan minimal anda kenal dengan salah satu dari mereka yang memberikan testimoni tersebut, sehingga anda bisa cross cek langsung ke orangnya.

Anda pasti taulah saat ini, terlebih sebuah produk digital banyak sekali terdapat fake testimoni (testimoni palsu). tidak natural, dibuat-buat dan cenderung menipu.

Tapi Tool Whatsapp Marketing yang katanya terbaik ini mendapatkan testimoni positif oleh penggunannya. Bahkan tidak tanggung-tanggung sebagian dari mereka mungkin salah satu guru marketing anda atau publik figur.

Silahkan cek langsung testimoninya di halaman testimoni ini.

Anda pasti akan kaget, ternyata benar, aplikasi ini mendapatkan review dari orang-orang yang memang pakar dibidangnya.

FYI…. Untuk mendapatkan testimoni dari pakar itu sulit, karena mereka mempertaruhkan reputasi mereka, mereka gak bisa di bayar, karena duitnya pun dah banyak.

  • After Sales

Anda semua pasti sepakat dong jika memposisikan diri sebagai konsumen pasti sangat membutuhkan yang namanya after seles/ Layanan purna jual.

Tools digital itu butuh panduan, butuh komunikasi dengan vendor/developernya setelah produk tersebut dibeli.

Vendor yang baik pasti menyiapkan layanan purna jual (after sales).

Tapi after sales ini pun mesti ada tolak ukurunya.

  1. Mudah Dihubungi
  2. Fast Response
  3. Masalah Terpecahkan (Problem Solve)
  4. Adanya group support (Forum Diskusi)

Nah Wa Bulk Sender (WBSPro) ini menurut saya memenuhi keempat kriteria diatas, semuanya disediakan.

Pada member area terdapat layanan live chat yang anda bisa hubungi setiap, Fast respon di jam-jam kerja, komputer anda di monitor langsung biar masalah terpecahkan dan ada group diskusi dengan 1900 member untuk berbagi tips.

Review Fitur Tool Whatsapp Yang Ditawarkan

Parameter diatas belum sempurna jika tidak dibarengi dengan review fitur yang ditawarkan oleh sebuah produk digital.

Fungsi review ini bisa menghindari anda dari membeli kucing di dalam karung. Jangan-jangan tools ini bukan seperti yang anda kira.

Nah jadi mari kita kupas tuntas apa saja yang ditawarkan oleh aplikasi yang satu ini.

Fitur Dasar Sebuah Tool WhatsApp Marketing

Pada dasarnya semua tool whatsapp marketing pasti memiliki beberapa fitur dasar, jadi ini bukan merupakan standar bahwa tool whatsapp tersebut bagus atau tidak.

Fitur tool whatsapp standar tersebut berupa

  1. Kirim pesan whatsapp massal
  2. Support Kirim file multimedia (Gambar, dokumen, audio dan video)
  3. Export dan import kontak
  4. Grab group
  5. Delay time sender
  6. Grab nomor group
  7. Grab chat
  8. Number Generator
  9. Personalisasi

Jadi jika ada sebuah tools wa marketing yang memberikan layanan fitur seperti diatas maka dipastikan aplikasi tersebut tidak benar-benar canggih alias standar-standar aja.

Biasanya tool tersebut di jual dengan harga 300 ribuan kebawah.

Lihat Fitur Unggulan Yang Ditawarkan

Setelah anda mengetahui fitur standar sebuah tools, maka perhatikan fitur unggulan yang ditawarkan. Sangat mudah sekali untuk memfilternya.

Biasanya mereka memiliki harga diatas dari 300rb bahkan lebih dari 500rb, mengapa mahal? ada biasa yang harus dikeluarkan oleh developer untuk develop dan maintain tool tersebut.

Rego Gowo Rupo ungkapan jawa yang paling bijak dan paling pas dalam hal produk digital.

Fitur unggulan WBSPro

#1 Bisa di Instal di Windows dan MacOS

Sejauh ini belum ada tool whatsapp marketing yang bisa di instal pada kedua perangkat lunak komputer tersebut, biasanya hanya bisa di instal di Windows saja.

Namun WBSPro bisa digunakan untuk keduanya, jadi jika anda pengguna setia Apple bisa menginstal wa blast tanpa perlu ganti laptop.

Ini fitur utama dan paling beda dari semua aplikasi sejenis yang ada.

#2 Fitur Anti Banned Yang Sering Salah Kaprah

Taukah anda bahwa aplikasi pihak ketiga seperti ini tidak ada yang aman 100% dari blokir whatsapp.

Silahkan baca aturan dari whatsapp resmi.

Benarnya nih hanyalah fitur untuk meminimalisir banned dari whatsapp, fitur dibuat untuk mengelabui whatsapp agar anda tidak keliatan seperti sedang mengunakan tools atau robot.

Namun kebanyakan orang salah kaprah dengan yang namanya fitur anti banned. Mereka pikir hanya dengan memberikan delay time dan personalisasi itu sudah cukup untuk menghindari blokir.

Seperti saya ucapkan diatas, delay time dan personalisasi itu adalah fitur standar, jadi semua tool kebanyakan punya fitur itu.

Apa yang di tawarkan WBSPro untuk meminimalisir banned?

  • Time out global

Penyebab utama dari nomor di blokir adalah saat gagal mengirim pesan karena faktor jaringan tidak stabil tools masih bekerja. Sehingga akan terlihat anda menggunakan robot.

Time out global berfungsi untuk memutuskan semua fungsi tool jika putus koneksi akibat jaringan tidak stabil.

Ini kebanyakan yang para blaster pemula tidak perhitungkan dalam membeli tools.

  • Range delay antar pesan Min and Max

Delay antar pesan itu fitur standar, jadi cara kerjanya adalah jika anda setting mengirim pesan 6 detik, maka setiap 6 detik aplikasi tersebut akan mengirim pesan.

Dulu itu berfungsi, tapi saat ini anda bisa ketahuan robot, karena latensinya statis yaitu setiap 6 detik.

WBSPro tidak lagi memberlakukan delay statis tersebut, tapi memberikan Range delam antar pesan minimal dan maksimal.

Jadi saat setting, misalnya min 3 deti maksimal 20 detik, maka pesan dikirim antaran range tersebut paling max 20 detik.

Jadi setiap pesan dikirim unik, ada di menit ke 3,7,8,12,4,19,5. Pesan anda di random pengirimannya di antara jeda waktu tersebut. Ini akan mengelabui robot untuk melakukan banned.

  • Personalisasi Dinamis

Misalkan pesan anda berbeda-beda nama, jumlah tagihan invoice, tanggal jatuh tempo, ulang tahun dan apapun itu.

Dengan personalisasi dinamis akan membuat setiap pesan yang terkirim akan berubah textnya. Jadi bukan mengirim pesan yang sama.

  • Multi Pesan dan Spintex

Karena anda mengirim pesan secara massal jadi untuk membuatnya unik dibutuhkan format pesan yang unik yang akan dikirim secara random, ini menyebabkan setiap pesan yang anda kirim tidak ter-deteksi spam.

  • Random Nomor WA Pengirim

Namanya cukup jelas, untuk membuat robot pihak whatsapp menjadi semakin binggung terhadap aktifitas anda, maka fitur ini dibuat agar anda bisa memasukan banyak nomor whatsapp sekaligus untuk mengirim pesan random.

  • Multi Akun WhatsApp

Berbeda dengan Random WA Pengirim, multi akun whatsapp berguna untuk menggunakan nomor whatsapp berbeda untuk setiap proses yang dilakukan.

Misalnya Nomor A mengirim pesan tagihan, Nomor B mengirim pesan promosi dan melakukan akitvitas blast disaat bersamaan.

  • Fitur Akun WA Familiar

Biar makin bingung lagi si robot whatsapp untuk memblokir akun anda, maka dibuatlah fitur akun wa familiar, jadi di sela-sela aktifitas broadcast anda, tools akan mengirim nomor ke nomor yang memang sudah biasa berinteraksi.

  • Auto Replay

Fitur ini mirip whatsapp bisnis lah, yang bisa membalas setiap pesan berdasarkan kata kunci yang anda berikan diawal, ini sangat membantu anda dalam aktifitas blast yang super gila.

#3 Grab Nomor dari Google Maps

Kendala terbesar dari seorang blaster adalah kehabisan nomor dan nomor tidak tertarget, tapi itu tidak jadi lagi masalah.

Anda bisa mendapatkan database lokal tertarget dengan cara mengambil nomor dari google maps. Ini sangat cocok untuk anda yang memiliki strategi lokal marketing.

#4 Scrape Group Whatsapp by keyword dan Join Bulk

Mengapa orang melakukan spam? karena mereka menggunakan hitung-hitungan prorata, rumus pareto. jadi semakin banyak yang dapat dikirimkan pesan maka semakin besar kemungkinan mendapatkan pelanggan.

Nah, anda sudah di fasilitasi untuk melakukan itu semua, cukup dengan memasukan kata kunci group, dan kemudian setelah ditemukan maka bisa langsung bulk join ke group tersebut, bisa juga langsung kirim pesan bulk.

#5 Report Hasil Pengiriman

Tentunya untuk mengukur apakah tehnik blast anda berhasil atau tidak dibutuhkan yang namanya report, biar tau apakah pesan tersebut terkirim semuanya atau gagal terkirim.

Setelah aktifitas blast anda, maka tool whatsapp marketing ini akan memberikan anda informasi summery dan detail apakah pesan itu berhasil terkirim atau gagal.

Itulah beberapa review saya mengenai tool whatsapp marketing ini apakah terbaik atau tidak.

Anda bisa menjawab sendiri sekarang.

Satu lagi catatan yang super penting, usahakan jika anda tertarik membeli aplikasi tersebut, belilah langsung pada vendor resminya.

Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar

gampang jualan ×

Solusi Bikin TOKO ONLINE dengan Biaya Minimalis Tanpa Harus Punya Website

Klik Disini