Selasa, November 19, 2019

Whatsapp Marketing : Seni Meningkatkan Omset Berkali Lipat (Gratis)

- Advertisement - Advertisement

Whatsapp marketing sepertinya harus dijadikan kurikulum wajib bagi setiap orang khususnya yang terjun dalam bisnis online. Anda pebisnis online? Yuk jangan sampai terlewatkan postingan kali ini.

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa sosial media seperti facebook, instagram dan twitter itu hanyalah sebuah kanal promo, membangun kesadaran merek dan sekedar penghubung interaksi.

Selanjutnya Anda butuh kanal pasti agar bisa berinteraksi dan prospekin calon customer untuk dikonversi menjadi pembeli, selanjutnya menjadi pelanggan.

Yups, Anda melakukan serangkaian aktifitas itu pada aplikasi kirim pesan misalnya facebook messenger dan aplikasi whatsapp.

Sampai disini Anda pasti sudah sadar bahwa untuk menghasilkan penjualan Anda musti paham memaksimalkan messenger app.

Kali ini saya cukup membahas mengenai tehnik whatsapp marketing saja.

Apa Itu Whatsapp Marketing?

Whatsapp marketing adalah serangkaian aktifitas marketing dengan memaksimalkan aplikasi whatsapp, mulai dari pengenalan produk sampai pada prospek calon pelanggan dengan tujuan agar bisa dirubah menjadi pembeli.

Oleh sebab itu tentunya hal ini tidaklah mudah, untungnya ilmu mengenai whatsapp marketing ini tidak sulit untuk dipelajari.

Sejauh ini di Indonesia sendiri belum ada mata kuliah khusus atau studi tentang ini, semuanya base on experience para pelakunya. dan kebetulan saya pribadi hampir setiap hari mengerjakan ini.

So, saya akan membagikanya untuk anda, baca perlahan dan berurutan karena setiap poin saling berkaitan.

Mengapa Ilmu Whatsapp Marketing harus digunakan pada bisnis Anda?

Semua karena kita harus beranjak dari sebuah data, fakta ini yang kemudian di analisa dan ternyata sangat wow untuk market Indonesia.

Jumlah Pengguna Whatsapp di Indonesia

Survei dari hootsuite pada tahun 2019 mengatakan bahwa whatsapp merupakan aplikasi pengirim pesan (messenger app) paling banyak di digunakan di Indonesia.

Ada sekitar 83% pengguna internet atau 124 juta orang Indonesia sudah menyematkan whatsapp pada smartphonenya.

Chart Belanja Belum Familiar di Indonesia

Edukasi dan penyebaran jaringan internet yang belum merata membuat orang kesulitan untuk melakukan belanja via tombol keranjang seperti yang di maketplace. tidak sama dengan negara-negara maju lainnya.

Orang cenderung lebih suka berinteraksi dulu sebelum membeli, prinsipnya mereka ingin yakin dulu, merasa aman bertransaksi dan tidak ribet.

Whatsapp saat ini menjadi jembatan kebutuhan dan keinginan market di Indonesia saat ini. Whatsapp lebih ke personel komunikasi dan sangat mudah digunakan.

Target Market Milenial (18 sampai 29 tahun)

Anak milenial berkontribusi besar dalam perkembangan bisnis online di Indonesia.

Menurut IPSOS Indonesia penetrasi belanja online di Indonesia mencapai 32% (100 juta orang) dari total pengguna Internet dan kebanyakan adalah usia milenial.

Jika bisnis Anda memiliki target market milenial maka whatsapp marketing wajib anda kuasai.

Strategi Membangun Whatsapp Marketing Untuk Bisnis

Strategi ini meskipun rumit namun sangat mudah untuk mengaplikasikannya, tugas anda hanyalah memulai dari langkah pertama dan konsisten menjalankannya.

Berikut ini yang harus anda lakukan sekarang.

Membangun Tim Admin

Kecil dan besar bisnis anda bukanlah sebuah ukuran dalam membangun tim admin khusus whatsapp marketing.

Ada beberapa poin spesial dalam membangun tim ini agar dapat bekerja dan menjadi mesin penglaris bisnis anda…

Membuat SOP

Standar oprasional prosedur ini harus anda lakukan diawal agar bisa membentuk pola kerja dan ritme dalam tim marketing whatsapp anda.

Biasanya yang menghandle admin whatsapp ini sering disebut admin atau CS. saya sudah buat materi khusu Mengelola Customer Service Whatsapp ini. Materi powerful dalam bentuk PDF, silahkan di ambil.

Pastikan anda sudah membacanya terlebih dahulu agar tidak kesulitan dalam strategi selanjutnya.

Biar anda tidak bingung dalam membuat SOP ini dia yang sudah saya praktek kemudian kembangkan dengan sendirinya.

SOP Membalas Pesan

Whatsapp menurut saya adalah direct privat messanger, orang yang mengirim pesan WA pasti menginginkan balasan yang cepat.

Buatlah SOP tentang berapa tim anda dalam membalas setiap pesan yang masuk, semakin cepat semakin bagus konversi penjualannya.

SOP Sapaan Pelanggan

Selain itu bahasa yang digunakan juga harus diseragamkan dalam tim, ini akan membentuk image bisnis pada calon customer.

Apakah anda menggunakan sapaan Mas,Bro,Anda,Kamu,Sist dan lain-lain, kuncinya yaitu pastikan anda mengetahui siapa target market anda.

Tentukan Gaya Bahasa Bisnis Anda

Gaya bahasa dalam whatsapp akan bisa meningkatkan engagement atau membangun hubungan emosional dengan pelanggan anda.

Jika bisnis anda membangun brand gunakan bahasa formal, jika ingin berbicara dengan bahasa market, gunakan bahasa percakapan sehari-hari.

SOP Jadwal Pengiriman Pesan Whatsapp

Atur pola untuk mengirim pesan kepada target market anda, tugasnya untuk mencari pada jam berapa database whatsapp anda merespon dengan baik.

Pastikan total dalam sebulan berapa kali anda harus menyapa market anda via whatsapp, kemudian di bagi mingguan dan di bagi harian, kerjakan dengan sungguh-sungguh.

Ini baru langkah awalnya saja, belum cukup sampai disini agar bisnis anda bisa untung dengan menggunakan aplikasi whatsapp, jadi teruslah membaca.

Membuat Alur Bisnis

Alur bisnis wajib diketahui oleh semua tim admin whatsapp anda, hal ini untuk menghidari kesalahan teknis dan miskomunikasi antara pelanggan, admin dan staff bisnis lain.

Setidaknya buatlah alur bisnis sederhana seperti ini

Chat Masuk

Chat masuk harus di kelompokan kedalam chat order, chat interst atau chat unconnected.

Jika ada chat order admin whatsapp harus assign tugas selanjutnya ke bagian logistik atau tim produksi.

Pengerjaan

Admin whatsapp harus memastikan order dari pelanggan tereksekusi dengan baik sampai ke bagian produksi, sehingga admin bisa memberikan informasi proses pengerjaan ke customer ketika di tanya.

Finishing

Memastikan barang terkirim sampai ke alamat tujuan dan kemudian memberikan info mengenai resi pengiriman ke customer. Jika bisnis jasa pastikan customer sudah menerima hasil pengerjaan.

Product Knowladge

Setelah tim admin whatsapp mengetahui SOP dan alur bisnis maka step selanjutnya dalam membangun tim admin adalah sosialisasi product knowlade.

Ada beberapa elemen penting dalam produk knowladge yang harus di kuasai.

  • Price List
  • Material Produk
  • Kelebihan dan Kekurangan
  • Rekomendasi Produk
  • Produk Kompetitor
  • Lama Pengerjaan dan Pengiriman Barang

Pastikan tim admin whatsapp paham betul mengenai 6 elemen penting product knowladge diatas, hal ini akan berpengaruh pada konversi rate penjualan produk/jasa anda.

Membuat Script Whatsapp

Bagian terakhir dalam membangun tim whatsapp marketing yang terbukti ampuh meningkatkan penjualan berkali-kali lipat adalah membuat script whatsapp.

Script sangat berperan penting dalam proses komunikasi dengan pelanggan anda, pernah menghubungi call center bank? mereka selalu berbicara dan menanyakan sesuatu kepada anda berdasarkan script.

Tujuan dari membuat script whatsapp marketing..

  • Memudahkan Customer Service
  • Membuat Pertanyaan Terarah
  • Memfilter dari pembeli PHP
  • Mendeteksi Customer Premium
  • Upselling dan Cross Selling Produk

Sampai pada langkah ini tim whatsapp marketing anda sudah siap untuk meningkatkan omset bisnis anda berkali-kali lipat.

Pertanyaannya adalah bagaimana membuat script salescopy whatsapp yang powerful dalam menghandle chat masuk dari customer?

Tenang saja, tetap fokus dan lanjutkan membaca dengan seksama dan secara berurutan.

Cara Membuat Script Salescopy Whatsapp Marketing

Script salescopy memegang peranan penting dalam proses negosiasi dan penjualan menggunakan aplikasi whatsapp.

Script berfungsi untuk mengarahkan alur komunikasi berjalan secara sistematis dan dapat mempengaruhi pikiran customer untuk bertindak melakukan pembelian.

Script ini sederhana namun dapat merusak psikologi pembeli, mengarahkan mereka untuk membeli produk anda tanpa mereka sadari.

Intro dan Perkenalan

Introduksi usaha/bisnis anda saat chat masuk pertama kali, ini adalah pintu pertama untuk mengukur apakah pembeli anda siap untuk bernegosiasi dan bertansaksi.

Contohnya seperti ini.

“Hallo saya Irfan dari Gamma Advertisa, jasa iklan facebook ads dan pembuatan website, ada yang bisa saya bantu?”

Nama dan Alamat

Nama dan alamat harus di identifikasi di awal setelah Intro, hal ini penting agar nomor yang ada bisa di simpan menjadi database (nama, alamat, no WA).

Biasanya setelah chat ini terkadang ada yang sudah tidak melanjutkan percakapan lagi, setidaknya anda sudah mendapatkan databasenya untuk di hubungi kembali dilain waktu.

Basa Basi

Basa basi adalah bumbu untuk membuat alur percakapan menjadi cair, syaratnya jangan sampai kepanjangan, cukup satu kalimat basa-basi saja seperti.

Misalkan

Oh asalnya dari jogja? saya dulu pernah tinggal disana, pengen main lagi ke jogja.

Cek Sumber Informasi

Tanyakan ke pelanggan mereka menemukan bisnis anda dimana, apakah sosial media, website atau referensi teman.

Tujuannya sebagai barometer kanal mana yang paling produktif dalam mendatangkan leads whatsapp pada bisnis anda.

“Boleh tau dapat informasi tentang Gamma Advertisa darimana ya?”

Cek Experience

Mengetahui pengalaman bisnis calon pelanggan sangat penting agar bisa memberikan dosis produk yang tepat bagi jasa anda.

Cari tahu apakah profil mereka apakah pebisnis pemula atau pebisnis yang sudah berpengalaman.

“Maap, sebelumnya apakah pernah menggunakan facebook ads atau menyewa jasa agensi seperti ini”

“Berapa anggaran iklannya dalam sebulan untuk menciptakan penjualan sebanyak ini”?

Drive Keunggulan Produk

Identifikasi pelanggan anda sudah selesai, anda sudah tau produk mana yang cocok untuk bisnis mereka.

Saatnya untuk menginfokan keunggulan produk dari bisnis anda, hal ini dapat membangun tingkat kepercayaan pelanggan sebelum memutuskan untuk membeli.

“Untuk aplikasi kasir kami (detapos.com), berbeda dengan aplikasi kasir pada umumnya, cukup hanya sekali beli untuk menikmati semua fitur, tanpa biaya bulanan, terlebih sangat mudah digunakan”

Harga Normal

Harga normal pada produk sebuah produk adalah jangkar dari harga promo, menginformasikan harga normal terlebih dahulu sebelum harga promo mampu mengaktifkan sifat keserakahan manusia.

“Untuk produk ini harganya Rp. 999.000 sekali bayar”.

Info Promo

Setelah pelanggan mengetahui harga normal kemudian infokan untuk harga promo.

Saran saya untuk harga promo untuk dibatasi dalam periode tertentu, hal ini akan mempercepat proses transaksi.

“Tenang saja, untuk bulan ini mas/mbak bisa mendapatkan harga promo hanya Rp.499.000”, asalkan bisa transfer

Info Bonus Jika Ada

Penelitian dari Yi Xu tentang Effects of Price Discounts and Bonus Packs on Online Impulse Buying, mengatakan bahwa pemberian bonus dapat meningkatkan impulse buyer (pembelian barang dan jasa tidak terencana).

Bonus akan membuat calon pelanggan anda menunda-nunda proses transfer, membuat pelanggan berat menolak tawaran dari anda.

“Oh iya, selain itu mas dapat bonus materi easy finansial senilai Rp.750.000, lumayan lebih hemat”.

Closing

Jika langkah diatas berhasil anda terapkan dengan benar maka proses closing akan jauh lebih mudah.

Batasi waktu pembayaran customer, jangan berikan mereka celah untuk menunda pembayaran, berikan dua alternatif pembayaran atau jeda yang pendek.

“Mau transfer via BCA atau mandiri?”.

“Mau order sekarang atau besok?”

Upselling dan Cross Selling

Jangan hanya sampai di closing saja, lakukan upselling dan cross selling sebelum mereka transfer.

Tawarkan mereka produk atau jasa yang masih berhubungan, otomatis akan mendongkrak omset anda.

Dalam sekali beli langsung 2-3 produk yang laris, lumayan kan?

“Itu aja mas? Gak sekalian sama produk ini, biar lebih komplit lagi?”

Cara ini membuat calon pelanggan anda tidak sadar telah melakukan 2 transaksi sekaligus untuk bisnis anda.

Sangat soft, luka tapi tak berdarah. heheh

Follow Up

Follow Up dengan Teknik Whatsapp Marketing

Biasanya ada customer yang melakukan janji bayar besok atau minggu depan dan lain-lain.

Lakukan follow up kembali satu persatu.

Buatlah jeda per satu hari, tiga hari atau satu minggu kemudian, intinya anda harus tau kapan mereka akan melakukan transfer produk barang/jasa anda.

Bagaimana jika data yang harus di follow up jumlahnya sangat banyak? tentunya butuh waktu dan juga effort yang lebih?

Tenang saja, saat ini sudah banyak aplikasi whatsapp yang melakukan follow up secara massal tanpa menyimpan nomor hanya dalam sekali klik.

Saat ini saya menggunakan Wabulksender, ini adalah aplikasi whatsapp blaster terbaik yang digunakan para mastah bisnis online. anda bisa mencobanya sekarang.

Aplikasi ini sangat powerful, untungnya lagi anda tidak perlu mengeluarkan budget untuk mendapatkan 13 fitur unggulannya, hanya sekali bayar.

Oke sekian dulu bahasan mengenai whatsapp marketing, saya yakin materi tersebut belum lengkap sesuai dengan yang anda harapkan, saran perbaikan dari anda akan sangat membantu kekayaan informasi postingan ini.

Jangan ragu untuk menghubungi saya melalu whatsapp, email atau kolom komentar, saya tunggu ya.

Gratis Panduan Facebook Ads, Google Ads, Youtube Ads

Silahkan Anda Jual Kembali dengan harga wajar

Tips Terbaru

Hal-Hal Seputar Pemasaran Digital yang Penting Kamu Ketahui

Pemasaran digital atau digital marketing mungkin sudah bukan istilah baru lagi dalam dunia bisnis mutakhir. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan...

Cara Membuat Iklan yang Menarik Agar Jualan Anda Laris Manis

Cara membuat iklan yang menarik, mungkin inilah yang dicari para pelaku bisnis untuk meningkatkan profitnya. Beriklan memang cara yang sering digunakan para...

Cara Memulai Bisnis Coffee Shop Agar Cepat Sukses

Bisnis Coffee Shop Indonesia merupakan salah satu pengekspor kopi terbesar di dunia saat ini, urutan ke 4 dunia setelah brazil, vietnam dan...

3 Langkah Mudah Mengembangkan Bisnis

Setiap orang yang memiliki bisnis pasti menginginkan bisnisnya dapat berkembang. permasalahannya mengembangkan bisnis itu bukanlah perkara mudah, oleh sebab itu 3 langkah...

Cara Membangun Tim Admin Untuk Bisnis Online

Bisnis Online tidak pernah terlepas dengan yang namanya bagian admin atau tim admin. Oleh sebab itu artikel cara membangun tim admin untuk...
96FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
Hosting Unlimited Indonesia

Postingan Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Whatsapp Aja Bro...