Trend Digital Marketing Tahun 2020, Apakah Anda Siap?

Belajar Bisnis Online & Digital Marketing Bareng Saya

Sharing ini khusus untuk Anda yang benar-benar pemula, yang merasa sudah jago mending jangan masuk (NO DEBATE)

TREND DIGITAL MARKETING 2020 sepertinya menjadi pertanyaan setiap pemilik usaha di tahun ini, bagaimanapun fakta bahwa digital marketing terus berkembang dan memiliki grafik naik signifikan.

Jika anda pengusaha maka anda harus bersiap untuk ini, berikut ini beberapa insight trend digital marketing 2020

Sosial Media Untuk Engagement Brand.

Sosial media menjadi sangat strategis untuk digital marketing 2020, dikarenakan banyak kemudahan yang diberikan oleh sosial media baik dari pengguna maupun pebisnis.

Sosial media membuat engagement yang rekat terhadap pelanggan anda, hubungan emosional antara pebisnis dan pelanggan anda. dikarenakan fitur dari sosial media sangat lengkap.

Perlu di perhatikan untuk sosial media anda harus menentukan diawal sosial media mana yang cocok buat bisnis anda. dikarenakan sosial media punya banyak segmen dan pasar masing-masing

#1 Facebook

Facebook memiliki segmentasi market terlengkap sebagai kanal bisnis anda, banyaknya fitur dari facebook membuat facebook menjadi pilihan terbaik anda untuk sosial media saat ini.

Hadirnya Facebook group, marketplace dan halaman membuat brand anda bisa memiliki tiga kanal sekaligus dalam satu platform. Belum lagi fitur pendukung seperti facebook story yang sangat cepat meningkatkan engagement anda.

#2 Instagram

Instagram merupakan sosial media berbasis foto terbesar saat ini, Instagram terus di kembangkan, penambahan fitur instastory dan instagram TV merupakan sinyal kuat bahwa ada trend digital marketing disana yang telah di kaji oleh pihak instagram.

Tugas kita sebagai user adalah memaksimalkan kanal ini sebagai kanal digital marketing kita.

Facebook Ads dan Instagram Ads

Selain itu facebook sangat diandalkan dalam melakukan kampanye di sosial media, dengan mengandalkan pengguna sosial media terbesar di dunia, Facebook memberikan layanan iklan berbayar untuk menjangkau target market Anda.

Sudah terbukti, sejak diluncurkan Facebook dan Instagram ads, banyak sekali bisnis baru yang sebelumnya belum terkenal kini bersaing dengan para kompetitor besar.

Jika kamu belum tahu tentang hal ini, sebaiknya baca dulu panduan mengenai cara menggunakan facebook ads ini. Saya tulis dengan bahasa yang sangat simpel agar anda mudah memahami, meskipun pemula sekalipun.

Video Marketing Untuk Semua Kanal Online

Video marketing merupakan trend digital marketing yang semakin efektif disaat ini. dikarenakan video marketing dapat memvisualkan dengan baik brand yang sedang kita bangun.

Menurut penelitian Wyzowl sejak tahun 2018 63% bisnis sudah menggunakan video marketing, dari 63% bisnis tersebut 83 persen percaya bahwa video marketing dapat meningkatkan omset sekaligus menambah persaingan di dunia digital.

Alasanya sederhana, banyaknya kanal marketing yang bisa digunakan untuk menempatkan video marketing. bisa menggunakan sosial media, youtube dan website.

Trend digital marketing 2020 menggunakan vidoe harusnya mulai menjadi prioritas bisnis anda. Trend ini terbukti sukses sejak tahun 2018 kemarin.

Semua sosial media sudah mengembangkan fitur video tersebut, tugas anda adalah memaksimalkan fitur ini agar bekerja sangat baik untuk brand yang sedang anda kerjakan sekarang ini.

Email Marketing Menghubungi Klien Secara Personal

Email marketing adalah cara paling lawas yang terus berkembang seiring dengan trend digital marketing saat ini. keunikan dari email marketing ini terletak pada menyapa customer secara pribadi dan privat.

Jika anda perhatikan ketika anda ingin mengakses internet semuanya membutuhkan yang namanya email. Menggunakan sosial media dibutuhkan email, membangun website membutuhkan email, download dan lain sebagainya membutuhkan email.

Makanya email adalah kawan sejati dari digital marketing.

Dengan membangun list email marketing berarti anda telah membangun pasar anda sendiri, anda bisa menyapa mereka secara personal tanpa menggangu privasi dari pemilik email.

Selain itu email marketing strateginya jarang sekali terjadi perubahan, tidak ada yang mengatur algoritma email. seperti halnya facebook yang sering berubah algoritma dan google yang sering update algoritmanya.

Menjadikan investasi list email marketing merupakan investasi tercerdas dalam menghadapi trend digital marketing 2020 saat ini. bagaimana anda sudah siap?

Di Indonesia sendiri sudah ada layanan email marketing yang anda bisa berlangganan disana dengan sangat murah ketimbang menggunakan layanan email marketing yang menggunakan dollar untuk pembayarannya.

Silahkan anda coba menggunakan kirim.email. Untuk mulai membangun database email anda.

SEO Sebagai Jangkar Organik Traffic

Search engine optimization atau biasa disingkat dengan SEO masih menjadi perhatian besar dalam trend digital marketing 2020.

SEO dapat mendatangkan traffic kedalam bisnis anda dengan masif, selama 24 jam dan tanpa di charger biaya. artinya SEO adalah aktifitas marketing paling murah namun paling susah mengerjakannya.

Tapi tenang saja, saya sudah menyiapkan panduan SEO di blog ini, silahkan anda kunjungi kategori SEO. Saya sudah menjelaskan mulai dari A-Z. Atau anda bisa berkunjung ke PanduanIM, sangat cocok untuk pemula.

Artinya anda harus menginvestasikan waktu anda dalam melakukan SEO terhadap kata kunci yang anda bidik untuk mendatangkan traffic masif ke website bisnis anda.

Anda harus akrab dengan SEO anda harus belajar tehnik SEO dan anda harus punya waktu untuk melakukannya. sebenarnya ada jalan yang cepat yaitu membayar jasa SEO. namun ini tidak begitu bijak dikarenakan hampir mirip dengan jasa advertising berbayar.

Anda cukup mengikuti saja kursus seo, ini rekomendasi saya untuk kursus SEO terlangkap.

Digital Advertising Percepatan Bisnis Anda

Dari namanya saja anda pasti tau bahwa ini menggunakan dana dan yang pastinnya dananya bukanlah dalam jumlah yang sedikit. pada intinya jika anda mengakses digital advertising sebagai saran promosi anda maka anda akan terkena sejumlah biaya.

Namun sebanding dengan uang yang anda keluarkan, digital advertising dapat mendatangkan trafik kedalam bisnis anda dalam waktu yang cepat dan dalam jumlah yang banyak. sebanyak dana yang anda investasikan.

Inipun tidak sehat bagi bisnis anda yang baru bertumbuh dan masih membutuhkan banyak biaya lainnya, sehingga dana untuk iklan digital sangat terbatas.

Tools Otomatisasi

Digital marketing tidak akan pernah terlepas dengan yang namanya tools otomatisasi, persaingan yang cepat dan ketat membuat manusia mengandalkan robot agar mampu bersaing satu sama lain.

Selain itu kemampuan manusia yang terbatas membuat bisnis yang bergerak pada digital marketing dituntut wajib menggunakan tools otomatisasi.

Di Indonesia sendiri sudah banyak para developer yang membuat tools otomatisasi ini, sehingga dapat membantu para pebisnis online dan digital marketing untuk mengurangi workloadnya.

Tahun 2020 ini langsung dibuka dengan tools fantastis yang dapat mengirimkan pesan whatsApp secara massal.

Buat anda yang sering mengandalkan database pelanggan untuk meningkatkan omset penjualan bisa untuk segera mencaba Tools WBSPro ini dan rasakan bagaimana dampaknya terhadap bisnis anda.

Lahirnya Trend Digital Marketing Terbaru

Saya yakin dan percaya seiring berkembangnya zaman maka akan ada hal yang baru yang menggantikan posisi sebelumnya. hal ini berlaku juga terhadap digital marketing.

Akan ada lagi teknologi baru yang akan menjadi trend digital marketing pada tahun 2020, nanti kita tunggu saja.

Belum lagi dengan dikembangkanya terus mengenai kecerdasan buatan/artificial intellegency yang sudah tidak terbendung lagi membuat persaingan pada industri digital marketing semakin riuh.

Pada intinya tugas anda yang terjun sebagai pelaku bisnis harus selalu update mengenai trend digital marketing yang akan terus berkembang di tahun 2020. Ada banyak sekali hal baru yang terus lahir dari industri bisnis digital ini.

Sekian dulu artikel singkat dari saya mengenai trend digital marketing 2020, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda, sehingga anda dengan ikhlas membagikannya ke sosial media.

 Advertisement

Irfan Juniyanto saleh

Seorang yang tertarik dengan Digital Marketing & Bisnis Online, berbagi pengalaman menjadi passion saya, karena hidup musti bermanfaat.

Tinggalkan komentar