Selasa, November 19, 2019

Ketahui Hal-Hal Apa Saja yang Dibutuhkan Agar Sosial Media Marketing Berjalan Lancar

- Advertisement - Advertisement

Dewasa ini kecanggihan teknologi sudah mengambil alih segalanya, tak hanya memiliki dampak positif saja, melainkan juga ada dampak negatif yang berbahaya jika tidak disikapi dengan baik. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan pemanfaatan teknologi dengan baik, seperti misalnya sosial media marketing. Upaya tersebut adalah salah satu langkah baru dalam dunia marketing yang mengandalkan media sosial sebagai sarananya.

Apa itu Sosial Media Marketing?

Sosial media marketing merupakan salah satu sarana pemasaran produk menggunakan jasa media sosial untuk dapat menarik minat calon pembeli. Banyak sekali media sosial yang dapat dipilih untuk bisa digunakan sebagai media pemasaran, seperti WhatsApp, Twitter, Instagram, Facebook, dan masih banyak lagi.

Teknik marketing menggunakan media sosial sangatlah efektif, karena pengguna media sosial terbesar di dunia salah satunya Indonesia. Bukan hanya itu orang Indonesia bisa menghabiskan waktunya hampir 4 jam hanya untuk berselancar di sosial media.

pengguna sosial media

Produk Apa Saja yang Cocok untuk Sosial Media Marketing?

Sebenarnya, tidak ada batasan sama sekali untuk dapat memasarkan produk melalui sosial media marketing. Ada banyak sekali pilihan usaha yang bisa dilakukan, seperti menjual barang dan jasa, menawarkan keahlian, menawarkan konten, dan masih banyak lagi.

Tenang saja, Jika anda membutuhkan banyak referensi, saya sudah menyediakan untuk anda, sehingga tidak perlu lagi membuang banyak waktu, cukup baca dengan tuntas poin dibawah ini.

Misalnya saja Anda ingin memasarkan sebuah produk konten dalam berbagai bentuk seperti tulisan, video, maupun gambar, maka harus membuatnya menjadi tampak menarik dan tentunya juga memiliki nilai jual.

Pemasaran media sosial bisa juga menawarkan pemasaran merek. Konsepnya adalah mengenalkan merek yang akan dipasarkan agar masyarakat menjadi paham dan mengerti.

Biasanya akan disertai dengan review produk yang dijual dari merek tersebut. Melalui review produk, akan diketahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari merek tersebut, sehingga bisa mempengaruhi para pembeli.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasarkan Produk Menggunakan Sosial Media Marketing

Proses pemasaran menggunakan sosial media marketing tentunya berbeda dengan pemasaran menggunakan media-media lainnya. Maka dari itu, perlu ada hal-hal yang diperhatikan sebelum memulai pemasaran produk atau jasa di sosial media.

  • Pastikan niat dan motivasi Anda sudah kuat

Masalah niat menjadi salah satu komponen utama yang harus diperhatikan, karena niat bisa jadi mempengaruhi jalannya proses pemasaran nantinya.

Jika niat dan motivasi yang dibangun sudah kuat, maka dalam prosesnya meskipun menemui banyak sekali rintangan akan tetap terus maju dan pantang menyerah. Namun, jika niat dan motivasi yang dimiliki sangatlah rendah, maka ketika menghadapi suatu kendala pasti akan mudah merasa menyerah.

  • Pastikan barang atau jasa yang ditawarkan sudah maksimal

Sebelum mulai memasarkan produk atau jasa, pastikan Anda sudah mengecek ataupun memastikan agar produk tersebut memang layak untuk dipasarkan.

Selain itu, kualitas dari produk maupun jasa yang dipasarkan juga perlu untuk diperhatikan dengan lebih baik lagi. Tentunya, Anda pasti tidak ingin membuat para konsumen kecewa dengan produk yang dipasarkan.

  • Susun strategi pemasaran yang bagus

Poin satu ini adalah hal yang sangat penting demi kelancaran proses marketing Anda. Strategi adalah cara-cara apa saja yang dapat membuat pemasaran menjadi lebih maksimal.

Strategi bisa melibatkan banyak hal, tak hanya Anda dan sosial media saja, melainkan juga bisa mengandalkan pihak-pihak ketiga yang sekiranya dibutuhkan. Misalkan menyewa agensi advertiser dan lain sebagainnya.

8 Strategi Sosial Media Marketing Untuk Menarik Minat Konsumen

Tanpa adanya strategi yang tersusun dengan jelas dan terstruktur, maka pemasaran tidak mungkin akan berjalan dengan baik. Setiap orang tentunya selalu ingin produknya dapat dikenal oleh masyarakat umum dengan citra yang baik.

Untuk itu, sebelum mulai untuk memasarkan produk, susun strategi yang sekiranya dapat membuat pemasaran menjadi maksimal, diantaranya:

1. Membangun branding yang baik

Membangun sebuah kepercayaan di kalangan para penjual sebenarnya adalah cara yang mudah. Hal yang perlu diperhatikan hanyalah Anda harus benar-benar menjual barang-barang yang terjamin mutu serta kualitasnya.

Tuliskan deskripsi produk yang sebenar-benarnya, tidak boleh dikurang-kurangi ataupun dilebih-lebihkan. Jika Anda ketahuan memasang deskripsi produk yang tidak sesuai maka tentu konsumen akan merasa di bohongi.

Branding adalah suatu bentuk label yang diberikan oleh para konsumen terhadap jasa yang Anda tawarkan. Cara membangun branding adalah dengan mengelola media sosial yang Anda gunakan dengan sebaik mungkin.

Misalnya saja dengan memperhatikan detail-detail kecilnya, seperti desain dan tampilan visual. Mungkin, jika Anda tidak berkompeten dalam dunia desain, maka gunakan saja jasa desain yang memang sudah terkenal dengan hasilnya yang bagus.

2. Menarik minat para calon konsumen

Dengan menggunakan portal-portal media sosial seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram, Anda bisa menarik minat para konsumen. Tingkat pengguna ketiga sosial media tersebut sangatlah besar jumlahnya di Indonesia.

Bahkan bisa dipastikan jika semua orang pasti memiliki salah satu dari ketiga media sosial tersebut, dan bisa jadi memiliki ketiga-tiganya. Maka, optimalkan dalam proses pemasaran menggunakan tiga produk tersebut.

Akan tetapi, sebelum mulai mengoperasikan beberapa media sosial tersebut, pastikan jika pengaturannya sudah disetting pada mode publik, jika belum sebaiknya Anda menggantinya terlebih dahulu. Akan sangat sia-sia jika saat melakukan penawaran pengaturan Anda masih dalam mode privat.

Kemudian pikirkan cara-cara unik yang dapat membuat media sosial Anda tersebut terlihat berbeda dari akun-akun lainnya. Mungkin Anda bisa melakukannya dengan cara membubuhkan tulisan-tulisan, gambar, atau bahkan video pemasaran yang menarik.

Sekarang ini konten visual adalah komponen yang sangat penting untuk selalu diperhatikan oleh orang-orang yang sedang menjalankan bisnis menggunakan media sosial.

3. Membangun jaringan (Networking)

Jaringan (Networking) atau yang biasa disebut relasi merupakan salah satu komponen yang penting untuk dimiliki dalam dunia sosial media marketing. Tanpa adanya relasi dan jaringan maka pemasaran Anda tidak akan berjalan dengan lancar.

Cara yang bisa dilakukan untuk membangun relasi adalah sering berkomunikasi dengan siapa saja orang yang Anda temui. Setelah itu, Anda bisa meminta alamat media sosial dari orang tersebut.

Jika hal tersebut masih kurang maksimal, Anda bisa membuat sebuah kelompok yang didalamnya tak hanya berisi tentang pemasaran produk Anda, melainkan juga informasi-informasi penting dan menarik seputar kehidupan.

Tentunya, jika topik diskusi dalam kelompok tersebut sudah menarik, maka bisa saja banyak yang akan terperanguh dan tidak sadar jika pada akhirnya Anda menyelipkan promosi mengenai pemasaran produk Anda.

4. Membagikan Konten yang tepat sasaran

Membagikan konten pada media sosial yang Anda buat adalah salah satu langkah yang penting. Akan tetapi, konten yang dibagikan tidak boleh asal pilih, harus disesuaikan dengan jenis produk dan branding yang sudah Anda bangun.

Untuk menemukan konten yang berakurasi, bisa mencarinya di website-website bisnis yang sudah terpercaya dan banyak dikunjungi oleh orang-orang.

Tingkat kekakuratan konten dengan produk yang Anda tawarkan harus benar-benar relevan, sebab jika tidak hal tersebut hanya akan menurunkan citra atau branding yang selama ini telah Anda bangun.

Intinya, Anda harus selalu berhati-hati ketika membagikan konten agar pengikut atau orang yang menyimpan kontak Anda tidak berkurang. Jika para pengikut Anda justru merasa terganggu pada konten yang dibagikan maka mereka akan berhenti mengikuti Anda.

5. Membuat konten yang unik dari lainnya

Peran konten dalam sosial media marketing bisa dibilang adalah suatu hal yang penting dan harus ada. Namun, tidak akan berkesan jika Anda hanya membuat konten-konten yang monoton apalagi tidak bisa membangkitkan minat para pembeli.

Maka, pertama-tama, buatlah susunan atau rancangan mengenai ide konten yang akan dibuat. Kemudian, melalui ide-ide tersebut bisa Anda kembangkan menjadi sesuatu yang unik.

Jika ide tersebut sudah selesai disusun dan direncanakan, tahap selanjutnya adalah eksekusi. Dalam hal ini, eksekusi adalah mulai mengaplikasikan ide tersebut ke dalam video atau desain-desain menarik lainnya.

Namun, jika tidak mampu menyalurkan ide tersebut menjadi konten yang menarik, maka sebaiknya Anda menyewa jasa desainer atau orang-orang profesional yang sudah pro dalam dunia desain maupun edit video.

Selain itu, untuk membuat konten Anda berbeda dari yang lainnya, mungkin bisa menyelipkan hal-hal seperti pesan atau kalimat motivasi pada isi konten tersebut.

Kalimat-kalimat motivasi bisa menjadi salah satu cara yang sangat ampuh, apalagi jika sampai menyentuh perasaan dari para konsumen maupun pembeli yang sudah Anda bangun relasinya.

6. Menggunakan tampilan desain yang menarik

Jika Anda menggunakan Facebook sebagai sarana sosial media marketing, maka jadikan tampilan Facebook menjadi lebih menarik dengan postingan gambar-gambar yang bagus. Selain itu, Anda bisa juga menyisipkan gambar-gambar informatif untuk menarik minat para following.

Hal yang terpenting, jangan gunakan gambar-gambar yang sulit dipahami, pilih atau buatlah gambar-gambar yang mudah dimengerti.

Mungkin, Anda juga bisa memanfaatkan menggunakan aplikasi maupun web-web yang menyediakan gambar bagus dan menarik. Web tersebut dapat Anda jadikan referensi maupun inspirasi ketika tiba-tiba ide sedang macet.

7. Selipkan hastag

Hastag adalah salah satu sarana yang bisa menguntungkan agar postingan ataupun produk yang dibuat dapat muncul ketika orang-orang sedang ramai membicarakan sesuatu.

Hal ini akan sangat bekerja jika Anda menggunakan sosial media marketing berupa Twitter atau Instagram. Selain itu, melalui hastag, Anda juga bisa melacak apa saja yang kini sedang menjadi trending atau hal-hal yang banyak dicari oleh masyarakat.

8. Mendengarkan semua saran konsumen

Mendengarkan apa saja yang disampaikan oleh konsumen baik itu saran maupun kritik adalah hal yang sangat penting. Biasanya orang-orang yang menyampaikan kritik artinya ada sesuatu yang salah dari marketing yang Anda peroleh.

Sebenarnya Anda harus sangat senang jika mendapatkan kritik karena nantinya bisa dijadikan pelajaran agar kedepannya sosial media marketing yang Anda lakukan dapat lebih baik lagi.

Selain itu, saran dari para konsumen juga sangat diperlukan, agar mungkin ada produk-produk yang peru Anda tambahkan lagi.

Apalagi jika para pelanggan puas dengan kinerja Anda, maka mereka akan memberikan respon yang baik terhadap produk-produk apa saja yang Anda pasarkan. Hal tersebut karena personal branding yang Anda bangun sudah terbentuk dengan baik dan kuat.

Sosial media marketing adalah sarana memasarkan produk yang mudah dan dapat memberikan keuntungan secara maksimal. Selain proses pengelolaannya yang mudah karena menggunakan perangkat-perangkat yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Pemasaran menggunakan media sosial tidak membutuhkan modal yang banyak, hanya perlu kesabaran serta ketelatenan yang maksimal. Tenaga yang dibutuhkan juga tidak banyak, sehingga Anda tetap memiliki waktu luang.

Gratis Panduan Facebook Ads, Google Ads, Youtube Ads

Silahkan Anda Jual Kembali dengan harga wajar

Tips Terbaru

Hal-Hal Seputar Pemasaran Digital yang Penting Kamu Ketahui

Pemasaran digital atau digital marketing mungkin sudah bukan istilah baru lagi dalam dunia bisnis mutakhir. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan...

Cara Membuat Iklan yang Menarik Agar Jualan Anda Laris Manis

Cara membuat iklan yang menarik, mungkin inilah yang dicari para pelaku bisnis untuk meningkatkan profitnya. Beriklan memang cara yang sering digunakan para...

Cara Memulai Bisnis Coffee Shop Agar Cepat Sukses

Bisnis Coffee Shop Indonesia merupakan salah satu pengekspor kopi terbesar di dunia saat ini, urutan ke 4 dunia setelah brazil, vietnam dan...

3 Langkah Mudah Mengembangkan Bisnis

Setiap orang yang memiliki bisnis pasti menginginkan bisnisnya dapat berkembang. permasalahannya mengembangkan bisnis itu bukanlah perkara mudah, oleh sebab itu 3 langkah...

Cara Membangun Tim Admin Untuk Bisnis Online

Bisnis Online tidak pernah terlepas dengan yang namanya bagian admin atau tim admin. Oleh sebab itu artikel cara membangun tim admin untuk...
96FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
Hosting Unlimited Indonesia

Postingan Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Whatsapp Aja Bro...