Advertisement

Senjata & Amunisi Untuk Terjun Ke Bisnis Affiliate Indonesia

Bantu Share Gan...

Saat ini menghasilkan uang dari internet makin lebih mudah dibandingkan beberapa tahun yang lalu, salah satunya dengan menjalankan bisnis affiliate atau bisnis afiliasi.

 Advertisement

Mengapa harus menghasilkan uang dari Internet melalui bisnis affiliate?

Jika anda sebelumnya adalah seorang karyawan yang bekerja di perusahaan tertentu dengan acuan standar gaji UMR, maka dengan bisnis ini bisa mewujudkannya bahkan lebih?

Perbedaan ya anda hanya butuh koneksi internet, ilmu digital marketing dan tools pendukung. Jadi tanpa perlu keluar rumah. Waktu dengan keluarga lebih fleksibel.

Jika anda seorang pebisnis, maka ini bisa menjadi multiply income bagi bisnis anda, karena sebaiknya sebuah bisnis harus saling menopang untuk menyambut siklus bisnis yang sulit ditebak.

JIka kamu seorang penganguran??? Nah ini kerjaan khusus untuk penganguran, jadi anda bisa berpotensi besar menjadi pengangguran yang terhormat…

Anda pasti suka setuju kan lebih baik tetap berpenghasilan daripada penghasilan tetap….

Bingung Mau Bisnis Affiliate Mulai Dari Mana???

Setelah membaca sampai selesai postingan ini, maka kebingungan anda tadi akan berubah menjadi penasaran dan motivasi… Jadi pastikan membacanya sampai selesai.

Yuk, mulai membangun bisnis afiliasi anda sekarang.

Senjata dan Amunisi Bisnis Affiliate

Untuk terjun ke bisnis ini anda jangan menjadi pasukan berani mati konyol yah, siapkan dulu senjata dan amunisinya. Pastikan juga tau cara menggunakannya, agar tidak mencederai jiwa anda.

#1 Domain & Hosting

Pondasi awal yang harus anda miliki yaitu memiliki domain dan hosting, jangan sekali-kali terjun ke bisnis ini tanpa pasangan keduanya.

 Advertisement

Selain itu anda harus tau cara penggunaannya juga, jadi mulai akrab dengan sepasang senjata tersebut, mulai dari fungsi, harga, dan sebagainya.

Ingat jangan sampai salah memilih nama domain dan provider hosting, karena ini digunakan untuk bisnis. Pastikan cari nama domain yang bagus dan penyedia hosting yang kredibel.

Biasanya domain dan hosting itu di beli terpisah, punya harga masing-masing, namun anda bisa sekali beli semuanya di Gapura Hoster, beli yang paket bisnis setahun sudah dapat domain dan hosting bisnis. Jauh lebih hemat.

Rata-rata para affiliate marketer di Indonesia menggunakan Gapura Hoster, karena selain harga hosting bisnis-nya murah juga anda bisa menjadi menjadi afiliasi disana, komisi affiliate berulang. Cukup sematkan saja link di footer website.

#2 Website dan Landing Page

Setelah memiliki domain dan hosting, langkah selanjutnya yaitu memiliki website dan juga landing page untuk menjual produk afiliasi dari vendor.

Tidak perlu khawatir jika tidak bisa membuat website atau landing page, anda bisa menggunakan jasa pembuatan webiste dan landing page.

Jika ingin lebih hemat lagi bisa buat sendiri dengan menggunakan theme wordpress ini. Sangat mudah digunakan karena tinggal drag and drop. Jadi gak perlu skill coding.

#3 Sistem Membership

Setelah website jadi, saatnya memasangkan sistem membership untuk mengatur akses dari member, langganan berbayar, payement method, menampung database.

Biasanya para senior affiliate menggunkan amember sebagai membershipnya, sayangnya harganya cukup tinggi, sekitar $149 per tahun.

Namun beruntungnya di 2019 kemarin Indonesia sudah memiliki sistem membership sendiri yang fiturnya sangat lengkap dan juga harga terjangkau, hanya 497rb pertahun. Bisa cek langsung fiturnya disini.

#4 Free Ebook, Video, design & template design

Cara mendapatkan leads pembeli paling cepat yaitu dengan memberikan umpan seperti membagikan ebook, video, dan template yang serba gratis.

Leads tersebut di tampung pada sistem membership tadi untuk kemudian di follow up kembali dan di konversi menjadi pembeli produk yang anda afiliasikan.

Untuk data yang bagus dijadikan sebagai leads cukup meminta Nama, No Email dan No WhatsApp. Data inipun lebih mudah di kelola.

#5 Layanan Email Marketing

Untuk menjangkau member yang ada pada sistem membership, anda harus menggunakan sistem auto responder yang disediakan oleh layanan email marketing.

Di Indonesia layanan email marketing paling murah bisa menggunakan kirim.email punya mas Fikri Fatullah.

Untuk paket berlangganan sebulan paling murah di angka 100rb per bulan.

#6 WhatsApp Blast

Jika anda merasa sulit untuk menggunakan email marketing, maka anda bisa memanfaatkan database No WhatsApp.

Database yang banyak tidak mungkin bisa di follow up satu persatu, sangat memakan waktu dan bikin capek.

Selain itu saat ini WhatsApp tidak mengizinkan anda mengirim pesan yang sama pada 5 orang yang berbeda di waktu yang bersamaan. Nomor anda bisa diblokir.

Maka dari itu dibutuhkan aplikasi WhatsApp blast untuk mengirim pesan massal, saya menyarankan anda menggunakan Aplikasi WBSPro, karena sudah coba aplikasi lain tapi mengecewakan.

#7 Design Template Promosi

Meskipun biasanya setiap vendor sudah menyediakan design promosi untuk produk digitalnya, namun sebaiknya anda mendesign sendiri agar tampil beda dari affiliate lainnya.

Cobalah gunakan Canva, meskipun gratis tapi sudah cukup untuk membantu aktifitas promosi anda.

Saya sampai dengan saat ini masih sering mengunakan canva sebagai template desingn promosi.

Sampai disini anda sudah bisa menjalankan bisnis afiliasi dan mulai menghasilkan uang yang dimana keuntungan (profit margin) bisa sampai 100%.

Berapa Modal Yang Harus Disiapkan???

Bisnis affiliate bukanlah bisnis yang tanpa modal, anda harus menginvestasikan sebagian dana minimal untuk memulai bisnis tersebut.

Mari kita hitung modal awal yang harus disiapkan

  1. Beli domain dan hosting bisnis di Gapura Hoster 500rb
  2. Tema wordpress landingpress 497rb
  3. Plugin Sejoli Membership 497rb
  4. Produk PLR untuk bonus anggaplah 500rb
  5. Langganan Email Marketing 100rb
  6. Aplikasi WBSPro 597rb

Total dana yang harus anda siapakan untuk memulai bisnis afiliasi adalah 2.191rb, mahal atau murah??? itu tergantung mindset anda.

Kenapa Tidak Semua Orang Sukses Di Bisnis Affiliate?

Gurihnya bisnis afiliasi membuat banyak orang ingin terjudi di bisnis ini, bayangkan saja, hanya dengan menyebar link saja bisa mendapatkan komisi yang rata-rata diatas 100rb persales.

Ironinya tidak banyak yang sukses meskipun sudah mengeluarkan banyak uang. Ikut trainning, workshop, beli e-course, beli tools dan banyak hal lainnya mengenai pemasaran digital.

Apa penyebabnya??? Menurut pengalaman saya pribadi adalah pingin tahu segalanya padahal baru memulai.

Tahu segalanya itu bagus, tapi jangan diawal-awal, karena setiap ilmu pemasaran digital butuh waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit.

Ada beberapa sumber traffic yang sering digunakan oleh affiliate marketer untuk menyebar link cookiesnya.

Jika dibagi ada dua gaya yang berbeda…

Gaya gratisan dan gaya berbayar, dua duanya sangat efektif jika menekuninya dan menemukan polanya.

Sumber Traffic Berbayar

  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Google Ads
  • Youtube Ads

Sumber Traffic Gratis

  • Sosial Media (Facebook, Instagram, Twitter & Youtube)
  • (Google) Search Engine Optimization

Semua sumber traffic diatas membutuhkan banyak waktu untuk mempelajarinya, kebanyakan seorang pemula akan melahap semua teknik diatas, akhirnya kurang fokus dan capek sendiri.

Emangnya saya tau dari mana?

Saya sendiri yang mengalami hal tersebut dan saya tidak ingin anda mengulanginya.

Dulu saat kenal bisnis online saya pelajari semuanya, facebook ads, facebook marketing, website dan SEO. Wal hasil tidak ada yang benar-benar menghasilkan.

Akhirnya saya fokus ke website marketing saja dan alhamdulillah hasilnya bagus. Baru setelahnya mulai belajar lagi ilmu lain.

Menurut riset dari Berlin Academy of Music bahwa untuk menjadi seorang expert anda harus melakukan belajar dan latihan terus menerus dengan benar (deliberate practice) selama 10.000 Jam atau 1 tahun lebih.

Jadi untuk jago facebook ads anda butuh waktu satu tahun untuk jadi seorang expert.

ketika jadi sudah jadi expert dan menghasilkan baru deh mulai belajar lagi disiplin baru seperti google ads dan lainnya.

Untuk percepatan proses belajar biar maksimal anda bisa deh ikut e-course, workshop, menggunakan tools pendukung dan lain hal yang masih berhubungan dengan satu disiplin ilmu.

Jika Tertarik Belajar SEO

Jika modal anda terbatas mungkin traffic gratisan bisa menjadi solusi dibandingkan harus memakai traffic berbayar untuk mendapatkan penjualan.

Salah satu adalah menguasai ilmu Search engine optimization, memang sangat ribet dan jelimet diawal, sekali salah bisa harus ulang baru lagi.

Tapi, jika berhasil menemukan polannya maka anda bisa menghasilkan passive income meskipun anda tidur.

Salah satu ecourse yang bisa anda pelajari yaitu search engine domination, cukup bagus untuk pemula.

Jika Tertarik dengan Facebook Marketing

Saya rasa hampir semua orang bisa berjualan menggunakan facebook, asalkan pertemanan tertarget, keaktifan tinggi dan berhasil membangun personal branding yang baik di facebook.

Saya sudah pernah membahas ini sebelumnya, silahkan di baca saja.

Jadi saya pikir yang anda butuhkan yaitu bagaimana mengotomatiskan dan melakukan pemasaran di facebook secara masif.

Anda bisa menggunakan bantuan tools facebook marketing automation untuk memudahkan anda dalam mengelola banyak akun facebook, menambahkan pertemanan tertarget dan riset audiance interest.

Kita bahas yang gratisan dulu agar proses dan biaya belajar bisa di press lagi, jika sudah menghasilkan jutaan boleh berfikir lagi untuk belajar ke tingkat advnce.

Sekian dulu dari saya tentang senjata bisnis affiliate, semoga anda bisa menghasilkan uang dari internet minimal standar UMR.

Silahkan share jika bermanfaat, salam berkah selalu.

 Advertisement
 Advertisement
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar