Review Flick: Aplikasi Riset Hashtag untuk Instagram

Melalui postingan sebelumya, tentu Anda sudah mengetahui pentingnya hashtag dalam setiap post Anda.

Selain berfungsi untuk membuat posting-an Anda ditemukan oleh audiens baru yang lebih luas, hashtag juga berfungsi dalam memengaruhi algoritma Instagram untuk menentukan jenis akun Anda dan kepada siapa konten Anda akan diarahkan.

Nah, untuk mempermudah Anda dalam melakukan riset hashtag dan menentukan hashtag yang tepat, terdapat tools yang bernama Flick.

Yuk simak review flick dari saya ya.

Apa itu Flick dan bagaimana cara menggunakannya? Simak lebih lanjut artikel ini!

Mengenal Apa Itu Flick Lebih Jauh

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, Flick merupakan tools Instagram yang akan membantu Anda untuk mencari hashtag yang tepat.

Anda bisa langsung kunjungi website flick sekarang. Jika

Tools ini tersedia di iOS, Android, hingga versi Desktop.

Ketersediaan Flick pada berbagai media memudahkan user untuk mengakses Flick kapan saja dan di mana saja sesuai dengan kebutuhan dalam membuat konten.

Pada artikel review flick kali ini ada beberapa fitur utama yang akan saya ulas.

apa itu flick

Terdapat fitur find hashtag untuk mendapatkan referensi hashtag yang bisa Anda gunakan pada postingan Anda. Kemudian, fitur find viral posts untuk menemukan konten-konten teratas berdasarkan hashtag yang Anda cari.

Selain kedua fitur tersebut, Anda juga mendapatkan fitur analytics untuk melihat performa konten Anda dan fitur hashtag collections untuk melihat kumpulan hashtag yang telah Anda riset sebelumnya.

Sebuah catatan: aplikasi ini bukanlah aplikasi gratis. Akan tetapi, harga yang Anda bayarkan tentunya sepadan dengan kemudahan yang ditawarkan oleh Flick.

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki Flick adalah informasi mengenai banned hashtag yang penting untuk Anda.

Seperti yang sudah saya sebut pada post mengenai shadowban, menggunakan banned hashtag dapat mengakibatkan akun Anda terkena shadowban dan membahayakan insight maupun engagement yang telah Anda kembangkan.

Selanjutnya, saya akan membahas mengenai bagaimana cara menggunakan fitur find hashtag untuk mendapatkan hashtag yang tepat sesuai dengan konten Anda.

Cara Menentukan Hashtag Menggunakan Flick di Handphone

Terdapat berbagai fitur yang akan sangat membantu Anda untuk menemukan hashtag yang tepat.

Review flick ini bagi pengguna handphone.

Di sini, saya akan menjelaskan secara rinci mengenai strategi dan masing-masing fitur yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan performa konten Anda.

Find Hashtag

Kita akan berangkat dari fitur dasar aplikasi Flick, yaitu, fitur untuk menemukan hashtag.

Langkah awal yang harus Anda persiapkan adalah menentukan seeds hashtag atau hashtag awal yang sesuai dengan niche akun Anda.

Misalkan, hashtag awal Anda adalah painting atau melukis. Maka, deretan hashtag yang akan muncul pada hasil dari pencarian adalah hashtag yang memiliki hubungan atau yang relevan terhadap hashtag painting.

Contoh dari hashtag yang relevan adalah artinstagram, oilpastel, dan lain-lain. Alias, tidak hanya yang berisi kata ‘painting’. Lebih jelasnya, bisa Anda lihat pada contoh yang telah disediakan oleh Flick pada gambar berikut.

flick hashtag

Hal tersebut menandakan bahwa kompetisi untuk menjadi top post menggunakan hashtag tersebut berada dalam tingkatan sedang.

Secara garis besar, terdapat tiga tingkatan, yaitu: high competition, medium competition, dan low competition.

Pro tip: kombinasikan ketiga jenis kategori tersebut dalam tiap post Anda.

Apabila Anda melihat daftar tersebut melalui tampilan desktop, Anda akan mendapatkan penjabaran yang lebih jelas mengenai competition score dari seluruh hashtag yang tersedia dan potential reach yang dimiliki oleh masing-masing hashtag tersebut.

Apa itu potential reach?

Potential reach adalah kemungkinan konten Anda untuk menjangkau audiens melalui hashtag tersebut. Low competition tidak berarti low potential.

Anda bisa menggunakan low competition hashtag dan mendapatkan high potential reach, sehingga konten Anda dapat dengan mudah menduduki posisi top posts.

Akan tetapi, Anda mungkin akan merasa kebingungan dengan berbagai hashtag yang ditampilkan oleh Flick.

Oleh karena itu, terdapat fitur lanjutan yang dapat Anda gunakan untuk memilih hashtag yang lebih relevan lagi dengan akun Anda. Fitur tersebut dinamakan search filters.

Search Filters

Fitur search filters akan membantu Anda untuk mengeleminasi hashtag yang tidak sesuai dengan akun Anda atau kebutuhan Anda.

Pada gambar, Anda bisa melihat terdapat tiga jenis search filters: smart, saved, dan custom.

filter search flick

Smart filterdapat memberikan saran hashtag yang tepat berdasarkan performa hashtag pada akun Anda, serta engagement masing-masing konten.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus memastikan bahwa akun Anda terhubung pada aplikasi Flick.

Kemudian, setelah Anda mengaplikasikan smart filter, akan muncul daftar hashtag yang disarankan oleh Flick untuk konten Anda.

Saved filter adalah kelompok custom filters yang pernah Anda buat dan simpan tergantung dengan kebutuhan Anda.

Saved filter memudahkan Anda untuk menggunakan setting-an filter yang sebelumnya Anda gunakan tanpa perlu mengatur ulang sedari awal.

Mudahnya, filter ini adalah jenis custom filter yang telah Anda atur sedemikian rupa sebelumnya dan dapat digunakan lagi untuk kepentingan berkelanjutan.

Custom filter merupakan fitur yang dapat Anda atur sendiri apabila smart filter kurang mampu memberikan opsi sesuai keinginan Anda.

Melalui custom filter, Anda bisa mengatur untuk melihat hashtag berdasarkan media count atau jumlah post yang menggunakan hashtag tersebut, average likes atau rata-rata like yang diperoleh oleh post dengan hashtag tersebut, dan sebagainya.

Pada bagian average likes, Anda bisa mengatur angka untuk melihat hashtag dengan like yang berjumlah di atas atau di bawah angka yang Anda atur.

Misalkan, Anda ingin melihat hashtag untuk post dengan jumlah likes di bawah 400, maka Anda bisa memasukkan angka 400 pada average likes lalu less than 400. Hal yang sama dapat Anda lakukan pada pengaturan lainnya.

Pro tip: Untuk menentukan angka likes, jadikan performa konten Anda sebagai acuan. Misalkan, like paling tinggi adalah 500, maka Anda bisa mencari hashtag yang relevan menggunakan filter less than 500.

Setidaknya itu review flick yang bisa saya berikan tentang search filter.

Lalu, bagaimana bila Anda sudah selesai menentukan hashtag dari fitur filter yang Anda gunakan? Kita akan berpindah pada fitur selanjutnya, yaitu collections.

Collections

Fitur collections memungkinkan Anda untuk menyimpan daftar hashtag pilihan Anda yang diperoleh dari hasil riset.

collection flick

Anda bisa mengelompokkannya berdasarkan niche, jumlah likes, atau hal-hal lainnya yang menjadi tujuan Anda melakukan riset hashtag.

Tetapi, penting bagi Anda untuk mengingat bahwa jenis hashtag dapat berubah-ubah. Contoh, yang hari ini menduduki posisi low competition, bisa jadi menduduki posisi high competition di keesokan harinya.

Hal ini tergantung pada tren dan juga perilaku pengguna Instagram. Oleh karena itu, akan lebih efektif untuk mengelompokkan hashtag berdasarkan niche dan juga performa hashtag tersebut pada masing-masing konten Anda.

Bagaimana cara untuk mengetahui performa hashtag? Itu lah fungsi dari fitur analytics.

Analytics

Menggunakan fitur ini, Anda bisa melihat bagaimana performa dari hashtag yang Anda pilih juga performa dari masing-masing konten yang telah Anda post.

analytics flick

Fitur ini penting bagi Anda untuk melakukan evaluasi terhadap pemilihan dan kombinasi hashtag yang telah Anda lakukan.

Dengan demikian, Anda bisa merumuskan kombinasi hashtag yang lebih baik lagi untuk meningkatkan performa konten Anda ke depannya.

Kesimpulan

Menggunakan Flick dapat menghemat waktu yang Anda gunakan untuk melakukan riset hashtag.

Dengan begini, Anda bisa melakukan hal-hal yang lebih produktif dan mendapatkan data yang lebih akurat.

Fitur-fitur yang disediakan oleh Flick pun sangat mudah dipahami dan akan sangat membantu Anda untuk menciptakan strategi pemasaran Instagram yang ampuh.

Semoga review flick ini bermanfaat untuk Anda ya.

Unduh Flick pada ponsel Anda sekarang juga!

 Advertisement

Irfan Juniyanto saleh

Seorang yang tertarik dengan Digital Marketing & Bisnis Online, berbagi pengalaman menjadi passion saya, karena hidup musti bermanfaat.

Tinggalkan komentar