Advertisement

3 Peralatan Youtuber Pemula Untuk Membuat Video & Menghasilkan Uang

Bantu Share Gan...

Saya sangat resah ketika mencari informasi tentang peralatan youtuber di internet yang mana semua memberikan informasi tentang kondisi ideal perlengkapan untuk menjadi youtuber.

 Advertisement

Semua informasi menurut saya tidak ideal bagi seorang youtuber pemula yang baru mau memulai karirnya. Dimana sumber dana tidak mencukupi, pengetahuan yang terbatas dan skill yang tidak mumpuni.

Semua perlengkapan harganya mahal ditambah lagi itemnya banyak, bisa sampai 10 list peralatan youtube. Jika begini ceritanya youtube bisa jadi hanya ramah untuk orang yang berduit.

Ini harus di putus, semua orang bisa jadi youtuber meskipun dalam keadaan terbatas, bahkan kebanyakan youtuber dari background ini banyak mendulang sukses jika di tekuni.

Oke, cukup 3 alat youtuber pemula ini yang perlu anda siapkan untuk menapak langkah menjadi youtuber sukses.

Laptop

laptop for youtuber

Laptop atau komputer merupakan peralatan youtube yang wajib dimiliki oleh seorang yang youtuber pemula.

Banyak hal yang bisa anda maksimalkan untuk membuat sebuah video menjadi berkualitas hanya dengan menggunakan laptop atau komputer.

Ibaratnya laptop akan menjadi dapur masak bagi para youtuber untuk mengolah kontennya menjadi lebih baik lagi.

Beberapa Fungsi Laptop Untuk Peralatan Youtuber

Mungkin anda bertanya apa saja yang bisa dilakukan oleh laptop dalam menopang channel youtube anda menjadi besar?

  • Menginstal Software Pendukung

Laptop ataupun komputer mendukung anda untuk bisa menginstal beberapa software yang sering digunakan untuk youtuber agar bisa membuat konten video sebagus dan sekreatif mungkin.

  • Editing Video

Video yang anda buat harus melewati proses editing yang ketat, karena nantinya video memang ditujukan untuk dilihat orang banyak, mereka tertarik dengan konten yang anda buat, membagikannya di sosial media bahkan tidak sabaran untuk menunggu update terbaru dari channel youtube anda.

 Advertisement

Mengedit video lewat laptop ataupun komputer saat ini masih menjadi satu-satunya alternatif terbaik dan ternyaman untuk proses editing video.

  • Membuat Konten

Terutama para youtuber dengan niche tutorial ataupun game rata-rata menggunakan laptop untuk membuat konten mereka.

Hanya dengan merekam layar desktop saja maka sebuah konten tutorial akan siap untuk di upload ke youtube dan di saksikan banyak orang.

Saya pribadi hanya mengandalkan laptop untuk membuat konten tutorial dengan model rekaman layar menggunakan software pendukung Camtasia.

Begitupun dengan konten game.

Jadi untuk membuat konten memeng tidak harus punya kamera ya… cukup punya laptop maka anda akan punya konten, terlebih laptop sudah dibekali dengan kamera depan yang saya rasa cukup untuk merekam.

Tiga hal diatas saya rasa merupakan kontribusi terbesar laptop dan komputer terhadap seorang youtuber, sebenarnya masih banyak lagi, anda bisa tambah sendiri di kolom komentar.

Laptop Apa Yang Terbaik Untuk Youtube Pemula?

Ini pertanyaan classic dan paling fundamental yang sering ditanyakan oleh seorang yang baru mau jadi youtuber.

Soal merek, speck komputer dan tetek bengek mana yang paling pas untuk seorang youtuber pemula.

Kebetulan saya bukan penjual laptop sehingga saya tidak akan menyarankan anda untuk membeli merek laptop tertentu, itu mah bahasa promosi aja.

Poin paling penting yaitu komputer atau laptop tersebut speknya sudah cukup standar, harganya tidak tinggi-tinggi amat.

Soal Speck

Cukup minimal gunakan dual core dengan ram 2-4 giga saja, agar bisa membuka aplikasi dengan mudah.

Soal Harga

Agak susah sih bicara soal harga, terutama nilai dollar yang memang tidak stabil, tapi kelas laptop dengan harga 5-7 juta sudah cukup baik untuk anda sebagai pemula.

Jika menggunakan komputer tentu budgetnya lebih dibawah lagi, mau murah lagi ya cukup beli second saja. Bagaimana sudah dapat insight tentang peralatan youtuber?

Smartphone

Smartphone for youtuber

Smartphone menjadi peralatan youtube kedua yang wajib dimiliki untuk anda yang ingin terjun menjadi youtuber.

Saat ini smartphone yang di rilis dipasaran rata-rata sudah cukup baik untuk dijadikan perlengkapan youtube yang mumpuni…

Mulai dari resolusi kamera yang cukup bagus untuk merekam video, kapasitas memori yang cukup besar serta kapasitas ram yang sudah lebih baik.

Banyak sekali vlogger yang sukses membuat konten-konten youtube yang berkualitas dan menjaring banyak subscribe serta menghasilkan banyak uang hanya mengandalkan smartphone mereka.

Beberapa smartphone bawaan sudah memberikan headset yang bisa dijadikan sebagai mikrophone untuk menghasilkan suara yang lebih baik.

Namun bukan berarti rekaman hanya mengandalkan recorder handphone masih butuh headset ya, karena merekam langsung suara dari hanphone juga hasilnya sudah cukup jernih.

Sebagian vlogger juga bahkan langsung mengupload hasil videonya ke channel youtube tanpa harus melakukan editing menggunakan laptop.

Ini dia beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Smartphone anda

  • Membuat Konten

Umumnya para vlogger pemula menggunakan handphone untuk merekam videonya. Sangat simpel dan sederhana, asal kontenya bagus dan bermanfaat itu sudah cukup.

  • Mengedit Video

Jangan salah loh, sebagian orang hanya melakukan edit videonya menggunakan aplikasi editing video yang bisa di download gratis di playstore dan langsung membagikannya ke channel youtube anda.

Beberapa aplikasi populer untuk edit video melalui smartphone antara lain

  1. Filmora Go
  2. Kine Master
  3. Viva Video
  • Paralatan Youtube Microphone

Smartphone bisa berfungsi sebagai recorder penghasil suara terbaik, termurah dan termudah.

Anda bisa langsung melakukan voice recording kemudian menyesuaikannya dengan video saat proses editing di laptop.

  • Dasboard Youtube

Smartphone bisa langsung memantau perkembangan channel youtube anda secara mudah dan realtime, anda bisa membuaka youtube studio, membalas komentar dan lain sebagainya tanpa harus membuka laptop anda.

Itulah beberapa fungsi utama dari smartphone, sekarang menuju ke pertanyaan klasik.

Smartphone Apa yang Cocok Buat Youtuber Pemula

Lagi-lagi saya bukan penjual smartphone, tapi sekarang saya menyebut merek, karena memang ini sangat penting dan saya juga menggunakannya.

Untuk ukuran smartphone dengan harga murah dan spek yang cukup bagus saya tetap menggunakan ponsel asal china, mereknya XIAOMI. Saya rasa anda pun sepakat.

Saya ga bahas tipe ya, karena pergerakannya sangat cepat, tapi saya bahas harga, menerut saya handphone XIAOMI dengan harga 3 jutaan sudah cukup mumpuni speknya untuk menopang aktifitas youtube anda.

Template Video Youtuber

youtube cover

Ini yang sangat penting buat anda seorang content creator pemula yang tidak punya skill editing video namun tetap pengen videonya menarik.

Rahasianya adalah menggunakan template, jadi template ini membantu anda membuat banyak hal di youtube hanya dengan mengeditnya via power point saja.

Kabar baiknya, salah satu pembuat template youtube terbaik di dunia itu orang Indonesia, anda bisa mencoba produknya YoutuberID, silahkan klik saja langsung.

Menurut saya ada 3 hal dasar yang sering sekali menjadi perhatian para pengunjung channel youtube seseorang.

  • Cover Youtube

Agar terlihat profesional cover youtube anda harus tampil profesional, ini yang membedakan youtuber biasa dan youtuber pro. Meskipun anda pemula tapi design cover harus bagus.

  • Thumbnail

Thumbnail menjadi pintu utama agar orang tertarik menekan tombol play untuk menonton video anda, thumbnail yang menarik dan bikin penasaran pasti mendatangkan banyak view.

  • Video Opener

Jadi sebelum masuk ke konten utama anda, biasanya youtuber memberikan opener dulu diawal, misalnya penjelasan siapa dia, ajakan untuk komen dan subscribe dan lain-lain.

  • Konten Itu Sendiri

Konten sangat pengaruh besar, salah satu konten yang lagi naik daun adalah konten dengan model animasi, nah anda bisa menggunakan template Animatoon untuk membuat konten animasi hanya dengan power point. Ga percaya kan?

Hanya dengan menggunakan template youtube anda sudah bisa membuat cover channel youtube profesional, thumbnail menarik, video opener yang memukau serta konten video yang lagi hype saat ini.

Setelah itu semua anda tinggal memikirkan bagaimana cara memonetisasi youtube dan bagaimana monetise channel youtube tanpa perlu adsense. Semua sudah saya bahas.

Oke sudah cukup panjang saya membahas tentang peralatan youtube yang wajib dimiliki oleh seorang pemula, pertanyaanya kapan anda memulainya???

 Advertisement
 Advertisement
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar