Pentingnya Memiliki Website untuk Bisnis

 Advertisement

Di era digital ini, setiap lini kehidupan mulai beralih ke sistem online yang terbilang lebih praktis.

Begitu pula dengan bisnis, sebagian besar badan usaha dari berbagai tingkatan sudah memiliki website official saat ini.

Sebenarnya tidak mengherankan, mengingat ada banyak sekali alasan pentingnya memiliki website untuk bisnis. Salah satunya adalah meningkatkan jumlah order.

Membuat website bukanlah perkara sulit sekarang ini. Apabila Anda merupakan pebisnis pemula yang baru merintis usaha kecil-kecilan, maka bisa menggunakan website builder yang lebih simple dipakai.

Jadi, tidak perlu merekrut tim website developer profesional, hingga anggaran perusahaan benar-benar mencukupi.

Pentingnya Memiliki Website untuk Bisnis di Zaman Modern

Anda baru terjun di dunia bisnis dan sedang mempertimbangkan apakah akan membuat website atau tidak?

Beberapa poin penting mengenai besarnya manfaat website untuk bisnis di bawah ini bisa menjadi bahan referensi bagi Anda :

1.     Meningkatkan Kredibilitas

Dewasa ini, pembeli memang semakin cerdas. Hal ini terbukti dari semakin banyaknya pembeli yang menjadikan referensi produk tertentu di internet sebagai bahan acuan sebelum memutuskan untuk order.

Tidak sedikit calon konsumen hanya mau beli setelah membaca track record dari perusahaan yang memproduksi/ menjual produk tersebut.

Website merupakan salah satu bentuk profesionalisme badan usaha, yang membuatnya terlihat kredibel di mata konsumen.

Jadi, tidak peduli apakah bisnis Anda masih dalam skala kecil, atau besar, memiliki website official memang seolah jadi keharusan di zaman ini. Karena website bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap suatu perusahaan.

2.     Selalu Terhubung dengan Konsumen

Kehadiran website bisa menjembatani interaksi antara seller dan buyer tanpa batasan jarak dan waktu.

Untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, maka Anda bisa menggunakan pelayanan optimal, salah satunya menggunakan fitur live chat 24 jam (Jika mempunyai tim CS khusus).

Layanan yang serba fast respon akan menjadi nilai plus di mata pembeli.

Supaya website lebih bermanfaat untuk konsumen, Anda juga bisa memaksimalkannya dengan cara menerbitkan konten berupa tips, review produk, maupun informasi seputar produk.

Dengan memberikan informasi secara berkala, maka konsumen akan merasa semakin mantap membeli produk Anda.

3.     Menjangkau Target Pasar Lebih Luas

Internet menawarkan jangkauan layanan tanpa batas yang dapat Anda manfaatkan untuk kepentingan bisnis.

Ketika Anda mengunggah sesuatu ke website, maka bisa menjangkau target konsumen yang ada di berbagai belahan dunia. Jadi, tidak peduli produk apa pun yang Anda jual, website adalah alternatif promosi tanpa batas.

Selama ada jaringan internet, maka siapa saja bisa mengakses produk yang Anda tawarkan.

Jangkauan pasar yang begitu luas memang menjadi suatu kelebihan tersendiri dari bisnis online, dibandingkan membuka toko fisik saja.

Pada sistem offline, maka pembeli hanya terbatas pada lingkaran orang sekitar, dan konsumen yang itu-itu saja.

4.     Hemat Anggaran & Waktu

Tidak seperti toko fisik yang membutuhkan anggaran besar untuk membeli, membangun, atau menyewanya. Website dapat menjadi alternatif solusi rumah bisnis Anda yang didirikan di ranah online.

Di era ini, tidak memiliki toko fisik bukan merupakan suatu perkara besar lagi. Anda tetap bisa menjalankan bisnis dengan memanfaatkan toko online.

Kehadiran online store juga pastinya akan memberikan keuntungan tersendiri untuk konsumen. Pasalnya, sekarang aktivitas belanja bisa lebih mudah, praktis, dan hemat waktu.

Pembeli tidak perlu repot-repot untuk menghampiri Anda hanya untuk beli produk. Karena semua proses transaksi jual beli dapat dilakukan melalui gadget.

5.     Sebagai Katalog & Portal Informasi

Salah satu alasan pentingnya memiliki website untuk bisnis adalah, karena web dapat difungsikan sebagai katalog dan juga portal informasi.

Anda tidak perlu lagi repot mencetak berbagai buku katalog, dan brosur untuk memperkenalkan produk yang dijual kepada konsumen. Sekarang, semua informasi produk dapat diakses melalui halaman website.

Untuk brand yang belum lama launching dan kurang dikenal oleh masyarakat, website juga bisa menjadi salah satu sarana branding paling ampuh.

Di website, Anda bisa upload berbagai hal yang berkaitan dengan produk, mulai dari gambar, deskripsi, video, dan lain sebagainya. Jadi, calon pembeli bisa lebih yakin untuk membeli produk dari toko Anda.

6.     Dinamis

Website merupakan sumber daya yang memiliki sifat dinamis. Anda tinggal melakukan upgrade saja untuk mengoptimalkan berbagai fitur yang ada.

Jadi, tidak ada istilah toko online Anda akan ketinggalan zaman. Dengan begitu, para pelanggan juga pasti lebih betah berlama-lama berada di halaman website Anda, karena tampilannya tidak monoton.

7.     Meningkatkan Penjualan

Sudah bertahun-tahun merintis usaha tapi masih stuck di tempat yang sama? Mungkin tidak memiliki website bisnis adalah salah satu faktor penyebabnya.

Di era ini, setiap pebisnis dituntut untuk bisa menghadirkan bisnis yang sesuai dengan perkembangan zaman. Kalau tidak, maka jangan kaget kalau angka penjualan Anda tidak mengalami kenaikan.

Keberadaan website bisa membantu untuk mengarahkan visitor hingga menjadi konsumen potensial.

Memposting berbagai informasi, maupun mengadakan promo secara berkala juga dapat menjadi cara untuk menggaet lebih banyak pembeli.

Semakin informatif dan berisi website Anda, maka semakin tinggi kemungkinan penjualan akan melonjak drastis.

8.     Memperluas Jaringan Bisnis

Belum banyak yang menyadari, bahwa website bisa menjadi jalan untuk memperluas lini bisnis.

Caranya adalah berkolaborasi dengan pebisnis lain yang memiliki online store.

Jadi, selain mencari pelanggan, Anda juga bisa sekaligus mengembangkan sayap bisnis dan menambah koneksi baru. Jadi, bisa mulai membuat proyek yang menguntungkan.

9.     Sarana Pemasaran

Tidak dapat dipungkiri, bahwa website dapat mendukung kinerja para tim digital marketing dalam menjalankan tugasnya.

Salah satunya adalah dengan melakukan marketing berbasis internet, khususnya website.

Ada banyak cara yang dapat ditempuh agar proses mempromosikan produk bisa berjalan optimal, mulai dari gratisan, hingga berbayar.

Apabila tidak ingin menggunakan iklan berbayar, maka bisa memanfaatkan SEO atau Search Engine Optimization. Jika dioptimalkan, maka situs website Anda akan ditampilkan di halaman pertama Google.

Hal ini tentunya akan membuat web lebih mudah ditemukan oleh banyak orang, khususnya saat mengetikkan keyword yang sesuai.

10.  Link

Anda dapat memviralkan produk andalan Anda dengan memasang link di berbagai website, sehingga bisa lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen.

Caranya mudah, Anda bisa memulai dengan membuat suatu konten artikel maupun video yang dapat menarik perhatian banyak orang. Semakin banyak yang share, semakin besar kemungkinan web jadi viral.

11.  Menyimpan Database Pelanggan

Dengan website bisnis, Anda tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan data para pelanggan setia. Karena semua data tersebut dapat dengan mudah ditemukan di database.

Tentunya hal ini akan memudahkan Anda saat akan mengirim broadcast menginformasikan promo menarik tertentu kepada para konsumen yang sudah pernah beli.

Setelah mengetahui betapa pentingnya memiliki website untuk bisnis, pasti sekarang Anda sudah tidak sabar untuk segera membuat website, bukan?

Situs web memang memiliki peran besar dalam mengembangkan bisnis. Ingatlah bahwa, “Kesuksesan datang dari mereka yang mau mencoba”, jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba bikin website untuk bisnis Anda.

Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar

×

Bonus ini Hanya Berlaku Hari inI 22 Oktober 2020 Sampai Pukul 23.59

Klik Disini