Hal-Hal Seputar Pemasaran Digital yang Penting Kamu Ketahui

Belajar Bisnis Online & Digital Marketing Bareng Saya

Sharing ini khusus untuk Anda yang benar-benar pemula, yang merasa sudah jago mending jangan masuk (NO DEBATE)

Pemasaran digital atau digital marketing mungkin sudah bukan istilah baru lagi dalam dunia bisnis mutakhir. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi, taktik pemasaran pun semakin bervariasi.

Masyarakat modern tidak bisa dipisahkan dari teknologi komunikasi karena hampir segala sendi kehidupan mereka bertumpu di atasnya. Oleh karena itu, pemasaran secara digital bisa dijadikan opsi utama dalam hal marketing di era terkini.

Mengenal Apa itu Pemasaran Digital

Pemasaran digital atau sering disebut juga sebagai digital marketing merupakan strategi pemasaran produk baik berupa barang ataupun jasa, yang dilakukan dengan memanfaatkan media digital.

Cara ini digadang-gadang mampu menjangkau konsumen secara lebih efektif dan efisien, baik dari aspek relevansi, personal, maupun waktu.

Tidak seperti pemasaran bentuk konvensional, dengan digital marketing Kamu tidak akan menggunakan media-media semacam baliho atau brosur dan selebaran. Kamu akan bermain lebih jauh di dunia digital melalui kemasan dan konten yang menarik.

Dunia digital yang dimaksud bisa berupa billboard, radio, televisi, dan internet. Namun ada juga beberapa pendapat yang mengerucutkan definisi digital marketing hanya pada strategi pemasaran melalui media internet saja.

Keunggulan Pemasaran Digital

Pemasaran digital memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya banyak digunakan oleh para pelaku bisnis.

Apabila Kamu saksikan secara kasat mata, akan tampak beberapa perbedaan signifikan antara pemasaran secara digital dengan pemasaran konvensional.

Perbedaan ini sebagian besar bermakna positif dan malah menjadi keunggulan yang ditawarkan digital marketing. Berikut beberapa keunggulan digital marketing yang perlu Kamu ketahui.

#1 Jangkauan Lebih Luas, Cepat dan Tepat Sasaran

Digital marketing yang dilakukan secara online dengan media internet bisa melakukan distribusi secara lebih cepat dan tepat.

Selain itu jangkauannya juga sangat luas karena tidak terbatas pada satu atau dua wilayah saja selama terhubung dengan jaringan internet. Dalam aspek ini tentu digital marketing lebih baik daripada pemasaran secara konvensional yang terbatas pada wilayah tertentu saja.

#2 High Engagement

Digital marketing secara online memiliki keunggulan untuk melakukan interaksi secara berkelanjutan dengan para konsumen.

Interaksi berkelanjutan inilah yang nantinya bisa sebagai bahan monitoring untuk memantau sejauh mana konsumen tertarik dengan produk atau jasa Kamu dan berminat untuk menggunakannya.

#3 Informasi Lengkap dan Jelas

Pemasaran digital memungkinkan konsumen untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang produk Kamu.

Konsumen bisa melakukan penelusuran lebih jauh untuk menemukan apa yang mereka cari. Jika secara kebetulan Kamu memilikinya, konsumen tentu tanpa segan akan tertarik dan melakukan pembelian.

#4 Banyak Opsi dan Varian

Pada hakikatnya, digital marketing tidak selalu berhubungan dengan pengiklanan semata. Melainkan iklan adalah salah satu cara marketing.

Jadi digital marketing tidak melulu berkaitan dengan iklan, karena ada banyak opsi lain yang bisa diambil untuk memasarkan produk selain melalui iklan. Misalkan dengan mengirim email ke pelanggan.

#5 Akuisisi Real Time

Pemasaran digital memberikan Kamu peluang baru untuk dilirik oleh organisasi bisnis yang bisa mengamati secara real-time proses marketing perusahaan Kamu bekerja, dan bagaimana respon konsumen.

Tentu hal ini memberikan feedback positif jika organisasi bisnis tersebut berniat menggandeng Kamu guna menjalin relasi dan koneksi yang lebih luas untuk pengembangan bisnis.

Jenis-Jenis Pemasaran Digital

Ada berbagai jenis digital marketing yang bisa dipilih, tentu dengan menyesuaikan bisnis apa yang Kamu kelola.

Jenis-jenis digital marketing berikut mulai populer dan banyak dicoba para pelaku bisnis karena terbukti memberikan dampak yang signifikan terhadap penjualan produk atau jasa.

Jenis digital marketing berikut based on internet, jadi hanya bisa dilakukan melalui koneksi internet. Simak apa saja jenis-jenisnya.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO secara mudahnya adalah salah satu bentuk optimasi web yang bertujuan untuk mendapatkan peringkat bagus jika ditelusuri oleh mesin pencari misalnya Google.

SEO memungkinkan website lebih gampang ditemukan oleh para pengguna internet yang tengah mengakses mesin pencari.

Semakin bagus peringkat sebuah website, akan semakin tinggi posisinya saat ditampilkan dalam hasil penelusuran mesin pencari.

Akibatnya akan semakin banyak orang yang melihat dan jika berminat akan mengunjungi website Kamu. Semakin banyak yang mengunjungi website, akan semakin bagus trafiknya sehingga memberikan keuntungan lebih bagi Kamu.

Sosial Media Marketing

Sosial media kini nyaris tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia modern. Hampir setiap aktivitas manusia selalu menggunakan sosial media, mulai dari aktivitas sehari-hari hingga yang berhubungan dengan bisnis.

Sosial media juga bisa dimanfaatkan untuk digital marketing. Pada praktiknya, tujuan dari sosial media marketing ialah untuk meningkatkan brand awareness dan membuka prospek bisnis yang lebih luas untuk usaha Kamu.

Konten Marketing

Konten marketing merupakan salah satu bentuk pemasaran digital yang difokuskan kepada proses pembuatan hingga distribusi konten.

Konten yang dimaksud bersifat relevan serta konsisten sehingga bisa menarik minat yang membacanya.

Kamu perlu menyesuaikan konten yang dibuat dengan target pasar, misalnya jika Kamu menargetkan konsumen dari kalangan pelajar maka konten yang dibuat hendaknya relateable dengan kehidupan pelajar.

Konten marketing sebenarnya memiliki peranan penting dalam digital marketing. Hal ini karena semua produk barang ataupun jasa yang akan Kamu pasarkan tentu memerlukan konten untuk mendeskripsikannya kepada konsumen.

Konten yang bagus akan menarik banyak konsumen untuk melirik apa yang jual.

Silahkan baca beberapa definisi mengenai cara membuat konten iklan yang menarik

Native Ads

Native ads merupakan iklan utama yang berisi konten untuk ditampilkan pada platform media tertentu bersamaan dengan konten non-berbayar lain.

Native ads harus memiliki rupa yang eye catching dan lebih bagus lagi jika membuat kesan penasaran bagi yang melihatnya. Native ads juga harus ditampilkan pada tempat yang tepat agar bisa menarik perhatian konsumen.

Semakin bagus kredibilitas tempat meletakkan iklan, semakin besar tingkat kepercayaan konsumen yang melihat iklan Kamu. Itulah pentingnya menentukan tempat iklan yang sesuai.

Native ads bisa dipasang pada sosial media seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan sebagainya. Selain itu bisa juga pada website besar yang sudah memiliki pengunjung loyal seperti portal berita online.

Jika ingin beriklan di portal berita atau website anda harus tahu ukuran iklan yang tepat, ulasan dari bannersnack ini bisa anda pakai.

Email Marketing

Email marketing bisa menjadi salah satu cara untuk menjembatani komunikasi antara pelaku bisnis dengan pelanggan.

Email marketing pada umumnya berupa pesan singkat yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah konten, event tertentu, atau potongan harga. Yang tidak kalah penting dari email marketing adalah Kamu harus membuat pesan yang menarik tapi bisa mengarahkan pelanggan untuk menuju website bisnis Kamu.

Email marketing memberikan keuntungan dalam hal komunikasi jangka panjang. Karena media yang digunakan adalah email, memungkinkan pelanggan untuk merespon terkait produk atau jasa yang diinformasikan.

Bahkan jika memang tertarik, pelanggan akan bertanya seputar detail produk hingga melakukan pembelian.

Strategi Sukses Pemasaran Digital

Untuk bisa sukses melakukan digital marketing, Kamu perlu menyusun strategi yang tepat. Berikut beberapa langkah-langkah yang bisa Kamu lakukan untuk memulai digital marketing yang efektif dan mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Memahami Target Pasar (Konsumen)

Pemasaran digital yang Kamu lakukan tentu harus sesuai dengan target konsumen yang Kamu sasar. Siapa yang Kamu sasar, di mana mereka, kegiatan apa yang biasanya mereka lakukan, pertanyaan sederhana itu perlu Kamu analisis agar tepat dalam menyajikan digital marketing.

  • Menyusun Prioritas Taktik Digital

Ada banyak pilihan digital marketing yang bisa Kamu pilih. Kamu perlu memilih secara tepat akan fokus pada digital marketing di saluran mana dan dalam bentuk apa, agar hasilnya sesuai yang diharapkan.

  • Mengukur Hasil dan Target Capaian

Pemasaran digital yang Kamu lakukan perlu adanya evaluasi. Kamu bisa membuat indikator kerja apa saja yang ditargetkan dari digital marketing yang dilakukan. Jika sudah, Kamu bisa mengevaluasi apakah target yang dibuat telah dicapai dan bagaimana cara untuk meningkatkan capaian.

  • Melakukan Analisis Efektivitas

Kamu juga perlu untuk melakukan analisis efektivitas strategi marketing yang telah dilakukan. Hal ini agar Kamu bisa mempertimbangkan masih perlu atau tidak menggunakan strategi yang serupa atau harus mencoba taktik marketing lain.

Tren Pemasaran Digital Terkini

Pemasaran digital telah berkembang menjadi sebuah strategi marketing yang ampuh untuk menarik konsumen. Kamu perlu mengetahui bagaimana tren pemasaran digital yang terkini agar bisa menyusun strategi marketing yang paling tepat. Berikut ini beberapa tren pemasaran digital yang bisa Kamu jadikan referensi dalam marketing digital.

Konten dalam Bentuk Video

Saat ini, di internet Kamu bisa menjumpai banyak bentuk video online yang isinya untuk memperkenalkan suatu produk. Kemasan video menjadi favorit kebanyakan orang karena menarik untuk disaksikan dan kadang bisa ditemukan kekonyolan dari bentuk pengemasannya.

Melalui video, produk atau jasa yang Kamu kelola bisa disajikan dengan penyampaian cerita yang unik, mudah dipahami, serta mampu menyampaikan pesan tersirat secara lebih mudah kepada konsumen.

Untuk bisa membuat konten video yang menarik, Kamu perlu memahami terlebih dahulu bagaimana kondisi target konsumen yang dituju. Hal ini agar konsumen tidak merasa asing dengan video yang Kamu sajikan.

Mengoptimalkan Stories

Orang-orang saat ini sangat menyukai bentuk stories, oleh karena itu ini bisa dijadikan sebagai salah satu peluang marketing yang menarik. Melalui model stories, Kamu bisa mengisahkan lebih banyak informasi produk atau jasa yang Kamu jual.

Stories juga berfungsi untuk lebih mendekatkan konsumen kepada Kamu, dengan cara lebih mengenal siapa Kamu dan lebih mengenal apa yang Kamu tawarkan kepada mereka.

Stories bisa ditampilkan melalui Youtube atau Instagram. Khusus untuk Instagram, Kamu bisa membentuk interaksi yang menyenangkan dengan konsumen, misalnya dengan cara menambahkan polling, pertanyaan, atau fitur-fitur interaktif lainnya.

Ide untuk membuat Stories hendaknya yang unik dan orisinil, karena itu nanti yang akan menjadi karakteristik produk atau jasa Kamu.

Berkolaborasi dengan Influencer yang Tepat

Sebagimana sebutannya, influencer mampu memberikan impact untuk setiap hal yang mereka lakukan. Influencer yang tepat akan sanggup mempromosikan suatu produk secara autentik dan menarik.

Mereka bisa menciptakan kesan bagus suatu produk dan akan meyakinkan followers mereka untuk menggunakan produk yang sama.

Di masa sekarang ini, influencer bisa jadi salah satu digital marketing yang paling efektif. Apalagi jika pangsa pasar Kamu adalah khalayak muda. Konsumen yang rentang usianya masih muda cenderung suka dengan konten yang memiliki kesan alami dan tidak dibuat-buat.

Oleh karena itu influencer dengan image yang baik dan followers yang cukup banyak akan mampu membangun kepercayaan lebih banyak orang.

Demikian hal-hal seputar pemasaran digital yang penting Kamu ketahui. Zaman berkembang secara dinamis, begitu juga dengan pola pikir manusia yang mampu menghasilkan beragam inovasi baru.

Munculnya digital marketing merupakan wujud inovasi yang diciptakan untuk memudahkan Kamu dalam melakukan pemasaran dalam cakupan yang lebih luas.

 Advertisement

Irfan Juniyanto saleh

Seorang yang tertarik dengan Digital Marketing & Bisnis Online, berbagi pengalaman menjadi passion saya, karena hidup musti bermanfaat.

Tinggalkan komentar