Menghindari Shadowban Di Instagram

Meskipun CEO Instagram, Adam Mosseri, menolak mengakui keberadaan shadowban di platform Instagram, para pengguna yang berasal dari berbagai kalangan mengeluhkan hal tersebut.

Tanpa peringatan dari tim Instagram, jumlah engagement pada setiap postingan para pengguna yang terkena shadowban akan menurun dengan drastis.

Hal ini sangat meresahkan, terutama bagi pelaku bisnis menengah ke bawah.

Mereka yang bergantung pada Instagram untuk membagikan konten dan meraih calon konsumen dapat mengalami penurunan penjualan.

Tentu saja siapapun ingin menghindari hal ini.

Belum lagi, Anda bisa saja di-ban selamanya oleh Instagram dan akun Anda di-nonaktifkan.

Oleh karena itu, bagaimana cara menghindari shadowban? Bagaimana Anda dapat memperbaiki akun agar kembali seperti sedia kala apabila terkena shadowban?

Apa Itu Shadowban

Shadowban di Instagram adalah sebuah istilah yang mana kondisi akun Instagram tiba-tiba mengalami penurunan engagement, kehilangan banyak followers, jangkauan menurun drastis dan bahkan view di story sedikit. Karena di anggap menyalahi aturan Instagram.

akun kena shadowban

Ciri-ciri Akun Terkena Shadowban

Username Hilang

Ciri pertama dari indikasi akun Instagram terdampak shadowban yaitu ketika mencari username tidak ditemukan di kolom pencarian.

Hashtag Hilang

Indikasi kedua adalah postingan yang Anda buat dengan menggunakan hashtag tidak muncul dalam kolom pencarian, normalnya ketika postingan baru di cek berdasarkan hashtag akan masuk pada kolom postingan terbaru

Engagement Menurun

Ada yang aneh saat membuat postingan, biasanya postingan Anda mendapatkan banyak interaksi seperti like, comment, share dan save. Tiba-tiba di postingan terbaru sedikit bahkan tidak ada engagement. Ini indikasi Instagram Anda kena shadowban.

Fitur Dibatasi

Jika tiba-tiba akun Anda tidak bisa melakukan like atau membalas postingan, bisa jadi indikasi akun Instagram Anda kena terdampak shadowban.

Notifikasi Larangan Sementara

Terakhir, biasanya Anda akan mendapatkan notifikasi larangan sementara dari Instagram, biasanya larangan ini akan normal kembali dalam beberapa hari kedepan. Ini tanda akun Anda kena dampaknya dan siap-siap mengalami penurunan di semua metrik Instagram.

Cara Menghindari Shadowban

Berikut adalah beberapa tips yang harus Anda pahami!

Walaupun CEO Instagram tidak mengakui keberadaan shadowban, mereka menekankan bahwa terdapat censorship di platform tersebut.

Beberapa posts yang dianggap tidak sesuai dengan guidelines Instagram maupun standar keamanan akan disaring sehingga tidak terlihat di explore pengguna lainnya.

Hal tersebut disebabkan oleh Instagram yang berusaha menjaga kualitas fitur explore.

Para tim merasa bertanggung jawab untuk menjamin agar konten yang tersaji cocok untuk segala kalangan, terutama bagi masing-masing pengguna.

Nah, sebenarnya, Instagram memiliki niat yang mulia.

Tapi, kenapa praktiknya justru menyerang akun-akun yang tidak berbahaya?

Itu karena mereka tanpa sengaja memasukkan hashtag maupun menunjukkan perilaku mencurigakan dan terdeteksi oleh algoritma Instagram.

So, penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang harus Anda hindari agar tidak terkena sensor oleh Instagram. Penasaran, kan?

Saya akan menjabarkan tiga hal penting yang harus Anda perhatikan saat menggunakan platform ini!

1. Penggunaan Hashtag

Seperti yang telah saya jelaskan di post tentang hashtag [link ke artikel tentang hashtag untuk website], kesalahan strategi dapat membuat akun Anda terkena shadowban Instagram.

Ingat! Jangan pernah melakukan copy paste daftar hashtag yang sama dari satu post dengan post yang lainnya.

Buatlah berbagai versi kombinasi hashtag untuk menjamin keselamatan akun Anda. Penggunaan hashtags yang sama berulang kali akan menyebabkan Instagram menganggap akun Anda sebagai akun spam.

Nggak masalah kok kalau Anda ingin memaksimalkan jumlah hashtag dalam satu post hingga mencapai 30.

Selama kombinasinya berbeda dan penggunaannya tepat, maka akun Anda tidak akan terkena shadowban.

Instagram telah menciptakan fitur untuk dapat menggunakan 30 hashtags dalam satu post bukan untuk melakukan shadowban pada pengguna mereka.

Lalu, kenapa terdapat banyak keluhan yang datang dari pengguna hashtags yang massive?

Bisa jadi karena mereka menggunakan salah satu (atau lebih) dari hashtag yang disensor oleh instagram. Berikut ini adalah daftar hashtag yang disensor oleh Instagram per tanggal 23 Januari 2021.

#alone

#assday

#beautyblogger

#bikinibody

#boho

#brain

#costumes

#curvygirls

#date

#dating

#desk

#dm

#elevator

#graffitiigers

#hardworkpaysoff

#happythanksgiving

#humpday

#iphonegraphy

#italiano

#kansas

#killingit

#kissing

#master

#models

#mustfollow

#nasty

#newyearsday

#petite

#pornfood

#pushups

#saltwater

#shit

#shower

#single

#singlelife

#skype

#snap

#snapchat

#snowstorm

#sopretty

#stranger

#streetphoto

#sunbathing

#swole

#tag4like

#tanlines

#teens

#thought

#undies

#workflow

Hindari memasukkan daftar hashtag tersebut ke dalam caption dari post Anda agar terbebas dari shadowban Instagram.

Untuk mengetahui apakah akun Anda terbebas dari shadowban Instagram, Anda bisa melakukan uji coba ringan bersama teman-teman Anda.

Cobalah untuk membuat post dengan hashtag yang jarang digunakan oleh pengguna lain.

Lalu, Anda bisa meminta agar teman Anda mencari hashtag tersebut di explore. Apabila mereka bisa melihat akun Anda pada explore, maka akun Anda tidak terkena shadowban.

Tapi, kalau mereka tidak berhasil menemukan akun Anda … maka ada kemungkinan besar bahwa akun Anda mengalami shadowban dari Instagram.

Bila Anda tidak pernah merasa menyalahgunakan hashtag di Instagram maupun menggunakan hashtag yang terlarang, bisa jadi Anda pernah menggunakan third party Instagram app.

2. Penggunaan Third Party App.

Shadowban sering kali menargetkan akun-akun yang menggunakan third party app di Instagram.

Hal ini terjadi karena Instagram menganggap penggunaan aplikasi-aplikasi atau tools buatan pihak ketiga dapat mengacaukan algoritma Instagram.

That’s why, sebelum menggunakan third party app, Anda harus mengetahui seluk-beluk aplikasi tersebut agar terbebas dari kemungkinan terkena shadowban.

Jika terpaksa Anda ingin sekali menggunakan aplikasi untuk memudahkan pekerjaan Anda, maka ada baiknya menggunakan aplikasi premium yang sudah teruji. Hindari aplikasi gratisan yang mudah Anda downlowd di playstore.

Beberapa aplikasi yang bagus di Indonesia

  1. Virol -> Aplikasi untuk riset hashtag, repost dan menemukan konten viral di Instagram
  2. G-Shoot -> Sama seperti Virol tapi versi Android
  3. Gramatic -> Tools auto follow dan unfollow
  4. Gramshoot -> Sama seperti Gramatic tapi versi Android

Instagram dapat mendeteksi suatu aplikasi sebagai bot, bahkan tak jarang mereka juga mendeteksi pengguna yang terlalu aktif sebagai bot.

Gunakan third party app yang dapat Anda percayai dan hindari penggunaan aplikasi yang mencurigakan. Play safe, stay safe!

Masalah lainnya adalah, bagaimana jika akun Anda tidak menggunakan third party app maupun hashtags dan tetap terkena shadowban?

3. Publikasi Konten yang Tidak Sesuai

Apabila konten yang Anda publikasikan mengandung adegan-adegan kekerasan, pornografi, spam, penyebaran berita palsu atau isu-isu yang meresahkan, serta konten-konten sensitif lainnya, maka kemungkinan besar Anda akan terkena report.

Bila konten Anda dilaporkan oleh pengguna Instagram secara massif, akun Anda bisa mengalami shadowban dan bahkan di-ban selamanya oleh Instagram.

Berdasarkan hal tersebut, berhati-hatilah dalam menciptakan konten agar tidak menyinggung topik-topik sensitif.

Hal ini bertujuan untuk mencegah akun Anda dilaporkan oleh mereka yang merasa dirugikan.

Beri peringatan apabila Anda memang benar-benar merasa perlu untuk mempublikasikan konten dengan tema yang sensitif.

Ingat untuk selalu mengikuti guidelines yang sudah ditetapkan oleh Instagram dan juga standar sosial untuk tidak menimbulkan keresahan.

Oh iya, usahakan untuk tidak memicu keributan di kolom komentar karena bisa saja akun Anda dilaporkan oleh pihak yang merasa terganggu.

Lalu, bagaimana langkah selanjutnya saat akun Anda sudah terkena shadowban?

Memulihkan Akun dari Shadowban

Jangan khawatir bila akun Anda terkena shadowban untuk pertama kalinya!

Anda bisa menormalkannya kembali dengan mematuhi aturan main Instagram.

Pertama-tama, Anda harus memeriksa ulang caption pada posting-an Anda untuk memastikan hashtag yang Anda gunakan.

Apabila terdapat hashtag yang Anda gunakan secara berulang dari satu post dengan post yang lainnya, Anda bisa hapus semua hashtag yang tidak sesuai dengan ketentuan Instagram.

Entah Anda menggunakan hashtag berulang atau hashtag yang dilarang oleh Instagram (tidak perlu menghapus post secara keseluruhan, kok!).

Setelah memastikan bahwa tidak ada penggunaan hashtag berulang pada akun Instagram Anda, kini Anda bisa beralih ke third party app.

Lakukan revoke access bagi aplikasi-aplikasi autobot yang Anda gunakan

Aplikasi-aplikasi yang mencurigakan ini akan menyebabkan pengguna Instagram terkena shadowban, oleh karena itu hentikan penggunaannya sementara waktu.

memulihkan akun dari shadowban

Setelah selesai, periksa kembali konten-konten yang Anda bagikan kepada followers Anda. Hapus apabila terdapat konten yang sensitif, lalu istirahatkan akun Instagram Anda selama tiga hari.

Jelaskan permasalahan Anda dan langkah apa saja yang sudah Anda lakukan untuk mengembalikan akun agar seperti sedia kala.

Kesimpulan

Nah, sekarang Anda sudah tau kan, apa aja yang membuat akun Anda terkena shadowban?

Kesalahan dalam penggunaan hashtag, memberi akses pada third party app, dan penyebaran konten-konten sensitif adalah tiga hal yang harus Anda perhatikan.

Bila terlanjur terkena shadowban, lakukan langkah-langkah penyesuaian diri untuk mengikuti aturan Instagram.

Jangan lupa kembali untuk mengoptimasi profil Instagram Anda ya.

Bila sudah Anda lakukan sesuai prosedur, akun Anda akan kembali seperti sediakala. Selamat mencoba!

 Advertisement

Irfan Juniyanto saleh

Seorang yang tertarik dengan Digital Marketing & Bisnis Online, berbagi pengalaman menjadi passion saya, karena hidup musti bermanfaat.

Tinggalkan komentar