Advertisement

Kunci Sukses Sales Mobil Menghadapi Era Digital

Bantu Share Gan...

Menjadi seorang sales mobil memang bukan merupakan cita-cita kebanykan orang, namun, bagi seorang sales mobil menjadi seorang sales sukses merupakan impian banyak sales.

 Advertisement

Bagaimanapun benefit yang didapatkan seorang sales, mulai dari gaji, refund asuransi dan bunga, reward tour dalam dan luar negeri serta ratusan gimmick lainnya membuat mereka bersaing untuk menjadi sales mobil terbaik.

Pada postingan ini saya ingin berbagi tentang bagaimana kunci sukses sales mobil dalam menghadapi digital sekarang ini.

FlashBack Sales Mobil Zaman Dulu

Saya dulu merupakan seorang head marketing kredit cicilan mobil di salah satu finance terbaik di Indonesi, kurang lebih hampir 5 tahun lamanya saya berkecipung disana sebelum menjadi seorang full internet marketing.

Setiap hari saya harus bergaul dengan banyak sales mobil agar mendapatkan aplikasi dari mereka, sehingga target saya tercapai.

Hal ini membuat saya tau persis apa yang mereka lakukan untuk mendapatkan jualan.

Kunci Sukses Sales Mobil Zaman Dahulu

Saya banyak bertanya ke beberapa sales senior tentang bagaimana cara sukses untuk menjadi seorang sales.

FYI…

Seorang sales bila sudah mencapai sales senior maka bisa dipastikan, strategi marketingnya mantap, hebat soal urusan penjualan.

Karena sales itu kebanyakan sistem kontrak, jika tidak capai target atau dibawah ekspektasi, pasti sudah di putus kontrak.

Nah… Para sales senior ini membocorkan teknik pemasaran mobilnya.

 Advertisement
  • Direct Selling

Strategi door to door ini merupkan straegi marketing yang paling tua, teknik ini bisa mendapatkan database calon pembeli sekaligus membina hubungan yang baik dengan calon pelanggan.

Selain itu teknik ini membangun mental dan mengasah teknik closing dan menambah jam terbang.

Jadi, jika seorang sales mobil rajin untuk direct selling kemungkinan suksesnya tinggi.

  • Membangun Jaringan

Sekali kepak dua sasaran tertembak, selain direct selling, mereka kebanyakan membangun jaringan di setiap tempat yang dilewati.

Membelah komisi menjadi dua menjadi solusi yang sulit di tolak untuk para pemberi referensi calon pembeli mobil.

FYI, jika seorang sales mobil berhasil melakukan penjualan, maka bonusnya tetap besar , sehingga sharing profit dengan para pemberi referensi, bonus yang didapatkan masih terhitung besar.

  • Event dan Pameran

Sesekali event dan pameran juga mampu mendongkrak penjualan seorang sales, mengandalkan traffic ramai yang datang langsung ke pemaran yang rata-rata memang sudah berniat membeli mobil.

Jadi jika seorang sales mobil ingin sukses dan banyak jualan harus rajin direct selling, memiliki jaringan yang luas dan mau berlelah-lelah menjaga pameran.

Sayangnya seiring berkembangnya teknologi dan informasi, strategi diatas mulai mengalami pargeseran seiring bergesernya perilaku konsumen dan cara hidup masyarakat.

Orang sudah sulit di temui dirumahnya masing-masing, para jaringan sudah banyak dibujuk oleh kompetitor dan sudah paham skema bonus, serta tidak semua event bisa ramai pengunjung.

Belum lagi masuknya banyak sales mobil baru yang membawa metode penjualan terbaru dan kekinian, membuat kompetisi sales mobil semakin ketat.

Tapi tenang saja, ini dia rahasia sukses sales mobil menghadapi tantangan era digital.

Kunci Sukses Sales Mobil Di Era Digital

Berbicara soal digital tentunya tidak akan pernah terlepas internet, teknologi dan media informasi yang digunakan.

Seorang sales mobil sukses di era digital dipastikan harus melek teknologi dan informasi, suka berselancar di internat dan mau meng-investasikan waktu dan butuh biaya untuk bisa bersaing.

Ada banyak sekali skill baru yang harus di kuasai, serta menggunakan teknologi terbaru untuk mampu bersaing.

Traffic tidak di tunggu, tapi di cari dan didatangkan langsung ke handphone marketing mobil tersebut sehingga bisa di konversi menjadi penjualan.

Ini dia yang harus dimiliki seorang marketing di era digital

Membuat Google Bisnis untuk Jualan Mobil

google bisnis marketing mobil

Seorang sales mobil biasanya memiliki cover area penjualan, biasanya sales di kota A dibatasi penjualan hanya untuk kota A, tidak bisa menjual di kota B.

Artinya seorang sales harus menguasai lokal market.

Google maps, merupakan salah satu cara agar bisa memaksimalkan lokal market seorang sales mobil.

Hanya dengan membuat google bisnisku maka bisnis anda bisa ditemukan di internet dengan cepat, meskipun anda tidak memiliki skill internet marketing sebelumnya.

Posisi maps di google menempati posisi paling atas di pencarian google.

Saat ini, seseorang yang ingin membeli mobil pasti akan mencari spesifikasinya terlebih dahulu di internet sebelum memutuskan untuk membeli.

Bayangkan, ketika mereka butuh informasi, maka nomor anda yang mereka dapatkan di Internet?

Seperti yang anda tau, google itu trafficnya bagus, karena pelanggan yang butuh, bukan kita yang mencari, closing rate dari google sangat tinggi.

Untuk membuat google bisnis sangat mudah, cukup daftar google bisnisku dan tinggal ikut instruksi selanjutnya.

Membuat Landing Page

contoh landing page sales mobil

Landing Page adalah salah satu jenis website yang digunakan untuk fokus jualan produk.

Kebanyakan sales keliru, mereka menggunakan website dengan jenis company profile, sehingga malah menghasilkan minim konversi.

Sebagai sales anda tidak perlu pusing dengan cara membuat landing page yang tinggi konvesi, serahkan saja pada ahlinya, paling rekomendasi di Gamma Advertisa.

Landing page ini fungsinya seperti brosur anda, tapi dalam versi digital, sehingga anda tidak perlu lagi menjelaskan dari A-Z.

Landing page penjualan mobil juga bisa digunakan untuk penawaran yang dikirim melalui whatsapp, disebar ke facebook atau digunakan sebagai media kampanye di google ads dan facebook ads.

Memiliki Aplikasi Kirim Pesan WhatsApp Massal

Saat ini hampir semua sales mobil menggunakan aplikasi whatsapp blast, jadi kalo anda belum menggunakan, berarti anda sudah jauh ketinggalan dari kompetitor anda.

Dulu banget, saya sebagai marketing pinjam dana dan juga para sales mobil mengandalkan SMS blast untuk mengirim pesan massal ke calon pelanggan.

Dulu sih hasilnya lumayan, konversi penjualan cukup baik, namun seiring berjalannya waktu SMS blast sudah tidak efektif lagi, karena orang sudah pada pindah ke Whatsapp yang lebih mudah untuk berkirim pesan.

Selain itu SMS Blast banyak disalah gunakan oleh banyak pihak, penipu dan lain-lain, cek saja semua pesan yang masuk ke handphone anda.

Hadirnya Tool Whatsapp marketing memudahkan anda untuk melakukan follow up database calon pembeli mobil secara massal hanya cukup sekali klik.

Skill Penunjang Marketing Mobil Zaman Now

Selain 3 hal penting yang harus anda miliki diatas, anda wajib memiliki skill penunjang yang harus anda pelajari.

Mengapa harus dipelajari? karena jika menggunakan jasa ini pasti anda akan mengeluarkan banyak uang. Rata-rata sales mobil keberatan untuk membayar biaya jasa tersebut.

Skill apa sajakah itu???

#1 Skill SEO

Memiliki landing page saja tidak cukup, agar landing page anda tampil di halaman pertama pencarian google anda harus paham ilmu search engine optimization.

Jika landing page anda berhasil menempati posisi pencarian paling atas di google, maka anda bisa mendapatkan banyak sekali prospek pembeli mobil.

Enaknya lagi, anda tidak perlu susah payah untuk promosi, karena calon pembeli yang akan mencari anda. Semuanya gratis tanpa biaya promosi.

Enak bukan???

Lebih enaknya lagi saya sudah membuat panduan SEO untuk anda, sehingga anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya, cukup baca dan pahami serta langsung di praktekan.

#2 Facebook Ads

Facebook ads saat ini menjadi senjata paling ampun untuk memaksa calon pembeli mobil beralih ke merek mobil yang anda jual, jadi bukan merek kompetitor.

Sebenarnya untuk beriklan di facebook anda tinggal bayar saja, tapi bayar saja tidak cukup. Karena banyak hal yang harus anda setting di awal, mulai dari copywriting, design gambar dan lain sebagai.

Intinya, anda harus belajar ilmu ini kepada ahlinya, saat ini sudah banyak sekali para expert facebook ads yang membuka e-course, anda cukup menyisihkan sejumlah uang agar tidak rugi saat beriklan di facebook.

#3 Google Ads

Jika facebook adalah memaksa orang untuk membeli merek mobil yang anda jual, maka google ads akan menemukan calon pembeli yang memang butuh informasi merek mobil yang anda jual.

Sama halnya dengan facebook ads, anda pun harus mencari para expert untuk mengajarkan anda cara beriklan di google.

Karena memeng ini merupakan skill tersendiri dan disiplin ilmu sendiri yang banyak digunakan oleh para internet marketer.

Kesimpulan

Kunci Sukses sales mobil di era digital adalah dengan memiliki dan menguasai ilmu digital marketing secara utuh. Anda harus buka mata untuk hal ini agar tidak di tinggal oleh kompetitor.

Masih mau menggunakan cara lama???

Pikirkan, disaat anda baru jalan untuk direct selling atau canvasing dari rumah ke rumah, para kompetitor anda sudah sampai di dalam kamar calon customer yang menemukan informasi mobil lewat internet baik google atau media sosial.

Saat anda mengandalkan jaringan anda, jaringan anda pun bernasib hampir sama seperti anda, calon pembeli sudah lebih cerdas, mereka pasti akan mencari penjual resmi, itupun mereka menemukannya di internet.

Atau anda masih mau berlama-lama menjaga pameran??? silahkan dipikirkan sendiri.

Dunia sudah berubah, anda bisa saja bangga dengan prestasi yang dulu-dulu, tapi jangan sampai terbuai, buka mata dan rubah mindset anda, ini sudah zaman now.

 Advertisement
 Advertisement
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar