Advertisement

Katalog Produk Whatsapp Bisnis, Fitur Terbaru Whatsapp Untuk Bisnis

Bantu Share Gan...

Setelah diakuisi oleh facebook, whatsap terus melakukan inovasi, setelah meluncurkan whatsapp bisnis kini whatsapp meluncurkan katalog Produk whatsapp bisnis pada aplikasinya. Hal ini tentunya disambut baik oleh para pedagang online dan pebisnis pada umumnya.

 Advertisement

Katalog produk bisa di maksimalkan dengan menggunakan aplikasi ini.

Apa Itu Katalog Produk Whatsapp Bisnis

Katalog Produk whatsapp bisnis adalah fitur terbaru dari whatsapp yang memungkinkan penggunannya untuk membuat katalog barang/jasa melalui aplikasi whatsapp bisnis.

Fitur ini mempermudah para penggunanya untuk melakukan promosi, khususnya pada sosial media milik facebook inc, Facebook, Instagram dan Whatsapp.

Misalanya, setelah pengguna membuat katalog whatsapp, maka katalog tersebut bisa di kirim ke whatsapp orang lain, mereka menerima pesan sudah dalam bentuk katalog, ada gambar barang, nama barang/jasa, deskripsi, alamat/url website dan kode barang.

Sepertinya whatsapp ingin memaksimalkan whatsapp bisnis untuk bisa digunakan sebagai sarana transaksi bisnis.

lalu bagaimana cara mendapatkan fitur ini???

Cara Mendapatkan Fitur Katalog Produk Pada Whatsapp Bisnis

Untuk mengaktifkan/ mendapatkan fitur terbaru tersebut sangatlah gampang.

Update Whatsapp Bisnis Anda

Silahkan periksa dulu akun whatsapp bisnis anda, jika sudah ada menu katalog berarti whatsapp anda sudah update.

Jika belum silahkan lakukan update terlebih dahulu whatsapp anda di playstore dan app store untuk pengguna Iphone.

Jika ternyata tetap tidak berhasil, maka sebaiknya anda uninstall WA bisnis lama anda dan install kembali wa bisnis terbaru. saya sendiri melakukan cara yang terakhir ini.

 Advertisement

Masuk Pada Menu Setting

Setelah berhasil update ke whatsapp bisnis terbaru, silahkan masuk ke menu setinggan, seperti yang saya tandai pada gambar dibawah ini.

cara mendapatkan katalog produk whatsapp

Lihat dan Pilih Menu Katalog

Lihat apakah pada layar handphone anda ada menu katalog, menu ini terletak tepat dibawah profil bisnis. Jika ada berarti anda selamat, wa bisnis anda sudah update.

katalog

Silahkan pilih menu katalog untuk membuat katalog pertama anda di whatsapp bisnis.

Buat Katalog

Silahkan buat katalog pertama anda dengan cara menekan tombol biru (Tambah produk atau layanan).

produk atau layanan

Pada menu katalog ini anda bisa mengisinya dengan berbagai macam informasi, katalog ini sudah menyediakan 6 field sebagai kelengkapan informasi katalog anda.

katalog full
  • Upload Foto Barang/jasa

Upload foto produk atau banner jasa layanan anda, tapi sebelumnya izinkan whatsapp untuk mengakses galeri foto.

  • Nama Barang/Layanan

Field ini untuk mengisi nama barang atau layanan jasa yang anda akan tawarkan, gunakan nama produk, usahakan namanya tidak melanggar ketentuan dari whatsapp ya.

  • Deskripsi Barang

Akan lebih baik jika kolom ini di isi untuk memberikan gambaran singkat mengenai produk atau jasa yang anda tawarkan.

  • Harga Barang

Harga sudah otomatis berawalan rupiah, karena fitur ini sudah resmi di rilis di Indonesia, ingat gunakan harga real ya, jangan masukan angka fiktif seperti para pedagang di marketplace facebook.

  • Alamat/Url Website

Silahkan isikan alamat atau url website anda, tulislah lengkap, karena sensitif terhadap www.website.com, website.com atau http dan https.

Sepengalaman saya, menggunakan landingpage sangat berkonversi tinggi untuk field ini.

  • Kode Barang

Jika produk anda banyak macam dan variasinya sebaiknya anda mengisi kolom ini agar memudahkan anda dalam mengirim katalog barang.

  • Save dan Tunggu Persetujuan

Setelah dirasa semuanya sudah lengkap, save segera. namun katalog anda harus direview dulu oleh pihak whatsapp, jika tidak melanggar kebijakan, dalam hitungan detik katalog produk whatsapp bisnis anda sudah jadi dan siap dibagikan.

Tampilan Katalog Anda dan Tampilan Setelah Kirim Katalog

Kurang lebih tampilannya hampir mirip antara tampilan di katalog anda dan juga tampilan setelah katalog tersebut anda kirim ke no whatsapp orang lain.

kirim katalog produk di whatsapp

Hanya saja pada whatsapp orang lain akan ada tombol respon menggunakan whatsapp bisnis.

Tools Yang Cocok Untuk Whatsapp Marketing

Fitur ini sangat cocok untuk menerapkan strategi whatsapp marketing pada bisnis online atau offline yang anda miliki. saya punya beberapa tools pendukung dan materi whatsapp marketing.

Cukup menguasai tiga hal diatas maka anda sudah memaksimalkan whatsapp marketing ini untuk bisnis anda, silahkan buktikan sendiri peningkatan omset anda hanya dengan menguasai ketiganya.

Sekian dulu tutorian cara membuat katalog produk whatsapp bisnis ini, semoga akan bermanfaat bagi kelangsungan bisnis anda.

Saya sudah membuat tutorianya, mempublish caranya, tugas anda hanya tinggal membagikannya ke orang lain atau sosial media yang anda miliki.

Karena saya yakin bahwa tindakan kecil anda akan berdampak besar pada perubahan hidup orang lain.

Salam Berkah Selalu…

 Advertisement
 Advertisement
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar