Formula Digital Marketing Agar Bisnis Tetap Laris

formula digital marketing

Pusing udah coba sana coba sini untuk menjalankan formula digital marketing? Namun hasilnya gak sesuai ekspektasi?

Sama, saya juga dulunya seperti itu.

Namun sebenarnya klo di sederhanakan, formula digital marketing sepertinya itu-itu aja. Hanya pengembangan saja.

Kalo sudah paham kuncian-kunciannya, maka digital marketing itu bukan sesuatu ya wah yang bikin pusing kepala.

Tentunya ini merupakan pengalaman pribadi saya, jika ada perbedaan gak perlu di perdebatkan. Ambil baiknya aja dari saya.

Pahami Audiens & Target Market Anda

Dua istilah ini sengaja saya satukan, karena sering ketukar, so Anda harus paham.

Audiens itu siapa nantinya yang akan membeli produk tersebut dan target market adalah orang yang akan memakai produk tersebut.

Contoh : Susu Formula, Audien (Ibu & Ayah yang punya bayi) dan Target Market (Anak Bayi).

Sebagai bisnis owner Anda harus tau dengan jelas kedua hal diatas dan jangan sampai keliru. Ketika Anda menjalankan iklan berbayar, pasti bagian ini yang akan ditanyakan oleh platform tersebut, misal pakai google ads atau facebook ads.

Saya jamin, Anda gak akan lari dari kedua hal diatas. Hapal dan pahami betul hal ini dan insya allah Anda gak akan kesusahan dalam menerapkan digital marketing pada bisnis Anda.

Konten yang berisi pesan yang jelas.

Kebanyakan mikir copywriting bikin pesan dalam konten jadi bias. Usahakan konten itu biasa aja, pesannya sampai dan yang menerima pesan bisa mengerti. Sesuaikan saja dengan audiens Anda.

Kalo memang harus menggunakan bahasa gaul karena audiensnya Anda anak muda, maka gunakan aja bahasa gaul tersebut. Yang keliru adalah menggunakan bahasa yang tidak dipahami oleh audiens Anda. Misal jualan jamu di Sulawesi, bahasa yang dipakai bahasa jawa. Ini kurang kena kontennya.

Silahkan buat konten berupa video atau gambar tanpa menghilangkan esensi diatas. Konten video sejauh ini lebih baik ketimbang gambar, tapi klo Anda bisanya cuman bikin gambar, ya gpp. Gak ada alasan untuk gak bikin konten.

Tawarkan Solusi Bukan Produk

Ini mah istilah udah basi, tapi faktor penentu dalam bisnis. Karena pada prinsipnya orang malas dijuali. Tapi kalo dikasih solusi orang bakalan rebutan beli.

Pernah gak Anda ngalamin di ajak kawan Anda ngikut seminar MLM? emang diawal disampaikan nanti kamu harus beli produk ini produk itu.

Gak kan? Anda ditawarkan peluang bisnis biar bisa bebas finansial di usia muda ketimbang muda madesu kayak sekarang (Solusi). Becanda ya, jangan diambil hati, saya curhat doang.

Anda harus sadar betul bahwa gak ada orang yang mau Anda juali yang ada adalah orang butuh solusi dari setiap problem yang mereka hadapi.

Cukup tiga hal itu dulu yang Anda kuasai sebagai pondasi dari digital marketing Anda. Selebihnya formula digital marketing akan Anda temukan sendiri, dari belajar dan coba-coba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.