Faktor Utama Penentu Kesuksesan Usaha Anda

faktor utama kesuksesan usaha

Sebagai seorang yang sedang menjalankan usaha tentu Anda ingin usaha tersebut bakalan mendulang sukses besar.

Pertanyaannya, Apa faktor utama penentu kesuksesan sebuah usaha?

Mungkin selama ini Anda berasumsi bahwa faktor kesuksesan sebuah usaha adalah ide brilian atau mungkin punya modal banyak sehingga usaha mampu bersaing.

Ketimbang berasumsi, lebih baik bicara tentang fakta, karena fakta kebenarannya hampir 100% ketimbang asumsi yang tidak bisa di ukur akurasinya.

Okey… Sepakat yah. Taruh sejenak asumsi di saku Anda dan Saya akan berikan faktanya.

Bill Gross, Founder dari Idealab melakukan studi mendalam pada 100 perusahaan yang dia miliki, Bill mencoba mencari tau kenapa dari 100 perusahaan yang dia bangun sebagian sukses, sebagian kurang berkembang bahkan beberapa usahanya harus bangkrut.

Awalnya Bill Gross berasumsi bahwa penyebab utama kesuksesan sebuah usaha adalah ide yang brilian, dia adalah orang pemuja ide, hal itu tercermin pada nama bisnisnya sendiri. IDEALABS.

Setelah ide brilian, maka dia mengurutkan faktor pendukung lain seperti tim yang solid, bisnis model, modal (funding) dan terakhir adalah timing (waktu peluncuran yang tepat).

Sampai pada akhirnya dia menemukan fakta ilmiah setelah melakukan riset dari 100 perusahaan yang dia miliki dan kemudian mengurutkan 5 faktor utama penentu kesuksesan usaha.

5 Faktor Kesuksesan Usaha

Bill Gross mengambil 5 perusahaannya yang paling sukses yaitu citysearch, carsdirect, GoTo.com, Netzero dan tickets.com kemudian membandingkan juga dengan perusahaan paling terkenal saat ini seperti AirBnB, Instagram, Uber, Youtebe dan LinkedIn.

Dia mengurutkan berdasarkan asumsi faktor-faktor yang sudah di sebutkan diatas dan kemudian melihat besaran presentasi dari faktor-faktor tersebut. Dan ternyata hasilnya sangat mengejutkan.

Timing

Timing berperan sebesar 42% dalam kesuksesan sebuah usaha, Waktu yang tepat akan menentukan sebuah usaha itu akan mendulang sukses besar atau bahkan mungkin mati ditelan persaingan dan inovasi.

Facebook, Instagram, Whatsapp, Youtbube, Amazon, Tesla dan Tiktok adalah cermin bagaimana mereka memiliki timing yang tepat. Mereka memiliki momentum yang pas saat diluncurkan.

Tim/Eksekusi

Tim yang mengeksekusi usaha menyumbang 32% dari faktor kesuksesan sebuah usaha, Memiliki tim yang tepat yang mampu mengeksekusi berbagai macam pekerjaan selesai tepat waktu yang ditargetkan.

Ide Brilian

Ide malah menjadi urutan ketiga dengan sumbangan 28% bagi kesuksesan usaha. Memiliki ide brilian, ide yang berbeda dari yang lain sehingga menjadikan sebuah usaha menjadi unik dan berbeda dengan usaha lainnya.

Bisnis Model

Bisnis model ternyata hanya menyumbang 24% dari keberhasilan sebuah usaha, hal ini juga dibuktikan dengan Youtube yang pertama kali rilis tidak memiliki bisnis model, mereka gak tau mau mendapatkan uang dari mana. Begitupun dengan Telegram yang masih mencari bisnis model padahal Telegram merupakan perusahaan yang sukses dengan milyaran pengguna.

Modal (Funding)

Dan terakhir adalah kabar gembira, ternyata Modal hanya menyumbang 14% dalam penentu kesuksesan usaha. Membangun bisnis itu memang butuh modal tapi dia ada di urutan kelima dalam faktor kesuksesan usaha.

So, Tujuan dari artikel ini ditulis agar Anda dapat melihat tentang presentasi kesuksesan bisnis, artikel ini membuktikan bahwa ada faktor yang lebih besar dalam kesuksesan membangun usaha. Gak melulu harus punya ide brilian apalagi harus punya modal, ingat modal ada diurutan terakhir dari faktor utama penentu kesuksesan usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.