Dongkrak Bisnis Dengan Online Advertising, Bagaimana Caranya?

Di era modern ini, teknologi dan komunikasi semakin berkembang dengan pesat. Hal ini tentu berpengaruh dengan berbagai hal. Salah satunya adalah dalam dunia periklanan dan promosi. Saat ini tentu istilah online advertising sudah terasa sangat akrab untuk para marketer dan perusahaan.

 Advertisement

Fungsinya tentu untuk mempromosikan atau mengiklankan berbagai macam produk. Sebelum membahas lebih jauh mengenai online advertising dan juga keuntungannya.

Berikut akan saya ulas mengenai pengertian online advertising secara sederhana.

Yuk Kenalan Dengan Online Advertising

Online Advertising adalah metode iklan yang menggunakan situs-situs online untuk mengenalkan produk-produknya kepada konsumen.

Jika pada dahulu iklan hanya berfokus pada berbagai media seperti televisi, radio atau bahkan surat kabar dan lain sebagainya.

Maka di era modern ini muncul istilah baru yaitu mengenai iklan online. Dimana dalam melakukan kegiatan iklan dan promosi, marketer menggunakan situs-situs online sebagai medianya.

 Advertisement

Iklan online ini kini lebih diminati oleh para marketer dan perusahaan. Selain lebih hemat dan efisien, tujuan online advertising juga merupakan cara cerdas untuk memanfaatkan anggaran iklan agar lebih efektif dan tertarget.

Online advertising ini menggunakan situs-situs online sebagai media periklanan.

Iklan online ini biasanya dirancang dengan iklan kontekstual di halaman mesin pencari, seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Selain itu, Anda bisa juga memanfaatkan mobile advertising, online classified advertising, e-commerce, email marketing dan social media advertising.

Bentuk iklan juga  bisa sangat bervariasi. Mulai dari yang berupa website banner, media interaktif seperti video streaming dan lain sebagainya.

Apa Saja Keuntungan Online Advertising?

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan komunikasi, membuat cara beriklan konvensional perlahan ditinggalkan.

Berbagai cara beriklan seperti dengan menggunakan media surat kabar, papan reklame, pemasangan baliho dan lainnya mulai sepi pengguna.

Banyak yang bergeser pada pemanfaatan online advertising. Perubahan ini tentu bukan tanpa alasan ya?

Tujuan online advertising adalah agar cara beriklan menjadi lebih praktis dan efisien.

Berikut ini beberapa keuntungan yang akan anda peroleh ketika menggunakan metode iklan online.

  1. Biaya Iklan Jauh Lebih Efisien

Menggunakan metode advertising dengan memanfaatkan media online terbukti sangat efisien dalam hal biaya. Dibandingkan memasang iklan konvensional dengan menggunakan sarana surat kabar, baliho, ataupun billboard.

Maka metode pengiklanan dengan menggunakan metode online ini jauh lebih murah.

Tentu hal ini akan sangat menguntungkan untuk para marketer dan perusahaan karena dapat memangkas biaya yang digunakan untuk tujuan pengiklanan ini.

  • Iklan Lebih Terukur

Dengan menggunakan online advertising, maka akan memudahkan anda untuk melakukan analisa dan juga pengukuran.

Ini tentu saja sangat efektif dan memungkinkan anda untuk memantau iklan yang sudah terpasang dengan lebih akurat.

Media online yang dipasangi iklan biasanya juga akan memberikan informasi secara detail tentang data pendukung terkait dengan pemasangan iklan.

  • Format Iklan Sangat Beragam

Contoh online advertising sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Beberapa format periklanan mulai dari format teks, gambar, video, dan lain sebagainya dapat dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Semakin menarik iklan yang dipasang, tentu akan semakin besar pula minat dan keingintahuan konsumen untuk mengetahui dengan detail produk anda.

  • Jangkauan Target Lebih Luas

Online advertising selain cepat dan mudah dalam proses pemasangannya juga memiliki jangkauan yang luas. Tidak hanya terbatas untuk wilayah lokal saja. Iklan online juga  menyasar hingga ke pasar global.

Hal ini tentu saja dikarenakan pengguna internet yang bisa diakses oleh orang seluruh dunia. Sehingga iklan yang anda pasang juga dapat dilihat oleh konsumen dengan jangkauan yang lebih luas.

Itulah mengapa cara kerja online advertising ini lebih efektif dan efisien daripada beriklan dengan cara konvensional.

Ini Dia Beberapa Contoh Online Advertising Yang Umum Digunakan

Untuk mendukung bisnis yang sedang anda geluti, Anda dapat memanfaatkan platform iklan atau yang sering disebut sebagai Digital Marketing.

Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan internet sebagai media untuk melakukan pengiklanan, tentukan media yang akan digunakan.

Nah, berikut ini kami ulas beberapa contoh media iklan online yang paling banyak digunakan:

Facebook Ads

Mungkin anda sering mendengar tentang istilah Facebook Ads. Facebook Ads adalah salah satu contoh online advertising yang dapat anda manfaatkan.

Mengingat pengguna Facebook sangat besar, maka peluang konsumen untuk melihat iklan anda juga sama besarnya.

Facebook Ads cenderung lebih mirip iklan bergambar karena pengguna Facebook memang cenderung digunakan untuk terhubung dengan rekan dan koneksi, bukan untuk mencari produk untuk dibeli.

Meski demikian, Facebook Ads tetap bisa menjadi saluran pemasaran yang hebat untuk bisnis yang tepat.

Di sini anda juga bisa memilih jenis tampilan iklan mulai gambar hingga video singkat. Tentunya dengan target pasar yang bisa anda tentukan sendiri jangkauannya.

Instagram Ads

Seperti namanya, Instagram Ads adalah media periklanan yang menggunakan Instagram sebagai medianya. Sama seperti Facebook Ads, Instagram Ads juga membantu anda untuk berkreatifitas tanpa batas.

Anda juga dapat menentukan untuk memilih anggaran dan durasi yang sesuai untuk Instagram Ads anda.

Jika produk anda menyasar generasi kekinian, tentu Instagram ini sangat cocok anda jadikan sebagai tempat iklan.

Oh yah, Facebook dan Instagram berdiri dibawah naungan perusahaan yang sama, Yaitu Facebook, Inc.

Search Ads

Salah satu contoh online advertising yang dapat anda manfaatkan untuk mendongkrak bisnis anda adalah Search engine Ads.

Search engine Ads sering disebut juga sebagai online advertising yang menggunakan metode Pay Per Click (PPC).

Kelebihan metode iklan yang satu ini sangatlah banyak. Salah satunya adalah memungkinkan anda untuk bersaing di pasar global dan menentukan konsumen dengan lebih efektif.

Anda juga dapat menargetkan secara langsung pada mesin pencari berdasarkan letak geografi, sehingga search engine ads anda hanya ditampilkan kepada orang-orang yang berada di sekitar area toko atau layanan Anda.

Dengan menggunakan search ads ,  anda dapat menetapkan target dengan jauh lebih efektif karena dapat diatur secara khusus dan hanya ditampilkan kepada orang-orang di wilayah tersebut yang benar-benar mencari produk atau layanan Anda.

Google Display Ads

Google Display Ads sering disebut juga sebagai Digital Display Ads. Contoh online advertising ini juga sangat efektif digunakan untuk mempromosikan berbagai produk dan bisnis anda.

Saat ini banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengonsumsi informasi di situs favorit daripada mencari sesuatu yang spesifik.

Jadi, sangat tepat untuk anda menempatkan iklan di berbagai situs online. Iklan ini akan lebih tepat sasaran dan terlihat oleh konsumen saat mereka berselancar di berbagai website.

Youtube Ads

Youtube Ads adalah salah satu online advertising yang menggunakan platform Youtube sebagai medianya.

Pasti anda pernah mengalami ketika sedang menonton berbagai konten di Youtube dan harus terhenti karena adanya iklan yang terputar.

Nah, itulah salah satu jenis pemasaran online yang menggunakan Youtube sebagai medianya.

Youtube Ads juga merupakan media yang sangat efektif untuk mempromosikan berbagai macam barang atau jasa.

Dengan banyaknya pengguna Youtube, maka peluang anda mendapatkan konsumen dari metode Youtube Ads juga semakin besar.

Itulah tadi beberapa contoh online advertising yang dapat digunakan untuk mendongkrak bisnis anda. Selain yang telah saya sebutkan diatas, masih banyak lagi jenisnya yang dapat anda manfaatkan.

Dengan adanya online advertising, maka aktifitas promosi dan periklanan menjadi lebih mudah, cepat, efektif, efisien dan juga tepat sasaran. Media apa yang sekiranya

 Advertisement