Cara Jitu Viral di Instagram
Instagram

Cara Jitu Viral di Instagram

Menerapkan viral marketing memang tidak mudah, apalagi kalau followers Anda masih sedikit. Lalu, bagaimana cara menjadi viral di Instagram?

 Advertisement

Salah satu strategi marketing Instagram adalah melakukan viral marketing. Tentu saja untuk menjadi viral, dibutuhkan strategi konten yang sesuai.

Lalu, bagimana cara membuat konten-konten Anda viral? Apakah Anda tahu kunci membuat konten yang ‘viral worthy’ di Instagram?

Berikut adalah cara jitu menjadi viral di Instagram, berikut dengan do’s and don’ts!

 Advertisement

Pahami Audiens Anda

Memahami audiens adalah pekerjaan yang paling penting bagi para content creator.

Langkah pertama, tentu saja, Anda harus memiliki followers. Apabila Anda masih bingung dengan niche untuk konten-konten Anda, silakan untuk melakukan eksperimen.

Setelah mendapati follower yang cukup banyak, Anda bisa menganalisis hashtag apa atau topik apa yang mendatangkan follower paling banyak.

Anda bisa melakukan analisis tersebut menggunakan tools [isi nama tools kakak yang bisa dipakai untuk analisis, bila ada. Bila tidak, line ini bisa dihapus].

Anda harus mengetahui konten seperti apa yang disukai oleh para audiens dan berpotensi untuk dibagikan kepada teman-teman mereka.

Apakah mereka menyukai trik-trik lima menit? Quotes galau? Konten-konten humor receh? Atau gossip terkini tentang artis-artis kesayangan mereka?

Nah, Anda benar-benar harus memahami konten jenis apa yang paling memiliki daya tarik di antara followers Anda saat ini.

Apabila konten Anda berhasil menarik minat para audiens untuk membagikan kepada teman-temannya, konten Anda akan menjadi viral.

Walaupun, tentu saja, membutuhkan kesabaran.

Do: Konsisten dengan tone yang sudah kamu tentukan untuk konten Anda. Apabila sedari awal Anda membagikan konten bernada ceria, hindari membuat konten dengan tone sedih atau gloomy.

Bisa jadi, audiens mengunjungi akun Anda untuk mencari konten-konten ringan, bukan untuk menjadi lebih gloomy lagi. Sekali lagi, niche itu sangat penting!

Don’t: Membuat konten dengan acak. Jika Anda membuat konten yang tidak jelas niche-nya apa, konten Anda akan menjadi kurang engaging bagi followers yang sudah ada.

Follower yang mengikuti Anda untuk mendapatkan update tentang meme akan merasa kebingungan jika Anda mulai mem-posting tentang investasi.

Ikuti Challenge Terkini

konten viral
Sumber : Freepik.com

Anda tentu menyadari bahwa para content creator berlomba-lomba mengikuti challenge untuk meningkatkan popularitas mereka.

Kenapa? Karena mengikuti challenge memang merupakan salah satu strategi marketing Instagram untuk menciptakan konten yang viral.

Tantangannya adalah Anda harus benar-benar menemukan challenge yang akan viral.

Jangan menunggu challenge tersebut untuk viral terlebih dahulu.

Cara viral di Instagram adalah dengan mengikuti challenge sebelum challenge tersebut viral. Hal ini untuk mencegah posting-an Anda tenggelam

Tipsnya, Anda harus mengkreasikan challenge tersebut sesuai dengan citra produk Anda!

Do: Mengikuti challenge yang sesuai dengan niche Anda. Dalam perjalanannya, aka nada banyak challenge yang bisa Anda ikuti.

Akan tetapi, tidak semua challenge dapat menjadikan Anda viral sesuai dengan objektif akun Anda dibuat.

Don’t: Jangan pernah mengikuti challenge yang membahayakan keselamatan Anda atau siapapun yang mengikuti challenge tersebut.

Mempromosikan adegan-adegan berbahaya tidak hanya mengancam keselamatan, namun juga dapat memperburuk citra akun Anda.

Bijaklah dalam memilih challenge apa yang ingin Anda ikuti.

Ikuti Berita Trend Terkini

Berita viral dapat mengantar Anda menjadi viral juga. Tentu saja kalau Anda tahu bagaimana cara memanfaatkan berita tersebut untuk menjadi viral.

Contohnya, ketika terdapat berita viral tentang artis tanah air yang melakukan plagiat terhadap video milik salah satu artis dari Asia Timur.

Apabila akun Anda bergerak pada bidang pendidikan, Anda bisa mengaitkan berita tersebut pentingnya orisinalitas dalam berkarya. Baik karya seni maupun karya tulis.

Terdapat berbagai cara lainnya untuk memanfaatkan berita terkini yang tengah viral sebagai bagian dari content marketing akun Anda.

Do: Anda harus menghubungkan berita yang sesuai dengan niche konten Anda. Tidak semua berita terpanas dapat dihubungkan dengan konten Anda.

Don’t: Memanfaatkan berita viral bukan berarti Anda boleh menjadi insensitive atau tidak bernurani.

Hindari penggunaan kabar duka atau isu-isu sensitif untuk menjadi ajang promosi produk atau jasa Anda.

Mungkin, cara ini dapat membuat posting-an Anda menjadi viral. Akan tetapi, viral dalam konteks yang buruk.

Ciptakan Konten Unik & Solutif

Manusia sangat menyukai solusi. Apalagi yang bisa menyelesaikan permasalahan mereka.

Konten-konten yang memberi solusi atau tips dan trik cenderung disimpan oleh para audiens atau dibagian kepada teman-teman senasib.

Konten yang disimpan akan memberi nilai tambah pada akun Anda di hadapan algoritma Instagram.

Selain menjadi viral, akun Anda pun mulai menduduki peringkat yang lebih tinggi!

Tetapi, selain konten-konten yang solutif, konten-konten unik juga memperoleh tingkat engagement yang tinggi.

Apalagi, bila konten-konten unik tersebut bernuansa humor atau relatable. Audiens Anda bisa jadi sudah merasa letih karena menjadi target promosi dari content creator lainnya.

Maka, untuk merebut perhatian mereka, ciptakan lah konten-konten unik yang soft selling namun menghibur.

Dengan demikian, audiens Anda tidak akan menganggap akun Anda sebagai akun ‘jualan’, namun sebagai akun ‘hiburan’.

Do: Membuat konten solutif dan unik yang orisinil memang merupakan pekerjaan yang sulit. Oleh karena itu, wajar bagi Anda untuk menulis konten berdasarkan inspirasi Anda.

Penting bagi Anda untuk mencantumkan referensi apabila konten Anda terinspirasi dari konten lain. Baik konten tersebut datang dari platform lain, seperti Twitter, YouTube, atau Facebook, cantumkan lah sumber inspirasi Anda.

Karena, apabila posting-an Anda menjadi viral dan terbukti bahwa konten tersebut tidak orisinil, akun Anda akan mendapat citra buruk sebagai plagiat.

Don’t: Jangan pernah mengakui konten orang lain sebagai konten Anda sendiri. Apabila terdapat kesamaan yang tidak disengaja pun, kecil kemungkinan hal tersebut dapat terjadi dengan sama persis.

Minta izin kepada pemilik post yang asli sebelum menjadikan post mereka sebagai referensi. Lindungi konten Anda dari citra plagiat.

Aesthetic Design

Visual adalah bagian yang penting untuk posting-an Instagram.

Orang-orang tidak hanya membagikan atau menyimpan karena posting-an yang bermanfaat, namun juga karena menyukai desain yang Anda gunakan.

Oleh karena itu, untuk membuat posting-an yang viral, Anda juga harus menyiapkan desain terbaik dan membuat konten Anda layak untuk disebarluaskan.

Do: Menggunakan template yang sudah ada, seperti [masukin tools di sini].

Apabila Anda tidak percaya diri dengan kemampuan desain Anda, maka membeli template adalah langkah yang tepat.

Investasikan uang Anda pada asset yang dapat digunakan berulang kali.

Don’t: Meminta teman untuk mendesain dengan gratis. Hargai jerih payah teman atau kenalan Anda yang membuat desain.

Bahkan ketika teman Anda mengatakan ingin membuatkan secara gratis sebagai portofolio, jadilah teman yang suportif dengan memberi bayaran yang sepadan.

Kesimpulan

Terdapat berbagai cara viral di Instagram yang harus disesuaikan dengan niche akun Anda.

Apakah akun Anda tipe kasual dan memungkinkan untuk mengikuti challenge terkini? Atau lebih formal dan sesuai dengan berita-berita yang sedang viral?

Anda harus ingat pentingnya optimisasi profile dan juga strategi hashtags yang tepat untuk membantu posting-an Anda menjadi viral.

Terdapat cara viral di Instagram lainnya seperti menggunakan jasa influencer dan juga Instagram Ads.

Atau kalo mau murah pakai tools ini.

Lalu, strategi seperti apa yang akan Anda gunakan untuk menjadikan konten Anda viral di Instagram?

Posted by
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6285394604734

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *