Selasa, November 19, 2019

Bisnis Online Anda Sepi? Coba Cara Sukses Bisnis Online Berikut Ini

- Advertisement - Advertisement

Sering gak bertanya tentang tentang bagaimana cara sukses bisnis online? atau mungkin ini pertanyaan anda? semoga anda mendapatkan jawabannya setelah melahap habis postingan ini.

Merebaknya kesuksesan para pelaku bisnis online tentu membuat banyak orang mulai tertarik untuk menekuninya. Bisnis online ini sangat luas jika dijabarkan. Dari yang termudah yakni berjualan online hingga membuat ecommerce atau toko online. Misalnya saja marketplace lokal yang sukses mendulang rupiah seperti Bulalapak dan Tokopedia.

Mengapa banyak orang mulai tertarik menjalankan bisnis online? Apakah semata – mata karena cara sukses bisnis online terbilang mudah diduplikasi? Ada pula yang menyebut bisnis online bisa dikerjakan di mana saja tanpa meninggalkan pekerjaan utama.

Tentu sah-sah saja berpandangan demikian. Tetapi yang perlu diingat ketika membuka usaha bisnis online adalah konsistensi dan tanggung jawab yang sama dengan pekerjaan utama.

Apa Saja Kendala Menjalankan Bisnis Online?

Banyak orang yang sibuk mencari cara sukses berbisnis online tetapi melupakan tujuan dari bisnis itu sendiri. Walaupun menjadi pekerjaan yang bersifat sampingan, namun tetap diperlukan yang sama jika ingin bisnis kita lancar.

Ketika berbisnis entah skala kecil maupun besar dipastikan selalu ada kendala yang dihadapi. Faktor penyebab terjadinya kendala itupun beragam. Misalnya, masalah banyaknya saingan yang menjual produk sama, modal ataupun faktor interen seperti semangat kita dalam menjalankan bisnis.

Itu semua terkadang menghalangi kita untuk bisa menghasilkan keuntungan yang memuaskan. Lalu, sebenarnya, apa saja sih cara sukses bisnis online agar tetap berjaya dan menghasilkan profit. saya akan ulas lebih rinci pada pembahasan di bawah ini.

1. Kenali Produk Yang Akan Kita Jual

Penting untuk kita mengenal produk apa yang dijual nantinya. Jangan sampai menjual produk hanya karena lapak sebelah menjual produk sama dan laku keras. Perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh apakah kita menguasai spesifikasi produk yang dijual.

Coba mulai dengan menjual 10 produk jualan online paling laris ini.

Mengenali produk yang dijual artinya anda tahu benar apa yang ditawarkan. Hal tersebut akan memudahkan anda menonjolkan kelebihan suatu produk. Sehingga tidak akan jadi masalah jika produk tersebut mempunyai kekurangan.

Anda bisa lebih meyakinkan pembeli tentang kelebihan atau keunggulan jika membeli produk yang anda jual. Ingat apa yang kam jual di dunia ini sebelumnya sudah pernah ada yang menjualnya.

Jadi, saran saya, tentu saja anda perlu sekali mengenal produk yang ingin dijual seperti apa dan bagaimana cara kerjanya.

Jangan paksakan diri menjual produk yang tidak anda kuasai jenis maupun detail dari produk itu sendiri. Misalnya, anda lebih menguasai bidang elektronik dibandingkan fashion, anda bisa menjual produk jenis elektronik seperti komputer, headset, micro SD dan lain-lain.

2. Tampilan Foto Produk Itu Penting

Poin utama yang harus anda mengerti ketika berjualan via online adalah tampilan foto produk yang harus semenarik mungkin. Inilah yang membedakan berjualan offline dan online.

Ketika berjualan offline anda tidak perlu bingung harus bagaimana cara menawarkan produk agar laku. Hanya perlu menawarkan ketika pembeli lewat atau memajang produk di etalase yang memungkinkan terlihat oleh pembeli.

Akan tetapi, jika ingin sukses di bisnis online. Anda perlu mempunyai trik yang jitu agar pembeli melirik produk yang anda jual walaupun tidak memegangnya secara langsung. Siasati dengan tampilan foto yang menarik mata dan hati pembeli.

Cara ini mutlak dilakukan agar pembeli merasa ingin membeli produk anda. Sekarang ini banyak sekali aplikasi yang memudahkan tampilan foto menjadi terlihat indah. Atau jika anda hanya mempunyai budget yang minim anda bisa kok, membuat studio foto kecil-kecilan di rumah.

Agar hasil foto maksimal anda perlu menyiapkan peralatan seperti box untuk foto dan juga kamera. Usahakan memilih background putih agar detail produk yang di foto lebih terlihat jelas seperti aslinya.

3. Rajin Posting, Rajin Promosi

Syarat lainnya jika ingin bisnis online anda sukses adalah dengan menjaga konsistensi. Konsistensi diperlukan agar bisnis online anda tidak tenggelam.

Karena semua tahu, jika sekali saja anda kendur berpromosi akan ada masa di mana anda merasa kalah jauh dengan pesaing bisnis online lainnya.

Hal itu tentu tidak baik bagi mental jual anda. Saya sendiri banyak menemukan teman-teman saya yang mendadak menjadi pedagang online kurang on fire menjalankan bisnisnya.

Memang, tidak mudah menjalankan bisnis online di mana semua orang juga bisa melakukannya. Tetapi justru itulah yang harus menjadi semangat anda dalam berbisnis online.

Cara sukses bisnis online tidak serta merta dapat dipelajari dengan teori saja. Lebih dari pada itu, dibutuhkan pengalaman yang jam terbang yang banyak. Bagaimana caranya mendapatkan hal itu? Ya tentu dengan action dengan berbagai cara.

Sederhananya anda bisa konsisten dengan rajin memposting produk yang dijual. Usahakan setiap hari pada jam-jam tertentu.

Karena menurut referensi bisnis online yang saya baca, jam-jam untuk memposting produk juga membutuhkan teknik tertentu. Biasanya dipilih dengan waktu yang banyak dimanfaatkan orang untuk membuka media sosial mereka.

Waktu biasa orang membuka media sosialnya adalah waktu-waktu sekitar pukul 7 pagi, 1 siang dan 7 malam.

Anda bisa posting apa saja yang berkaitan dengan produk pada jam tersebut. bisa posting produk dengan caption yang menarik sampai posting tips dan trik hingga quotes yang relevan dengan produk yang anda jual.

Sebisa mungkin jangan sampai tidak posting satu hari sekalipun. Hal ini untuk memberi kesan jualan kalian tetap ON dan tidak mati suri.

Selain itu, dari segi psikologi market, ketika target pembeli kalian disodori dengan produk yang kalian jual terus menerus akan ada sisi tertarik sehingga membuat calon pembeli akhirnya membeli

Tetapi yang perlu diingat gunakan konten yang bervariasi jangan melulu menawarkan produk dengan teknik hard selling.

4. Bangun Kedekatan Dengan Calon Buyer

Sebelum mendekati calon pembeli di dunia maya sebaiknya anda menentukan target market yang sesuai dengan produk yang anda jual. Hal ini merupakan cara sukses bisnis online jika ingin berpromosi di media sosial.

Sederhananya, anda bisa mudah menawarkan produk karena produk tersebut sesuai dengan usia atau kebutuhan mereka.

Soft selling merupakan teknik yang sekarang banyak penjual lakukan demi lakunya produk jualan mereka. Usahakan posisikan diri sendiri sebagai pembeli.

Jika saya seorang calon pembeli tentu saya akan lebih percaya pada produk jualan yang bonafit dan tidak terlihat abal-abal. Selain itu, mungkin kepercayaan bisa pembeli dapat ketika sudah mengenal penjual dengan baik.

Dua materi ini jika anda pahami dengan seksama maka anda tidak akan kesulitan dalam membangun kedekatan dengan pelanggan.

Nah, pertanyaannya bagaimana cara kalian sebagai penjual mendapat kepercayaan tersebut? Tips dari saya mungkin seringnya menyapa pembeli entah dengan mengomentari postingannya. Atau paling tidak berikan postingan mereka dengan like.

Secara tidak langsung itu akan mempengaruhi calon pembeli bahwa kita (para penjual) tidak hanya ingin menjajakan produk tetapi juga ingin berteman baik di media sosial.

5. Belajar Pada Ahlinya

Banyak sekali dari teman atau kerabat yang memutuskan berjualan online kurang tau teknik yang sebenarnya. Bahwa sebenarnya bisnis online tidak hanya posting produk dengan caption menarik lalu kemudian pembeli antri untuk membeli.

Hal itu dirasa wajar, apalagi bagi pebisnis pemula yang seringkali tidak tahu menahu teknik berjualan online yang sebenarnya.

Jika belum mengerti cara sukses berbisnis online, kalian bisa mempelajari pada ahlinya. Ikutlah kursus jualan online yang biasanya banyak terdapat di media sosial.

Biasanya, komunitas belajar online tersebut mempunyai teknik yang terkadang belum kalian ketahui. Misalnya meningkatkan jumlah follower, meramaikan interaksi belajar SEO dan lain sebagainya.

Mungkin itulah 5 tips yang bisa saya jabarkan untuk referensi berbisnis online anda. Cara sukses bisnis online tentu banyak, tetapi yang perlu menjadi perhatian adalah sikap kalian dalam berbisnis.

Bagaimana? Apakah kalian siap berbisnis online?

Gratis Panduan Facebook Ads, Google Ads, Youtube Ads

Silahkan Anda Jual Kembali dengan harga wajar

Tips Terbaru

Hal-Hal Seputar Pemasaran Digital yang Penting Kamu Ketahui

Pemasaran digital atau digital marketing mungkin sudah bukan istilah baru lagi dalam dunia bisnis mutakhir. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan...

Cara Membuat Iklan yang Menarik Agar Jualan Anda Laris Manis

Cara membuat iklan yang menarik, mungkin inilah yang dicari para pelaku bisnis untuk meningkatkan profitnya. Beriklan memang cara yang sering digunakan para...

Cara Memulai Bisnis Coffee Shop Agar Cepat Sukses

Bisnis Coffee Shop Indonesia merupakan salah satu pengekspor kopi terbesar di dunia saat ini, urutan ke 4 dunia setelah brazil, vietnam dan...

3 Langkah Mudah Mengembangkan Bisnis

Setiap orang yang memiliki bisnis pasti menginginkan bisnisnya dapat berkembang. permasalahannya mengembangkan bisnis itu bukanlah perkara mudah, oleh sebab itu 3 langkah...

Cara Membangun Tim Admin Untuk Bisnis Online

Bisnis Online tidak pernah terlepas dengan yang namanya bagian admin atau tim admin. Oleh sebab itu artikel cara membangun tim admin untuk...
96FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
Hosting Unlimited Indonesia

Postingan Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Whatsapp Aja Bro...