Cara Menjadi Selebgram Untuk Mendapatkan Popularitas & Uang

 Advertisement

Instagram merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna sangat tinggi. Aplikasi berbagi foto dan video ini sangat ngehits di kalangan masyarakat, khususnya kaum milenial.

Namun selain dijadikan sebagai tempat membagikan berbagai momen istimewa, Instagram ternyata juga bisa mendatangkan pundi-pundi uang apabila dimanfaatkan dengan baik.

Melihat postingan dari para selebgram terkenal dengan kehidupan yang serba “WAH”, tentunya membuat banyak orang bertanya-tanya, bagaimana sih cara menjadi selebgram dan menghasilkan uang berbekal akun Instagram?

Nah, untuk menjadi seorang selebgram, maka syarat utama yang dibutuhkan adalah memiliki banyak followers. Dengan begitu, Anda akan banjir tawaran endorse.

Kisah Perjalanan Awkarin Jadi Selebgram dari 0 Hingga Terkenal

Siapa yang tidak mengenal sosok perempuan cantik yang terkenal dengan image sexy ini? Karin Novilda awalnya bukanlah siapa-siapa, pun tidak ada yang mengenalnya.

Namun sosial media bernama Instagram berhasil membesarkan namanya, dan menjadikannya sebagai salah satu selebgram paling populer di tanah air.

Sejak kemunculannya, ia lebih dikenal dengan nama Awkarin.

Awal ketenaran karirnya dimulai pada pertengahan 2016 lalu, dimana ia mendadak jadi bahan perbincangan di dunia maya karena dicap sebagai remaja kekinian dengan gaya hidup serba glamour.

Apalagi, Awkarin memang kerap kali memposting foto maupun video dengan busana minim. Tidak mengherankan kalau kemudian ia mendapatkan label negatif dari netizen.

Selain fashion style dan hobinya memamerkan barang-barang branded, Awkarin juga selalu memposting berbagai hal mengenai pergaulannya yang sangat bebas. Bahkan ia tidak ragu untuk memamerkan postingan mesra dengan kekasihnya.

Karena sering tersandung pro dan kontra dari netizen, pihak Kominfo dan KPAI bahkan harus turun tangan langsung menghadapi kasus viralnya.

Terlepas dari semua image negatif yang melekat pada dirinya, Awkarin sebenarnya termasuk cukup cerdas.

Dilansir dari beberapa sumber, ia terbilang cukup berprestasi dan nilainya selalu tinggi. Selain itu, ia juga aktif dalam berbagai acara sosial penggalangan dana, dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Jadi, masih ada hal-hal positif yang dapat dicontoh dari Awkarin.

Note : Cerita diatas bukan ngerumpi ya, saya hanya coba menjalaskan bahwa semua orang punya peluang untuk menjadi selebgram, ambil yang positif aja ya.

12 Cara Menjadi Selebgram yang Jarang Diketahui

Berminat untuk sukses secara finansial bermodalkan sosial media Instagram? Dibawah ini adalah beberapa cara menjadi selebgram dengan cepat dan mudah yang bisa dicoba :

#1. Membuat Akun Instagram

Untuk menjadi seorang selebgram, maka Anda wajib memiliki akun IG terlebih dahulu. Kalau belum punya, silahkan install aplikasi Instagram di smartphone Anda dan buatlah akun.

Setelah itu, Anda bisa saling bertukar follback dengan teman-teman. Meskipun angka followers tidak akan langsung melesat naik, namun ini bagus untuk permulaan.

Jangan sampai bagian fondasi ini anda lewatkan, karena orang yang ikhlas melakukan follbek tanpa iming-iming materil lain yaitu teman anda. So maksimalkan pertemanan Anda untuk mendapatkan 1000 followers pertama.

#2. Membuat Profil dan Bio yang Menarik

bio instagram

Selanjutnya, buatlah bio dengan kesan unik dan menarik. Meskipun tulisan hanya dibatasi maksimal 150 karakter, namun Anda bisa mencari kata-kata yang menarik, dan pastinya dapat membuat viewers merasa terkesan.

Jangan lupa, kalau bio adalah hal pertama yang akan dilihat orang lain. Apalagi, kalau akun Instagram Anda dikunci.

Anda bisa menambahkan emoticon yang bisa membuat bio anda lebih berwarna dan kreatif, jangan lupa tambahkan website pada halaman bionya ya.

#3. Mengunggah Foto Bagus

Kualitas sebuah foto maupun video yang diunggah ke Instagram merupakan salah satu kunci kesuksesan menjadi selebgram tanpa beli followers.

Selain berfoto menggunakan kamera beresolusi tinggi, Anda juga harus memilih objek yang tepat, sudut pengambilan gambar, background, hingga pencahayaan yang dibutuhkan sehingga foto kelihatan menjual.

#4. Membuat Caption Menarik

Walaupun Instagram adalah aplikasi share foto dan video, namun bukan berarti Anda tidak membutuhkan caption yang menarik di setiap postingan.

Untuk Anda yang baru mencoba keberuntungan di Instagram, sebaiknya setiap post dilengkapi dengan deskripsi tertentu. Mulai dari deskripsi mengenai gambar, quotes, maupun promosi (jika ada).

#5. Merapikan Feed Instagram

feed ig

Kesalahan yang banyak dilakukan oleh selebgram pemula adalah karena mengabaikan bagian feed atau tampilan Instagram-nya.

Supaya feed tampak apik, maka Anda bisa merapikannya secara manual dengan mengaplikasikan tone senada, dan membuat template keren. Kalau ingin lebih mudah lagi, maka bisa menggunakan tools seperti Instagridkit.

Sekali lagi, feed instagram adalah jangkar dari akun instagram Anda, ibarat sebuah rumah, feed merupakan ruang tamu yang bisa mendeskripsikan keseluruhan isi rumah anda.

Gagal dalam membuat feed instagram yang menarik maka abaikan mimpi Anda untuk menjadi selebgram.

#6. Edit Foto Supaya Kelihatan Lebih Artistik

Saat ini ada banyak sekali aplikasi edit foto yang bisa merubah gambar biasa Anda, menjadi tampak lebih artistik. Beberapa diantaranya bahkan dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store.

Jika memiliki skill desain grafis, maka Anda dapat mengedit menggunakan aplikasi yang lebih rumit seperti Photoshop atau Illustrator.

Saya sendiri untuk edit biasanya menggunakan aplikasi gratisan yang ada di playstore saja, itu sudah cukup dan cukup mudah.

#7. Membuat Jadwal Posting

Jangan bertanya bagaimana cara menjadi selebgram kalau Anda masih belum bisa memiliki konsistensi dalam posting.

Konsistensi disini bukan hanya mengenai seberapa banyak gambar yang Anda upload dalam sehari, namun lebih pada ketepatan waktu. Supaya lebih mudah, maka buatlah jadwal posting agar lebih teratur, anda bisa menggunakan tools ini.

#8. Hindari Spam Hashtag

Apa yang Anda rasakan ketika melihat sebuah postingan Instagram dengan caption minim tapi hasthtag nya super panjang?

Pasti merasa sumpek dan feel like “apaan sih”, bukan? Begitu pula yang akan dirasakan oleh followers Anda, ketika melihat hashtag berlebihan. Jadi, sebaiknya tambahkan 2 atau 3 hashtag saja, yang penting bisa mendeskripsikan foto.

Ingat Anda seorang selebgram, bukan murni orang yang mengoptimasi IG dengan menggunakan banyak hashtag untuk menjangkau view, Anda murni menggunakan persona diri sendiri untuk menarik followers.

#9. Memilih Hashtag yang Tepat

Masih tentang hashtag, fungsi tanda tagar/ pagar satu ini adalah untuk mempermudah pencarian.

Supaya postingan Anda menuai banyak viewers, maka tambahkan hashtag yang tepat dalam setiap post. Supaya kerja hashtag ini lebih optimal, silahkan melakukan riset hashtag terlebih dahulu.

Contoh mudahnya adalah ketika Anda memposting sebuah foto dengan mengenakan hijab baru model kekinian. Bisa menambahkan hashtag seperti #hijabers, dan lain sebagainya. Hashtag juga bisa menjadi cara ampuh menjaring banyak pengikut tanpa beli followers.

#10. Berkolaborasi Bersama Selebgram Lain

Ini merupakan cara menjadi selebgram endorse yang paling efektif, yaitu dengan berkolaborasi bersama selebgram lain, khususnya yang lebih terkenal.

Kalau Anda masih baru dan jumlah  pengikutnya juga belum seberapa, maka bisa memulai interaksi terlebih dahulu. Kemudian tanyakan apakah selebgram tersebut mau kolaborasi dengan Anda.

Anda juga bisa menggunakan paid promote jika tidak ada selebgram yang mau Anda ajak kolaborasi, saya sudah buat panduannya disini.

Misalnya saja Anda ingin sekaligus meluncurkan produk pakaian bayi dari rumah produksi sendiri. Tidak ada salahnya untuk mengajak kolaborasi selebgram cilik. Karena profesi selebgram endorse bukan hanya dilakoni oleh orang dewasa saja, tapi juga anak-anak.

#11. Manajemen Konten

Riset menyebutkan, bahwa ada waktu-waktu khusus dimana postingan Instagram akan dilihat banyak orang. Untuk yang baru memulai karir menjadi selebgram, hal ini bisa menjadi ilmu baru untuk mendapatkan perhatian dari publik.

Selain waktu, yaitu tentang konten apa yang Anda akan posting hari ini, besok dan sebulan kedepan, ini harus di rencanakan lebih awal, sehingga konten Anda teratur, bukan tiba masa tiba akal. Asal ada ide posting, ini salah.

Cobalah menggunakan The Feed untuk membuat konten yang menarik, Anda juga sudah mendapatkan manajemen kontenya, kalender konten dalam setahun yang memberikan Anda insight konten.

#12. Memiliki Akun Media Sosial Selain Instagram

Meskipun tujuan Anda adalah menjadi selebgram, tapi jangan lupa kalau akun media sosial lain juga bisa memberikan pengaruh besar.

Akun-akun tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjaring followers. Semakin banyak yang mengenal Anda, maka semakin mudah pula mempromosikan Instagram dan mendapatkan pengikut.

Saya yakin sebelum mengenal instagram Anda pasti sudah lebih dahulu bermain twitter dan facebook, gunakan kedua kanal ini untuk membangun personal branding anda, arahkan mereka untuk follow IG anda.

Oh ya…Kanal youtube juga keren untuk di maksimalkan, karena Anda bisa melampirkan link instagram Anda pada kolom deskripsi, cobalah kamu mampir ke Channel Youtube artis dan liat pola mereka membangun instagram via youtube.

Cara menjadi selebgram terkenal memang mudah diterapkan, namun untuk hasil juga membutuhkan proses yang tidak instan.

Oleh karena itu, selain menerapkan tips di atas, Anda juga dituntut memiliki tekad, kesabaran, dan ketekunan yang kuat. Dengan begitu, maka Anda tidak akan menyerah hingga mendapatkan hasil seperti yang diinginkan.

Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6282293857234

Tinggalkan komentar

×

Bonus ini Hanya Berlaku Hari inI 22 Oktober 2020 Sampai Pukul 23.59

Klik Disini