reach instagram
Instagram

Cara Meningkatkan Reach Instagram dengan Audiens Tertarget

 Advertisement

Apakah Anda tahu pentingnya reach dalam insight masing-masing konten di Instagram?

Reach atau jangkauan adalah salah satu indikator yang menentukan kesuksesan pemasaran oleh suatu konten di Instagram.

Terdapat berbagai strategi yang sering digunakan dalam pemasaran digital, terutama apabila Anda menggunakan Instagram sebagai platform pemasaran.

 Advertisement

Sebagai salah satu media sosial yang berkembang dengan pesat, Anda harus dapat bersaing dengan ribuan kompetitor pada platform tersebut.

Terjun dalam dunia pemasaran tanpa mengetahui trik yang tepat hanya akan membuang-buang waktu dan pikiran tanpa hasil yang memuaskan.

Cara ampuh yang dapat ditempuh guna menjadikan bisnis Anda semakin kompetitif adalah melalui peningkatan reach dari brand atau akun Anda di Instagram.

Apakah Anda tahu, apa itu reach di Instagram dan indikator untuk melihat performa konten Anda?

Melalui artikel ini, saya akan menjelaskan mengenai apa itu reach, aspek-aspek penting yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan performa konten, serta cara untuk meningkatkannya.

Setelahnya, Anda bisa menentukan apakah Anda perlu menggunakan jasa meningkatkan reach Instagram untuk bisnis Anda!

Definisi Reach dan Fungsinya

Impression, reach, dan lain sebagainya adalah informasi penting yang akan Anda dapatkan saat melakukan pemasaran digital.

Impression merupakan jumlah konten Anda dilihat oleh pengguna Instagram lain. Sehingga, meskipun yang melihat konten Anda adalah pengguna yang sama, aktivitas tersebut akan tetap meningkatkan jumlah impression.

Sedangkan, reach merupakan jumlah pengguna yang berhasil dijangkau oleh konten Anda. Apabila pengguna yang sama melihat konten Anda dua kali, total reach yang Anda dapatkan hanyalah satu.

Oleh sebab itu, jumlah impression seringkali lebih banyak apabila dibandingkan dengan jumlah reach.

Fungsi dari mengetahui reach pada masing-masing konten adalah untuk mengevaluasi performa strategi hashtag yang Anda gunakan, kampanye pemasaran, influencers, dan lain sebagainya.

Reach berfokus pada jumlah pengguna. Sehingga penting bagi para pelaku pemasaran digital untuk memahami cara meningkatkan reach Instagram untuk memperoleh audiens baru.

Semakin tinggi reach yang berhasil Anda dapatkan, maka semakin banyak pengguna Instagram yang mengetahui keberadaan dari brand atau akun Anda.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan reach Instagram?

Cara Meningkatkan Reach Instagram dengan Akurat

Terdapat berbagai strategi yang bisa Anda terapkan pada tiap-tiap posting-an untuk meningkatkan jumlah reach.

Artikel ini akan menjabarkan 4 cara meningkatkan reach Instagram, baik secara organik maupun berbayar.

1. Perhatikan Kombinasi Penggunaan Hashtag Instagram

Hashtag. Hashtag. Hashtag. Tentu Anda sangat sering melihat saya menulis kata hashtag dalam setiap strategi pemasaran digital, apalagi di Instagram.

Karena nyatanya, hashtag merupakan instrumen yang paling ampuh dan sangat krusial dalam membantu peningkatan reach, engagement, impression, dan lain sebagainya.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan hashtag dalam membawa audiens baru untuk konten-konten Anda.

Penting bagi Anda untuk mengetahui hashtag yang memiliki keterkaitan dengan konten yang akan Anda publikasikan.

Proses dalam menentukan kombinasi-kombinasi hashtag yang akan Anda cantumkan pada bagian caption juga harus menggunakan strategi yang tepat.

Terdapat berbagai jenis hashtag seperti yang sudah pernah saya jabarkan pada artikel sebelumnya. Contohnya, community hashtag, branded hashtag, event hashtag, location hashtag, serta gimmick hashtag.

Berbagai jenis hashtag tersebut dapat membantu konten Anda untuk menjangkau pengguna-pengguna Instagram.

Pastikan Anda telah menggabungkan jumlah community hashtag dan branded hashtag secara proporsional dalam caption untuk meningkatkan jangkauan konten Anda.

Apabila Anda memiliki kesulitan atau kebingungan dalam menentukan kombinasi hashtag yang tepat, bisa menggunakan tools riset hashtag instagram.

2. Ketahui jam aktif pengguna Instagram.

Penting untuk mengetahui apakah audiens yang ingin Anda jangkau sedang aktif berselancar di Instagram atau sedang mengikuti kelas online (atau bisa jadi sedang kerja).

Yang jelas, perhitungkan waktu jam posting Instagram yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap jangkauan konten yang Anda posting.

Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa memeriksa Instagram Insight apabila akun Anda merupakan Instagram Business Account.

Melalui fitur Instagram Insight, Anda akan mendapatkan data mengenai kapan followers Anda paling aktif, baik berdasarkan hari maupun jam.

Anda dapat menggunakan data tersebut sebagai acuan dalam menciptakan jadwal posting untuk memaksimalkan jangkauan pada followers Anda.

Cara untuk menemukan data tersebut adalah melalui fitur insight pada profile, lalu your audience, dan pada bagian paling bawah akan menemukan informasi most active times.

Membuat jadwal publikasi pada waktu yang tepat dan konsisten merupakan cara meningkatkan reach Instagram Anda dengan organik!

3. Mengandalkan user-generated content [UGC]

Penelitian membuktikan bahwa UGC 50% lebih dipercaya dan 35% lebih diingat oleh para audiens dibandingkan dengan media jenis lainnya.

Hal ini lantas memengaruhi jangkauan UGC dibandingkan konten-konten jenis lainnya.

Apa itu UGC?

Mudahnya, UGC merupakan konten yang diciptakan oleh pengguna produk atau jasa Anda.

Dalam menciptakan UGC, Anda bisa melakukan sesi testimoni atau repost konten pelanggan yang menggunakan jasa atau produk Anda.

Selain memanfaatkan feed untuk melakukan repost, Anda juga bisa menggunakan fitur story, reels untuk menjangkau followers yang lebih aktif dalam menonton story dibandingkan dengan membaca feed.

Teknik ini juga dapat diterapkan apabila Anda memiliki rencana untuk menggunakan jasa influencer dalam mempromosikan produk Anda.

Pastikan bahwa influencer yang akan mempromosikan brand atau akun Anda memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar Anda.

Angka yang tertera pada reach setelah masa promosi akan memberi evaluasi tentang influencer yang bekerja sama dengan Anda. Tepat atau tidak, biar data yang menjawab!.

Baca artikel tentang paid promote instagram ini biar gak tersesat.

Cara meningkatkan reach Instagram yang mengandalkan UGC dapat Anda lakukan dengan organik maupun berbayar.

Hal ini tergantung dengan strategi apa yang ingin Anda gunakan. Apabila Anda memiliki alokasi dana untuk menggunakan jasa influencer, maka Anda dapat menggunakan jasa meningkatkan reach Instagram yang ditawarkan oleh mereka.

Jika Anda cukup “sultan”, maka Anda bisa coba main ikoy-ikoyan. Hehehehe

Peningkatan reach bisa jadi lebih cepat apabila Anda memilih influencer yang tepat.

4. Instagram ads

Langkah ini sudah pasti dapat meningkatkan reach Instagram Anda berkali-kali lipat. Bahkan audiensnya sangat tertarget.

Instagram ads merupakan fitur berbayar Instagram yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk maupun jasa Anda dengan target audiens yang dapat Anda tentukan sendiri.

Untuk dapat memaksimalkan penggunaan Instagram ads, Anda harus melakukan riset demografi yang menjadi target pasar produk Anda.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa iklan mengenai produk atau jasa Anda akan muncul pada audiens yang tepat.

 Oleh karena itu, apabila Anda tidak yakin dengan kemampuan untuk melakukan riset, meminta bantuan social media specialist adalah langkah yang tepat.

Pastikan bahwa Anda menciptakan konten yang dapat menarik perhatian, sehingga Instagram ads Anda tidak hanya meningkatkan impression atau reach, namun juga meningkatkan penjualan untuk bisnis Anda.

Kesimpulan.

Cara meningkatkan reach Instagram dapat ditempuh dengan mengkombinasikan keempat aspek tersebut.

Anda bisa memulai dengan mencari kombinasi hashtag yang tepat, membuat jadwal untuk melakukan posting (Pakai Tools), menciptakan konten yang bermutu, lalu mempromosikannya menggunakan Instagram ads.

Untuk hasil yang memuaskan, saya rasa penting bagi Anda untuk mengkombinasikan keempat aspek tersebut.

Posted by
Irfan Juniyanto

Tertarik dengan digital marketing dan bisnis online serta suka berbagi tentang apa yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan dalam bisnis online saya :) Kontak Saya Via WhatsApp WA 6285394604734

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *